Haluskan Bahan Makanan dengan Cepat Memakai 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (2021)

Haluskan Bahan Makanan dengan Cepat Memakai 10 Rekomendasi Food Chopper Terbaik (2021)

Food chopper sangat dibutuhkan utamanya untuk mereka yang punya bayi karena alat ini bisa cepat menghaluskan bahan makanan. Selain itu, food chopper juga bisa digunakan untuk menghaluskan bumbu dapur dan daging dengan singkat. Peralatan dapur yang satu ini hadir dalam berbagai tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Intip yuk tips memilih food chopper dan juga rekomendasinya dari kami!

Meski Mirip, Food Chopper Berbeda dengan Food Processor

Ketika memasak di dapur, kita membutuhkan alat yang bisa membantu pekerjaan kita agar lebih cepat selesai. Ada banyak alat memasak yang bisa mempercepat kegiatan kita seperti rice cooker, oven, kompor listrik, hingga food chopper, dan food processor. Khusus untuk food chopper dan food processor, sebaiknya Anda memiliki keduanya. Banyak yang mengira kedua alat ini sama saja. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan, loh.

Food chopper merupakan perlengkapan dapur dengan pisau sainless steel. Alat ini fungsi utamanya adalah untuk memotong-motong dan mencincang makanan jadi lebih kecil dan halus. Besar kecilnya hasil potongan juga bisa disesuaikan dengan jenis pisau dan juga tinggi rendahnya kecepatan putar food chopper tersebut.

Food processor secara fungsi sama dengan food chopper. Namun, fungsi dari food processor lebih banyak. Kamu bisa memakai alat yang satu ini untuk mengaduk adonan, memotong buah dan sayur, membuat parutan keju dan kelapa dengan sempurna, menggiling daging, dan lain sebagainya.

Bentuk food chopper dan foof processor mirip. Namun, ukuran keduanya berbeda. Food chopper hadir dalam kapasitas 350 hingga 500 ml saja. Ini membuatnya cocok dipakai untuk keluarga kecil atau untuk porsi kecil saja. Sementara itu, food processor memiliki kapasitas hingga 2 liter. Ini membuat kamu bebas memasak dalam jumlah besar dan cocok untuk kamu yang tinggal di keluarga besar.

Food chopper lebih murah harganya karena fungsinya memang tidak sebanyak food processor. Selain itu, food chopper juga lebih mudah dibersihkan. Food processor harganya lebih mahal karena kamu bisa memakainya untuk beragam kebutuhan. Namun, untuk pembersihannya memang sedikit ribet karena banyak bagian yang harus dilepas pasang.

Sebagai kesimpulan, jika kamu ingin memakai untuk keseharian dan untuk porsi kecil saja, kamu bisa memakai food chopper. Sementara, jika untuk bisnis atau untuk mengolah dalam jumlah besar dan untuk memakainya dalam berbagai fungsi, kamu bisa memilih food processor.

Tips Memilih Food Chopper yang Wajib Kamu Tahu

Pilih yang Bentuknya Simpel dan Mudah Dibersihkan

Meski sedikit merepotkan, namun kegiatan memasak sangat menyenangkan. Kita berkreasi dan menciptakan aneka makanan lezat dan bergizi untuk seluruh anggota keluarga. Kegiatan memasak, butuh waktu yang cukup lama dan kadang juga melelahkan.

Karena memasak saja sudah melelahkan, jangan sampai kegiatan setelah memasak, yakni beberes peralatan dapur jadi melelahkan juga. Peralatan dapur yang sudah digunakan wajib dicuci bersih. Ini untuk menghilangkan sisa bahan makanan pada alat tersebut. Jangan sampai kita meninggalkan sisa makanan yang nantinya membusuk dan membuat peralatan dapur tersebut jadi tidak higienis untuk digunakan.

Ketika kamu memilih food chopper, usahakan untuk memilih yang bentuknya simpel. Ada banyak model chopper di pasaran. Makin simpel bentuknya makin bagus untuk kamu gunakan. Ini karena food chopper yang simpel bikin kamu mudah untuk membersihkannya.

Dengan peralatan dapur yang mudah dibersihkan, maka kamu tidak perlu berlama-lama untuk mencuci peralatan dapur dan membereskannya. Peralatan yang mudah dibersihkan juga pastinya lebih higienis karena kita bisa mudah membersihkannya hingga ke sela-selanya. Tak ada sisa makanan atau air yang tersisa pada peralatan dapur maka alatnya jadi lebih higienis saat digunakan kembali.

Pilih Tipenya

Kamu juga bisa memilih food chopper berdasarkan tipenya. Ada tipe push, handle, dan juga string pull. Setiap tipe ada kelebihannya sendiri. Kamu bisa memilih mana yang sekiranya kamu butuhkan.

Food chopper tipe push cocok untuk kamu yang hanya butuh untuk menghaluskan sedikit bahan makanan. Pisaunya akan memutar dengan gaya sentrifugal. Karena model pisaunya tersebut maka desainnya terkesan ringkas. Kamu bisa memakainya untuk memotong-motong sayur atau bumbu.

Selanjutnya, ada food chopper tipe string pull. Tipe yang satu ini mudah digunakan. Kamu tinggal menarik tali pada bagian tutupnya untuk membuat pisaunya berputar. Desainnya juga ringkas sehingga mudah disimpan. Tipe ini juga lebih mudah dibersihkan.

Lalu, ada food chopper tipe handle. Tipe yang satu ini memiliki handle yang harus diputar untuk menggerakkan pisaunya. Tipe ini cocok untuk kamu yang ingin menghasilkan potongan kasar atau halus sesuai keinginan.

Terakhir, ada tipe elektrik yang praktis digunakan. Kamu tinggal pasang pada colokan lalu masukkan bahan ke dalam chopper, tutup chopper dan tekan tombol sesuai kebutuhan. Tipe ini cocok untuk kamu yang tidak ingin berlama-lama memasak.

Pilih Ukuran

Food chopper yang dijual di pasaran, hadir dalam berbagai ukuran. Kamu bisa memilih ukuran sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika porsi makanan yang ingin kamu olah kira-kira hanya sedikit, maka pilih ukuran kecil saja agar kamu bisa lebih hemat. Harga chopper dengan kapasitas kecil tentu tidak semahal yang kapasitasnya besar. Namun, jika memang kamu butuh memasak untuk jumlah besar, maka ada baiknya memilih ukuran besar agar kamu tidak perlu bolak balik memakai alat ini hanya karena kapasitasnya terlalu kecil.

Cek Fungsi Tambahan jika Ada

Kamu juga perlu mengecek fungsi tambahan jika ada. Setiap food chopper yang dijual di pasaran, tentu memiliki ciri khas sendiri bergantung dari mereknya. Nah, kamu bisa memilih yang food chopper-nya memiliki fitur tambahan jika diinginkan. Tentunya ini juga akan mempengaruhi harganya. Cek fungsi tambahan tersebut dan pikirkan apakah sesuai dengan harga yang ditawarkan. Fungsi yang umum ada yakni, penyesuaian tingkat kehalusan makanan, kecepatan, dan lain sebagainya.

Ini Dia Rekomendasi Food Chopper untuk Kamu

Starco Food Chopper SCP-112

Starco Food Chopper SCP-112 hadir dengan desain yang simpel dan warna yang cukup menarik. Pilihan warnanya adalah hijau dan jingga. Ukurannya kecil namun memiliki kapasitas 1,2 liter sehingga cukup untuk memasak banyak bahan makanan. Produk ini tidak banyak makan tempat saat disimpan.

Food chopper ini membutuhkan daya 250 watt untuk beroperasi. Mata pisaunya anti karat dan bahan motornya dari tembaga sehingga bisa menghasilkan kecepatan tinggi. Alat ini bersifat food grade jadi aman digunakan. Bahan wadahnya dari kaca bening sehingga kita bisa melihat tingkat kehalusan makanan.

Kamu bisa memakainya untuk menghaluskan daging, sayur, buah, hingga kacang-kacangan dengan cepat. Kamu tinggal masukkan bahan ke dalamnya lalu tutup dan tekan tombol ON untuk menyalakannya.

Harga Rp. 199.000-572.000

Oxone Jumbo Chopper OX-272

Oxone Jumbo Chopper OX-272 merupakan penggiling makanan serba guna yang sayang untuk dilewatkan. Alat ini membutuhkan daya sebesar 250 watt untuk beroperasi. Produk bahan plastik ini memiliki kapasitas 1,2 liter sehingga cocok untuk keluarga kecil.

Ada bagian pegangan yang nyaman dan tidak licin sehingga memudahkan kamu menuang bahan makanan yang sudah dihaluskan. Pisau produk ini berbahan stainless steel yang tajam dan kuat. Bahannya premium sehingga tahan lama digunakan.

Food chopper ini dilengkapi tombol on dan off untuk memudahkan pengoperasian. Mudah dibersihkan, tidak ada lagi sisa makanan tersisa dan alatnya jadi higienis saat akan digunakan kembali.

Harga Rp. 342.000-450.000

MITOCHIBA Chopper Food CH100

MITOCHIBA Chopper Food CH100 merupakan andalan para ibu untuk menghaluskan, menggiling, dan mengocok aneka bahan makanan. Dengan kapasitas sebesar 1,5 liter, kamu leluasa mengolah aneka bahan makanan sekaligus dalam jumlah banyak. Kamu boleh memakainya untuk menggiling daging, bumbu dapur, membuat adonan bakso, MPASI anak, dan lain sebagainya. Ada juga yang ukuran kecil yakni 700 ml sehingga cocok jika kamu sedang ingin mengolah makanan dalam porsi kecil.

Untuk mengoperasikannya, kamu butuh daya 300 watt. Produk ukuran 34 x 25 x 28cm ini cukup hemat tempat dan mudah disimpan. Desainnya simpel dan elegan sehingga bisa mempercantik ruangan tempatnya diletakkan. Food chopper ini mudah dibersihkan karena bagian-bagiannya bisa dilepas.

Harga Rp. 479.000-530.000

Cypruz Chopper Pisau Ganda

Cypruz Chopper Pisau Ganda bisa jadi pilihan yang pas untuk kamu yang ingin mengolah makanan dengan cepat. Produk ini hadir dengan alat pencacah bermata pisau ganda. Cara kerjanya lebih cepat dan bisa memberikan hasil yang maksimal. Alat yang satu ini bisa menghaluskan daging, bumbu, sayuran, buah, dan kacang.

Produk ini bersifat BPA free dan food grade sehingga kamu bisa lebih tenang saat memakainya untuk segala jenis makanan. Kapasitas food chopper ini adalah 500 ml sehingga cocok untuk porsi kecil saja. Daya yang dibutuhkan sebesar 300 watt.

Harga Rp. 269.000-489.000

Tupperware Turbo Chopper

Tupperware Turbo Chopper mampu menghaluskan aneka bahan makanan dengan cepat. Ukurannya mini sehingga mudah disimpan tanpa memakan banyak tempat. Produk ini hanya memiliki kapasitas 300 ml saja sehingga tidak cocok untuk porsi yang besar.

Di dalamnya ada tiga pisau yang mampu mencacah bahan makanan dengan tingkat kehalusan yang diinginkan. Kamu bisa mudah membersihkannya karena setiap bagian alat bisa dilepas dengan mudah. Food chopper tipe string pull ini mudah digunakan karena tidak butuh listrik jadi kamu bisa hemat listrik. Kamu bisa memakai alat ini untuk menghaluskan bumbu dapur.

Harga Rp. 163.000-308.000

Zyliss Zick Zick Food Chopper

Zyliss Zick Zick Food Chopper merupakan food chopper tipe push yang mudah digunakan. Alat ini bisa mengolah bahan makanan yang diinginkan langsung di atas wadah yang kita mau. Tinggal tekan saja untuk menjalankan alat ini.

Kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat bumbu atau topping. Alat ini mudah dibersihkan karena bagian-bagiannya mudah dilepas. Gunakan food chopper ini untuk sayuran, buah, bumbu dapur, hingga kacang-kacangan.

Harga Rp. 298.000-498.000

Swift Chopper Multifunction Food Processor

Swift Chopper Multifunction Food Processor merupakan alat multifungsi untuk kamu. Produk yang satu ini bisa dipakai untuk sayur, daging, buah, dan lain sebagainya. Kapasitasnya besar sehingga kamu bebas memasak dalam porsi lebih banyak.

Chopper tipe handle ini memiliki aneka fungsi lain. Kamu bisa juga memakainya untuk mengocok adonan. Alat ini mudah dioperasikan dan juga mudah dibersihkan. Kamu tidak butuh listrik untuk memakainya. Produk juga bisa menghaluskan bahan makanan dalam waktu singkat.

Alat ini cocok untuk membuat jus, memarut keju, membuat whipped cream, dan lain sebagainya. Pisaunya dari stainless steel sehingga tidak mudah berkarat dan bisa digunakan dalam waktu lama.

Harga Rp. 71.000-132.000

Sayota Food Chopper T-1129

Sayota Food Chopper T-1129 adalah rekomendasi kami selanjutnya. Kamu bisa memakainya untuk menggiling daging, bumbu, sayur, dan buah. Produk ini dilengkapi pisau stainless steel yang kuat dan antikarat. Food chopper ini dilengkapi ring karet silikon berkualitas yang tidak mudah kendur.

Kamu butuh daya 250 watt untuk mengoperasikannya. Wadah chopper dari bahan plastik berkualitas yang sudah food grade sehingga aman digunakan. Dengan kapasitas 1 liter, kamu bisa mengolah lebih banyak bahan makanan. Produk ini bergaransi 1 tahun lamanya.

Harga Rp. 395.000-547.000

KitchenAid 5KFC3516EOB Food Chopper 3.5 Cup

KitchenAid 5KFC3516EOB Food Chopper 3.5 Cup merupakan alat multifungsi yang bisa membantu kamu di dapur. Gunakan untuk menghaluskan bumbu, membuat jus, mencacah daging, dan lain sebagainya. Kapasitas wadahnya besar sehingga kamu bisa leluasa mengolah bahan makanan.

Alat yang satu ini hadir dengan 2 pilihan kecepatan dan menu pulse. Produk ini mudah dibersihkan karena setiap bagian bisa dilepas dan mudah dicuci. Ada sistem safety lock untuk keamanan saat penggunaan. Daya listrik yang dibutuhkan adalah 250 watt.

Harga Rp. 1.200.000-2.520.000

BOLDe Food CHOPPER

BOLDe Food CHOPPER adalah rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini bisa dipakai untuk menghaluskan daging atau menghancurkan bumbu masak. Kita bisa mengatur tingkat kehalusan bahan makanan sesuai keinginan.

Hadir dengan 4 mata pisau stainless steel dan 2 blade anti karat, produk ini dijamin cepat mengolah aneka bahan. Kapasitas mangkuk kacanya adalah 2 liter sehingga cocok untuk porsi besar. Bagian mangkuknya stabil karena sudah ada karet antislip sehingga aman digunakan.

Alat ini sudah lengkap dengan fitur noise reduction sehingga bisa meredam suara saat pengoperasian. Daya listrik yang dibutuhkan adalah 350 watt. Ada banyak pilihan warna cantik yang tersedia.

Harga Rp. 339.000-694.000
From our editorial team

Sesuaikan Pemilihan Chopper dengan Bahan yang akan Diolah

Saat membeli food chopper, penting bagi kita untuk tahu spesifikasinya. Pastikan bahwa kita memilih food chopper yang mampu menghaluskan bahan yang ingin kita olah. Tidak semua food chopper bisa menghaluskan daging. Ada food chopper yang khusus untuk bumbu dapur saja dan seterusnya. Maka dari itu, jika kamu memang tidak butuh menggiling daging, kamu hanya perlu mencari food chopper yang bisa mumpuni untuk menggiling bumbu-bumbu. Namun, jika ingin yang serbaguna, maka carilah yang bisa menggiling daging hingga bumbu dan bahan makanan lainnya.