Supaya Tidak Terkesan Mainstream, Berikut 8+ Ide Kado Ulang Tahun Unik Buatan Sendiri (2017)

Supaya Tidak Terkesan Mainstream, Berikut 8+ Ide Kado Ulang Tahun Unik Buatan Sendiri (2017)

Mencari kado ulang tahun yang unik dan tepat memang sering membuat kita sakit kepala. Kalau apa yang kamu lihat di toko-toko kurang menarik atau terlalu mainstream, bagaimana kalau kamu membuatnya sendiri? Selain unik, kado tersebut tentunya akan membawa senyum di wajah temanmu saat melihatnya. Simak ide-ide BP-Guide berikut.

Hadiah yang dijual di pasaran sudah terlalu mainstream buat kamu?

Pada umumnya, yang menjadikan sebuah kado berharga dan berkesan bukanlah harga atau mewahnya, tetapi cara dan siapa yang memberikan kado tersebut. Jika kamu diberikan kado yang meskipun simpel, tetapi dibuat dengan kesungguhan hati oleh orang yang kamu sayangi, tentu kamu akan merasa lebih bahagia dibandingkan diberikan hadiah yang dapat dibeli dengan mudah di toko-toko bukan?

Selain itu, hadiah buatan tangan sendiri juga umumnya lebih terjangkau karena kamu dapat memilih dan mengumpulkan bahan-bahannya sendiri. Oleh karena itu, jika kamu ingin memberikan sebuah kado yang mudah, berkesan dan terjangkau, sebaiknya kamu membuat sendiri hadiah yang ingin kamu berikan pada orang yang istimewa bagimu. Kalau masih bingung ingin membuat apa, jangan takut, simak ide-ide BP-Guide berikut.

Tips membuat kado ulang tahun unik buatan sendiri

Dalam membuat kado sendiri, usahakan untuk meminimalkan barang yang perlu dibeli untuk membuat kado kecuali yang benar-benar diperlukan. Manfaatkan barang-barang yang dapat didaur ulang sehingga kamu bisa menghemat biaya pembuatan. Yang penting, kita harus kreatif dalam berkarya sehingga barang-barang yang sekilas tidak berguna pun dapat disulap menjadi sesuatu yang indah.

Jika kamu membuatnya dengan kesungguhan hati, hadiahmu akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi penerimanya ketimbang hadiah standar seperti kemeja, sepatu, dan lainnya. Agar hadiahmu lebih menarik, tambahkanlah hal-hal yang bermakna seperti puisi romantis, kejutan kecil, dan sebagainya. Dijamin, impresi yang diciptakan akan melekat bak super glue di dalam benak si penerima



Ide kado ulang tahun unik buatan sendiri

Hadiah buatan tangan sendiri yang unik ini cocok diberikan pada seseorang yang spesial bagi kita. Spesial dalam hal ini bisa berarti orang tua, pacar, sahabat, ataupun sepupu kamu. Dalam mencari ide kado, kamu dapat menggunakan sumber darimana saja, termasuk tips-tips yang akan kami berikan dibawah ini.

Message in a bottle

Kolase 'message in a bottle' ini cocok sebagai penempatan quotes romantis untuk hadiahmu. Kamu dapat menuliskan bermacam-macam pada kertasnya mulai dari kata mutiara, quotes dari film, tokoh atau buku terkenal, ataupun ungkapan sayangmu kepada si dia.

Bahan yang kamu perlukan:

  • Toples atau Jar kaca bening
  • Bolpen
  • Pita
  • Kertas
  • Hiasan seperti glitter dll.

Pertama tuliskan macam-macam pesan kecil di kertas yang telah kamu siapkan sebelumnya. Lalu masukkan ke dalam toples hingga penuh dengan kertas-kertas tersebut. Tambahkan hiasan lain seperti glitter sesuai selera. Terakhir, tutup toples lalu ikat dengan pita dan hiasan-hiasan lain sesuai keinginanmu. Untuk yang satu ini, mungkin kamu hanya perlu mengocek Rp. 10.000 - Rp. 20.000 untuk hiasan-hiasannya kalau memang belum punya.

Kalau kamu perlu contoh visual untuk mendapat gambaran yang lebih jelas, tonton saja tutorial berikut.

Pop up card

Kado lain yang cukup unik untuk kamu berikan adalah kartu ucapan pop up dengan kreasi yang bagus. Kartu ini sangat menyenangkan dan mudah untuk dibuat, serta memberikan kesan yang mendalam pada orang yang diberikan. Sekarang saatnya untuk mengeluarkan sisi kreatif dalam dirimu dan mulai berkreasi!

Bahan yang diperlukan:

  • Kertas (kertas cetak, kertas hias/kertas gula, kertas kaku/kertas karton, atau kertas sisa/scrapbook)
  • Spidol, krayon, pensil warna, alat tulis
  • Gunting dan Lem/isolasi dua sisi (double tape)
  • Amplop
  • Penggaris (optional)
  • Hiasan tambahan (optional)

Bahan-bahannya pun cukup terjangkau. Harga kertas karton, misalnya, hanya Rp. 4.000. Kalau kamu belum punya bahan-bahan lainnya, siapkanlah setidaknya Rp. 30.000. Karena cara membuat pop up card paling gampang dipahami dengan cara melihatnya, simak saja video berikut.

CD lagu kompilasi favorit

Membuat mixtape kompilasi sendiri merupakan pilihan yang baik untuk dijadikan kado atau hadiah. Karena dengan lagu, kamu dapat menyampaikan pesan ungkapan isi hatimu kepada orang yang kamu berikan kado dengan cara seperti memilih lagu-lagu yang memiliki lirik yang cocok, melodi yang indah, dan lain sebagainya.

Beberapa tips-tips dalam memilih CD lagu kompilasi favorit:

  • Tentukan tema sebelum memilih lagu. Tema dapat membantu kamu dalam mengumpulkan lagu-lagu yang tepat ke dalam CD kompilasimu
  • Tentukan susunan lagu. Jika kamu asal memasukkan lagu ke dalam CD tanpa memperhatikan susunannya, kompilasi lagu mu akan terdengar aneh karena isinya terlalu bervariasi. Susunan lagu yang bagus dapat membangun mood dengan baik.
  • Tentukan durasi. Umumnya durasi CD kompilasi mengikuti durasi standar kaset yaitu 60 hingga 120 menit
  • Tentukan desain cover. Desain cover yang keren akan membuat tampilan hadiahmu semakin menarik

Untuk biaya, umumnya berkisar antara Rp. 500 - Rp. 3.000, tergantung banyaknya CD yang ingin kamu buat.

Daun dan bunga melayang

Rangkaian daun dan bunga kering yang dipress diantara 2 bilah panel kaca yang dibingkai ini menampilkan reinterpretasi dan keindahan dua dimensi yang bisa dijadikan pemanis ruang tamu. Cocok untuk dijadikan hadiah yang kreatif bagi mereka yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan alam.

Untuk bahannya, kamu bisa mengawetkan daun atau bunga yang kamu petik sendiri, atau membelinya. Sebaiknya kamu memilih bunga yang kira-kira bakal disukai oleh orang yang ingin kamu berikan kado.
Kemudian potong panel kaca dengan ukuran yang kamu inginkan atau bisa juga membeli sebuah panel dari frame kaca murah yang bisa digunakan untuk keperluan apapun. Contohnya dapat kamu lihat di URL di bawah.

Coffee sleeves

Bagi kamu yang sedang mencari kado unik bagi mereka yang menyukai minuman panas, kamu dapat memberikan hadiah ulang tahun yang sempurna berupa sarung gelas atau coffee sleeves. Selain itu, coffee sleeves ini juga dapat kamu buat sendiri lho! Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti kertas, kain atau benang sebagai bahan dasar serta peralatan menjahit atau alat untuk mengikat seperti ikat rambut elastis, karet gelang, dan sebagainya.

Selain itu kamu juga dapat membuat coffee sleeves dari bermacam-macam potongan kain yang berbeda agar terlihat unik. Bahan yang dibutuhkan mirip dengan diatas, bedanya gunakan lebih banyak potongan kain yang berbeda kurang lebih 12 buah, ditambah potongan backing fabric dan fusible fleece dengan ukuran 4.5 x 12 cm serta tambahkan kancing kecil untuk mengaitkan ujung sleeve dengan ujung yang satunya.

Simak beberapa ide mengenai cara membuat coffee sleeves yang bisa kamu jadikan inspirasi, salah satunya seperti video berikut ini.




Dreamcatcher

Dreamcatcher dipercaya sebagai alat untuk menangkap mimpi yang baik dan menangkal mimpi buruk bagi penduduk asli benua Amerika. Aksesoris ini amat populer di kalangan muda-mudi Indonesia sehingga cocok untuk dijadikan kado bagi mereka yang berusia relatif muda. Meski terlihat rumit, sebenarnya membuat dream catcher tidak terlalu sulit. Untuk membuatnya, kamu akan membutuhkan ring dengan beberapa ukuran, benang nilon, tali kulit, dan hiasan seperti manik-manik atau sejenisnya. Harga bahan-bahan tersebut bisa didapat dengan buget sekitar Rp. 100.000 dan ke bawah. Karena cara pembuatannya tidak gampang, silahkan menyimak cara membuatnya di video berikut.

Rubik's Cube photo

Sumber gambar www.kalifornialove.com

Sebagai mainan yang unik dan digemari banyak orang, Rubik's Cube merupakan pilihan menarik sebagai hadiah untuk orang yang kamu sayangi. Apalagi jika Rubik's Cube tersebut bukan hanya terdiri dari warna saja tetapi foto pilihanmu. Hadiah unik yang satu ini dapat dibuat dalam waktu yang cukup singkat, dan dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Pastikan saja kamu mempunyai bahan-bahan berikut.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Rubik Cube (harga sekitar Rp. 33.000)
  • Self-adhesive lamination sheets (harga sekitar Rp. 25.000 untuk 40 lembar)
  • Program untuk mengedit foto seperti Photoshop CS4
  • Pisau untuk memotong (harga sekitar Rp. 27.000)
  • Papan sebagai alas untuk memotong
  • Gunting (harga sekitar Rp. 25.000)
  • Penggaris panjang dari logam (harga sekitar Rp. 10.000)
  • Selotip dua sisi/double tape (harganya sekitar Rp. 35.000)
  • Selotip normal (harga sekitar Rp. 20.000)

Estimasi total: sekitar Rp. 175.000 kalau kamu tidak mempunyai sebagian besar bahan di atas

Kamu bisa meletakkan foto atau gambar sesuai seleramu di atasnya. Bisa foto kamu dan seseorang spesial bagimu, tokoh favorit orang yang ingin kamu berikan hadiah, quote menarik dari orang terkenal, atau apa saja yang kamu anggap cocok. Untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut.

Sabun jeruk

Pilihan alternatif untuk kado yang unik dan dapat dibuat sendiri adalah sabun dengan bahan jeruk. Selain tidak terlalu sulit dibuat, kado sabun jeruk ini juga cukup berguna dan bermanfaat bagi penerimanya.

Jika kamu ingin membuat sabun jeruk untuk diberikan, pertama-tama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti:

  • Bahan dasar yaitu minyak sawit, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak atsiri, dan soda api
  • Alat-alat seperti timbangan dapur, masker, safety googles, sendok plastik, cetakan, dan wadah untuk mencampur bahan-bahan tersebut

Agar sabun memiliki wangi jeruk, campurkanlah irisan kulit jeruk ke dalam bahan-bahan dasar diatas.

Selain itu, boleh juga jika kamu mempelajari cara membuat sabun herbal yang merupakan perpaduan antara sabun kecantikan dan kesehatan karena mengandung berbagai khasiat herbal di dalamnya. Untuk itu, pilihlah bahan yang memiliki khasiat untuk kulit seperti misalnya lidah buaya. Atau coba bahan lain yang memiliki aroma yang segar dan wangi seperti bengkoang, pepaya, sirih, jahe, dan lain-lain.

Kalau kamu ingin video tutorial untuk membantu kamu, silahkan cek video berikut.

Berikan ucapan terbaikmu untuk sahabatmu

Meskipun buatan sendiri, jika kamu memberikannya tanpa embel-embel ucapan selamat, mungkin kado itu malah akan terasa hambar. Agar hadiahmu semakin sempurna, tambahkanlah kartu ucapan selamat pada temanmu yang berulang tahun. Selain kamu bisa menyampaikan doa dan harapan kamu, dijamin kartu tersebut juga akan menjadi harta tersendiri bagi temanmu.

Berikut beberapa kata ucapan selamat ulang tahun untuk sahabat

  • Bertambahnya usiamu sama artinya berkurang juga usiamu. Namun jangan jadikan itu sebagai kelemahanmu, kau harus semakin kuat dalam menjalani hidup untuk menuju tangga kesuksesanmu. Semoga tuhan selalu melimpahkanmu karunia serta umur panjang

  • Selamat ulang tahun kawan. Aku akan selalu berdoa semoga hari-harimu di masa mendatang akan selalu membawa harapan baru untukmu. Meskipun banyak rintangan menghadang di depan, ingatlah aku akan selalu ada untuk dirimu. Selamat ulang tahun sahabat.

  • Selamat ulang tahun sahabat terbaikku. Dihari ulang tahun mu ini aku berharap yang terbaik untuk mu. Dan agar kamu selalu menjadi sahabatku dan akan terus begitu hingga kita menua. Sekali lagi selamat ulang tahun untuk sahabat terbaikku.
From our editorial team

Believe in yourself and you will do wonders

Bagaimana dengan rekomendasi-rekomendasi BP-Guide di atas? Memang beberapa terkesan susah karena memerlukan sedikit ketelitian dan keterampilan untuk membuatnya. Tapi, hal yang sama pasti dirasakan juga oleh para pembuat video tutorial saat pertama kali mengerjakannya, kan? Oleh karena itu, kalau kamu memang berniat untuk memberikan temanmu atau siapapun yang berulang tahun itu hadiah buatan sendiri, jangan menyerah dan teruslah berusaha! You can do it!