Rawat Keindahan Rambut dengan 7 Rekomendasi Masker Alami Rambut dari BP-Guide (2020)

Rawat Keindahan Rambut dengan 7 Rekomendasi Masker Alami Rambut dari BP-Guide (2020)

Tidak hanya wajah, rambut juga butuh perawatan masker supaya lebih sehat dan berkilau. Cek bersama manfaat memakai masker rambut dan juga pilihan masker rambut alami yang bisa kamu gunakan!

Rambut Wajib Dirawat dengan Baik agar Terjaga Keindahannya

Rambut adalah bagian tubuh yang wajib dirawat dengan baik. Makin indah rambut, maka makin bisa menunjang penampilan kita secara keseluruhan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut ya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar rambut jadi lebih sehat, loh. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat supaya rambut bisa jadi lebih indah. Rambut butuh makanan yang mengandung banyak protein. Selain itu, makanan kaya zat besi, yodium, seng, dan selenium juga akan sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan keindahan rambut.

Hindari kebiasaan menguncir rambut. Terlalu sering menguncir rambut membuat rambut jadi rusak karena elastisitas rambut jadi menurun. Apalagi kalau kamu menguncirnya dengan gaya yang sama setiap harinya. Maka dari itu, jika terpaksa menguncir rambut, usahakan menggunakan gaya berbeda agar rambut tidak terlalu tersiksa.

Supaya rambut terjaga keindahannya, kamu wajib melindungi rambut semaksimal mungkin. Semisal kamu butuh beraktivitas di bawah matahari, gunakan topi atau penutup rambut agar rambut tidak terpapar efek buruk sinar UV.

Cara lain untuk bikin rambut kamu jadi indah adalah memakai masker rambut. Ini akan sangat dibutuhkan untuk kamu yang memiliki rambut kering, kaku, dan rusak. Masker rambut juga bisa digunakan pada rambut rontok dan berminyak dengan komposisi yang berbeda tentunya. Maseker rambut bisa digunakan seminggu sekali atau dua minggu sekali sesuai kebutuhan.

Manfaat Masker Rambut

Memperbaiki Rambut Rusak

Banyak orang yang meremehkan manfaat masker rambut. Padahal masker rambut akan sangat baik untuk memperbaiki kondisi rambut yang rusak, loh. Rambut rusak yang disebabkan oleh paparan sinar UV, polusi, alat styling rambut, dan lain sebagainya bisa diatasi dengan masker rambut. Dengan bahan masker rambut yang tepat maka kondisi rambut rusak bisa kembali segar dan sehat.

Meningkatkan Vitalitas Rambut

Masker rambut juga bisa digunakan untuk meningkatkan vitalitas rambut. Rambut yang sehat dan penuh vitalitas memiliki ciri batang rambut yang berkilau, lembut, dan tidak rapuh. Masker rambut bisa memperbaiki tiap helai rambut dengan baik. Kualitas rambut pun jadi meningkat dan bisa lebih sehat.

Melembutkan dan Melembapkan Rambut

Masker rambut juga berfungsi untuk melembutkan rambut dan melembapkannya. Ada kondisi di mana rambut jadi kaku, susah diatur, dan kasar. Ini tentu bikin kita jadi frustrasi untuk menatanya. Maka dari itu, kamu bisa gunakan masker rambut.

Dengan bahan yang pas maka masker rambut bisa membuat rambut yang tadinya kaku jadi lebih lembut dan halus. Rambut yang halus bisa lebih mudah diatur dan bikin kamu lebih percaya diri. Rambut yang kaku juga akan terjaga kelembapannya berkat masker rambut dan bisa kembali sehat.

Jadi, untuk kamu yang memiliki tipe rambut kaku dan kering ada baiknya memakai masker rambut yang memiliki kandungan pelembap secara rutin.

Mengatasi Kerontokan Rambut dan untuk Relaksasi

Rambut rontok memang bikin stres. Rambut rontok bisa disebabkan banyak hal, mulai dari kurang nutrisi, terlalu sering memakai produk styling, hingga karena pengunaan bahan kimia berlebih. Untuk mengurangi kerontokan rambut, kamu bisa memakai masker rambut dengan teratur, ya.

Masker rambut juga bisa digunakan untuk relaksasi. Dengan begini, kamu jadi rileks dan rambut jadi lebih terawat dengan baik.

Tips Memakai Masker Rambut

Untuk memakai masker rambut, kamu harus tahu cara yang tepat agar hasilnya maksimal. Maka dari itu ikuti langkah-langkah dari kami, ya. Awali kegiatan masker rambut dengan keramas hingga bersih. Gunakan sampo yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambut kamu. Usahakan memilih sampo yang sekiranya bisa membuat kondisi rambut kamu bersih dan lebih sehat.

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan rambut. Gunakan hairdryer dan keringkan rambut hingga setengah kering. Rambut yang lembap akan lebih mudah menyerap kandungan baik dari masker rambut. Lalu, aplikasikan masker rambut sampai merata. Jika sudah merata, kamu bisa menjepit rambut dengan jepitan berukuran sedang.

Bungkus rambut memakai handuk hangat. Cara yang satu ini bisa memudahkan dan mempercepat proses penyerapan nutrisi pada kulit kepala dan akar rambut. Diamkan rambut agar bisa menyerap nutrisi masker dengan sempurna. Biarkan selama 10 hingga 30 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Buka handuk lalu bilas sampai bersih dan keringkan kembali.

Ini Dia Masker Rambut Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Masker Pisang dan Santan

Kamu bisa pakai masker rambut terbaik dengan memilih sendiri bahannya. Kamu bisa gunakan bahan alami yang ada di sekitarmu. Salah satunya adalah buah pisang. Buah yang satu ini mengandung mineral silika yang bisa membantu tubuh mensintesis kolagen sehingga membuat rambut lebih tebal dan kuat.

Pisang juga akan melembapkan rambut dengan baik. Kombinasikan dengan santan supaya bisa membuat kulit kepala yang kering menjadi bebas gatal dan tidak kering.

Untuk membuatnya sangat mudah. Kamu bisa mencampur dua buah pisang matang yang sudah dihaluskan dengan setengah cangkir santan. Oles campuran tersebut pada rambut dan kulit kepala. Selanjutnya diamkan 30 menit lalu bilas dan keramas seperti biasa.

Masker Lidah Buaya

Kamu yang mengalami kerontokan rambut parah bisa mencoba masker lidah buaya untuk rambutmu. Lidah buaya bisa menyuburkan dan menyehatkan rambut. Masker lidah buaya tentu akan cocok untuk kamu yang bermasalah dengan rambut rontok atau tipis.

Di dalam lidah buaya terdapat enzim proteolytic yang bisa merangsang pertumbuhan rambut secara alami. Selain itu, dengan memakai masker lidah buaya, maka bisa membuat rambutmu berkilau dan terasa makin lembut.

Minyak Kelapa dan Madu

Minyak kelapa juga bisa kamu gunakan sebagai masker rambut. Minyak yang satu ini bisa memperbaiki tekstur rambut yang kaku dan rusak. Minyak kelapa memiliki berat molekul rendah sehingga mudah terserap ke batang rambut dan bisa menutrisi rambut rusak dengan cepat.

Kombinasikan minyak kelapa dengan madu. Madu akan mengembalikan kelembutan rambut dan menjaganya agar tetap halus. Kombinasi madu dan minyak kelapa akan bisa mengatasi rambut bercabang yang parah juga.

Untuk membuatnya, kamu butuh mencampurkan 1 sendok teh madu organik dengan 1 sendok teh minyak kelapa organik. Panaskan sebentar dan aduk merata. Biarkan campurannya menjadi dingin, baru kemudian dioles ke seluruh rambut. Diamkan 40 menit lalu keramas seperti biasa.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan yang bisa jadi masker rambut alami. Minyak zaitun kaya antioksidan dan bisa menjad vitamin bagi rambut. Masker rambut minyak zaitun bisa mengunci kadar air pada rambut sehingga tidak mudah kering dan rusak.

Kamu bisa mencampurkanya dengan madu untuk membuat masker rambut yang menyehatkan. Campurkan dua sendok makan madu dengan tiga sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan pada kulit kepala dan batang rambut. Diamkan 30 menit, baru bilas dengan air hangat.

Stroberi dan Minyak Kelapa

Buah stroberi bisa juga kamu andalkan untuk masker rambut alami. Stroberi bisa membantu mengatasi pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Masker rambut stroberi bisa mengatasi masalah rambut berminyak sekaligus akan memperkuat rambut. Kombinasikan dengan minyak kelapa untuk mendapatkan manfaat yang besar.

Kamu bisa menghaluskan 4 stroberi segar lalu mencampurnya dengan 1 sendok makan minyak kelapa dan madu. Oles masker merata pada rambut lalu diamkan 30 menit dan bilas hingga bersih.

Pisang dan Minyak Almond

Bahan lainnya yang bisa digunakan sebagai masker rambut alami adalah pisang dan minyak almond. Paduan dua bahan ini bisa jadi solusi terbaik mengatasi kerusakan rambut. Hancurkan saja sebuah pisang lalu beri satu sendok teh minyak almond.

Aplikasikan masker pada rambut lalu diamkan 30 menit sebelum dibilas. Kamu bisa melakukan masker ini minimal dua kali seminggu. Rambut kamu yang rusak dan kering bisa jadi lebih lembut dan lebih mudah diatur.

Teh Hitam

Teh hitam adalah bahan lain yang bisa kamu jadikan masker rambut. Teh hitam bisa mengurangi rambut yang terlalu mengembang. Dengan masker ini kamu bisa memiliki rambut yang mudah diatur, halus, dan lembut. Caranya mudah, cukup seduh teh hitam lalu biarkan sampai dingin. Tuang teh ke seluruh rambut lalu diamkan 10 menit sebelum dibilas air bersih dan keramas seperti biasa.

Ini Dia Produk yang Bisa Kamu Pakai untuk Masker Rambut Alami

Minyak Zaitun Mustika Ratu

Minyak Zaitun Mustika Ratu bisa jadi produk pilihan kamu untuk merawat rambut. Produk yang satu ini bisa mengatasi rambut kering agar bisa kembali lembut dan terasa lembap.

Minyak zaitun juga bisa mengatasi rambut bercabang dan mengembang. Kamu juga bisa memakai produk ini untuk mengatasi kerontokan rambut.

Produk ini kaya akan vitamin A dan E, zat besi, serta antioksidan yang tinggi sepert polifenol. Kandungan tersebut tentu saja bagus untuk kesehatan dan kelembapan rambut.

Harga Rp. 18.000-32.000

Nature Republic Aloe Vera Gel

Nature Republic Aloe Vera Gel 92% ini tentu bisa jadi bahan masker alami rambut kamu. Jika di sekitar rumah tidak ada lidah buaya, maka kamu bisa andalkan produk yang satu ini. Gel yang satu ini mengandung lidah buaya organik bersertifikat California CCDF.

Manfaat gel lidah buaya sangat banyak dan pastinya bisa bikin rambut kamu jadi lebih sehat. Gel yang satu ini bisa jadi vitamin rambut bercabang, bisa membuat rambut kasar jadi halus, dan bisa bikin rambut berkilau dengan sehat.

Harga Rp. 47.000-98.000

Madu Uray

Madu Uray adalah bahan masker rambut alami lainnya yang bisa jadi pilihan kamu. Ini adalah madu murni yang mengandung beragam saripati bunga dan enzim lebah yang baik.

Madu Uray merupakan madu murni Grade A terbaik di Indonesia. Dihasilkan dari hutan organik, madu Uray kaya vitamin C. Kamu bisa memakai madu ini untuk aneka masker rambut. Rambut akan ternutrisi dengan baik dan kembali berkilau.

Harga Rp. 88.000-159.000

Walini Teh Hitam Celup Klasik

Walini Teh Hitam Celup Klasik ini juga bisa jadi pilihan kamu. Ini merupakan teh alami asli Indonesia dengan kualitas premium.

Teh ini diproduksi tanpa bahan pengawet sehingga lebih aman untuk dikonsumsi atau dijadikan perawatan rambut. Teh hitam ini tinggi polifenol yang bisa merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat.

Harga Rp. 24.000-35.000

Happy Green 100% Pure Almond Oil

Happy Green 100% Pure Almond Oil menjadi produk selanjutnya untuk kamu. Minyak almond ini bagus untuk berbagai kebutuhan. Kamu bisa memakainya sebagai minyak pijat dan bisa juga dipakai untuk minyak rambut.

Produk ini memiliki Certificate of Analysis untuk membuktikan bahwa telah lulus uji tes dan aman dipakai. Minyak almond ini bebas dari pencampuran zat kimia dan aman untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan bisa mencegah kerusakan rambut.

Harga Rp. 60.000-90.000
From our editorial team

Masker Rambut Solusi Rambut Sehat dan Terawat

Memiliki rambut yang sehat tentu bikin kamu jadi lebih percaya diri. Demi mendapatkan rambut sehat dan terawat, jangan lupakan memakai masker rambut. Kamu bisa memakainya seminggu sekali atau dua kali. Perawatan dengan memakai masker rambut akan bikin rambut lebih segar dan sehat terawat.