Ragam Rekomendasi Mesin Pemotong Ayam untuk Menghasilkan Daging Utuh Berkualitas (2020)

Ragam Rekomendasi Mesin Pemotong Ayam untuk Menghasilkan Daging Utuh Berkualitas (2020)

Menyembelih maupun memotong ayam memang menjadi salah satu proses penting untuk menyediakan daging ayam segar di pasaran. Daripada menggunakan cara manual yang menguras tenaga, penggunaan mesin pemotong ayam tentu membuat pekerjaan menjadi lebih efektif. Tertarik membeli mesin pemotong ayam untuk memasok daging terbaik? Berikut beberapa rekomendasi mesin pemotong ayam yang bisa dijadikan pilihan.

Kini Memotong Ayam Tidak Lagi Harus Dilakukan Secara Manual

Ayam saat ini menjadi salah satu komoditas pangan favorit. Ayam juga banyak dicari lantaran kandungan protein hewaninya yang tinggi. Tingginya permintaan daging ayam membuat pasokan ayam di pasaran juga tak boleh terjeda. Untuk menyediakan daging ayam potong, rumah jagal memiliki peran penting.

Adanya rumah jagal memiliki peran dalam membantu proses pemotongan ayam dengan cepat dan mudah, sehingga hasil potongan ayam lebih rapi dan juga berkualitas. Kini, rumah jagal tidak lagi menggunakan pisau untuk memotong secara manual. Telah tersedia mesin pemotong ayam yang dapat menyembelih beberapa ekor ayam secara bersambung, sehingga dapat menyediakan daging ayam lebih cepat.

Rekomendasi Mesin Pemotong Ayam Terbaik

Mesin Pemotong Ayam Bleeding Cone

Rekomendasi selanjutnya adalah Maksindo mesin pemotong ayam. Produk dengan tipe mesin MKS-PTA99 ini memiliki dimensi 540 x 440 x 610 mm. Memiliki berat 80 kg, alat ini dapat memotong ayam dengan kapasitas 200 kg/jam sesuai dengan kecepatan operator. Berdaya 750 watt, Maksindo mesin pemotong ayam tersedia di maksindo.com dengan harga Rp 9.615.000.

Mesin Pemotong Ayam (MKS-PTA99)

Mesin pemotong ayam (MKS-PTA99) menjadi rekomendasi mesin pemotong ayam selanjutnya. Produk dengan dimensi 540 x 440 x 610 mm ini memiliki berat 80 kg. Mesin dapat memproses ayam dengan kapasitas 200 kg/jam. Mesin pemotong ayam ini membutuhkan sumber tegangan 220 volt dengan daya sebesar 750 watt. Produk keluaran Maksindo ini dapat dibeli di Tokopedia seharga Rp 9.600.000.

Mesin Potong Ayam | Slicer Stainless

Penggunaan mesin pemotong ayam memang memudahkan pedagang dalam memasok daging ayam. Salah satu alat yang direkomendasikan adalah Mesin Potong Ayam | Slicer Stainless. Slicer ini memiliki penggerak E.mtr 1 Hp dengan panjang as 25 cm.

Produk dengan bahan kontak plat SS 304 ini tersedia dengan dimensi meja 60 x 40 cm. Memiliki diameter pisau 20 cm baja, ketebalan pisau ini adalah 1.5 mm. Mesin ini dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 6.500.000.

Mesin Potong Ayam - Poultry Cutter - Mesin Parting - Potong Karkas

Untuk menghasilkan potongan karkas yang rapi, penggunaan slicer atau mesin pemotong ayam sangat direkomendasikan. Mesin Potong Ayam - Poultry Cutter - Mesin Parting - Potong Karkas bisa menjadi solusi untuk menghasilkan potongan karkas yang rapi. Produk dengan mesin 0.5 hp/50 Hz ini bekerja dengan tegangan listrik 220 volt.

Tersedia dalam dimensi meja 60 x 40 yang terbuat dari material plate stainless steel 304, alat ini memiliki kapasitas 350 ekor ayam setiap jamnya. Dalam satu paket set ini, tersedia satu pisau terpasang dan satu pisau cadangan dengan ketebalan 1.5 mm.

Harga Rp. 6.000.000

Mesin Potong Ayam (Poultry Cutter TPC-02)

Rekomendasi mesin pemotong ayam selanjutnya adalah Mesin Potong Ayam( Poultry Cutter TPC-02). Poultry cutter ini memudahkan para pedagang ayam dalam melakukan parting karkas agar menghasilkan potongan yang rapi.

Memiliki dimensi 650 x 330 x 600 mm ini terbuat dari bahan stainless steel sus 304 (food grade) dengan pisau 300 mm. Menggunakan daya listrik 750 watt, mesin ini memiliki cover yang bisa dibuka, sehingga mudah dibersihkan. Dapatkan produk ini seharga Rp 11.000.000 dan Tokopedia seharga Rp 14.650.000.

YGM-220 Mesin Pemotong Ayam Segar atau Beku

Dalam mendistribusikan ayam, sering kali ayam dikirim dalam kondisi beku. Hal ini tentu menyulitkan dalam melakukan parting karkas secara manual. Tak perlu khawatir, dengan YGM-220 Mesin Pemotong Ayam Segar atau Beku, baik ayam segar maupun beku dapat dipotong dagingnya dengan rapi.

Produk dengan tegangan 220 volt ini memiliki kapasitas potongan daging 400-500 kg/jam dan output dari silver 260-300 kg/jam. Dengan jarak antar pisau 3.5/5.5, item ini dapat disesuaikan dengan ukuran daging. Produk dengan dimensi 393 x 363 x 725 mm ini dapat dipesan dengan harga yang beragam di id.ygm-meatcutter.com.

Sebelum Membeli Ayam, Pastikan Ayam yang Kamu Beli dalam Kondisi Segar

Tidak Berbau

Sebelum membeli ayam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar memperoleh ayam yang segar. Hal pertama adalah pastikan bahwa ayam tidak berbau busuk. Ini adalah salah satu parameter bahwa ayam yang hendak kamu beli adalah ayam segar. Bau yang normal pada ayam segar adalah bau khas daging yang tidak anyir apalagi menyengat. Hindari ayam yang berbau busuk atau zat kimia, karena ini menandakan bahwa kualitas ayam yang dijual telah mengalami penurunan.

Tekstur

Selanjutnya, perhatikan tekstur ayam yang hendak dibeli. Ayam segar biasanya memiliki tekstur daging yang kenyal dan utuh. Apabila ditekan, biasanya akan kembali ke bentuk semula. Hindari ayam dengan permukaan kulit yang licin dan mengkilap, karena kemungkinan ayam tersebut telah diawetkan dengan formalin. Tekstur ayam tiren biasanya juga lebih kasar dan seperti berpasir. Selain itu, hindari pula daging ayam yang terlalu lembek dan berarir, karena bisa jadi daging telah disuntik agar memiliki bobot yang berat.

Tidak Banyak Darah dan Memar

Bagaimana ayam tersebut dipotong juga memengaruhi kesegaran daging ayam. Ayam yang ditangani dengan cara kasar biasanya akan meninggalkan bekas memar dan juga berdarah-darah. Maka dari itu, perhatikan dengan jeli daging ayam ketika hendak membelinya. Pastikan bahwa ayam yang dibeli dalam kondisi mulus dan tanpa memar. Hal ini untuk memastikan bahwa ayam yang dibeli adalah ayam yang segar dan disembelih dengan baik.

Pastikan Warna Daging Ayam

Warna daging ayam memang tidak bisa bohong dalam menunjukkan kesegaran daging. Ayam yang sudah tidak segar biasanya meimiliki warna putih kebiruan karena masih terdapat darah pada ayam yang membeku. Lalu bagaimana visual ayam yang segar? Warna kulit dan daging ayam yang segar bisanya memiliki warna putih atau krem dengan semburat kemerahan. Permukaan dagingnya pun lebih lembap yang menandakan bahwa ayam baru saja dipotong.

From our editorial team

Slicer, Mesin Pemotong Ayam untuk Hasil Parting yang Maksimal

Dalam industri daging ayam, ada beberapa mesin yang dibutuhkan dalam menyediakan daging berkualitas. Selain mesin penyembelih, mesin bubut, ada pula slicer yang digunakan untuk memotong ayam menjadi beberapa bagian atau biasa disebut dengan slicer. Dari pada melakukan parting dengan pisau secara manual, parting menggunakan slicer tentu jauh lebih efektif. Menghasilkan potongan yang konsisten dan rapi, slicer terbukti menghasilkan parting ayam secara maksimal. Bagi Anda yang tertarik menggunakan slicer, ada beberapa mesin slicer yang bisa dilirik sesuai dengan rekomendasi di atas.