Aneka Mesin Pemotong Ayam untuk Usaha Kecil Menengah (2020)

Aneka Mesin Pemotong Ayam untuk Usaha Kecil Menengah (2020)

Daging ayam memang menjadi salah satu favorit lauk di Indonesia. Memasak daging ayam juga tergolong mudah karena dapat dipadukan dengan bumbu dapur yang paling sederhana sekalipun seperti merica, bawang putih, dan garam. Selain itu, peluang usaha olahan ayam juga masih memiliki prospek yang sangat luas karena ayam dapat dipadu dengan aneka jenis sambal dan sayur mayur.

Usaha Kuliner Berbahan Ayam yang Tak Pernah Padam

Sumber gambar lifepal.co.id

Salah satu usaha kuliner di Indonesia yang tidak pernah padam peminatnya adalah usaha makanan berbahan dasar ayam. Terdapat banyak ragam produk kuliner ayam mulai dari gerai besar hingga penjaja makanan kaki lima. Bisnis makanan berbahan ayam dapat berupa ayam goreng, ayam geprek, ayam bakar, hingga ayam panggang. Usaha makanan dengan produk olahan ayam juga banyak dilirik oleh para pengusaha. Produk olahan ayam mulai dari pabrik besar hingga rumahan masih sangat diminati masyarakat. Sebagai contoh dari produk-produk tersebut antara lain nugget ayam, sate ayam, sosis ayam, ayam goreng fillet krispi, atau sempol ayam.



Masyarakat gemar dengan daging ayam karena harganya relatif terjangkau dan dapat dibeli oleh setiap kalangan. Di sisi pedagang, produk olahan ayam dapat mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Kunci usaha dengan olahan ayam adalah tetap konsisten. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika pengusaha juga mencoba memadupadankan menu baru pada produknya. Produk olahan ayam bukanlah usaha yang rumit dan mahal.



Hal-hal yang perlu diperhatikan tentang usaha kuliner

Usaha kuliner memang menjanjikan keuntungan yang melimpah, oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha kuliner, yaitu:

Memprioritaskan kualitas bahan makanan

Sumber gambar today.line.me

Ketika Anda memulai bisnis kuliner, bahan makanan merupakan hal yang penting. Kualitas menjadi prioritas dan tidak dapat disampingkan. Kekuatan usaha kuliner adalah dalam konsistensi. Terkadang, harga bahan makanan dapat naik dan turun. Hal ini tentu akan mempengaruhi pada penjualan. Oleh karena itu, jika Anda memutuskan berbisnis di bidang kuliner, Anda harus lihai dalam mengatur strategi dalam menjaga kualitas bahan makanan tersebut.

Selalu memperhatikan pasokan bahan makanan

Sumber gambar modernfarmer.com

Berbisnis kuliner penuh dengan perhitungan. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhitungan pasokan yang efektif dan efisien. Pasokan bahan makanan ini mempengaruhi kualitas makanan yang akan Anda jual. Dalam hal ini, ada baiknya Anda juga menyediakan tempat tersendiri agar pasokan bahan untuk usaha terjaga kualitasnya.

Perhatikan kebutuhan pelanggan dengan memberi pelayanan terbaik

Dalam berbisnis makanan pelayanan adalah yang utama. Citra pengusaha makanan akan baik dan dikenal oleh banyak orang apabila Anda memberikan pelayanan yang terbaik. Pelanggan akan kembali membeli produk Anda jika mereka puas terhadap kualitas produk dan pelayanan yang mereka dapat.

Peluang Bisnis Pemasok Ayam Potong

Sumber gambar thepoultrysite.com

Dengan adanya berbagai usaha olahan daging ayam, kebutuhan terhadap bahan baku utama tentu sangat tinggi. Peluang menjadi pemasok daging ayam masih terbuka sangat luas. Usaha ini dapat dimulai dari usaha kecil atau menengah skala rumah tangga. Anda dapat memasok ke kafe, warung makan, restoran, atau menjual dari rumah ke rumah. Selain itu, Anda juga dapat menjual ayam bumbu yang siap masak atau hanya tinggal dipanaskan.

Selain menjual ayam secara langsung kepada pembeli, tren jual beli saat ini adalah memasarkan produk melalui media sosial. Anda perlu menggunakan jasa pengriman barang untuk mengantar daging ayam. Melalui pemasaran seperti ini, Anda dapat menjangkau konsumen lebih luas bahkan hingga luar kota.

Jika ingin memulai bisnis ayam potong, perhatikan hal-hal berikut:

Memperhatikan harga dan jenis ayam

Sumber gambar www.afrimash.com

Jenis ayam berbeda-beda, begitupula harga persatuan ekor. Tentukan dahulu jenis ayam yang akan Anda jual. Setelah menentukan jenis ayam, Anda dapat membuat estimasi harga jual untuk para konsumen.

Mempertimbangkan dan mempersiapkan tempat

Sumber gambar www.holidogtimes.com

Ketika membuka usaha pemotongan ayam, perhatikan tempat yang akan Anda gunakan. Kandang ayam juga dibutuhkan untuk memasok ayam yang akan Anda potong. Jika Anda membutuhkan kandang ayam, Anda harus memperhatikan kualitas kandang agar ayam tetap sehat. Kandang yang baik memenuhi kriteria mendapat sinar matahari yang cukup, memiliki sirkulasi udara dan air yang baik, dan memiliki suhu stabil.

Memahami dan menguasai harga pasar

Dalam memulai usaha apapun, Anda harus memperhatikan dan memahami harga pasar, terutama para pengusaha yang sama dengan Anda. Dengan memperhatikan hal ini, Anda dapat memulai persaingan sehat yaitu tidak terlalu merendahkan harga atau meninggikan harga. Dengan memahami harga pasar, Anda dapat memperkirakan modal dan keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Menjaga kepercayaan konsumen

Sumber gambar www.themuse.com

Salah satu tantangan menjadi pedagang adalah menjaga kepercayaan pada pelanggan atau konsumen. Hal ini merupakan kunci dari kelancaran bisnis yang Anda jalankan. Sebab, tanpa kepercayaan tentu saja bisnis Anda akan mengalami kesulitan dalam berkembang atau bahkan merugi secara cepat. Oleh karena itu agar kepercayaan konsumen ayam potong Anda tinggi, Anda harus jujur dalam menimbang berat ayam potong dan menyajikan kualitas terbaik. Usaha yang baik akan tetap berjalan dan meraih keuntungan.

Memilih Mesin Pemotong Ayam untuk Memulai Usaha Ayam Potong

Dalam menjalankan bisnis, salah satu modal utama adalah alat produksi. Menggunakan mesin pemotong ayam menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan karena banyak keunggulan menggunakan mesin ini. Keunggulan tersebut antara lain Anda dapat menghasilkan hasil pemotongan daging yang rapi dan merata, memotong lebih cepat sehingga menjaga kualitas kesegaran daging, dapat memotong dengan kapasitas yang lebih banyak, dan ada peluang lebih besar dalam mengembangkan produk usaha yang lain.

Sudah mantap untuk memulai usaha pemotongan ayam? Yuk, simak beberapa rekomendari aneka mesin pemotong ayam untuk memulai usaha Anda dari BP-Guide!

Mesin Potong Ayam Heavy Duty Poultry Cutter

Mesin potong ayam Heavy Duty Poultry Cutter adalah salah satu mesin yang dapat Anda pilih untuk modal awal membangun usaha pemotongan Ayam. Mesin ini termasuk mesin pemotong ayam tipe TPC-01. Alat pemotong ini dilengkapi meja dengan ukuran panjang 60cm dan lebar 40cm. Meja tersebut digunakan sebagai alas sebagai tempat menegakkan mesin dan pisau pemotong. Mesin ini dapat memotong setiap bagian-bagian ayam seperti bagian paha, kepala, sayap, dan memotong bagian punggung ayam.

Pisau yang digunakan untuk memotong karkas ayam terbuat dari lempengan baja tahan karat 304. Material pemotong yang ada di mesin ini berbentuk lingkaran dengan ketebalan 200mm dan dapat ditajamkan hingga 15mm. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas pisau pemotong karena sudah memenuhi standar kualitas kebersihan dan keamanan untuk makanan. Jika Anda memutuskan untuk membeli tipe mesin ini, jangan lupa untuk memastikan apakah penjual mesin pemotong ayam ini telah memberikan pisau cadangan bagi mesin yang Anda beli.

Alat pemotong ini dilengkapi dengan motor berkapasitas 0,5hp/50Hz. Listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasionalkan mesin potong ini adalah 220V/1ph/50HZ. Dengan kapasitas tersebut, Anda dapat memotong ayam sebanyak 350 ekor/jam. Motor penggerak yang digunakan merupakan produk Taiwan yang telah teruji ketahanan dan keawetannya dan dilengkapi dengan penutup.

Tips merawat mesin pemotong ayam adalah membersihkannya secara rutin atau setelah selesai memotong ayam serta menjauhkan dari percikan air, darah, dan potongan daging. Mesin Heavy Duty Poultry Cutter memiliki desain yang memudahkan untuk dibersihkan. Anda hanya tinggal membuka penutup pisau dan menggunakan lap untuk membersihkan percikan darah dan daging.





Harga Rp. 7.150.000-8.250.000

Mesin Pemotong Ayam Tipe TPC-02

Mesin pemotong ayam kedua adalah mesin pemotong ayam tipe TPC-02. Mesin ini memiliki kemampuan sama dengan mesin tipe pertama. Perbedaanya adalah letak motor untuk menggerakkan ada di belakang pisau pemotong, sedangkan motor Tipe TPC-01 berada di samping pisau pemotong. Tipe TPC-02 memiliki pisau dengan ketebalan 300mm dan berbahan baja tahan karat 304. Anda tidak perlu khawatir karena pisau yang berbentuk lingkaran tersebut telah terjamin aman untuk makanan.

Motor penggerak tipe kedua ini memiliki kapasitas daya sebesar 750Watt/220Volt/50Hz. Agar memudahkan dalam pembersihan dan terjamin keamanan penggunanya, mesin dengan berat 55.000gr tersebut dilengkapi penutup untuk motor dan pisau. Model mesin berdimensi 650X330X600mm ini dapat Anda jadikan sebagai salah satu pilihan alternatif untuk modal awal membuka rumah potong ayam.

Anda hanya cukup membuka penutup pisau dan mesin untuk perawatan kebersihan. Cara membersihkan mesin ini dalah dengan menjauhkan berbagai material yang mengandung cairan seperti air, darah, dan percikan daging. Oleh karena itu, mesin ini harus segera dibersihan setelah pemakaian.

Harga Rp. 9.000.000-13.000.000

Mesin Potong Ayam XZ-QC-A460

Mesin potong ayam selanjutnya adalah mesin potong yang dapat membuat daging berbentuk dadu. Mesin ini cocok untuk Anda yang ingin menambah jenis produk ayam potong, terutama daging dengan sedikit tulang. Daging ayam dadu dapat digunakan untuk berbagai aneka masakan serta lebih mudah dalam pengolahan dan pengemasan.

Mesin potong ayam ini memiliki dimensi 590x460x910mm dengan berat 80Kg dan membutuhkan listrik bertegangan 220/380Volt dan berdaya 1,1Kw. Dengan kapasitas mesin seperti itu, Anda dapat memotong hingga 800Kg/jam. Selain itu, Anda juga akan mendapat besar hasil potongan mulai dari 10mm hingga 40mm. Mesin yang memiliki dimensi 590x460x910mm ini terbuat dari baja anti karat berkualitas tinggi sehingga terjamin keawetannya.

Dengan menggunakan mesin pemotong ini Anda akan bekerja secara cepat. Selain itu, hasil pemotongannya juga tepat dan efektif karena mesin memotong daging dengan merata. Daging berbentuk dadu cocok untuk makanan beku dan dimasak dengan berbagai jenis olahan seperti steak, barbekyu, bumbu teriyaki, sate ayam, mie ayam, dan aneka masakan yang lain.

Harga Rp. 20.500.000-298.350.000
From our editorial team

Mesin potong ayam memudahkan bisnis ayam Anda

Memiliki mesin pemotong ayam adalah kewajiban bagi mereka yang berbisnis ayam potongg. Tak perlu lagi menggaji tenanga manual yang mahal jika Anda bisa berinvestasi pada alat potong yang lebih cepat, murah, dan hasil yang baik!