Manfaat Balsam untuk Kesehatan dan 10 Rekomendasinya untuk Kamu (2020)

Manfaat Balsam untuk Kesehatan dan 10 Rekomendasinya untuk Kamu (2020)

Balsam adalah obat gosok andalan keluarga. Keluhan-keluhan kesehatan ringan bisa diatasi dengan balsam. Yuk, cek rekomendasi produk balsam terbaik dari kami.

Balsam, Obat Gosok yang Dipercaya Masyarakat untuk Aneka Penyakit

Masyarakat Indonesia memang lebih menyukai obat yang sudah tepercaya dari zaman dulu untuk mengatasi aneka panyakit. Salah satu obat yang dipercaya adalah obat gosok bernama balsam. Sejak dulu, balsam banyak digunakan untuk mencegah flu, meredakan batuk, hingga mencegah masuk angin.

Berbentuk semi padat, balsam bisa memberi rasa panas yang signifikan. Rasa panas tersebut bisa menstimulasi aliran darah sehingga rasa sakit akan berkurang. Balsam akan membuat suhu tubuh menjadi hangat dan pada akhirnya terhindar dari suatu penyakit.

Balsam kerap digunakan untuk mengobati flu dan batuk. Rasa panas dan aroma segarnya membuat hidung tersumbat jadi lega dan pernapasan jadi lebih lancar. Sebenarnya masih ada banyak manfaat balsam yang patut kita ketahui lho.

Manfaat Lain Balsam yang Patut Diketahui

Untuk Menghilangkan Jerawat

Jerawat membandel bisa dihilangkan dengan memakai balsem. Ini karena di dalam balsem ada kandungan antiinflamasi yang bisa mencegah peradangan kulit seperti jerawat. Balsem mampu menenangkan kulit, mengeringkan jerawat, dan mengempiskan jerawat secara perlahan.

Menghilangkan Jamur di Area Kaki

Kaki merupakan area yang paling sering tertutup. Ini membuat kaki lebih rentan terkena jamur baik di jari-jari atau di pinggiran kukunya. Balsam bisa menyembuhkan jamur yang ada di kulit. Thymol dalam balsam bisa bersifat sebagai antibakteri dan antijamur.

Cukup gosok tipis balsam pada bawah jari-jari kaki dan kulit di sekitar kuku. Lakukan hal ini dua kali sehari. Kamu bisa mengoleskan sebelum tidur dan saat bangun tidur keesokan harinya.

Mengusir Nyamuk

Kamu bisa juga memanfaatkan balsam sebagai pengusir nyamuk loh. Cukup oles balsam pada beberapa area tubuh. Kamu bisa mengoleskan pada leher, tangan, kaki, serta bagian tubuh lain. Nyamuk tak akan mendekatimu. Hal ini karena di dalam balsam ada kandungan menthol. Aroma menthol sangat tidak disukai nyamuk sehingga nyamuk pun enggan mendekat.

Meredakan Nyeri Sehabis Berolahraga

Buat kamu yang hobi berolahraga, kamu bisa gunakan balsam usai berolahraga. Tak jarang kamu pasti mengalami nyeri otot dan pegal usai berolahraga. Hal ini bisa kamu atasi dengan memakai balsam. Menthol dan thymol dalam balsam bisa meningkatkan sirkulasi darah di area yang pegal.

Oleskan balsem sembari dipijat ringan di tempat yang sakit. Lakukan hal ini sebelum pergi tidur agar pagi harinya tubuh terasa lebih nyaman. Kamu pun bisa beraktivitas kembali dengan semangat.

10 Rekomendasi Balsam Terbaik yang Wajib Ada di Lemari Obatmu

Vicks Vaporub

Vicks VapoRub adalah produk balsam pertama yang wajib kamu tahu. Gunakan produk ini di musim penghujan seperti sekarang. Balsam ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga tak mudah terserang flu. Produk ini juga bisa digunakan sebagai inhaler.

Selain mampu meredakan flu dan batuk, balsam ini juga bisa meringankan pegal-pegal. Cukup gosok pada punggung, dada, atau leher tempat dimana pegal terasa. Produk ini bisa digunakan untuk anak usia 2 tahun ke atas dan orang dewasa.

Harga Rp. 16.500-18.500

Tjing Tjau Balsem

Tjing Tjau Balsem merupakan balsam terbaik selanjutnya untuk kamu coba. Produk balsam kuning ini dibuat di Cina. Balsam ini mampu meredakan mual dan nyeri otot serta mengatasi sakit perut dan sakit kepala. Kamu bisa juga memakai balsam ini untuk meredakan gatal akibat digigit serangga.

Cukup oles balsam pada bagian tubuh yang sait. Terbuat dari bahan alami, balsam ini tak akan menimbulkan iritasi.

Harga Rp. 17.000-20.000

Tiger Balm Neck & Shoulder Rub

Tiger Balm Neck & Shoulder Rub tentu bisa jadi pilihan balsam selanjutnya. Produk yang satu ini mampu meredakan pegal karena kelelahan dan otot yang menegang.

Kamu juga bisa memakainya untuk meredakan nyeri punggung akibat terlalu lama duduk. Produk ini bertekstur creamy sehingga mudah dioleskan.

Harga Rp. 75.000-150.000

Balsem Lang

Balsam selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Balsem Lang. Produk yang satu ini bisa meredakan pusing, masuk angin, dan nyeri sendiri. Selain itu juga bisa mengatasi gatal karena serangga dan juga meredakan nyeri otot. Gunakan juga produk ini untuk melegakan pernapasan. Aromanya segar dan teksturnya tak lengket sehingga nyaman digunakan di kulit.

Harga Rp. 5.000-20.000

Lion Head Balsem Putih Cap Singa

Lion Head Balsem Putih Cap Singa tentu bisa jadi pilihan kamu. Kandungan menthol pada balsam ini bisa membantu meredakan rasa linu dan menghangatkan tubuh. Jika mengalami alergi kulit, kamu juga bisa menggunakan balsam ini. Dikemas dalam tube jar kecil, balsam ini mudah untuk dibawa-bawa.

Harga Rp. 16.000-27.000

Badger After Bug Balm

Badger After Bug Balm Itch Relief adalah balsam yang bisa kamu andalkan saat kamu merasa gatal. Produk ini terbuat dari bahan organik seperti biji bunga matahari, tea tree oil, minyak kelapa, dan juga menthol. Balsam ini bisa digunakan oleh berbagai jenis kulit. Dikemas dalam bentuk stik, balsam ini mudah untuk diaplikasikan.

Harga Rp. 125.000-190.000

Balsem Otot Geliga

Balsem Otot Geliga jelas bisa jadi pilihan kamu. Produk ini merupakan balsam gosok guna meredakan nyeri otot dan sendi. Kamu bisa memakainya usai berolahraga.

Balsam ini memiliki formula repeated heat, sehingga panasnya lebih tahan lama. Panas dari balsam bisa membantu otot lebih rileks dan kamu bisa nyaman beraktivitas kembali.

Harga Rp. 5.200-8.000

Balsem Gosok Pak Luluk

Balsem Gosok Pak Luluk 40 gram bisa jadi pilihan selanjutnya. Balsam yang satu ini dibuat dari bahan alami. Produk ini sudah teruji klinis dan memiliki sertifikat halal sehingga aman untuk digunakan. Manfaatnya bisa melancarkan peredaran darah, meredakan hidung tersumbat, mengatasi kram kaki, dan bisa menghilangkan varises.

Harga Rp. 15.000-35.000

Balsem Bokashi

Selanjutnya ada Balsem Bokashi yang bisa jadi pilihan kamu. Balsam yang satu ini bisa kamu andalkan untuk meredakan nyeri otot dan keseleo. Cocok juga untuk kamu gunakan saat encok dan pegal linu. Manfaat lainnya adalah meredakan hidung tersumbat, pusing, gatal digigit serangga, dan sakit kepala.

Harga Rp. 25.000-37.000

Balsem Balpirik

Selanjutnya ada Balpirik untuk kamu andalkan. Balsam ini terbuat dari bahan kayu putih pilihan. Ada 3 varian berbeda, Balpirik merah untuk keseleo dan pegal linu, Balpirik hijau untuk pijat dan masuk angin, dan Balpirik orange cocok untuk mabuk perjalanan, gatal digigit, serangga dan meredakan pilek.

Harga Rp. 8.000-9.500
From our editorial team

Balsam, Obat Gosok yang Praktis Dibawa Kemana Saja

Saat bepergian jauh, tak jarang kita mengalami mual karena masuk angin. Kepala kerap pusing dan badan jadi pegal-pegal karena kelamaan di perjalanan. Dalam hal ini kamu bisa andalkan balsam. Kemasannya praktis untuk dibawa kemana saja dan cara pemakaiannya pun mudah, tinggal dioles saja.

Tag