10 Rekomendasi Penggiling Daging untuk Mengolah Daging Menjadi Aneka  Masakan dengan Lebih Mudah (2021)

10 Rekomendasi Penggiling Daging untuk Mengolah Daging Menjadi Aneka Masakan dengan Lebih Mudah (2021)

Ngemil bakso di rumah pasti enak, apalagi kalau baksonya bikin sendiri. Kamu yang doyan bakso wajib punya penggiling daging di rumah. Jangan asal pilih penggiling daging supaya lebih awet dan bisa tahan lama digunakan. Kamu bisa cek tips dari kami dan juga rekomendasi alat penggiling dagingnya, ya!

Mau Bikin Daging Giling? Kamu Butuh Penggiling Daging

Memasak adalah aktivitas yang menyenangkan. Kita bisa berkreasi menuangkan ide-ide untuk menyajikan makanan yang enak, lezat, dan bergizi bagi keluarga tercinta. Untuk memasak, kita butuh aneka peralatan yang bikin memasak lebih praktis. Sebut saja, blender, mixer, steamer, oven, dan lain sebagainya.

Salah satu peralatan yang pastinya akan dibutuhkan para ibu rumah tangga adalah alat penggiling daging atau meat grinder. Dengan adanya alat ini, kamu bisa menggiling aneka daging dengan lebih mudah. Misalkan saja kamu ingin bikin bakso, sosis, perkedel, dan aneka makanan yang mengharuskan kamu menggiling daging.

Adanya meat grinder bikin kamu jadi tidak perlu lagi beli daging giling olahan yang belum pasti kualitasnya dan belum terjamin kebersihannya. Gilingan daging juga akan sangat berguna jika di rumah ada orangtua yang kesulitan mengunyah daging. Dengan menggiling daging, maka daging menjadi lebih lembut dan lebih mudah dikunyah.

Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Membeli Penggiling Daging

Cek Kualitas Bahan Alatnya

Pertama, kamu perlu memastikan bahan alat penggiling dagingnya. Pilih alat yang bahannya kokoh, antikarat, dan kuat. Dengan begini, alatnya jadi lebih tahan lama digunakan.

Saran kami adalah memilih alat penggiling daging dengan bahan stainless steel, utamanya untuk bagian pisaunya. Bahan yang satu ini membuat daging lebih mudah digiling. Penggiling daging berbahan stainless steel juga lebih kokoh dan antikarat. Alat penggiling daging dari stainless steel juga lebih higienis karena lebih mudah dibersihkan.

Manual atau Elektrik

Alat penggiling daging hadir dalam dua pilihan, yaitu manual dan elektrik. Setiap alat memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Jika kamu jarang masak bahan makanan yang harus dihaluskan seperti daging, bumbu, kacang-kacangan, dan lainnya, maka kamu bisa pilih yang tipe manual saja. Harganya jauh lebih murah. Selain itu, alat penggiling daging manual juga lebih mudah dibersihkan usai digunakan. Kamu juga lebih hemat listrik karena alatnya tidak butuh daya listrik. Sayangnya, kamu jadi harus susah payah menggerakkan tuas penggiling dagingnya. Jika kamu menggiling dalam jumlah banyak tentu sedikit melelahkan.

Nah, jika kamu kerap memasak di dapur dengan aneka bahan yang harus digiling, maka kamu bisa gunakan tipe elektrik. Gilingan tipe elektrik lebih cepat dan lebih praktis digunakan. Tinggal colokkan saja ke sumber listrik, pasang alatnya, masukkan bahannya, tutup, dan pencet tombolnya untuk mulai menggiling. Kamu juga bisa memilih mode yang tersedia pada alat untuk menentukan tingkat kehalusan hasil gilingannya. Kekurangannya adalah, alat ini terkadang membutuhkan daya listrik yang besar.

Pilih yang Mudah Dibersihkan

Setiap selesai memasak, kita tentu wajib membersihkan alat-alat masak. Ini supaya tidak ada bahan makanan yang tertinggal dalam alat masak tersebut, termasuk juga penggiling daging. Jika alat penggiling daging sulit dibersihkan, maka bukan tidak mungkin ada sisa daging yang masih menempel, membusuk, lalu menyebabkan bakteri dan kuman menghinggapi alat tersebut. Akibatnya, penggiling daging ini tidak higienis untuk digunakan.

Ini Dia Alat Penggiling Daging yang Bisa Jadi Andalan Kamu

Mitochiba CH-200

Mitochiba CH-200 adalah rekomendasi pertama kami. Produk yang satu ini hadir dengan kapasitas yang besar. Dalam satu paket berisi 2 buah goblet ukuran 2 liter dan 0,7 liter. Alat ini bisa diatur dengan 2 kecepatan. Terbuat dari bahan stainless steel sehingga terjamin antikarat, awet, kokoh, dan tajam.

Ada 6 mata pisau untuk goblet besar dan 4 mata pisau untuk goblet kecil. Hal ini memastikan bahan makanan tergiling sempurna. Kamu bisa memakainya untuk daging, buah, bumbu, sayur, dan lain sebagainya. Alat ini dilengkapi thermostat sehingga otomatis berhenti jika motor sudah terlalu panas. Daya yang dibutuhkan sebesar 300 watt untuk beroperasi.

Harga Rp. 609.000-902.000

Huamei Meat Mincer

Huamei Meat Mincer adalah produk dengan kualitas tinggi yang mudah dirakit sendiri dan mudah dioperasikan. Kamu juga akan mudah melepaskan alat ini jika ingin dibersihkan. Produk ini bisa dipakai untuk menggiling aneka bahan mulai dari daging, ikan, sayuran, kacang, dan lain sebagainya.

Pisaunya tajam dan terbuat dari stainless steel yang tidak mudah berkarat. Fitur penguncian pada alat ini memberikan keamanan saat digunakan. Hasil gilingan lebih maksimal dan halus. Kamu cukup memasukkan bahan, lalu putar tuasnya memakai tangan. Alat manual dengan ukuran 10 x 18 cm ini tidak banyak memakan tempat di dapurmu.

Harga Rp. 27.500-34.000

Tupperware Fusion Master Mincer

Tupperware Fusion Master Mincer dihadirkan oleh Tupperware yang merupakan merek perabot rumah tangga kenamaan yang ramah lingkungan. Produk yang satu ini merupakan penggiling daging manual yang multifungsi. Kamu bisa memakainya untuk menggiling, mengaduk, dan mencetak dengan mudah.

Alat ini bisa mencacah daging dengan sempurna dan juga membantu pengisian sosis. Mata pisaunya juga sangat tajam dan bisa menggiling dengan sempurna.

Harga Rp. 520.000-1.280.000

X05 Meat Grinder

X05 Meat Grinder bisa digunakan untuk menggiling aneka bahan masakan seperti daging, buah, sayur, hingga aneka bumbu dapur. Desainnya simpel dan praktis digunakan. Ada 2 tingkat pisau yang super tajam sehingga bisa menghasilkan hasil gilingan yang lebih halus dan sempurna.

Kapasitasnya cukup besar yakni 2 liter sehingga kamu bisa menggiling lebih banyak. Wadahnya transparan sehingga kamu bisa melihat sudah seberapa halus hasil gilingannya. Ada 2 mode giling, yakni mode lambat untuk bahan lembut dan mode cepat untuk bahan keras. Ukuran produknya adalah 22 x 22 x 25 cm. Penggiling daging ini membutuhkan daya 300 watt.

Harga Rp. 118.000-157.000

Nagako Penggiling Daging

Nagako Penggiling Daging adalah rekomendasi kami selanjutnya. Penggiling daging manual ini memiliki bodi yang kokoh dan kuat karena bahannya dari cor logam. Kamu jadi lebih hemat listrik karena produk ini tidak butuh daya listrik.

Penggiling ini mudah dibersihkan. Kamu cukup menuangkan air panas ke dalam gilingan agar pisau dan cetakan gilingan bisa lebih bersih. Produk ini cocok digunakan untuk daging, ikan, bumbu, aneka kacang, dan lain sebagainya. Diameter lubang depannya 9 cm, diameter lubang bagian atas 12 cm, dan panjang gilingan 19 cm.

Harga Rp. 119.000-192.000

Oxone OX-861N

Oxone OX-861N Meat Grinder membutuhkan daya listrik sebesar 600 watt. Produk yang satu ini memiliki 2 pilihan kecepatan dengan fungsi reserve. Kecepatan pisaunya mencapai 220 RPM sehingga bisa menghasilkan gilingan yang sangat halus. Kamu bisa menggunakannya untuk mengolah sayur, daging, ikan, dan lain sebagainya.

Terbuat dari bahan stainless steel untuk pisaunya sehingga tajam, antikarat, dan pastinya tidak mudah rusak. Produk ini juga dilengkapi dengan penyocol untuk menekan bahan ke dalam lubang agar dapat digiling sempurna. Alat ini hadir dengan ukuran 43 x 20 x 27cm dan berat 4 kg.

Harga Rp. 865.000-949.000

Omicko Meat Mincer

Omicko Meat Mincer merupakan gilingan manual yang mudah digunakan. Ada banyak fungsi dalam satu alat ini. Kamu bisa memakainya untuk menggiling aneka jenis daging, kacang-kacangan, ikan, cabai, bumbu dapur, dan lain sebagainya.

Terbuat dari bahan stainless steel, produknya kokoh, tidak mudah rusak, dan juga tidak mudah berkarat. Hasil gilingannya halus dan sempurna sehingga sangat memuaskan. Produk ini juga mudah dibersihkan sehingga terjamin kebersihannya.

Harga Rp. 85.000-172.000

Maestro Meat Grinder ET-302

Maestro Meat Grinder ET-302 memakai bahan stainless steel dalam pembuatannya sehingga produknya kokoh, awet, dan higienis. Produk ini mudah dibersihkan dan cocok untuk mengolah aneka jenis makanan.

Mata pisaunya tajam sehingga hasil gilingan dijamin sangat halus. Alat ini membutuhkan daya listrik 800 watt. Dengan kapasitas besar, kamu bisa sekaligus membuat dalam jumlah banyak. Bukan hanya bisa menggiling daging, namun juga cocok untuk menggiling cabai, kentang, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 655.000-854.000

Xiaomi Deerma Electric Meat Grinder Chopper JR01

Xiaomi Deerma Electric Meat Grinder Chopper JR01 hadir dengan dua mata pisau model S yang tajam. Pisaunya mampu berputar 360 derajat sehingga bahan bisa tergiling halus dengan sempurna tanpa ada bagian yang terlewatkan. Pisaunya terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan antikarat.

Untuk mengoperasikannya dibutuhkan daya listrik sebesar 400 watt yang menghasilkan putaran hingga 24000 per menit. Kapasitas produk ini adalah 1,8 liter sehingga bisa muat banyak bahan sekaligus. Keunggulan alat ini adalah tidak berisik karena hanya mengeluarkan suara kurang dari 70dB.

Harga Rp. 449.000-741.000

GM Bear Blender Elektrik 1254- Cappa Chopper Electric Grinder

GM Bear Blender Elektrik 1254- Cappa Chopper Electric Grinder merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk ini bisa menggiling daging dengan cepat. Selain itu, cocok juga untuk aneka sayur, buah, kacang-kacangan, dan bumbu dapur.

Terbuat dari bahan stainless steel sehingga kokoh, antikarat, dan tahan lama digunakan. Ada 4 mata pisau yang tajam sehigga hasil gilingan lebih halus dan juga lebih merata. Kamu bisa memilih 2 mode giling, yakni mode lambat untuk bahan masakan lembut dan mode cepat untuk menggiling bahan masakan yang keras.

Alat ini membutuhkan listrik 250 watt. Kapasitas wadahnya 1,2 liter dengan ukuran produk secara keseluruhan adalah 18 cm x 25,5 cm.

Harga Rp. 169.905-619.200
From our editorial team

Tips Menggiling Daging

Ketika akan menggiling daging, kamu harus tahu tips-nya agar lebih mudah dan cepat. Pastikan dulu daging berada dalam suhu ruang. Hindari menggiling daging dalam kondisi panas karena bisa membuat lemak keluar, rasanya hambar, dan teksturnya lembek. Potongi dulu daging agar lebih mudah digiling. Kamu bisa menggiling daging dua kali atau lebih jika ingin hasil yang lebih halus.