Ini 6 Rekomendasi Perangkat VR Terbaik dengan Teknologi Canggih (2019)

Ini 6 Rekomendasi Perangkat VR Terbaik dengan Teknologi Canggih (2019)

Sumber gambar www.google.com

Teknologi virtual reality atau VR sudah semakin canggih sekarang. Ingin merasakan pengalaman yang menakjubkan lewat perangkat VR? Simak ulasan BP-Guide di bawah ini, yah.

Virtual Reality (VR) Merupakan Teknologi Tiga Dimensi yang Sangat Menarik dan Kekinian

Sumber gambar www.google.com

Berkat semakin berkembangnya teknologi, sekarang Anda telah dapat berinteraksi dengan dunia simulasi yang dibuat oleh komputer. Teknologi tersebut dinamakan teknologi virtual reality (VR).

VR menawarkan pengalaman berinteraksi dengan dunia maya dengan rasa yang sangat nyata karena menggunakan teknologi tiga dimensi untuk memproyeksikan dunia virtualnya. Kecanggihan dari VR melampaui kacamata 3D biasa, karena Anda akan benar-benar merasakan dunia virtual yang lebih nyata.

Perkembangan Teknologi VR di Tahun 2019

VR Dikombinasikan dengan Pemindaian Otak

Sumber gambar www.google.com

Teknologi VR semakin berkembang dan sekarang telah dapat dikombinasikan dengan otak atau pikiran. Teknologi ini dikembangkan oleh perusahaan startup asal Boston, bernama Neurable. Teknologi tersebut diberi nama Brain Computer Interface (BCI) yang dapat mendeteksi aktvfitas otak melalui electroencephalography (EEG).

Teknologi itu dapat menerjemahkan sinyal dari otak menjadi tindakan tertentu pada suasana VR. Teknologi ini awalnya hanya difokuskan pada permainan VR, namun nanti akan dikembangkan untuk semua jenis platform.

Headset VR Semakin Berlimpah

Sumber gambar www.google.com

Salah satu perkembangan dari teknologi VR adalah munculnya berbagai perangkat VR. Misalnya saja HTC yang mengembangkan perangkat Vive Pro Eye. Perangkat ini memiliki kemampuan untuk pelacakan mata baru yang tidak hanya dapat meningkatkan visual, tetapi juga fokus.

Lain lagi dengan Sony yang mengembangkan perangkat PlayStationVR. Perangkat ini memiliki display OLED berukuran 5,7 inci dengan resolusi full HD dan sudut pandang 100 derajat.

VR untuk Smartphone dan PC

Sumber gambar www.google.com

VR juga telah dikembangkan untuk Smartphone dan PC. Kabar baik ini tentunya sangat membahagiakan bagi para gamer, karena dengan bantuan VR, pengalaman bermain menjadi lebih seru dan lebih menegangkan.

Jika Anda memiliki VR untuk smartphone atau PC, Anda tidak perlu lagi membeli smartphone atau PC gaming yang mahal atau setup yang rumit, karena VR dapat membuat kepuasan Anda dalam bermain game tercapai. Salah satu perangkat VR yang dirancang untuk smartphone dan PC adalah Samsung Gear VR dan Google Daydream View.

Mulai Digunakan pada Bidang Pendidikan dan Kesehatan

Sumber gambar www.google.com

Tahukah Anda bahwa teknologi VR juga mulai digunakan pada bidang pendidikan dan kesehatan? Salah satu contohnya untuk mata pelajaran biologi, di mana para siswa dapat melihat jelas pemodelan proses pembelahan sel dengan bantuan VR.

Dalam dunia medis, VR telah dimanfaatkan sejak tahun 1900-an. Alat medis yang telah memanfaatkan VR adalah alat simulasi laparoskopi dan endoskopi.

Arsitektur dan Desain Interior

Sumber gambar www.google.com

VR juga telah dimanfaatkan dalam bidang arsitektur dan desain interior. Desain para arsitektur akan semakin jelas tergambar ketika dibantu dengan teknologi VR. Sebelum ini, para arsitektur hanya mengandalkan gambar hasil render komputer. Berkat bantuan VR, sebuah desain dapat diteliti secara nyata dan lebih jelas lagi.

6 Perusahaan Dunia yang Dikenal dengan Produksi Perlengkapan VR yang Berkualitas

Oculus VR

Sumber gambar www.tokopedia.com

Oculus VR adalah perusahaan yang terus memproduksi perlengkapan VR yang berkualitas. Salah satu produk terbaiknya adalah Oculus Rift - Virtual Reality Headset yang bentuknya menyerupai sepasang kacamata ski.

Kaca mata VR dari Oculus ini memiliki dua lensa yang dapat memberikan dua gambar yang terpisah, sehingga Anda dapat merasakan tampilan stereoscopic 3-D. Anda bisa mendapatkan VR dari Oculus ini dengan harga Rp 5.122.000 di Tokopedia.

Samsung

Sumber gambar www.tokopedia.com

Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik asal Korea Selatan yang telah menjadi perusahaan elektronik terbesar di dunia. Tidak ketinggalan dengan perusahaan yang lain, Samsung juga mulai mengembangkan produk dengan teknologi VR.

Salah satu produk VR terbaiknya adalah Samsung Gear VR. VR dari Samsung ini hadir dengan layar super Amoled dan bidang pandang yang lebar. Samsung Gear VR ini dirancang untuk smartphone Samsung dengan seri Galaxy Note 7,Note 5, S6 dan S6 edge, S6 edge+, S7, S7 EDGE. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.330.000.

Magic Leap

Sumber gambar shop.magicleap.com

Magic Leap adalah perusahaan yang mengembangkan VR menggunakan teknologi terbaru, yaitu Mix Reality. Teknologi ini menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata, sehingga Anda dapat menikmati dunia virtual yang terasa lebih nyata.

Salah satu produknya yang terkenal adalah Magic Leap One Creator Edition. Kaca mata headset ini dapat memperlihatkan objek-objek virtual yang bergerak di lingkungan asli. Anda bisa mendapatkan kaca mata VR ini di shop.magicleap.com dengan harga $2,295 atau sekitar Rp 34.425.000.

HTC Vive

Sumber gambar www.tokopedia.com

HTC VIVE Pro Virtual Reality Headset adalah perangkat VR yang dikembangkan oleh HTC yang telah dibekali dengan fitur eye tracking terintegrasi. VR dari HTC ini memiliki banyak keunggulan, seperti grafis yang telah disempurnakan, yaitu 2880 x 1660 dan 615 PPI. Kemudian memiliki gerakan yang nyata dengan kontroler 360 derajat. Fitur audio-nya dapat memberikan kualitas suara yang baik.

Anda bisa mendapatkan VR dari HTC ini dengan harga Rp 16.500.000 dan pembelian dapat Anda lakukan di Tokopedia.

Snap Inc.

Sumber gambar techcrunch.com

Snap Inc adalah perusahaan asal Amerika yang didirikan pada 16 September 2011. Perusahaan yang didirikan oleh Evan Spiegel dan Bobby Murphuy ini bergerak di bidang teknologi dan kamera.

Snap Inc juga mengembangkan teknologi VR. Salah satu produk VR terbaiknya adalah Spectacles V2. Ini adalah sepasang kacamata pintar yang bisa dihubungkan dengan akun Snapchat dan dapat merekam video.

Produk ini diluncurkan pada April 2018 di berbagai negara seperti AS, Kanada, Inggris, dan Prancis serta 13 negara di Eropa pada bulan Mei 2018. Snap Inc hanya menjual produknya sebanyak 220.000 pasang saja.

WorldViz

Sumber gambar www.worldviz.com

WorldViz adalah pelopor dari industri VR yang telah mengembangkan teknologi VR lebih dari dua dekade. Salah satu produk terbaik dari WorldViz adalah VizBox.

Perangkat ini mudah dioperasikan karena pengaturannya yang sederhana dan tidak memerlukan pelatihan khusus atau keterampilan teknis. VizBox berguna bagi Anda yang ingin mempresentasikan atau mendemonstrasikan produk seperti desain bangunan kepada klien.

Anda bisa mendapatkan produk ini melalui pemesanan secara langsung pada website resmi worldviz.com dengan harga $7,900 atau sekitar Rp. 118.500.000.

From our editorial team

Semakin Canggih Perangkat VR, Semakin Nyata Pengalamannya

Semakin canggih peralatan VR yang Anda gunakan, maka pengalaman yang akan Anda dapatkan akan semakin nyata. Anda bisa menyaksikan pertandingan sepak bola dari rumah, seperti Anda menyaksikannya sendiri di stadion. Menikmati permainan game juga semakin sensasional. Jadi, peralatan VR yang direkomendasikan BP-Guide di atas, tentunya bisa dijadikan pilihan jitu untuk Anda.