10 Rekomendasi Alat Pengiris Bawang yang Praktis Tanpa Membuat Mata Perih (2020)

10 Rekomendasi Alat Pengiris Bawang yang Praktis Tanpa Membuat Mata Perih (2020)

Sumber gambar www.tupperware.co.id

Kegiatan mengiris bawang terkadang menjadi hal yang kurang menyenangkan karena dapat membuat mata perih. Nah, jangan malas dulu karena BP-Guide punya berbagai rekomendasi alat pengiris bawang yang pastinya membuat kegiatan memasak lebih mudah. Yuk, cek dulu!

Banyak Orang Malas Mengupas Bawang karena Dapat Membuat Mata Perih

Sumber gambar https://www.pexels.com

Bawang adalah bumbu dapur yang tidak pernah tertinggal saat Anda memasak. Hampir semua masakan menggunakan bawang sebagai bahannya, mulai dari bawang putih hingga bawang merah.

Meskipun kehadiran bawang sangat penting saat memasak, namun banyak pula orang yang tidak suka memasak karena bawang. Hal ini dikarenakan bawang saat dikupas dapat membuat mata pedih. Penyebabnya adalah karena bawang merah mengandung enzim propanethial sulphoxide yang dapat membuat mata pedih dan berair.

Terlebih jika Anda memasak dalam jumlah yang banyak, tentunya membutuhkan jumlah bawang yang juga banyak. Anda harus sabar untuk mengupas bawang satu per satu. Agar mata Anda tidak perih, Anda bisa menggunakan alat bantuan untuk mengupas bawang.

Tips agar Kamu Bisa Memotong Bawang Tanpa Menangis

Simpan di Kulkas

Sumber gambar https://www.pexels.com

Jika Anda tidak suka dengan reaksi yang ditimbulkan bawang pada mata Anda, cobalah mendinginkan bawang terlebih dahulu sebelum dikupas. Anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas atau merendamnya dengan air es. Untuk pendinginan tidak membutuhkan waktu yang lama, sekitar 10-15 menit.

Bawang yang sudah didinginkan tidak akan membuat mata perih saat dikupas. Hal ini dikarenakan reaksi kimia dari bawang akan terhambat saat bawang telah didinginkan. Sehingga Anda bisa mengupas, menggiling, atau memotong bawang tanpa rasa pedih di mata.

Gunakan Kacamata Renang

Jika Anda ingin mengupas atau memotong bawang tanpa rasa perih, Anda bisa memanfaatkan kaca mata renang. Kaca mata renang dapat membuat reaksi kimia atau reaksi enzim dari bawang tidak mengenai mata Anda. Sehingga Anda bisa memotong atau mengupas bawang sebanyak mungkin tanpa rasa perih.

Sebenarnya tidak hanya kacamata renang saja, Anda bisa memanfaatkan pelindung mata lainnya. Seperti helm, kaca mata biasa, atau barang lainnya. Hal yang terpenting adalah mata Anda terlindungi dari zat sulfoksida dari bawang yang terbawa oleh angin.

Pastikan Pisau Tajam

Sumber gambar https://www.pexels.com

Agar bawang tidak menghasilkan uap dari zat kimia yang dapat membuat mata Anda perih, gunakanlah pisau yang tajam saat memotongnya. Pisau tajam membuat bawang cepat untuk terbelah, sehingga kontak antara gas dan mata Anda menjadi lebih cepat. Meskipun mata Anda tetap merasakan perih, namun tidak berlangsung lama seperti menggunakan pisau yang tumpul.

Pisau yang tumpul hanya akan membuat reaksi kimia di dalam bawang menjadi semakin besar. Jika Anda memotong bawang dengan pisau tumpul, Anda akan mendapatkan rasa perih dari bawang seperti saat Anda menggilingnya.

Potong di Dalam Air

Mata perih saat memotong bawang dikarenakan ada enzim di dalam bawang yang terbawa udara dan mengenai mata Anda. Udara menjadi media yang membawa zat dari bawang menuju mata Anda. Sehingga, cara yang tepat untuk menghindari rasa perih adalah mengganti medianya. Anda bisa menggunakan air sebagai penghambat zat enzim bawang bereaksi dengan udara.

Anda bisa mencobanya dengan cara memotong bawang di dalam air. Senyawa sulfoksida dan gas iritan di dalam bawang akan larut bersama air sebelum terbawa oleh udara. Meskipun jarak bawang dan mata Anda dekat, namun berkat air, mata Anda tidak akan merasa perih.

Gunakan Bantuan Kipas Angin

Sumber gambar http://papasemar.com

Udara adalah media yang membawa zat enzim dari bawang ke arah mata Anda. Hal inilah yang membuat mata Anda perih ketika mengiris bawang. Agar mata Anda tidak perih, Anda bisa mengatur arah udaranya. Salah satu caranya adalah menggunakan kipas angin.

Angin yang dihasilkan kipas angin dapat membawa enzim dari bawang menjauhi mata Anda. Sehingga saat Anda mengiris bawang, mata Anda tidak akan perih atau berair. Tidak hanya kipas angin, Anda juga bisa memanfaatkan udara yang alami. Seperti memotong bawang di teras rumah, di sebelah jendela, atau di dekat ventilasi.

Pengiris Bawang juga Dapat Membantu Anda, Lho

Yangunik Pengiris Bawang - Hijau

Yangunik Pengiris Bawang - Hijau adalah alat bantu pengiris bawang yang tidak akan membuat mata Anda perih. Didesain dalam bentuk yang minimalis, tipis, dan memanjang dengan ukuran 8 cm x 8 cm x 7 cm.

Mesin pengiris yang memiliki pisau yang terbuat dari bahan stainless berkualitas ini dapat memotong bawang dalam hitungan detik. Tersedia pula extra grates store pada bagian bawahnya.

Alat pengiris bawang ini tidak hanya ekonomis dan praktis saja, tetapi juga mudah dibersihkan. Sehingga setiap bawang Anda terjamin kebersihannya.

Harga Rp. 21.000-23.700

Fujika Onion Slicer Alat Pemotong

Fujika Onion Slicer Alat Pemotong adalah alat pemotong dari Fujika yang terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi. Sehingga tidak mudah retak dan pecah. Mata pisaunya terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan tajam.

Anda bisa memotong bawang hanya dalam hitungan detik saja. Alat pemotong yang berukuran 15 x 15 x 10 cm ini bisa dibongkar pasang dan terdiri dari empat bagian. Sehingga Anda mudah untuk membersihkannya.

Dilengkapi pula dengan handle untuk kenyamanan saat dipegang. Alat pemotong bawang ini membuat proses memasak menjadi lebih cepat dan tanpa repot.

Harga Rp. 24.500-50.000

Mando Pengiris Bawang

Mando pengiris bawang adalah alat pengiris bawang yang dibekali dengan dua mata pisau yang dapat memotong bawang setipis 1 mm. Mata pisaunya terbuat dari bahan stainless steel yang tajam dan antikarat.

Tidak hanya lebih tipis, alat pengiris bawang ini dapat memotong lebih cepat, presisi, konsisten, cepat, dan lebih praktis. Dilengkapi dengan plunger yang digunakan sebagai penekan dan wadah bahan tempat menyimpan hasil irisan bawang.

Tidak hanya untuk bawang, alat pengiris dari Mando ini juga bisa digunakan untuk jahe, kentang, almond, cokelat, dan lainnya.

Alat pengiris bawang yang memiliki ukuran 25 x 9 x 7 cm ini tidak akan membuat mata Anda perih dan pemotongannya sangat aman tanpa melukai Anda.

Harga Rp. 164.800-243.000

Fackelmann Garlic Slicer 2 in 1

Fackelmann Garlic Slicer 2 in 1 adalah alat pemotong bawang yang dilengkapi dengan holder penutup, sehingga tidak akan membuat hasil potongan tumpah atau membuat mata Anda perih.

Mesin yang berukuran 24,8 x 6,6 x 4,5 cm ini dilengkapi dengan pisau yang terbuat dari bahan stainless steel yang tajam, sehingga dapat menghasilkan irisan bawang yang sangat rapi dan tipis.

Dilengkapi dengan karet agar tidak mudah berpindah atau antislip saat digunakan. Tidak hanya memotong, tetapi sisi belakang dari alat ini dapat digunakan untuk memarut bahan seperti kunyit, jahe, dan bahan lainnya.

Harga Rp. 36.800-125.960

NS Alat Pemotong Bawang

NS Alat Pemotong Bawang adalah alat pengiris bawang yang tidak akan membuat mata Anda perih dan berair. Hanya sekali tekan saja, semua bawang teriris dengan tipis dan rapi.

Jika Anda ingin menghancurkannya, Anda bisa menekan tombolnya berkali-kali. Alat yang berukuran 22 x 8 cm ini terbuat dari bahan food grade plastik yang membuatnya aman untuk makanan.

Mata pisaunya terbuat dari bahan stainless steel yang tajam dan kuat. Pisaunya dapat memotong bawang dalam hitungan detik tanpa melukai tangan Anda. Alat pengiris bawang dari NS ini mudah untuk dicuci. Sehingga Anda bisa menjaga kebersihannya tanpa repot.

Harga Rp. 45.000-63.000

Getra GTA AK199 Chilli & Union

Getra GTA AK199 Chilli & Union adalah alat pengiris yang dibekali dengan dua pisau cakram yang terbuat dari stainless steel yang kuat dan tajam. Hasil irisannya hanya memiliki ketebalan 2 mm hingga 3 mm.

Meskipun mata pisaunya sangat tajam, tetapi tidak akan melukai tangan Anda. Karena pisaunya telah dilindungi oleh bodi plastik berkualitas.

Menggunakan alat pengiris bawang ini tidak akan membuat mata Anda perih dan berair, karena tutupnya dapat melindungi dari zat kimia bawang yang menguap. Tidak hanya bawang, Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk mengiris cabai.

Harga Rp. 425.000

Pengiris Bawang LEPB01

Pengiris Bawang LEPB01 adalah alat pengiris bawang yang terbuat dari bahan plastik ABS berkualitas, sehingga tidak mudah pecah dan retak. Mata pisaunya terbuat dari bahan stainless steel yang kuat, tajam, dan anti karat. Hasil irisannya sangat rapi dan tipis.

Penutupnya dapat membuat mata Anda terhindar dari rasa perih pada mata. Alat pengiris bawang yang memiliki ukuran 13,5 x 4 x 4 cm ini didesain secara ergonomis, sehingga dapat memudahkan Anda untuk menggunakannya. Hanya dengan sekali tekan saja, Anda bisa membuat semua bawang teriris dengan sempurna.

Harga Rp. 14.800-48.000

Q2 Mini Cutter P202 / Penggiling Bumbu / Pemotong Sayur

Q2 Mini Cutter P202 adalah alat penggiling yang dapat digunakan untuk menghaluskan bumbu, memotong bawang, sayur, dan rempah-rempah lainnya. Alat yang didesain ringkas ini memiliki bentuk yang minimalis dan tidak memakan banyak tempat.

Dibekali dengan mata pisau yang terbuat dari bahan logam baja yang sangat kuat dan tajam serta antikarat, sehingga dapat mengiris semua bumbu dapur. Bodinya terbuat dari bahan plastik mika tebal transparan yang tidak mudah pecah.

Alat pemotong ini memiliki sistem kerja manual, Anda bisa memutar menggunakan tangan untuk memotongnya. Proses manual ini membuat Anda lebih mudah menentukan tingkat kasar dan halus dari cincangan.

Harga Rp. 45.000-157.000

Ejoy Alat Parutan / Slicer

Ejoy Alat Parutan / Slicer adalah mesin penggiling yang dapat membantu Anda untuk mengiris buah atau sayuran. Alat parut yang memiliki bentuk persegi panjang dan memiliki pilihan warna krem dan pink ini terbuat dari bahan plastik yang kuat dan tidak mudah pecah.

Dibekali dengan mata pisau yang tajam dan antikarat. Hasil potongannya memiliki berbagai bentuk seperti persegi panjang, bunga, gelombang, dan bentuk lainnya. Anda bisa menggunakan alat ini untuk membuat hiasan makanan dengan bentuk-bentuk yang unik.

Berbagai bahan seperti, wortel, kentang, bawang bombay, mentimun, seldri, jahe, kunyit, dan bumbu dapur lainnya dapat terpotong hanya dalam hitungan detik saja.

Harga Rp. 69.000

Easy Cut Onion Holder Slicer Fork Stainless

Easy Cut Onion Holder Slicer Fork Stainless adalah alat pemotong bawang yang terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi, sehingga tidak mudah pecah dan retak.

Mata pisaunya terbuat dari bahan logam yang kuat, tajam, serta antikarat. Dilengkapi dengan satu buah garpu bawang berukuran L yang dapat membantu Anda memegang bawang tanpa harus menyentuhnya.

Pisaunya yang tajam dapat memotong bawang menjadi tipis dan rapi dalam hitungan detik saja. Alat ini akan menghindari mata Anda menjadi perih dan berair saat memotong bawang.

Harga Rp. 39.000-106.000
From our editorial team

Mengiris Bawang Menjadi Lebih Mudah

Adanya alat pengiris bawang menjadikan proses memotong bawang lebih mudah dan cepat sehingga waktu memasak pun menjadi lebih efisien. Apalagi Anda tidak perlu merasa perih saat memotong bawang, itu sangat mengganggu, bukan? Yuk, segera miliki alat pengiris bawang!