Sahabat Kamu Ulang Tahun? Ini Inspirasi Kado Ulang Tahun ke 25 (2017)

Sahabat Kamu Ulang Tahun? Ini Inspirasi Kado Ulang Tahun ke 25 (2017)

Ulang tahun istimewa tak hanya semata saat 17 tahun. Ulang tahun ke 25 juga harus dirayakan semarak pula. Apalagi jika sahabatmu saat ini bakal berulang tahun ke 25. Intip sederet ide kado ulang tahun untuknya yang ke 25 tahun yuk!

Sahabatmu sedang berulang tahun ke 25, diberi hadiah apa ya?

Seorang psikiater dari Institusi Kedokteran Pittsburgh di Pennsylvania, Amerika Serikat yakni Beatriz Luna, pernah menyebut kalau 'adulthood begins at 25'. Bukan tanpa alasan memang, karena banyak sekali perubahan dalam kehidupan yang bakal kamu rasakan di usia 25. Pada usia 25, seseorang akan benar-benar memulai kehidupan dewasanya, berpikir soal masa depan hingga merenungi kesalahan yang pernah dilakukan selama mencari jati diri.

Untuk itulah tak berlebihan kalau momen pertambahan usia jadi 25 tahun, dirayakan sebagai bentuk santai sejenak dari rutinitas yang padat. Apalagi jika sahabat kamu tengah hendak memasuki momen ulang tahun ke-25, memilih kado yang tepat dan tak terlupakan adalah hal yang bisa kamu lakukan untuknya.

Tak ada yang perlu ditakutkan kala menginjak 25 tahun, justru inilah saat yang tepat untuk memulai fase baru. Berangkat dari hal itu, sebetulnya usia 25 tahun bisa jadi momen yang sempurna untuk memberikan hadiah yang menarik dan penuh kenangan. Memang sih, mayoritas dari mereka yang sudah mencapai umur 25 tahun sudah memiliki hampir yang mereka mau, maka kamu harus memilih sesuatu yang benar-benar bermakna bagi mereka. Sesuatu yang bisa mereka nikmati, tapi biasanya tidak akan mereka beli sendiri.

Tips Kado Untuk Sahabat

Sumber gambar www.pinterest.com

Bicara soal memberi kado ulang tahun bagi sahabat, bukanlah perkara yang mudah. Kamu pasti akan membaca berbagai referensi soal kado untuk sahabat di internet hingga menghabiskan waktumu yang malah hanya berakhir memberi kartu ucapan atau mentraktirnya di cafe langganan. Jadi tidak berkesan kan? Nah, kalau kamu termasuk yang masih bingung, maka kamu sudah datang ke tempat yang tepat.

Hal utama yang harus kamu ingat adalah, kado untuk sahabat itu bukan sekedar kotak mewah yang dibungkus begitu cantik atau untaian kata-kata manis di atas sebuah kertas. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan bisa jadi tips untukmu. Yang pertama adalah menentukan budget. Yap, semua hal di dunia ini butuh yang namanya uang. Dan ketika kamu memasuki kehidupan dewasa, kamu harus bisa menyesuaikan pengeluaranmu dengan pemasukan, termasuk saat memilih kado untuk sahabat. Saat kamu sudah menentukan budget dari kemampuan finansialmu, kamu bisa memiliki gambaran benda-benda apa yang bisa kamu berikan sesuai uang yang sudah kamu tentukan.

Yang kedua dan tak kalah penting adalah perhatikan usianya. Oh, come on! Sahabatmu berulang tahun ke-25 dan bukannya ke-13 atau 18 tahun! Jadi tolonglah, jangan berikan boneka teddy bear untuknya. Ketahui bahwa kado ulang tahun yang sempurna adalah sesuatu yang benar-benar bermanfaat dan membuat sang penerima bahagia. Di sinilah kamu sebagai sahabat dituntut untuk berpikir lebih kreatif dan unik. Bagaimana caranya? Pahami benar apa kepribadian dan minat sahabatmu hingga hobi tersembunyi mereka. Perhatikan setiap kali ketika mereka berbicara, karena kadang sahabatmu akan mengucapkan sesuatu yang benar-benar mereka inginkan dan butuh tanpa disadari. Atau mungkin tiba-tiba sahabatmu mengeluh atas sesuatu, dan hal itu bisa jadi masukan bagimu untuk memilihkan kado baginya. Kelak itu terjadi, langsung tuliskan idemu supaya tidak terlupa dan bakal bisa jadi referensi kala memilih kado.

Perlahan tanpa kamu sadari, momen memilih kado untuknya akan membuat kamu lebih memahami dirinya, membuktikan kalau kamu adalah seorang sahabat yang peduli. Meski demikian kadang kala sampai membuat seseorang tertekan dan melakukan kesalahan. Bahkan ada kelakar yang menyebut kalau memberi kado untuk sahabat kerap kali lebih rumit daripada memberi kado untuk pacar.

Inspirasi Kado Untuk Sahabat

Sumber gambar Reference.com

Nah, sudah menentukan kado apa yang bakal kamu berikan untuknya di ulang tahun ke-25? Uhm, masih bingung? Tenang saja. Berikut ada beberapa ide kado ulang tahun untuk sahabat terdekatmu yang bisa jadi inspirasi. Tak peduli apa sahabatmu itu pria atau perempuan, bahkan lepas dari hobi mereka yang beraneka seperti travelling, naik gunung, fotografi, pecinta crafting, intip ulasannya ini yuk!

Jaket Kulit

Sumber gambar www.glamour.com

Sahabat kamu (entah cowok atau cewek) suka tampil cool? Sepertinya jaket adalah pilihan yang aman, Hanya saja jika kamu sudah memutuskan mau memberikan jaket untuknya, pilihlah yang memang sesuai seleranya dan bisa membuatnya makin tampak keren. Dan dari berbagai macam jaket itu, jaket kulit termasuk yang terbaik. Apalagi jaket kulit bisa membuat sahabatmu tetap tampak keren entah waktu hang out atau berkendara motor. Ah tapi tunggu dulu, jaket kulit asli bukannya punya harga cukup mahal? Tenang saja, kamu bisa coba melirik yang namanya jaket kulit imitasi.

Seperti namanya, bahannya adalah kulit imitasi atau sintetis dari berbagai senyawa polimer kimia yang rawan terkena detergen dan air. Untuk itulah kamu harus memberitahu sahabatmu untuk lebih memperhatikan dalam hal perawatan. Karena rawan terkena larutan air dengan detergen, janganlah mencuci jaket kulit sintetis karena nantinya bisa merusak dan membuat material jaket terkelupas. Lebih sering jauhkan jaket kulit imitasi dari cipratan dan guyuran air, simpan dengan cara digantungkan, atau kalau memang dimasukkan ke dalam lemari tertutup, gunakan silica gel untuk menyerap kelembapan lemari. Oiya, jaket kulit sintetis ini juga jangan terkena parfum secara langsung pada permukaannya, dan lebih baik semprotkan di bagian dalam jaket.

Kalau ingin lebih praktis, maka gunakan biopolish leather care untuk merawat jaket kulit imitasi ini. Sekedar informasi, biopolish leather care ini memiliki kemampuan untuk melindungi dari paparan sinar UV matahari langsung dan cipratan air. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu bersihkan dulu jaket kulitmu dari noda yang menempel, lalu oleskan biopolish leather care dengan kain atau siikat yang lembut. Diamkan dulu beberapa saat hingga produk meresap dan kemudian gosok biopolish dengan kain bersih agar jaket kulit imitasimu ini terlihat mengkilap, bersih dan teratur. Tidak sulit bukan? Dan berikut ini ada beberapa pilihan bahan untuk jaket kulit sintetis.

Jaket Kulit Sintetis Bahan Harley
Ada banyak sekali jenis kulit sintetis seperti Oscar dan salah satu yang terbaik adalah Harley. Harley dipandang istimewa karena kalau kamu melihatnya sekilas, tampak begitu mirip dengan kulit asli baik dari segi tekstur atau visual. Dengan harga berkisar antara Rp 500 ribu-600 ribu, tentunya jaket kulit sintetis bahan Harlet patut jadi pertimbangan.

Jaket Kulit Sintetis Bahan Vienna
Sama seperti Harley, bahan Vienna juga kalau dipandang sekilas bakal tampak sangat mirip dengan kulit asli. Hanya saja, Vienna lebih murah daripada Harley lantaran dibanderol dengan harga Rp 350 ribu-400 ribu.

Jaket Kulit Sintetis Bahan Ferari
Kalau dalam dunia otomotif, Ferari mengingatkanmu pada salah satu merk mobil sport mewah termahal di dunia, tidak dengan Ferari yang jadi jenis kulit buatan. Ferari justru ada di posisi lebih murah daripada Harlet dan Vienna karena sekilas, Ferari sudah tampak seperti kulit palsu atau buatan. Untuk dicatat saja, bahan Ferari ini berharga mulai Rp 250 ribu.

Jaket Kulit Sintetis Bahan Oscar & Karlit
Nah, inilah jaket kulit palsu dengan nilai paling rendah. Disebut begitu karena bahan Oscar dan Karlt dipercaya punya selera fashion dan fungsi yang tidak terlalu memuaskan. Dari segi fisik dan tekstur, kedua bahan ini sangat jauh berbeda dari kulit asli. Beberapa orang yang sudah mencoba mengenakannya pun setuju kalau bahan Oscar sangat kaku dan kurang nyaman saat dipakai hingga membuat makin gerah kala dipakai siang hari. Lantaran terlihat sekali kesan imitasinya, jaket dengan kedua bahan ini dijual antara Rp 100 ribu-250 ribu.

Dengan berbagai jenis bahan, tak heran kalau harga jaket kulit imitasi sangat bervariasi. Hanya saja memang tak bisa dipungkiri kalau jaket semikulit ini punya kelebihan yang membuat banyak orang tertarik. Seperti karena bahan kulit mereka yang begitu mirip dengan kulit domba atau sapi, tampilan yang hampir sama secara kasat mata, harga yang jauh lebih murah, awet dan tahan lama hingga lebih mudah dirawat daripada kulit asli. Kini, tinggal kamu menentukan mau membeli jaket kulit seperti apa untuk sahabatmu di hari ulang tahunnya yang ke-25.

Tas Kanvas

Sumber gambar taskanvasunik.com

Jangan remehkan tas kanvas. Karena sejatinya tas kanvas adalah salah satu bentuk kepedulianmu akan lingkungan yang paling sederhana. Kendati dibuat dari bahan kanvas, tas ini sekarang makin berinovasi dan dipercantik dengan lukisan yang tampak lebih fashionable. Bisa dicuci dan tahan lama, tas kanvas yang rapi dan bersih membuat siapapun nyaman menggunakannya.

Bahkan kini semakin banyak saja generasi muda yang memilih menggunakan tas berbahan kanvas yang dijuluki tote bag dalam keseharian mereka mulai dari pergi ke kampus, hangout hingga menghadiri acara resmi. Karena bisa digunakan dalam berbagai kondisi, memberikan kado tote bag di hari ulang tahun sahabatmu yang ke-25 akan jadi hadiah unik dan tak terduga. Apalagi jika kamu memberikan lukisan yang begitu bermakna untuknya di tote bag, tas kanvas justru akan membuat sahabatmu berseri-seri.

Sebelum melangkah lebih jauh, sekedar informasi bagimu kalau sebetulnya tas kanvas tercipta sebagai solusi alternatif untuk masalah polusi baik udara, tanah atau air. Lhoh, kok bisa begitu? Karena rupanya tas yang terbuat dari bahan kanvas ramah lingkungan ini kadang dikombinasi dari bahan plastik bekas yang sudah pasti mengurangi limbah plastik. Dengan manfaatnya yang besar, tas kanvas justru dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Tapi tetap saja, kamu harus cukup teliti kala hendak membeli tas kanvas bagi sahabatmu.

Langkah awal yang sudah pasti adalah menentukan budget. Beruntung bagimu, tak perlu uang berlebih untuk mendapatkan tote bag kanvas yang berkualias tinggi meskipun tetap dibutuhkan survei harga ke beberapa toko tas. Dengan berkeliling ke berbagai toko, kamu akan bisa memeriksa bahan-bahannya karena bahan kanvas yang berkualitas akan menentukan keawetan sablon pada tas. Jangan lupa juga sesuaikan motif tas agar sesuai dengan gaya penampilan sahabatmu demi mendapatkan hasil terbaik.

Sama seperti tas kulit, tas kanvas handmade pun bisa jadi pilihan karena bisa tahan lama dan cukup kuat. Hanya saja, tas kanvas handmade kadang dikeluhkan karena mudah kotor, lusuh, dan pudar. Jangan khawatir, ada sedikit tips agar menjaga warna dan kondisi tas kanvas tetap bagus. Seperti saat kamu membeli berbagai barang di toko, pasti ada yang namanya panduan merawat sebuah barang, begitu juga kala memberi tas kanvas. Semua panduan ini bertujuan sama yakni agar pembeli tak keliru saat membersihkan atau merawat barang mereka sesuai aturan.

Mudahnya sih karena terbuat dari bahan kanvas, jelas kamu harus menyimpannya di tempat yang kering dan tidak lembab. Karena jika disimpan di tempat lembab dalam waktu lama, bisa membuat tas kanvas berjamur dan kendati dibersihkan, bekas jamur akan tetap terlihat dan membuatnya jelek. Untuk menghindari hal itu, ada baiknya kamu menyimpan tas kanvas di dalam lemari atau kotak dan hindari terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Seperti kulitmu, sinar matahari berlebih rupanya bisa membuat warna tas kanvas cepat pudar. Bukan hanya sinar matahari, hindari sebisa mungkin tas kanvas dari hujan atau air yang bisa membuatnya basah kuyup baik disengaja atau tidak. Kenapa begitu? Warna bakal cepat luntur, sehingga pencucian tas kanvas dalam mesin cuci terlalu lama juga tidak disarankan.

Lalu kalau mau membersihkan bagaimana? Kamu tinggal mempersiapkan kain atau spons yang lembut dan basahi dengan air bersih. Gunakan media itu untuk membasuh (me-lap) permukaan tas kanvas yang kotor. Kalau memang noda membandel, kamu tinggal membubuhi sedikit saja detergen atau shampoo bayi dan kucek sebentar sebelum akhirnya kamu bilas dengan air bersih. Ingat, jangan langsung dijemur di bawah panas matahari langsung ya!

Ah, tapi tetap saja bahannya kanvas dan terkesan murah. Apakah cocok untuk kado ulang tahun sahabat yang ke-25? Eits, jangan salah. Karena rupanya ada banyak sekali produsen tas kanvas handmade di Indonesia yang menghasilkan tas-tas berkualias tinggi. Sebut saja Rodden Bags dari Surabaya, Populi Plus dari Magetan, Lienzo Journey Pack dari Bandung dan Flying Dog dari Jakarta. Menggunakan bahan kanvas dan desain sederhana tapi elegan, tas-tas yang dibanderol di bawah satu juta rupiah ini justru tampak super keren dan kece. Sangat cocok sebagai pilihan kado ulang tahun sahabatmu yang ke-25.

Jogger Pants

Sumber gambar hipwee.com

Adakah di antara kamu yang berpikir, 'Kok jogger pants, sih?' Lagi-lagi, jangan diremehkan dulu. Memiliki bahan longgar dan kerap kali diidentikkan dengan pakaian olahraga, saat ini tren jogger pants justru sudah bergeser jadi salah satu item fashion favorit perempuan.

Ada banyak hal yang membuat jogger pants digandrungi seperti punya bentuk yang nyaman karena longgar sehingga membuat penggunanya bebas bergerak. Lalu efek yang didapat saat memakai jogger pants bisa membuat kaki tampak jenjang dan panjang sehingga cocok bagi penggemar skinny jeans yang mendamba celana tak ketat di seluruh bagian kaki. Dengan semakin banyaknya bentuk dan bahan yang ditawarkan, jogger pants kini cocok sebagai padu padan baju casual hingga dress up. Contohnya, jogger pants berbahan katun atau rajut bakal memberimu kesan casual, sementara jogger pants berbahan kulit akan memberi tampilan dress up yang tetap membuatmu trendy dan fashionable.

Tak berhenti di situ, jogger pants bisa disesuaikan dengan kepribadian masing-masing orang karena punya berbagai jenis dan motif. Jika sahabatmu suka berpenampilan edgy, kamu bisa memilih detail zipper. Atau jika sahabatmu orang yang positif dan suka tampil berani, kamu bisa memilih jogger pants berwarna mencolok dengan motif berani. Menawarkan banyak hal, jogger pants dibanderol dengan harga beragam mulai murah hingga mahal yang tentunya bisa disesuaikan dengan budget kado ulang tahun sahabatmu.

Untuk memilih jogger pants yang baik, ada beberapa tips yang bisa kamu pelajari. Yang paling awal adalah memilih warna dan tenang saja, berbagai brand fashion menyediakan jogger pants dalam berbagai pilihan mulai hitam, abu-abu, biru gelap dan warna cerah dinamis lainnya. Setelah itu jangan lupa perhatikan kualias bahan yang bisa dikaitkan dengan kegunaannya. Jangan keliru membeli jogger pants berbahan kaos untuk hangout, sementara bahan nylon atau wol tebal untuk berolahraga. Lebih baik lagi kalau kamu membeli jogger pants di toko dan jangan lewat belanja online demi mendapatkan ukuran yang pas bagi kaki sahabatmu.

Jika sahabatmu sudah menerima kado ini, jangan berhenti di situ saja. Kamu bisa memberinya masukan agar jogger pants yang jadi kado ulang tahunnya ke-25 semakin berkesan. Beri informasi padanya bahwa jogger pants bisa jadi fashion item mulai tampil casual hingga elegan. Kalau sahabatmu ingin tampil classy bohemian, sarankan dia untuk mengenakan jogger pants dengan t-shirt, trench coat hitam, topi fedora berpinggiran lebar, sunglasses lebar hingga alas kaki classic pump. Lalu kalau sahabatmu ingin tampak simple chic, beritahu dia untuk mengenakan t-shirt berwarna pastel dan pink patent heels sebagai footwear. Namun kalau sahabatmu ingin terlihat gahar dan ngerock, biarkan dia padukan jogger pants dengan printed t-shirt, jaket kulit dan sepatu leopard slip on kece. Kalau tampil formal, apa bisa? Bisa dong. Hadiahkan dia dengan jogger pants berbahan katun lalu sarankan dia memakai t-shirt, simple blazer dan heels untuk tampilan office look. And the last untuk tampilan edgy, padukan jogger pants dengan ankle boots serta jaket kulit. Whoa, jogger pants hadiahmu bisa membuat sang sahabat makin fashionable dan mempesona!

Sweater Rajut

Sumber gambar AliExpress.com

Sahabat kamu termasuk orang yang suka berkunjung ke tempat-tempat dingin? Maka sepertinya memberikan sweater rajut adalah pilihan tepat. Bahkan kalau kamu punya kemampuan merajut, hal itu akan membuat kado ulang tahunnya semakin terasa spesial. Tapi kalau tidak bisa merajut bagaimana? Jangan sedih, sekarang sudah ada banyak sekali kursus merajut atau kamu bisa melihat video tutorial di Youtube.

Kendati sweater selalu lekat dengan cuaca dingin, mereka yang tinggal di iklim tropis juga bisa mengenakannya dalam berbagai kesempatan. Apalagi di Indonesia, kebanyakan sweater terbuat dari bahan yang lebih tipis tapi cukup hangat, seperti bahan yang digunakan untuk membuat dress. Tak heran kalau akhirnya sweater jadi item fashion yang bisa membuat siapapun tampak makin good looking dalam suhu apapun. Namun sebelum membelikan sweater rajut untuk sahabatmu di hari ulang tahunnya yang ke-25, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Jika sahabat kamu punya bentuk tubuh yang proporsional, maka sweater dengan potongan V-neckline. Sementara untuk mereka yang memiliki bentuk tubuh pear-shaped yang sempit di bahu dan lebar di pinggul, sweater berpotongan kerah lebar akan lebih cocok untuk memberikan kesan bahu yang lebar. Sedikit masukan untukmu sebelum memilih sweater, pertimbangkan bakal dipadukan dengan busana jenis apa. Sudah jadi rahasia umum kalau sweater akan terasa makin manis di tubuh jika dipadukan dengan skinny jeans, legging atau rok pensil daripada menggunakan celana berpipa lebar atau rok mengembang.

Jangan beli sweater dengan ukuran yang terlalu sesuai dengan tubuh sahabatmu, sehingga membuatnya tampak ketat atau bahkan terlalu longgar. Kalau sahabatmu punya tubuh gemuk, jangan beli yang berbahan tebal seperti wol sehingga membuatnya tampa makin menggelembung. Hanya saja pengecualian jika sahabatmu adalah perempuan dengan ukuran payudara besar, maka ada baiknya kamu membelikan model sweater yang cukup longgar.

Sementara untuk bahan, usahakan cari yang ringan namun tetap hangat. Salah satu bahan sweater favorit adalah dari katun dan sutra dengan sedikit campuran lycra yang nyaman dipakai atau mungkin bahan kasmir jika kamu termasuk tak memperhatikan urusan budget. Jika sudah menentukan bentuk dan bahan sweater, langkah selanjutnya adalah mencocokkan warna dan motif sweater dengan jenis kulit sahabatmu. Last but not least, perhatikan seluruh benang rajutan pada sweater. Karena kadang ada sweater yang berubah bentuk dan ukuran saat dicuci untuk pertama kali. Pastikan kamu membeli sweater yang sudah dicuci pihak pabrik dengan cara memperhatikan ciri-cirinya seperti terasa lembut dan halus saat dipegang.

Nah, jika kamu telah menentukan sweater rajut untuk sahabatmu di ulang tahunnya yang ke-25, maka tak ada salahnya kamu memberikan informasi juga padanya soal merawat sweater. Seperti jangan mencuci sweater rajut dengan mesin cuci karena bisa merusak benang, lalu jangan disetrika di suhu yang terlalu panas dan jangan juga dijemur terlalu lama di bawah sinar matahari yang bisa membuatnya kusut dan mengkerut.

Smartwatch

Sumber gambar www.cbronline.com

Sahabat kamu tipe gadget freak? Maka smartwatch alias jam tangan cerdas adalah pilihan yang cukup tepat sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke-25 karena sudah menjadi gaya hidup. Ada beragam fitur dan spesifikasi yang disematkan kepada smartwatch yang membuat kamu bisa memilihnya salah satu, sesuai kepribadian sahabatmu. Berikut beberapa di antaranya.

Sporty
Sahabat kamu suka berpenampilan casual, hobi olahraga, travelling, bertualang atau dia adalah perempuan yang tomboy? Maka cocok dengan gaya ini. Kamu bisa membelikan dia smartwatch yang mendukung segala aktifitas olahraganya dengan fitur GPS dan fitness tracker misalnya. Perangkat wearable ini bisa terlihat simple saat jogging di pagi atau sore hari. Beberapa smartwatch yang layak dipertimbangkan seperti dari brand Motorola Moto 360 Sport seharga US$ 299 (sekitar Rp 3,9 juta) atau Gammin Vivoactive senilai US$ 249 (sekitar Rp 3,2 juta).

Geek
Punya sahabat yang hobi baca novel dan berbagai media lainya? Maka smartwatch bisa membuatnya tetap melek teknologi sekaligus fashionable. Ada beberapa smartwatch dengan tampilan 'kuno' seperti layar yang bundar atau kotak dengan lengkungan di setiap sudunya. Punya tampilan jam analog dengan material kulit atau stainless stell, salah satu brand yang terdepan adalah Pebble Time Steel senilai US$ 250 (sekitar Rp 3,3 juta).

Girly
Kalau sahabat kamu termasuk tipe perempuan manis, ceria dan feminim, maka sepertinya smartwatch dengan tali ramping yang sesuai dengan pergelangan tangan mungilnya terasa cocok. Kenapa begitu? Karena perempuan girly cenderung menyukai produk-produk yang ringan. Ada baiknya kamu memilih smartwatch dengan jam analog atau digital, tapi jangan lupakan kesan classic dan sophisticated dengan kristal atau material semacamnya. Pilihan warnanya pun usahakan yang pastel seperti pink atau biru muda. Brand Huawei Watch Jewel adalah pilihan terbaik meskipun harganya cukup mahal yakni US$ 699 (sekitar Rp 9,2 juta) karena memiliki taburan kristal Swarovski Zirconia. Atau yang lebih hemat dihadirkan oleh Pebble Time Round senilai US$ 249 (sekitar Rp 3,2 juta).

Maskulin
Kalau kamu masih berpikir kesan maskulin hanya bisa terlihat lewat jaket kulit, kumis dan jenggot, maka itu kuno. Karena smartwatch dengan metal strap berwarna cokelat tua atau hitam adalah pilihan tepat bagi sahabatmu yang 'cowok banget'. Casio tentu sebagai produsen smartwatch terdepan dengan kesan maskulin kaena memiliki desain bundar, strap lebar dan jam analog. Namun kalau kamu ingin yang lebih modis bagi sahabatmu, LG W110 G Watch R seharga US$ 668 (sekitar Rp 8,8 juta) atau Casio WSD-F1O seharga US$ 500 (sekitar Rp 6,6 juta) bisa jadi pilihanmu.

Hi-Tech
Nah, jika sahabatmu seorang penggila teknologi, maka kamu harus lebih up to date saat menghadiahkan smartwatch di hari ulang tahunnya. Pilihlah smartwatch dengan bentuk kota dan lengkungan di tiap sudut, berdesain futuristik dan warna millenium seperti hitam atau abu-abu. Utamakan smartwatch yang menyediakan fitus konektivitas, bluetooth, GPS hingga informasi cuaca. Ada dua raksasa teknologi yang memiliki smartwatch bergaya ini yakni Sony SmartWatch 3-The Athlete senilai US$ 250 (sekitar Rp 3,3 juta) atau Apple Watch senilai US$ 500 (sekitar Rp 6,6 juta).

Setelah kamu menemukan kepribadian sahabatmu, ada juga hal-hal wajib yang tak bisa kamu lupakan saat membeli smartwatch. Yang paling awal adalah pahami bahwa meskipun begitu canggih, smartwatch sebetulnya hanyalah perangkat pendukung smartphone sehingga tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya tanpa keberadaan smartphone. Karena smartwatch memang memiliki fungsi-fungsi pendukung HP seperti menampilkan notifikasi, remote mengambil gambar hingga input menulis pesan singkat. Meskipun demikian, saat ini sudah banyak sekali vendor yang menanamkan teknologi selular ke smartwatch besutan mereka dan membuatnya lebih mandiri.

Ketahui juga bahwa tidak semua smartwatch cocok dengan semua smartphone. Apalagi ada beberapa brand smartwatch yang cuma cocok dengan smartphone jenis tertentu. Seperti contohnya Apple Watch hanya bisa digunakan oleh iPhone saja. Beruntung bagi smartwatch Android, perangkat ini lebih bersahabat dengan smartphone dari beragam vendor, meski diproduksi oleh brand tertentu.

Berikutnya adalah pahami juga kalau smartwatch hadir dengan sistem operasi yang berbeda dengan smartphone. Google salah satunya sampai menanamkan sistem operasi khusus yakni Android Wear, dalam perangkat wearable mereka ini. Karena itu, smartwatch memiliki sisi interface dan sistem yang berbeda serta terkesan lebih sederhana karena punya sedikit tombol navigasi.

Lantaran perbedaan itu, akan ada beberapa aplikasi yang tak bisa berjalan penuh di smartwatch. Seperti fungsinya sebagai media notifikasi smartphone, maka jangan harap sahabat kamu bisa dengan mudah membalas mention kamu di Instagram lewat smartwatch saja. Karena memang pada dasarnya smartwatch tercipta untuk mempermudah pengguna HP sehingga mereka bisa melihat notifikasi dengan cepat tanpa harus mengeluarkan smartphone dari tas.

Hanya saja dengan teknologi yang ditampilkan, jangan kaget pula kalau harga smartwatch akan cukup tinggi bahkan sebanding dengan HP kelas menengah. Namun jangan berkecil hati karena ternyata ada lho smartwatch keren dengan harga tidak sampai satu juta rupiah untuk sahabatmu di hari ulang tahunya yang ke-25. Beberapa smartwatch murah-meriah yang tersedia di toko online itu seperti I-One U, Bcare Smartwatch U8 dan Zgpax S79. Dua merk pertama sama-sama memiliki ukuran layar 1.48 inch dan berteknologi 240x240 pixel. Bahkan untuk Zgpax, sudah dibenamkan kamera beresolusi 1,3 megapixel dengan material bodi dari silikon resi berkualitas dan harga tidak sampai 500 ribu rupiah.

Action Cam

Sumber gambar thewirecutter.com

Kalau kamu memiliki sahabat yang hobi travelling entah naik gunung atau diving, maka action cam adalah hal yang tepat. Sudah menyita perhatian banyak orang karena fitur wide angle dan ukurannya yang kecil, action cam memang jauh lebih mumpuni daripada kamera HP atau kamera digital sekalipun. Tak ada salahnya kamu memberikan hadiah action cam di ulang tahunnya yang ke-25 karena memang si kecil tangguh ini memiliki banyak kelebihan yang bisa kamu pertimbangkan saat membelinya.

Brand teratas untuk urusan action cam adalah GoPro. Bahkan seri 'jadul' mereka yakni GoPro HERO3+ memiliki opsi ruang pandang (Field OF View/FOV) mencapai 170°, jauh lebih lebar daripada Xiaomi Yi 4K terbaru yang 'hanya' 155°. Artinya memang semakin lebar ruang pandangnya, action cam akan makin bisa menangkap obyek lebih luas. Setelah urusan FOV beres, maka pastikan action cam pilihanmu itu punya kualitas video dan foto mumpuni hingga mencapai resolusi 1080p atau lebih.

Hal berikutnya yang jadi kelebihan action cam adalah daya tahannya terhadap air. Kini mayoritas action cam sudah membekali pembeli dengan casing waterproof yang mampu bertahan di dalam air hingga lebih dari 30 meter yang tentunya akan membuat sahabatmu bisa tetap selfie sambil diving di samudera. Bahkan ada GoPro HERO5 yang mampu dibawa menyelam hingga kedalaman tertentu tanpa menggunakan casing.

Setelah FOV dan daya tahan, yang perlu diutamakan sudah pasti baterai. Kamu bisa memilih beberapa action cam dengan baterai mumpuni yang bisa digunakan cukup lama saat merekam video 4K 30fps, seperti GoPro HERO4 yang bisa merekamnya selama satu jam lima menit dalam kondisi WiFi mati. Sebuah action cam akan terasa lebih spesial jika memiliki banyak fitur pendukung seperti WiFi, Burst, Time Lapse, Night Lapse, Support MicroSD, Support Playback to HDMI, ISO, Exposure, White Balance hingga Wide Angle. Jangan lupakan juga ketersediaan aksesoris pendukung mulai dari selfie stick (tongsis) hingga berbagai mounting yang bisa dipasang di atas helm, dada atau sepeda.

Langkah terakhir setelah semua spesifikasi dan kelebihan serta kekurangan action cam pilihanmu sudah diketahui, adalah menyesuaikannya dengan budget. Perlu diingat, GoPro sebagai brand action cam terbaik, membanderol harga paling mahal hingga lima juta rupiah ke atas. Tak heran kalau hanya kalangan traveller profesional saja yang mayoritas mengkoleksi GoPro. Namun sekarang ada action cam dengan harga terjangkau di bawah Rp 2 juta yang bisa jadi pilihanmu untuk kado bagi sahabat di ulang tahunnya yang ke-25.

Pilihan pertama ada Kogan Action Cam 4K dengan harga Rp 579 ribu. Meski memiliki kualitas pas-pasan karena frame rate hanya mencapai 15fps, Kogan sudah mampu merekam video beresolusi 4K. Bahkan untuk kamera, Kogan bisa menangkap hingga resolusi maksimum 16 megapiksel. Selanjutnya ada Brica B-PRO5 Alpha Plus 2,5K senilai Rp 1,95 juta. Brand yang sebelumnya bermain di kamera pocket dan camcorder ini membenamkan sensor CMOS beresolusi 16,35 megapiksel yang artinya sanggup menangkap video H264 2,5K pada framerate 30 fps dan bitrate maksimum 20MBps.

Di harga Rp 2,35 juta ada SJCAM SJ5000+ yang sudah jadi unggulan di Indonesia selain Xiaomi Yi tentunya. SJ5000+ diyakini bisa merekam foto atau video full-HD 60/30 fps dengan lensa mencapai lebar 170°. Pilihan lainnya ada pada Polaroid Cube HD yang punya desain berbentuk kubus dengan warna dasar hitam, biru dan merah. Cube HD bisa memotret mencapai 8 megapiksel dan punya daya baterai rekam video hingga 107 menit tanpa henti.

Dan tentunya di posisi terakhir sebagai action cam murah meriah tapi berkualitas tentu saja Xiaomi Yi. Bahkan tak berlebihan kalau brand keluaran China ini dipandang mampu mengejar GoPro yang punya harga hingga dua kali lipat lebih mahal. Dengan sensor CMOS Sony Exmor R yang mampu memotret hingga berukuran 16 megapiksel, sudut tangkap 155° hingga merekam video 1080p @60fps, Xiaomi Yi tentu jadi pilihan favorit. Apalagi harganya cuma sekitar Rp 1-2 juta, Xiaomi Yi menyediakan berbagai aksesoris pendukung yang boleh kamu pertimbangkan.

Mesin Jahit Mini

Sumber gambar www.woohoodeal.co.uk

Sahabatmu sedang hobi menjahit? Tak ada salahnya kamu menghadiahkan mesin jahit mini di ulang tahunnya yang ke-25. Sesuai dengan namanya, ini adalah mesin jahit dengan ukuran mungil dan pastinya lebih kecil dari mesin jahit pada umumnya sehingga mudah dibawa ke mana-mana. Umumnya mesin ini punya satu spool benang dan satu sekoci sehingga tetap mampu menghasilkan jahitan seperti mesin biasa.

Berbahan dasar plastik sehingga ringan, harga mesin jahit mini inipun berkisar Rp 200-500 ribu saja. Namun sebelum kamu memutuskan untuk membeli, ada beberapa hal yang wajib diketahui dan perlu kamu pertimbangkan. Dipandang dari kelebihannya, mesin jahit mini memang punya harga cukup terjangkau, bentuk yang kecil, cukup aman karena tidak ada jangkauan listrik, desain yang cantik dan tentunya cocok untuk pemula. Namun lepas dari itu, mesin jahit mini memiliki body yang relatif ringkih dan kurang kuat dalam menjahit bahan tebal seperti jeans atau membuat tas.
Belum lagi beberapa produk keluaran China yang jelas non-branded dan dipatok harga ratusan ribu rupiah, mayoritas tidak memiliki garansi resmi.

Salah satu mesin jahit mini yang bisa kamu pertimbangkan adalah merk KRIS. Tanpa membutuhkan listrik, KRIS bisa dioperasikan dengan empat baterai AA dan begitu mungil karena cuma punya panjang 25 cm, tinggi 24 cm dan lebar 8 cm. KRIS mempunyai beberapa fitur unggulan seperti lima pola jahitan lurus dan zigzag, tiga jenis panjang jahitan, dua kecepatan (tinggi dan normal), bisa menggulung benang skeoci, memiliki lampu kerja dan ada tombol otomatis untuk menjahit atau mengenakan pedal kaki.

Nah, dengan apa yang ditawarkan, sudah pasti sahabatmu yang hobi menjahit atau mulai belajar menjahit, akan sangat berterima kasih. Hanya saja kalau sahabatmu seorang yang ahli menjahit bahkan bisnis konveksi rumahan, tentu saja mesin murah meriah ini bukan pilihan tepat. Dengan mesin jahit min ini, sahabat kamu bisa membuat aksesoris atau kerajinan tangan sendiri seperti pita dan bandana. Kamu pun bakal sangat senang saat hadiah yang kamu pilih berguna baginya.

Android TV Box

Sumber gambar eBay

Ada satu benda yang cocok kamu berikan kalau sahabatmu baru saja pindah ke hunian baru. Hal itu adalah TV. Alih-alih TV konvensional, perkembangan zaman membuat kamu harus mengenali Smart TV yang akhir-akhir ini makin populer. Namun harga Smart TV yang fantastis, tentu saja akan membuat kamu cukup menarik nafas dalam-dalam. Tapi tenang saja, sekarang ada perangkat bernama Android TV Box yang bisa mengubah LED/LCD TV menjadi Smart TV.

Sesuai dengan namanya Android TV Box adalah hardware yang fungsinya sebagai set top box yang harus dihubungkan dengan layar TV melalui kabel HDMI. Nantinya setelah terhubung, TV kamu bakal langsung berubah jadi perangkat Android dengan layar besar yang bisa kamu gunakan untuk streaming video, bermain game, mendengarkan musik bahkan streaming serial luar negeri tanpa perlu berlangganan TV kabel.

Sebelum kamu memastikan diri membeli Android TV Box, kenali dulu dua jenisnya yakni Android TV Stick dan Box. Berbeda dengan jenis Box, untuk perangkat Stick yang berukuran kecil dan menyerupai flashdrive/modem ini dibutuhkan converter kabel HDMI ke RCA lebih dulu. Lalu untuk harganya berapa? Tenang saja, ada di kisaran Rp 600 ribuan - Rp 2 jutaan. Hanya saja kalau kamu memang ingin menghadiahkan untuk sahabatmu, jangan lupa memberikan penjelasan untuknya.

Akan ada pertanyaan normal seperti bagaimana menghubungkan perangkat Android Box ke internet? Cukup mudah karena bisa dengan jaringan nirkabel (WiFi) atau sambungan LAN seperti halnya smartphone Android. Jelaskan juga padanya bahwa Android TV Box ini tak bisa digunakan pada TV tabung atau TV biasa lantaran tak memiliki port HDMI. Namun hal ini bisa dipecahkan dengan menggunakan alat tambahan dari HDMI ke RCA untuk mengubah output digital dari Android TV Box ke analog. Tenang saja, alat tambahan ini bisa kamu temukan sangat mudah di toko elektronik kok.

Nah jika kamu sudah memahami soal perangkat ini, sekedar saran untuk membeli Android TV Box dengan spesifikasi minimal CPU Quad-Core RAM 2GB atau CPU Octa-Core RAM 1 GB. Kenapa begitu? Kedua spesifikasi ini punya performa yang bagus dengan harga tidak berbeda jauh. Dan yang tak boleh dilupakan saat membeli Android TV Box adalah pastikan memberi merk yang berkualitas, pilihlah yang sesuai kebutuhan seperti misalanya sahabatmu hobi main game, maka kamu harus membeli yang punya RAM cukup besar. Terakhir, pastikan ada garansi resmi distributor supaya tak ada bingung di kemudian hari ya!

Fish Pen

Sumber gambar www.dongyangfishing.com

Seperti yang diuraikan di atas, hadiah yang unik di hari ulang tahun ke-25 sahabatmu akan membuatnya lebih terkesan. Dan salah satu kado unik itu adalah pancing mini berbentuk pulpen (fish pen) yang akan membuat siapapun penggemar mancing jadi berseri-seri. Dengan fish pen, sensasi memancing ikan akan berbeda. Yang jelas terlihat adalah ukurannya yang menyerupai polpen bakal mudah dibawa dan sangat praktis diletakkan di saku atau kantong tas.

Dengan ukurannya yang sangat mungil, sahabatmu bakal bisa memancing kapan saja. Namun lepas dari ukurannya, fish pen justru sangat kuat karena telescoping dapat ditarik hingga satu meter. Dirancang dengan teknologi presisi yang dilengkapi gulungan kuningan padat tahan lama, fish pen bisa digunakan baik di sungai, kolam atau bahkan danau. Dibanderol di bawah dua ratus ribu rupiah, fish pen tentu sangat murah meriah tapi berarti bagi sahabatmu yang hobi memancing.

Namun kalau dirasa fish pen terlalu minimalis sebagai kado ulang tahunnya yang ke-25, ada baiknya kamu membelikan satu set perlengkapan memancing. Beberapa piranti pancing lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah joran, kerekan, benang, toolbox dan set mata kail pancing. Untuk joran pancing, rupanya ada beberapa hal yang harus kamu perhatian supaya tidak keliru. Contohnya seperti menyesuikan joran dengan sasaran ikan yang biasa diburu sahabatmu, karena memancing di laut tidak sama dengan memancing di tambak atau kolam air tawar.

Korek zippo

Sumber gambar coolmaterial.com

Masih membahas soal hadiah ulang tahun unik, korek api dari perusahaan Amerika Serikat ini bisa kamu pertimbangkan juga lho. Sekedar informasi, Zippo sebetulnya adalah brand berbagai produk seperti korek, minyak untuk korek danlainnya. Hanya saja korek api dari Zippo begitu melegenda karena pernah dipakai tentara Amerika saat Perang Dunia untuk membakar sumbu bom, memasak makanan dan penerangan kala gelap.

Zaman semakin berjalan, Zippo kini dianggap sebagai salah satu aksesoris fashion unik karena dipercaya bisa membuat penggunanya elegan dan bergaya. Tak banyak yang tahu kalau korek api Zippo yang memiliki suara khas kala dibuka ini punya fitur windproof yakni tahan terhadap angin. Kalau sahabatmu seorang pendaki gunung yang tengah berkemah di puncak, korek api zippo akan tetap menyala meskipun angin berhembus kencang.

Sebetulnya apa yang membuat korek api Zippo ini berbeda? Rupanya Zippo menggunakan minyak khusus yang diproduksi sendiri sehingga memiliki aroma khas dan tidak aneh saat dihirup. Dengan berbagai kelebihannya, tak heran kalau pemantik Zippo menjadi favorit para kolektor. Harganya pun bermacam-macam seperti yang original dibanderol dari Rp 500 ribuan hingga jutaan rupiah. Lalu untuk korek bekasnya masih bisa dijual senilai Rp 200-400 ribuan.

Ada banyak sekali kualitas dari pemantik Zippo ini, mulai dari yang grade ori, KW super hingga KW 3 atau palsu. Nah lho, bagaimana cara membedakan yang asli dan palsu? Cukup mudah karena kamu tinggal memperhatikan detail kecil pada ornamentasinya. Untuk Zippo asli, mereka meletakkan tanda ® pada cetokan di bawah Zippo serta menggunakan material casing dari bahan kuningan, bukannya besi babet atau aloy kuningan berkualitas rendah. Perhatikan juga kilap chrome untuk Zippo asli karena tidak terlalu mengkilap seperti yang palsu sehingga tak tampak murahan. Dan yang paling pastu, setiap varian Zippo punya barcode tersendiri, tak seperti palsu yang semua barcode sama padahal beda varian.

Sekedar saran juga, beberapa penggemar Zippo asli terkadang tak menyarankan siapapun membeli Zippo di pusat perbelanjaan atau kios-kios kecil karena diyakini palsu dengan kisaran harga Rp 90-150 ribu. Jadi, tak masalah bukan kalau di ulang tahun sahabatmu yang ke-25 ini kamu menghadiahkan pemantik Zippo asli?

Kado terbaik dari kamu harus disertakan ucapan terbaik

Sumber gambar Pinterest

Nah, sudah bisa menentukan barang apa yang bakal kamu berikan untuk sahabatmu? Maka sekarang adalah waktunya untuk memberikan beberapa kalimat ucapan yang akan selalu dia kenang. Tak perlu untaian puisi berima, tapi lebih kepada sebuah doa tulus dan unik di pertambahan usianya yang jadi seperempat abad. Sebuah kalimat atau ejekan yang bisa membuatnya tersenyum simpul tapi sangat menyentuh hatinya akan jadi hal pelengkap termanis di ulang tahunnya yang ke-25.

Beberapa ucapan seperti 'Kamu sudah setengah menuju 50 tahun lho! Jadi nikmati masa mudamu sebelum terlalu tua', 'Selamat kamu akhirnya jadi seperempat abad!' dan 'Akhirnya sudah 25 tahun! Kamu bisa menyewa mobil tanpa biaya tambahan, bro' dan 'Sahabatku, kamu sudah jadi 25 tahun. Kamu sudah melewati masa kuliah dan masa penuh pemberontakan. Sudah tahu siapa dirimu sebenarnya? Rayakan dan langkahi kehidupan dewasamu!'.

Jadi, apakah kamu siap untuk membuat hal spesial di hari ulang tahun sahabatmu yang ke-25? Good luck yah!

From our editorial team

Your Best Friend is Your Assets

Ada banyak sekali orang yang bakal hadir di hidupmu. Namun ketika kamu sudah menemukan sahabat sejati,.tak ada salahnya menyisihkan waktu di hari ulang tahunnya yang ke-25. Semoga saja, beberapa ide untuk kado ulang tahun sahabatmu ini bisa membuatmu semakin bersemangat menyambut pertambahan usianya. Jadi, jangan pernah lupakan mereka yang benar-benar jadi sahabatmu!