Menghaluskan Bahan Makanan Lebih Efektif dengan 10 Rekomendasi Blender Terbaik (2020)

Menghaluskan Bahan Makanan Lebih Efektif dengan 10 Rekomendasi Blender Terbaik (2020)

Blender adalah salah satu peralatan dapur yang wajib dimiliki. Apalagi, bila Anda ingin membuat makanan bayi, bubur, jus, minuman ringan, sampai menggiling bumbu masakan. Dengan blender, memasak menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Tetapi, sebelumnya simak dulu rekomendasi blender terbaik dari BP-Guide berikut ini.

Blender Memiliki Manfaat Besar dan Sering Digunakan Sehari-hari

Blender menjadi salah satu peralatan wajib bagi Anda yang suka memasak. Dari semua deretan peralatan masak yang berada di dapur, bisa dikatakan bahwa blender menjadi salah satu yang wajib dimiliki.

Blender sebenarnya merupakan pengganti gilingan manual. Alat dapur ini digunakan untuk menghaluskan atau menghancurkan bahan makanan seperti cabai, bawang, dan sebagainya yang biasa diolah menggunakan gilingan.

Namun, selanjutnya blender juga banyak digunakan untuk berbagai jenis bahan makanan lainnya seperti untuk membuat jus, smoothies, hingga dipakai pula untuk menghancurkan es batu hingga halus.

Perhatikan Hal Berikut Ketika Memilih Blender

Fitur

Perbedaan dari berbagai blender adalah fitur yang ditawarkan. Ada blender yang memiliki banyak fitur, mulai dari dry mill untuk penggilingan bahan kering, wet mill untuk penggilingan bahan basah, sampai chopper untuk menggiling atau menghaluskan daging.

Untuk itu, Anda perlu memperhatikan blender yang akan Anda beli. Bila Anda ternyata membutuhkannya untuk membuat makanan bayi atau menghaluskan daging, maka Anda memerlukan blender dengan fitur chopper.

Bila Anda memiliki usaha minuman dingin, maka blender dengan fitur wet mill menjadi pilihan yang tepat. Tapi, bila Anda hanya membutuhkan blender untuk menggiling bumbu dapur, maka Anda hanya perlu blender dengan fitur dry mill saja.

Tingkat Kebisingan

Blender dikenal memiliki kebisingan ketika bekerja. Rata-rata blender memiliki tingkat kebisingan mulai dari 85 - 95DB. Nah, tingkat kebisingan tersebut semakin bisa berkurang dengan perkembangan teknologi terbaru.

Pertama, blender tersebut menggunakan motor yang berkualitas. Kedua, sistem dan struktur isolasi untuk mengurangi kebisingan di blender tersebut juga sudah sangat baik. Hal itu menjadikan blender yang Anda gunakan memiliki tingkat kebisingan yang sangat rendah.

Untuk itu, sebelum memilih blender yang tepat, pastikan bahwa tingkat kebisingannya rendah. Untuk suara yang biasa dan tidak terlalu tinggi rata-rata adalah 77 hingga 80DB, yang hanya dimiliki blender dengan mesin motor yang bagus dan struktur isolasinya juga berkualitas.

Kecepatan Pemintalan Pisau (RPM)

Hal yang perlu diperhatikan lainnya dari sebuah blender adalah kecepatan pemintalan pisaunya (RPM). Blender yang saat ini dijual di pasaran rata-rata memberikan label kecepatan maksimal blender tersebut mencapai 30.000 RPM. Nyatanya, angka tersebut ternyata hanya bisa terjadi jika blender dalam keadaan kosong.

Jadi, bila blender sudah terisi bahan makanan, maka kecepatannya jadi jauh berkurang. Rata-rata blender hanya memiliki kecepatan 12 ribu RPM. Untuk blender yang berkualitas baik, rata-rata kecepatannya 14.000 RPM.

Nah, ada lagi produk yang jauh lebih berkualitas dengan teknologi mutakhir menjadikan kekuatan pemintalan pisaunya mencapai 15.000 RPM. Semakin cepat RPM dari setiap blender, maka harganya tentu akan semakin tinggi. Meski demikian, Anda bisa memilih blender yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sistem Keamanan

Blender sebenarnya bisa menjadi alat yang paling aman digunakan, apabila system lock pada blender bisa berfungsi dengan baik. System lock tersebut memastikan blender tidak akan bekerja apabila Anda tidak memasang bagian tempat bahannya dengan pas dan kencang.

Apalagi, blender memiliki kekuatan dan kecepatan yang sangat tinggi. Tentunya, bisa saja berisiko memberikan dampak negatif apabila tidak aman digunakan. Karena itu, sangat penting memperhatikan keamanan dari blender yang akan Anda beli. Ingat, keselamatan mesti diperhitungkan pertama kali, sebelum Anda memperhitungkan yang lain. Sehingga meskipun blender tersebut digunakan oleh anak-anak, keamanannya masih terjamin.

Material Blender

Bahan-bahan blender yang Anda pilih mestilah bahan yang paling berkualitas. Tabung blender terbuat dari bahan kaca, plastik, atau alumunium. Plastik tentunya lebih ringan serta tidak mudah pecah ketika terjatuh. Oleh karena itu, plastik tentunya menjadi pilihan untuk Anda yang ingin penggunaan jangka panjang.

Tapi, blender berbahan kaca memberikan tampilan yang jauh lebih transparan dan jernih. Hal ini tentu berbeda dengan blender berbahan plastik yang semakin lama digunakan akan semakin kusam.

Bahan logam dan plastik digunakan untuk pelapis mesin blender. Hanya saja, material logam dapat memberikan kesan mewah pada blender. Kalau untuk harga, tentunya bahan yang plastik merupakan yang termurah di antara semua bahan di atas.

Rekomendasi Blender Terbaik untuk Kebutuhan Sehari-hari

Kitchen Aid 1.75 L Diamond Blender Hitam 5KSB1585EOB

Rekomendasi blender yang pertama adalah The KitchenAid Diamond Blender. Sistem yang digunakan adalah sistem blending berlian dengan motor yang sangat kuat. Pitcher-nya juga aman digunakan karena bersifat BPA-Free.

Pisau yang terbuat dari bahan stainless steel dan lima pilihan kecepatan untuk berbagai keperluan penggunaan, menjadikan semua bahan yang dihaluskan akan tercampur sempurna dengan cepat. Blender ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan pencampuran sempurna untuk semua bahan.

Lima kecepatan yang disediakan, antara lain digunakan untuk mengaduk, memotong, mencampur, menghaluskan, sampai mencairkan. Tentunya, bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga Rp. 3.199.000-6.278.000

Beko Blender Stainless Stell 1.5 L TBV81014BX

Produk kedua adalah Beko Blender Vacuum. Blender satu ini memiliki fitur vacuum technology, yang mencegah proses oksidasi dan kontak dengan udara ketika proses penghalusan makanan.

Oleh karena itu, apapun yang Anda buat, hasilnya akan lebih segar. Teknologi ini juga berfungsi menjaga vitamin dan nutrisi dari bahan makanan yang dihaluskan.

Ditambah lagi, produk ini memiliki auto-clean setting. Misalnya, Anda baru saja membuat jus dari buah. Setelah itu, Anda bisa memasukkan air bersih ke dalam tabungnya dan kemudian blender tersebut akan membersihkan sendiri.

Kecepatan yang tinggi dari blender ini didukung dengan metal drive system menjadikan hasilnya jauh lebih maksimal, bahkan bisa juga untuk menghancurkan es batu. Daya yang digunakan untuk mengoperasikan blender ini adalah 1000 watt.

Harga Rp. 302.500-3.412.400

Modena Vacuum Blender - VB 1530 V (0.8 Liter)

Produk berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Modena Vacuum Blender. Blender yang satu ini merupakan blender dengan teknologi vacuum, yakni menjadikan ruang dalam tabung menjadi hampa udara, sebelum proses blending dimulai.

Jadinya, bahan yang Anda giling atau hancurkan dalam blender terhindar dari proses oksidasi. Dengan demikian, vitamin dan mineral dari bahan makanan tidak berkurang dan tetap terjaga.

Dengan kapasitas mencapai 1,5 liter dan vacuum storage jar mencapai 0,8 liter, tentunya Anda bisa menghaluskan bahan makanan dalam waktu cepat. Produk dengan panjang 209 mm, lebar 210 mm, dan tinggi 457 mm ini mampu mencapai kecepatan 12.000 hingga 21.000 RPM dengan daya 240 V atau 800 watt.

Harga Rp. 3.360.000-3.415.000

Oxone OX-854

Berikutnya ada Profesional Hand Blender Oxone OX-854. Produk dari Oxone yang satu ini memiliki pisau blender yang terbuat dari stainless steel yang tahan lama, antikarat, juga tajam. Sedangkan material plastik pada tabungnya terbuat dari bahan BPA Free yang aman untuk makanan juga ramah lingkungan.

Produk satu ini dilengkapi dengan tutup berpisau untuk mendukung proses penghalusan bahan dengan cepat. Daya yang dibutuhkan hanya 300 watt. Tidak hanya itu, blender dengan 2 kecepatan ini juga mudah dibersihkan setelah penggunaan.

Harga Rp. 611.000-928.500

Philips HR2116/00 Blender Glass 2L

Produk berikutnya adalah blender Phipilps HR 2116. Untuk pencinta jus, blender ini sangat direkomendasikan karena mampu melakukan proses penghalusan bahan dengan cepat dan efektif. Motor yang digunakan cukup besar sehingga juga mampu dengan mudah menghancurkan es batu.

Bagian penutupnya dilengkapi dengan sendok pengaduk untuk memudahkan proses penggunaan. Teknologi yang digunakan menjadikan blender ini sangat aman, terutama karena ada sistem safety lock. Selain itu, material pembuat blender ini sudah teruji bebas dari bahan kimia dan bahan lain yang berbahaya bagi makanan.

Harga Rp. 655.080-889.000

Midea Blender 1.25L BL-11972

Produk Midea Blender 1.25L BL-11972 adalah blender yang dilengkapi dengan 2 jenis kecepatan untuk jenis penggilingan atau penghalusan yang berbeda. Motor yang besar dengan daya 250 watt mampu menghancurkan berbagai jenis buah dengan cepat.

Proses pembersihan juga mudah dilakukan, karena pisaunya juga mudah dilepas. Sedangkan bagian tempat bahan atau badannya terbuat dari plastik yang aman bagi makanan. Tidak hanya itu, bagian inti motornya berbahan perunggu yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Keamanan penggunaan blender ini juga terjamin karena adanya sistem safety lock yang diterapkan untuk kenyamanan Anda.

Harga Rp. 238.000-599.000

Maspion Blender MT-1263 PL 3 in 1

Berikutnya adalah produk dari Indonesia, yakni Blender Maspion MT-1263-PL. Blender dengan kapasitas 1 liter ini memiliki 3 fungsi sekaligus, yakni sebagai blender, dry mill, dan wet mill. Dengan satu kecepatan saja, namun memberikan hasil yang maksimal untuk semua jenis penggilingan, mulai dari bumbu dapur sampai jus.

Untuk keamanan lebih, produk ini dilengkapi dengan thermostat yang memastikan mesin tidak panas. Produk ini memiliki dimensi 27x18x24 cm. Dengan daya 230 watt dan berat 2,5 kg, produk ini menjadikan proses penghalusan makanan menjadi lebih aman dan nyaman saat digunakan.

Harga Rp. 247.500-340.000

Electrolux - Countertop Blender EBR5604W

Produk berikutnya adalah Blender Electrolux EBR5604W Countertop Blender. Fitur Tru Flows Blade alias pisau khusus dan unik yang digunakannya menjadikan apapun yang Anda ingin haluskan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Tidak hanya itu, untuk membuat minuman segar dengan menghancurkan es batu juga lebih mudah dan efektif.

Kelebihan lain dari blender berkapasitas 2 liter ini adalah adanya filter buah yang memudahkan Anda untuk menyisihkan pulp dan biji dengan mudah dan cepat. Lengkap dengan 8 kecepatan berbeda, blender berbahan aman bagi makanan ini juga mudah dibersihkan. Bagian filter buah juga mudah dilepaskan untuk pembersihan.

Harga Rp. 1.005.000-1.258.000

Sharp Blazter Blender SB-TW101P

Bila Anda mencari blender yang bisa menghaluskan bumbu masakan, menghaluskan buah dengan cepat, serta membuat adonan kue, maka Sharp Blazter Blender SB-TW101P adalah pilihan yang tepat untukAnda. Karena blender ini memiliki 3 fungsi, yakni sebagai blender, plunger, dan penggiling makanan.

Ada berbagai wadah berbeda yang bisa digunakan untuk penggunaan berbeda. Dilengkapi dengan 2 penutup yang menjaga kesegaran, pisau yang tajam, serta safety lock untuk keamanan, menjadikan blender ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Blender ini juga dilengkapi dengan dua kecepatan berbeda, sehingga proses blending menjadi jauh lebih efektif dan cepat.

Kelebihan lainnya, bagian pisaunya dibuat dari bahan titanium yang sangat kuat, tahan lama, juga tahan karat. Tidak hanya itu, titanium juga sangat aman bagi tubuh.

Harga Rp. 305.000-335.000

Tecstar Blender TB-808 LE

Produk berikutnya adalah Tecstar Blender TB - 808 LE. Ini merupakan blender yang tepat untuk membuat jus sekaligus dapat menghancurkan es batu. Ada 6 mata pisau berbahan stainless steel sehingga proses penghalusan makanan menjadi lebih cepat.

Tidak hanya itu, produk berkapasitas 1,8 liter ini juga mudah dibersihkan setelah penggunaan untuk memastikan makanan Anda tetap higienis. Produk ini memiliki kapasitas hingga 1,8 liter dan memiliki dimensi 35x19x29 cm yang dapat beroperasi dengan daya 340 watt.

Harga Rp. 399.900-1.330.000
From our editorial team

Blender Terbaik adalah Blender yang Memberi Hasil Higienis dan Menjaga Kandungan Nutrisinya

Blender terbaik seperti yang dipaparkan di atas adalah blender yang mampu terus menjaga kandungan nutrisi dari bahan makanan yang dihancurkan atau dihaluskan. Jangan sampai vitamin dan mineral yang dikandung suatu bahan makanan justru hilang atau berkurang. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkan salah satu dari rekomendasi blender terbaik dari BP-Guide di atas untuk dapur Anda.