10 Rekomendasi Peralatan Makan untuk Menambah Koleksi Dapur (2019)

10 Rekomendasi Peralatan Makan untuk Menambah Koleksi Dapur (2019)

Supaya makan jadi lebih semangat, gunakan perkakas makan yang menarik. Perhatikan pula material peralatan makan supaya aman digunakan. Ada banyak macam peralatan makan dilihat dari bahan pembuatannya. Yuk, intip rekomendasinya bersama BP-Guide!

Selain untuk Keperluan Pribadi, Perlengkapan Makan juga Cocok untuk Dijadikan Hadiah

Ada banyak barang yang bisa jadi pilihan kado untuk teman yang sedang pindahan rumah. Dari mulai perlengkapan dapur, perlengkapan tidur, hingga perlengkapan bersantai di rumah. Namun kalau keuangan sedang cekak, kamu tetap bisa kok memberi hadiah yang bermakna untuk teman kamu. Contohnya, kamu bisa berikan set perlengkapan makan.

Selain bisa diberikan untuk keperluan pribadi, set perlengkapan makan juga oke kok jadi hadiah. Set perlengkapan makan hadir dengan desain dan bahan yang bervariasi. Nah, bahan apa sih yang paling cocok untuk perkakas makan? Simak pembahasannya bersama BP-Guide, ya.

Bahan Peralatan Makan yang Baik untuk Keluarga

Stainless Steel

Bahan pertama yang paling sering kita temukan sebagai bahan pembuatan perkakas makan adalah stainless steel. Bahan yang satu ini dikenal antikarat serta memiliki ketahanan korosi yang baik.

Stainless steel dibuat dari kombinasi kromium dan nikel yang dicampur dengan besi. Peralatan makan dari stainless steel umumnya sendok dan garpu. Namun, sekarang ada juga piring dan mangkuk yang berbahan stainless steel. Bahan ini cocok untuk perlengkapan makan karena aman dan tidak akan menimbulkan keracunan meski terkena panas sekalipun.

Melamin

Beberapa peralatan makan seperti piring, sendok, garpu, dan gelas ada yang berbahan melamin. Desain perkakas dari melamin selalu bagus sehingga menarik minat pembeli. Harga dari perkakas melamin pun sangat terjangkau sehingga tidak heran jika banyak disukai.

Kendati demikian bahan yang satu ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Perkakas makan yang terbuat dari melamin mengandung zat kecil seperti formaldehida yang berbahaya jika terserap oleh tubuh. Kamu hanya boleh memakai piring melamin untuk jenis makanan dingin. Hindari memakainya untuk makanan panas karena zat bahayanya bisa tercampur pada makanan dan terserap tubuh.

Kaca

Bahan yang satu ini dikenal lebih higienis dan praktis. Selain itu perkakas makan berbahan kaca terlihat cantik saat dipakai untuk menyajikan di atas meja sehingga bisa menggugah selera siapa saja.

Kendati demikian kamu wajib waspada karena tidak semua peranti makanan dari kaca aman digunakan untuk memasak atau untuk dipanaskan. Kamu bisa memakai yang jenisnya heat resistant glass. Bahan jenis ini aman untuk menyimpan makanan di kulkas sekaligus untuk memanaskan makanan di dalam oven atau microwave.

Kayu

Perkakas makan dari kayu terlihat begitu unik dan artistik. Tidak heran jika banyak orang memilihnya karena nilai seninya. Selain bisa mempercantik hidangan yang disajikan, bahan kayu aman digunakan untuk seluruh anggota keluarga.

Perkakas dari kayu mudah untuk dibersihkan. Kelebihan lainnya adalah perkakas kayu tidak mudah pecah serta tidak akan menghantarkan panas. Meski begitu, ada kelemahan juga dari perkakas kayu yakni umumnya lemah terhadap kelembapan dan rawan timbul jamur.

Keramik

Sifat bahan yang satu ini awet dan kokoh untuk penggunaan jangka panjang. Selain itu desain perkakas keramik juga begitu cantik sehingga bisa dijadikan sebagai hiasan juga. Banyak ibu rumah tangga memilih perkakas dari keramik karena bahannya aman untuk dipakai menyajikan aneka makanan. Sifat keramik yang keras dan kaku membuatnya memiliki bobot agak berat dibanding perkakas lainnya. Biasanya perkakas makan dari keramik terdiri dari mangkuk saji, piring saji, cangkir, teko, dan lain sebagainya.

Cara Memilih Perkakas Makan

Pilihlah Berdasarkan Karakteristik Bahan

Kamu bisa pilih mau bahan kaca, stainless steel, keramik, atau kayu. Pemilihan bahan ini penting karena setiap bahan memiliki karakternya sendiri. Selain itu setiap bahan juga memiliki cara penggunaan dan perawatan yang berbeda.

Jadi, sebelum kamu memilih perkakas makan, pertimbangkan bahan seperti apa yang paling cocok untuk kamu dan keluarga. Yang utama adalah selalu nomor satukan kesehatan ya, jangan sampai bahan perkakas yang kamu pilih malah bisa membahayakan kesehatan keluarga.

Sesuaikan dengan Tujuan

Ketika hendak membeli perkakas makan, kamu bisa sesuaikan dengan tujuanmu membelinya. Pikirkan apakah perkakas tersebut untuk digunakan menyajikan hidangan utama atau hidangan penutup. Dengan begini kamu jadi tahu ukuran perlengkapan makan yang akan kamu gunakan.

Selain itu pertimbangkan juga tujuan pembelian perkakas makan tersebut. Apakah kamu akan memakainya dalam keseharian atau sekadar dikeluarkan jika ada tamu penting saja. Selain itu bisa juga tujuannya memang hanya unttuk dipajang karena desain dan warnanya cantik.

Pilih Dalam Bentuk Set

Sekarang ini tidak sedikit orang yang memilih peralatan makan dengan tujuan untuk kepraktisan. Maka dari itu, kamu bisa memilih perkakas makan yang dijual dalam bentuk set. Untuk kamu yang tinggal sendiri, bisa saja memilih satu set yang lengkap seperti sendok, garpu, dan sumpit. Namun untuk yang satu keluarga, kamu bisa memilih set yang lebih lengkap dengan kapasitas yang bisa dipakai lebih dari satu orang.

10 Rekomendasi Peralatan Makan Terbaik

Krishome Set Alat Makan Tin Box Strip

Sumber gambar www.ruparupa.com

Saat bepergian tidak jarang kita membawa bekal sendiri dari rumah supaya lebih higienis. Jangan lupa bawa perlengkapan makan yang praktis. Kamu bisa memilih Set Alat Makan Tin Box Strip persembahan dari Krishome.

Perlengkapan makan ini terdiri dari sendok, garpu, dan sumpit. Dikemas dalam boks minimalis, perlengkapan makannya terbuat dari bahan stainless steel. Perkakas ini ringan dan juga tidak memakan banyak tempat ketika disimpan di tas. Kamu bisa membelinya di Rupa Rupa dengan harga Rp 69.900.

Appetite Set Peralatan Makan

Sumber gambar www.ruparupa.com

Peralatan makan dari stainless steel adalah yang paling umum digunakan di negara kita. Bahan stainless steel memang terjamin awet sehingga banyak diandalkan masyarakat untuk makan. Nah, untuk kamu yang memang sedang mencari peralatan makan, kamu bisa gunakan Appetite Set Peralatan Makan 4 Pcs.

Perkakas makan tersebut terdiri dari sendok, garpu kue, sendok teh, dan garpu. Desain perkakas ini begitu elegan sehingga bisa juga mempercantik tatanan dekorasi meja makan. Terbuat dari stainless steel yang food grade sehingga aman digunakan. Kamu bisa membelinya di Rupa Rupa dengan harga Rp 79.900.

Krishome Set Alat Makan Pastel 16 Pcs

Sumber gambar www.ruparupa.com

Krishome merupakan merek yang menghadirkan aneka peralatan makan terbaik. Produknya selalu menghadirkan desain yang menarik. Selain itu kualitasnya juga selalu terjamin sehingga membuat penggunanya tidak pernah was-was lagi memakai produknya.

Kamu bisa gunakan Krishome Set Alat Makan Pastel 16 Pcs untuk keluarga di rumah. Perkakas ini terdiri dari sendok makan, sendok kecil, garpu makan dan pisau masing-masing sebanyak 4 buah. Sudah dilengkapi wadah penyimpanan, perkakas ini praktis ditempatkan di meja makan. Kamu bisa membelinya di Rupa Rupa dengan harga Rp 174.930.

Delicia Set Perlengkapan Makan Kashan

Sumber gambar www.ruparupa.com

Saat ada tamu di rumah, perkakas makan untuk suguhan perlu untuk diperhatikan. Usahakan menyajikan makanan dengan perkakas makan yang menarik supaya tamu yang datang merasa dihargai dan diistimewakan. Kamu bisa andalkan perkakas makan berbahan keramik untuk suasana seperti ini.

Lirik saja Delicia Set Perlengkapan Makan Kashan. Perkakas ini terdiri dari piring makan, piring kecil, mangkuk, dan mug masing-masing berjumlah 4 buah. Terbuat dari keramik berkualitas, perkakasnya terbilang aman untuk makanan, tahan panas, dan mudah dibersihkan. Dapatkan segera di Rupa Rupa dengan harga Rp 419.930.

Melamin Stone Set Golden Dragon

Sumber gambar www.blibli.com

Pilihan perkakas makan saat ini memang ada banyak di pasaran. Namun jangan hanya tergoda oleh desainnya saja. Perhatikan juga faktor keamanannya untuk dipakai makan. Kamu bisa memilih peralatan makan yang sudah memiliki sertifikat SNI karena terjamin lebih aman.

Golden Dragon Stone Series Melamine Set Peralatan Makan Piring dan Mangkok ini cocok jadi pilihan. Produk warna abu-abu ini terlihat begitu elegan. Terbuat dari melamin, sudah ada sertifikat SNI sehingga aman untuk aneka sajian dingin. Dalam satu paket terdiri dari satu buah piring berukuran 9 inci, 1 buah mangkok saji kaki ulir 6 inci, dan 1 buah mangkok saji ceper 7,5 inci. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 92.500.

Appetite Set Peralatan Makan Galen

Sumber gambar www.ruparupa.com


Salah satu produk peralatan makan yang kami sarankan adalah Appetite Set Peralatan Makan Galen. Produk yang satu ini terdiri dari 6 sendok makan, 6 sendok teh, 6 garpu, 6 pisau, 2 tempat garam dan lada. Terbuat dari material stainless steel berkualitas dan mudah dibersihkan. Tahan karat dan awet, produk perkakas makan ini bisa ditempatkan di meja makan. Dapatkan segera di Rupa Rupa dengan harga Rp 175.000.

Vicenza Stainless Steel Sendok dan Garpu Set V245C

Sumber gambar m.tokovicenza.com

Vicenza adalah merek yang menghadirkan aneka peralatan dapur dan peralatan makan bermutu tinggi. Merek ini biasanya membuat rak untuk masing-masing perlengkapan makan. Ciri khas inilah yang membuat Vicenza banyak disukai masyarakat.

Kamu bisa lirik Sendok Set 24 Pcs V240C dari Vicenza. Produk peralatan makan ini berisi 24 buah sendok dan garpu. Hadir dalam desain yang indah, kamu bisa menjadikannya dekorasi menarik di ruang makan. Tidak mudah berkarat karena menggunakan bahan berkualitas. Kamu bisa membelinya di Toko Vicenza dengan harga Rp 203.000.

Tabee Gading Spoon Set

Sumber gambar www.blibli.com

Perlengkapan makan dari kayu cocok untuk kamu yang menerapkan gaya vintage di rumah. Set perlengkapan makan dari kayu bisa menambah kesan natural dan artistik di saat yang bersamaan. Hadirkan Tabee Gading Spoon Set di meja makan untuk membuat suasana makan makin menyenangkan.

Set makan ini terdiri dari 5 buah garpu dan 5 buah sendok. Desainnya indah dengan bentuk ikan sehingga bisa menambah sentuhan yang menarik di meja makan. Kamu bisa juga menjadikan produk ini sebagai hadiah untuk teman yang pindahan. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 45.000.

IKEA Kalas Pastel

Sumber gambar www.ikea.co.id

Untuk anak kecil memang sebaiknya tidak diberikan perkakas makan yang berat bobotnya. Kamu bisa berikan tempat makan berbahan plastik yang aman. Contohnya saja Ikea Kalas Piring Bayi yang terdiri dari 6 buah piring. Hadir dalam desain warna cantik, perkakas ini cocok digunakan saat pesta dan makan sehari-hari. Berbahan plastik polypropylene yang sudah disetujui dan aman untuk makanan. Yuk, segera dapatkan di Ikea Indonesia dengan harga Rp 24.900.

Joseph Joseph Mangkuk Serbaguna

Sumber gambar www.ruparupa.com

Untuk perlatan makan serbaguna kamu bisa percayakan pada produk Joseph Joseph. Brand yang satu ini menjamin produknya selalu berkualitas tinggi. Andalkan saja Joseph Joseph Mangkuk Serbaguna yang dirancang dengan konsep nesting. Hal ini membuat mangkuk dapat ditumpuk satu sama lain agar lebih mudah disimpan.

Kamu bisa memakainya untuk menyiapkan bahan masakan, menyajikan hidangan, hingga menyimpan bahan makanan. Kamu bisa memakainya sebagai mangkuk atau wadah penyimpanan dengan tutup. Bagian dasar produknya antislip dan mudah dibersihkan. Dapatkan produk ini di Rupa Rupa dengan harga Rp 210.000.

From our editorial team

Perlengkapan Makan Bisa Sekaligus Jadi Dekorasi Rumah yang Apik

Tidak ada salahnya juga kalau kamu membeli perkakas yang memiliki ciri khas unik berupa ukiran dan lain sebagainya. Dengan begini, perlengkapan makanmu bisa sekaligus menjadi dekorasi rumah yang cantik. Intip yuk aneka rekomendasi perkakas makan dari kami di atas!