Bak Kanvas dan Kuas, Ini Dia 10 Rekomendasi  Tablet Grafis Terbaik untuk para Pemula dan Profesional (2020)

Bak Kanvas dan Kuas, Ini Dia 10 Rekomendasi Tablet Grafis Terbaik untuk para Pemula dan Profesional (2020)

Semakin berkembangnya teknologi, penggunaan kertas, kanvas, hingga kuas dalam membuat desain gambar mulai beralih pada perangkat digital, yaitu tablet grafis. Tablet grafis kini menjadi benda penting yang harus dimiliki oleh para desainer dan seniman masa kini. Menyajikan kemudahan dalam menggambar dan menyimpan karya, tablet grafis secara cepat diterima dalam dunia seni desain. Berikut adalah 10 rekomendasi tablet grafis terbaik untuk pemula dan profesional ala BP-Guide.

Dengan Teknologi yang Semakin Berkembang, Banyak Desainer yang Beralih Menggunakan Teknologi Digital

Berkembangnya teknologi tentu berimbas pada setiap kegiatan dan juga pekerjaan manusia. Misalnya saja para seniman yang mulai beralih pada seni digital mengikuti perkembangan teknologi. Bukan kanvas dan kuas, kini menggambar bisa dilakukan dengan menggunakan tablet grafis dan pena.

Tablet grafis telah digunakan sebagai pengganti kanvas untuk menciptakan karya-karya gambar grafis yang akan langsung dituangkan ke dalam komputer. Dengan demikian, karya grafis lebih mudah direvisi dan disimpan.

Sebagai pengganti kuas, tablet grafis juga dilengkapi dengan pen tablet yang digunakan untuk menggambar dan mewarnai karya digital. Tak hanya digunakan oleh para seniman, tablet grafis juga kerap digunakan untuk sekadar menyalurkan hobi gambar di waktu luang.

Beberapa Jenis Tablet Grafis

Desk Tablet

Berbicara tentang tablet grafis, ada beberapa jenis tablet grafis yang bisa ditemukan di pasaran. Jenis tablet grafis yang pertama adalah desk tablet. Desk tablet adalah jenis tablet grafis tanpa display, sehingga secara sederhana kegiatan menggambar dilakukan di tablet pad itu sendiri, bukan di layar.

Desk tablet adalah jenis tablet grafis yang paling umum dan sering ditemui. Biasanya desk tablet lebih dipilih oleh para profesional karena beberapa alasan. Keunggulan dari desk tablet adalah penggunaannya yang mudah dan harganya yang bervariasi, sehingga juga cocok bagi para pemula. Ukurannya pun tergolong kecil, sehingga mudah dibawa bepergian.

Screen Drawing Tablet

Sumber gambar https://www.staples.ca

Jenis tablet grafis yang berikutnya adalah screen drawing tablet. Seperti namanya, screen drawing tablet memastikan seniman untuk menggambar di atas layar kaca tablet yang kemudian akan direplika dan ditampilkan pada monitor laptop atau komputer. Bisa dibilang, tablet grafis jenis ini digunakan sebagai perpanjangan dari monitor.

Sama seperti tablet grafis lainnya, produk ini juga menggunakan pena tablet sebagai kuas. Screen drawing tablet cocok digunakan bagi para pemula maupun profesional untuk menciptakan ilustrasi maupun karya desain 3D. Soal harga, screen drawing tablet dibanderol lebih mahal dibandingkan desk tablet.

Screen Tablet with Computer

Dari berbagai jenis tablet grafis, produk yang paling mahal adalah screen tablet with computer. Hal yang membuat tablet ini dibanderol dengan harga tinggi, karena pada dasarnya produk ini adalah laptop atau komputer itu sendiri.

Prinsip penggunaanya sama seperti tablet grafis jenis screen drawing tablet. Seniman bisa menggambar menggunakan pena tablet di atas layar. Sesuai dengan harganya, tablet grafis jenis ini memastikan kegiatan menggambar jauh lebih leluasa dan menyenangkan.

Berbagai Kelengkapan di Dalam Set Drawing Pad

Tablet Digital

Dalam satu set drawing pad, ada beberapa item yang dsertakan. Tentu saja perangkat yang utama adalah tablet digital itu sendiri. Tablet digital atau tablet grafis adalah perangkat yang kini sangat dibutuhkan dalam industri kreatif. Banyak digunakan oleh para seniman atau desainer grafis, tablet grafis diumpamakan sebagai kanvas atau media gambar.

Produk segi empat ini memiliki permukaan yang sensitif untuk mentransfer gerakan stylus ke monitor. Digunakan sebagai pengganti kertas maupun kanvas, tentu penggunaannya membutuhkan waktu agar lebih terbiasa. Perlu diketahui, bahwa hasil gambar di tablet ini akan terlihat di monitor laptop maupun komputer yang terhubung.

Pena Digital

Selain kanvas, tentu melukis membutuhkan kuas. Begitu juga dengan menggambar menggunakan tablet grafis, tentu membutuhkan pena digital sebagai kuasnya. Sama seperti kuas, pada prinsipnya pena digital digunakan untuk menciptakan gambar di atas tablet grafis yang nantinya akan tertuang di monitor komputer.

Pena digital atau stylus tidak menggunakan tinta, melainkan sinyal digital, di mana setiap gerak atau titik yang dibuat di atas tablet akan ditampilkan di layar. Selain digunakan untuk menggambar, pena digital juga digunakan untuk mewarnai serta menghapus bagian yang dikehendaki. Sehingga, penggunaan pena digital memungkinkan terjadinya revisi untuk menghasilkan karya yang diinginkan.

USB

Untuk menghubungkan tablet grafis dengan perangkat komputer, tentu membutuhkan transmitter sebagai penghubungnya. Berdasarkan penghubungnya, ada dua jenis tablet grafis yang ada di pasaran yaitu tablet grafis dengan USB dan tablet grafis wireless.

Apabila tablet grafis yang dimiliki merupakan produk wireless, tentu tidak membutuhkan USB sebagai penghubungnya. Namun, biasanya produk wireless sekalipun akan dilengkapi dengan USB karena berbagai alasan. Meski dengan fitur wireless memastikan pengerjaan yang bisa dilakukan dalam jarak jauh tanpa keterbatasan kabel, penggunaan USB masih disukai. Penggunaan USB sebagai penghubung dianggap memberikan hasil yang akurat.

Rekomendasi Drawing Tablet untuk Desainer

Huion Inspiroy H1161

Huion Inspiroy H1161 menjadi tablet pertama yang direkomendasikan. Tablet ini memiliki dimensi 322 x 192 x 5 mm yang tergolong ukuran sedang. Dengan active area 221 x138 mm membuat tangan lebih mudah dan leluasa dalam bergerak. Produk ini telah dibekali dengan pena resolusi tinggi, sehingga garis yang dihasilkan lebih halus dan alami.

Tablet ini juga dibekali degan kabel micro USB, sehingga dapat dihubungkan ke laptop dan komputer. Bahkan, tablet ini juga bisa dihubungkan ke perangkat Android sehingga memudahkan kegiatan menggambar di luar ruangan. Dilengkapi dengan fitur tilt support, kegiatan menggambar pun terasa lebih natural. Huion Inspiroy H1161 ini kompatibel dengan perangkat Android 6.0, Mac, dan Windows.

Harga Rp. 1.253.000-2.099.000

Parblo A640

Rekomendasi tablet grafis berikutnya adalah Parblo A640. Produk multifungsi ini tak hanya bisa digunakan untuk membuat karya seni digital, tetapi juga bisa digunakan untuk pengeditan dokumen dan gaming. Tablet ini memiliki desain yang ramping dan area kerja yang luas, yaitu 6 x 4 inci. Satu set produk ini telah dilengapi dengan pena bebas baterai dengan akurasi yang lebih baik.

Selain pena bebas baterai, produk ini juga dibekali kabel data USB tipe-C yang membantu dalam transmisi data. Tablet ini kompatibel dengan Windows 7/8/10 dan MAC 10.85 atau yang lebih baru. Beberapa software yang bisa digunakan untuk membuat desain grafis, antara lain Painter, Illustrator, Clip Studio, dan Photoshop.

Harga Rp. 525.000

Gaomon M106K

Area kerja tentu menjadi salah satu aspek yang dicari kala membeli tablet grafis. Salah satu produk dengan area kerja yang optimal adalah Gaomon M106K. Produk ini memiliki area kerja 10 x 6,25 inci yang membuat kegiatan menggambar lebih leluasa. Tablet dengan berat 780 gram ini tergolong ringan, sehingga mudah dibawa bepergian.

Tablet grafis ini dilengkapi dengan pena isi ulang yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan dibandingkan pena baterai. Berat pena hanya 14 gram, sehingga nyaman digunakan dalam waktu yang lama. Gaomon M106K kompatibel dengan perangkat Windows 7/8/8.1/10 dan Mac OS 10.8.0 atau yang lebih baru. Software yang bisa digunakan pun beragam, seperti CorelDRAW, Photoshop, Illustrator, dan masih banyak lagi.

Harga Rp. 1.238.000-1.392.000

XP-Pen Star 06

Selain tablet grafis degan transmisi USB wired, produk dengan transmisi wireless kini banyak diburu. XP-Pen Star 06 adalah satu produk yang memiliki kemampuan USB wired dan wireless. Tablet ini telah dibekali dengan receiver ISM 2.4G yang bisa dipasang ke laptop atau komputer, sehingga bisa menggambar jarak jauh tanpa keterbatasan kabel.

XP-Pen Star 06 memiliki area kerja yang luas, yaitu 10 x 6 inih, sehingga lebih leluasa dalam membuat desain. Produk ini menggunakan baterai tanam lithium yang bisa digunakan hingga 16 jam non stop. Tablet ini juga telah dibekali pen tablet yang akan terus terisi apabila digunakan dalam mode wired. XP-Pen Star 06 ini kompatibel dengan perangkat Windows Vista/7/8/10, Mac OS 10.8, dan yang terbaru.

Harga Rp. 1.201.900-1.470.000

Wacom Cintiq Pro Pen Display DTH 13

Wacom Cintiq Pro Pen Display DTH 13 adalah rekomendasi tablet drawing berikutnya yang patut untuk dibeli. Tablet grafis dengan area aktif 11,6 x 6,5 inci ini memiliki layar beresolusi full HD yang membuat kegiatan menggambar menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Produk berukuran ringkas ini juga dilengkapi dengan pena Wacom Pro Pen 2 yang sensitif, akurat, dan presisi.

Produk ini telah dilengkapi dengan USB tipe-C untuk transmisi ke laptop atau komputer. Cocok digunakan oleh para professional, produk ini menghasilkan karya yang meyakinkan dengan spektrum warna yang luas dan akurat. Wacom Cintiq Pro Pen Display DTH 13 menggunakan sistem operasi Windows dan juga Mac.

Harga Rp. 14.450.000-17.399.999

Veikk A50

Suka menggambar di luar ruangan? Tablet grafis yang tipis dan ringan cocok dijadikan pilihan. Veikk A50 adalah tablet grafis yang cocok bagi para pencinta kegiatan menggambar luar ruangan. Produk dengan tebal 9 mm ini memiliki berat 535 gram saja, sehingga mudah dibawa kemana pun. Tablet grafis ini memiliki area aktif 10 x 6 inci, yang merupakan ukuran umum tablet grafis.

Tak hanya unggul secara ukuran, produk ini juga didukung oleh pena pasif yang dimiliki. Pena tablet ini bebas baterai, sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama tanpa gangguan kehabisan baterai. Meski demikian, pena tablet ini memiliki sensitivitas yang baik, sehingga nyaman digunakan.

Harga Rp. 741.365-862.000

Wacom Mobile Studio Pro 16

Wacom memang memiliki aneka pilihan tablet grafis yang patut dimiliki. Salah satunya adalah Wacom Mobile Studio Pro 16. Produk yang dirancang untuk para profesional kreatif ini dilengkapi prosesor dan aneka opsi kamera yang mumpuni. Tablet stylus keluaran Waco mini bahkan dilengkapi dengan kamera Real Sense yang memiliki kemampuan hasil bidikan secara 3 dimensi.

Produk ini semakin menarik dengan The Pen Pro 2 sebagai senjatanya. The Pen Pro 2 adalah pena tablet yang diklaim memiliki akurasi hingga 4 kali lipat lebih baik dari versi sebelumnya. Sensitivitas stylus-nya juga dinilai lebih baik, sehingga menggambar menjadi lebih mudah dan leluasa.

Harga Rp. 45.600.000-54.259.700

Huion H610 Pro

Huion H610 Pro adalah produk tablet grafis beriutnya yang direkomendasikan. Produk yang satu ini memiliki layar diagonal dengan ukuran 10,1 inci. Tablet grafis ini telah dilengkapi dengan pena PW100 yang memiliki alas karet antislip, sehingga lebih nyaman kala digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu, pena ini juga sensitif dan presisi, sehingga mudah dikontrol.

Produk ini dilengkapi dengan kabel USB untuk memudahkan transmisi. Dapat pula dihubungkan ke ponsel untuk memudahkan kegiatan menggambar luar ruangan. Tablet ini hanya bisa digunakan pada perangkat yang didukung oleh perangkat Android 6.0 atau yang terbaru.

Harga Rp. 912.000-1.439.000

Veikk A30

Veikk A30 menjadi rekomendasi tablet grafis berikutnya yang patut dilirik. Tablet grafis keren ini memiliki area aktif 10 x 6 inci yang tergolong lebar dan nyaman digunakan. Produk ini memiliki resolusi mencapai 5080 lpi, sehingga menghasilkan gambar yang akurat. Gambarnya dapat diperbesar dan diperkecil dengan mudah.

Produk ini juga telah dibekali dengan port tipe-C untuk memudahkan transmisi serta 8 nib yang mudah diganti. Menggambar menjadi lebih mudah, karena produk ini juga dibekali intelligent passive pen yang sensitif dan akurat. Untuk pengoperasiannya, produk ini kompatibel dengan perangkat Mac dan Windows.

Harga Rp. 651.000-700.000

Parblo A610s

Rekomendasi tablet grafis yang terakhir adalah Parblo A610s. Produk ini hadir dengan ukuran 6 x 10 inci, sehingga praktis dibawa ke mana saja. Didesain sederhana, produk ini juga menawarkan konfigurasi yang mudah. Tidak menggunakan USB tipe C seperti produk tablet grafis lainnya, Parblo A610s menggunakan micro USB 2.0 standar untuk transmisi ke komputer maupun laptop.

Dengan ukuran yang ringkas, produk ini cocok digunakan untuk menggambar di luar ruangan. Tak hanya itu, tablet ini juga dibekali dengan pena yang tidak perlu di-charge, sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Harga Rp. 650.000
From our editorial team

Screen Drawing Tablet, Pilihan Tablet Grafis bagi Pencinta Travelling

Suka menggambar kala berwisata? Tablet grafis tipe screen drawing adalah produk yang paling cocok dipilih untuk menemani waktu travelling. Screen drawing tablet ini memungkinkan kamu untuk mengetahui hasil gambar secara langsung di tablet. Sehingga, kamu tidak perlu lagi membawa laptop untuk mentransmisikan hasil gambar. Di samping itu, ukuran screen drawing tablet lebih kecil dibanding screen tablet with computer. Sehingga perangkat ini lebih praktis dibawa kemana pun.

Tag