Punya Kulit Wajah Kombinasi? Ini 10 Rekomendasi Pembersih Muka yang Cocok untuk Membersihkan Wajah

Punya Kulit Wajah Kombinasi? Ini 10 Rekomendasi Pembersih Muka yang Cocok untuk Membersihkan Wajah

Sumber gambar unsplash.com

Punya kulit wajah kombinasi memang terkadang merepotkan, apalagi kalau belum tahu cara merawatnya. Nah, kali ini BP-Guide mengajakmu untuk mengenal kulit wajah kombinasi dan merekomendasikan berbagai produk pembersih muka yang dijamin cocok banget dengan wajah kombinasi.

Kulit Wajah Kombinasi Cukup Sulit untuk Dirawat

Selain kulit wajah berminyak, normal, dan kering, ada juga jenis kulit kombinasi. Memiliki kulit wajah kombinasi cukup ribet. Terkadang wajah terasa berminyak, namun juga kering di saat yang bersamaan. Menurut penelitian, justru ternyata jumlah pemilik jenis wajah kombinasi lebih banyak, lho.

Biasanya pemiliki kulit kombinasi akan merasakan kulit wajah berminyak di daerah T-zone atau daerah dahi, hidung, dan dagu, namun kering di bagian pipi. Masalah umum yang dihadapi pemilik kulit wajah kombinasi adalah adanya komedo hitam dan pori-pori yang besar.

Ciri-ciri Kulit Wajah Kombinasi

Terasa Berminyak dan Kering

Ciri-ciri umum kulit wajah kombinasi adalah terasa berminyak dan kering di saat bersamaan. Jika kamu belum mengetahui jenis tipe kulitmu, cara paling mudah adalah dengan mencuci muka dan jangan gunakan produk apa pun setelahnya selama kurang lebih 15 menit.

Jika bagian T-zone berminyak, sedangkan area lainnya cenderung kering, dapat dikatakan kondisi kulitmu merupakan kulit kombinasi. Kamu bisa mengatasinya dengan memilih pembersih wajah yang lembut dan ringan dengan bahan dasar air.

Kerap Mengalami Breakout dan Terkelupas

Pemilik kulit kombinasi kerap mengalami masalah breakout dan terkelupas. Bagian U-zone kulit kombinasi cenderung memproduksi minyak berlebih. Minyak ini mengendap dan mengundang bakteri penyebab jerawat. Jerawat biasanya muncul di daerah U-zone, mulai dari pipi hingga tulang rahang.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan dua macam masker, 2 kali seminggu. Gunakan masker khusus kulit berminyak di area yang berminyak seperti T-zone dan masker untuk kulit kering di bagian kulit yang terasa kering.

Pori-pori yang Besar di Hidung

Sumber gambar https://www.glamour.com

Periksa area hidungmu. Apakah pori-pori yang ada di area hidung terlihat lebih besar jika dibandingkan pori-pori pada pipi? Jika ya, kulit kamu terindikasi termasuk jenis kulit kombinasi. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung retinol seperti AHA dan BHA untuk mengatasi masalah ini.

10 Rekomendasi Pembersih Muka yang Sesuai untuk Jenis Kulit Kombinasi

Innisfree Green Tea Cleansing Foam

Sumber gambar https://www.blibli.com

Innisfree Green Tea Pure Cleansing Foam menjadi produk keluaran merek kosmetik Korea yang terjamin kualitasnya. Banyak beauty blogger merekomendasikan produk ini sebagai produk skincare yang tepat bagi wanita Asia.

Pembersih wajah ini terbuat dari ekstrak teh hijau yang mengandung antioksidan, asam amino, vitamin, dan mineral yang berguna bagi kulit. Produk ini juga mampu mengontrol minyak yang diproduksi secara berlebih. Busa lembutnya mampu mengunci kelembapan kulit sehingga kulit wajah tidak kering.

Innisfree Green Tea Pure Cleansing Foam tersedia dalam kemasan 150 ml. Kamu bisa membeli produk ini di Blibli dan Shopee seharga Rp 100.000.

Neutrogena Deep Clean Facial Cleanser

Sumber gambar https://www.blibli.com

Neutrogena Deep Clean Facial Cleanser Pembersih Wajah merupakan produk cleanser yang aman digunakan semua jenis kulit wajah.

Produknya mampu masuk ke dalam pori-pori dan melarutkan kotoran serta minyak dan menghilangkan sel kulit mati. Sisa-sisa makeup dapat dibersihkan secara maksimal. Kandungan asam salisilat di dalamnya dapat mengeringkan jerawat yang meradang. Cleanser ini tidak menimbulkan residu karena mudah dibersihkan dengan air.

Neutrogena Deep Clean Facial Cleanser Pembersih Wajah diproduksi dalam kemasan 200 ml. Kamu bisa membelinya di Blibli seharga Rp 154.000 dan di Shopee seharga Rp 190.000.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Sumber gambar https://www.blibli.com

Formulasi Cetaphil Gentle Skin Cleanser cocok sebagai pembersih wajah pengganti sabun untuk segala jenis kulit. Formula Cetaphil tidak berubah sejak pertama kali dibuat pada 1947 hingga saat ini.

Cetaphil tidak mengandung pengharum dan memiliki pH seimbang untuk menjaga kadar asam dan basa pada permukaan kulit dan membantu menjaga keseimbangan antara minyak alami dan kandungan air pada kulit.

Kamu bisa membeli produk ini di Blibli seharga Rp 149.900 untuk kemasan 500 ml atau di Shopee dengan harga Rp 150.000 untuk kemasan yang sama.

Good Virtues Co. Refreshing Deep Foam Facial Cleanser

Sumber gambar https://www.blibli.com

Masih bingung memilih pembersih untuk kulit kombinasi? Coba gunakan Good Virtues Co. Refreshing Deep Foam Facial Cleanser yang merupakan sabun wajah yang mengandung minyak habbatussauda. Manfaat habbatussauda ini adalah untuk membersihkan kotoran pada wajah tanpa membuatnya menjadi kering. Produk ini juga dapat merawat dan meremajakan kulit sehingga ideal digunakan sehari-hari. Kamu dapat membelinya di Blibli seharga Rp 61.000 dan Tokopedia seharga Rp 80.000.

Neogen Dermalogy Real Fresh Foam Blueberry

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Neogen Dermalogy Real Fresh Foam Blueberry Cleanser cocok untuk semua jenis kulit khususnya kulit sensitif. Pembersih wajah yang satu ini mengandung ekstrak buah blueberry asli. Cleanser ini mampu mengangkat sisa minyak dan membersihkan wajah tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Produk ini tidak mengandung alkohol dan pewarna buatan, jadi kulit kamu akan aman.

Tersedia di Blibli, kamu bisa membelinya dengan harga Rp 158.000. Kamu pun juga bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia seharga Rp 160.000.

COSRX Low pH First Cleansing Milk Gel

Sumber gambar https://www.blibli.com/

COSRX dikenal sebagai merek yang formulanya sangat lembut di kulit. COSRX menghadirkan cleanser bernama Low pH First Cleansing Milk Gel. Produk ini mengandung ekstrak buah pepaya dan witch hazel yang dapat membersihkan wajah, melembapkan kulit, dan mengatasi peradangan. Di dalamnya tidak terkandung paraben, sulfat, dan ftalat. Kulit pun terasa halus dan sehat. Produk ini tersedia di Blibli seharga Rp 231.000.

Senka Perfect Whip

Sumber gambar https://www.blibli.com

Senka Perfect Whip sukses menjadi produk pembersih nomor satu di Jepang dan berhasil menjadi produk best seller selama 8 tahun.

Kandungan white cocoon essence dan double hyaluronic acid di dalamnya berguna menjaga kulit tetap halus dan lembap. Produk ini dapat membersihkan kotoran dan debu yang menempel di wajah hingga ke dalam pori-pori kulit. Saat diaplikasikan di wajah pada wajah, akan tercium aroma bunga yang segar.

Gunakan sabun cuci muka ini minimal 2 kali sehari agar wajah tampak bersih sepanjang waktu. Produk ini dapat kamu beli di Blibli dan Shopee seharga Rp 35.890.

Bioderma Sebium Foaming Gel

Sumber gambar https://www.blibli.com

Bioderma Sebium Foaming Gel diperuntukkan untuk pemilik wajah kulit kombinasi hingga berminyak. Foaming gel ini dapat menyeimbangkan produksi minyak pada wajah. Kandungan ekstrak ginko biloba dan xylitol di dalamnya dapat menghidrasi kulit sehingga tetap lembap dan lembut. Kamu bisa membeli produk ini di Blibli seharga Rp 187.000 dan di Tokopedia dengan harga Rp 125.000.

Clean & Clear Deep Action

Sumber gambar https://www.blibli.com

Clean & Clear dikenal sebagai merek kecantikan untuk remaja. Formula ringannya memang cocok untuk wajah remaja yang cenderung sensitif. Kali ini, pembersih dari Clean & Clear yang dapat kamu pilih sebagai pembersih kulit wajahmu adalah Clean & Clear Deep Action.

Cleanser ini mengandung bahan alami dan kandungan mineralnya berguna untuk mengangkat kotoran. Produk ini juga membantu proses pembentukan sel-sel kulit baru yang menjadikan kulit wajah tampak bersih dan cerah. Jika kamu ingin membeli produk ini, kamu bisa membelinya di Blibli seharga Rp 22.800 atau di Shopee dengan harga Rp 14.000.

Garnier Micellar Water Pure Active

Sumber gambar https://www.blibli.com

Garnier Micellar Cleansing Water adalah produk dari L’OREAL Group Company yang digadang-gadang menjadi facial wash sekaligus make up remover dan moisturizer dalam satu formula alias all in one. Teksturnya cair seperti air biasa sehingga tidak lengket di kulit. Kandungan micelle (molekul kecil berbentuk bulat) berfungsi mengikat dan menangkap kotoran seperti magnet.

Garnier Micellar Cleansing Water juga dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah dan membersihkan kotoran hingga ke pori-pori. Pori-pori pun dapat mengecil. Bagusnya lagi, produk ini tidak mengandung alkohol jadi aman untuk kulit sensitif sekalipun.

Garnier Micellar Cleansing Water hadir dalam 2 varian yakni varian biru untuk kulit berminyak dan varian pink untuk kulit kering. Dapatkan produk ini Blibi seharga 19.900 dan di Shopee seharga Rp 30.000 untuk kemasan 125 ml.

From our editorial team

Girls, Kulit Wajah Kombinasi Butuh Dibersihkan Lebih Telaten, Lho!

Nah, kamu yang memiliki kulit wajah kombinasi apalagi sensitif pastinya sangat rentan berjerawat jika tidak telaten membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian, bukan? Makanya jangan pernah malas membersihkan wajah setiap malam sebelum tidur agar tidak menimbulkan jerawat atau komedo berlebih di wajahmu. Kalau sudah berjerawat, siapa lagi yang nggak nyaman selain diri kita sendiri, kan?