Ingin Menjadi YouTuber? Ini 10 Rekomendasi Stabilizer HP untuk Menghasilkan Gambar Video Berkualitas Layaknya Profesional (2020)

Ingin Menjadi YouTuber? Ini 10 Rekomendasi Stabilizer HP untuk Menghasilkan Gambar Video Berkualitas Layaknya Profesional (2020)

Tergiur untuk menjadi seorang youtuber? Hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat konten video berkualitas, menarik, menghibur, dan bermanfaat untuk banyak orang. Nah, untuk membuat video layaknya profesional, kamu akan membutuhkan beberapa perangkat penting. Apa saja? Simak lebih lanjut, ya!

Youtuber, Profesi dalam Industri Kreatif dengan Penghasilan Menggiurkan

Pada saat ini, YouTube menjadi salah satu media yang banyak diakses di seluruh dunia. Dibandingkan televisi yang hanya menyajikan siaran terbatas, YouTube malah lebih disukai karena kita bisa mengakses beragam video tanpa batas. Tidak hanya itu saja, di YouTube kita juga bisa mengunggah video sendiri agar bisa dilihat oleh publik.

Populernya YouTube menjadikan profesi sebagai youTuber saat ini makin diminati. YouTuber merupakan salah satu profesi dalam industri kreatif yang bisa memberikan penghasilan yang sangat menggiurkan. Syaratnya adalah jika konten video yang diunggah bersifat unik, kreatif, menghibur, dan bermanfaat.

Makin banyak yang menonton video yang telah diunggah, maka makin tinggilah penghasilan yang didapat dari YouTube. Karena hal itulah saat ini banyak para content creator yang berlomba untuk membuat video berkualitas dan banyak disukai untuk meraup penghasilan yang tinggi.

Ada Banyak Perlengkapan YouTuber yang Penting untuk Dimiliki

Untuk menjadi seorang youtuber sukses, kamu harus bisa membuat video yang keren dengan isi konten dan kualitas video yang bagus dan menarik. Tujuannya tentu untuk menarik banyak penonton hingga memiliki banyak subscribers.

Hanya saja, untuk membuat konten video yang bagus juga membutuhkan keahlian dan beberapa perangkat penunjang penting untuk dimiliki. Perangkat-perangkat ini nantinya akan membantu kamu dalam menghasilkan beragam video berkualitas untuk channel YouTube kamu.

Perlengkapan yang Harus Kamu Miliki jika Ingin Menjadi Seorang YouTuber

Kamera/Handphone

Perlengkapan yang wajib kamu miliki jika ingin menjadi seorang youtuber adalah kamera. Makin bagus kamera yang kamu miliki maka kualitas video yang dihasilkan pun juga akan semakin baik.

Kamu bisa menggunakan kamera mirrorless, DSLR, webcam, dan kamera jenis lainnya. Minimal, untuk membuat video kamu bisa menggunakan kamera smartphone. Saat ini smartphone sudah sangat canggih yang dibekali dengan kamera berkualitas tinggi.

Microphone

Dalam membuat konten video untuk channel YouTube, microphone tambahan pun akan dibutuhkan. Meski microphone internal bisa digunakan, tapi kualitas suara yang dihasilkan terkadang tidak bagus. Microphone tambahan ini akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik pada video yang kamu buat.

Microphone ini jenisnya juga banyak, beberapa di antaranya adalah condenser microphone yang umum digunakan oleh para youTuber gamer, microphone lavalier (clip on mic) yang cocok untuk membuat travel vlogger, dan shotgun microphone yang menangkap suara dengan lebih baik dan berkualitas dari satu arah.

Lighting

Perlengkapan yang tak kalah penting untuk dimiliki dalam pembuatan video adalah lighting atau penerangan. Lighting akan membantu kamu membuat video berkualitas pada kondisi ruangan yang gelap atau pada malam hari.

Salah satu jenis lampu yang bisa kamu gunakan adalah LED yang harganya lebih terjangkau untuk kamu yang masih pemula dan memiliki dana terbatas.

Tripod

Tripod merupakan penyangga kamera yang berfungsi untuk mencegah kamera bergoyang pada saat pengambilan video sehingga video yang dihasilkan pun lebih berkualitas dan profesional.

Hal ini pun akan menjadikan konten YouTube kamu tidak terllihat seperti video amatiran. Tidak hanya itu saja, tripod juga meringankan beban kamu selama pengambilan video karena tidak perlu menopang kamera yang cukup berat.

Laptop/Komputer

Perangkat penting yang juga akan kamu butuhkan jika ingin membuat konten YouTube adalah komputer/laptop. Perangkat ini berguna untuk menyunting video yang telah kamu buat agar terlihat lebih profesional saat diunggah ke chanel YouTube kamu.

Tidak hanya itu saja, laptop/komputer juga akan kamu butuhkan untuk mengunggah video ke akun YouTube. Namun, untuk menyunting video kamu akan membutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Minimal kamu memiliki komputer prosesor Quad Core dan RAM 4GB.

Stabilizer HP

Stabilizer HP atau dikenal juga dengan gimbal stabilizer merupakan perangkat yang tak kalah penting untuk dimiliki jika kamu ingin membuat video. Yup, saat ini kamera HP yang canggih sudah bisa digunakan untuk mengambil video layaknya profesional.

Stabilizer HP berguna untuk mengurangi keburaman gambar kamera pada saat merekam video. Dengan begitu, video yang kamu ambil minim goyangan dan kualitasnya lebih bagus.

Rekomendasi Stabilizer HP yang Cocok untuk Awal Menjadi Seorang Youtuber

Brica B-Steady 3 Axis

Brica B-Steady 3 Axis merupakan stabilizer HP dengan kontrol yang mudah digunakan. Stabilizer ini dibekali dengan baterai internal 4000 mAh berkapasitas tinggi yang tahan hingga 12 jam.

Dengan stabilizer ini kamu bisa melacak objek dan membuat foto panorama dengan mudah dengan sudut yang lebih besar dan hasil foto yang mulus.

Stabilizer ini dapat dikendalikan melalui aplikasi Brica B-Steady yang sudah tersedia untuk platform Android dan iOS. Melalui aplikasi ini kamu bisa memantau, mengatur kamera, memulai dan menghentikan perekaman video, dan sebagainya.

Harga Rp. 849.600-1.090.000

Ulanzi Smartphone Video Handle Rig Filmmaking Stabilizer

Ulanzi Smartphone Video Handle Rig Filmmaking Stabilizer dapat merekam video berkualitas layaknya video cinematic profesional. Stabilizer HP ini memiliki 2 buah hot shoe yang dapat digunakan untuk menaruh flash kamera dan microphone.

Holder smartphone terdapat pada bagian tengah stabilizer menggunakan sistem clamp yang dapat digunakan untuk smartphone berukuran 4-7 inch. Stabilizer ini juga memiliki screw 1/4 thread sehingga dapat ditaruh pada slider, tripod, atau pun rig lainnya. Materialnya terbuat dari bahan plastik yang ringan sehingga lebih nyaman digunakan.

Harga Rp. 192.000-210.000

Zhiyun Tech Smooth 4

Zhiyun Tech Smooth 4 dapat menghasilkan rekaman video yang halus dan berkualitas layaknya kamera dalam pembuatan film profesional.

Stabilizer HP ini memiliki desain panel kontrol terintegrasi berupa tombol hot-key sehingga meminimalkan penyentuhan layar smartphone. Memperbesar dan memperkecil bidikan video pun jadi lebih mudah.

Untuk mendapatkan fokus presisi tinggi dalam membuat jepretan kreatif juga mudah berkat handwheel yang dikonfigurasikan menjadi penarik fokus.

Tidak hanya itu saja, stabilizer HP ini juga dapat melacak objek dengan presisi yang jauh lebih tinggi. Stabilizer ini juga bisa digunakan bersama dengan aksesori lainnya seperti lensa kamera dan lampu LED.

Harga Rp. 1.250.000-1.300.900

Moza Mini S Essential Gimbal Stabilizer

Moza Mini S Essential Gimbal Stabilizer ini memiliki posisi pegangan yang unik dan nyaman. Stabilizer HP ini juga dapat dihubungkan pada aplikasi Moza Genie yang bisa diunduh pada smartphone sehingga kamu bisa mengatur pengambilan video dengan mudah.

Stabilizer yang satu ini hadir dengan beragam mode pemotretan yang keren seperti modus gigi sport, vertigo, gerak lambat dan awal, hyper-lapse, dan masih banyak lagi.

Dengan stabilizer ini kamu pun bisa membuat video yang menarik, kreatif, dan menyenangkan. Stabilizer juga memiliki mode pelacakan objek yang akurat sehingga pengambilan video pun jadi lebih mudah.

Harga Rp. 845.000-1.106.000

DJI Osmo Mobile 2

DJI Osmo Mobile 2 merupakan stabilizer HP yang cocok untuk kamu para vlogger atau storyteller. Stabilizer ini dapat digunakan untuk menangkap segala momen dengan gerakan sinematik yang luar biasa. Dengan stabilizer ini kamu bisa mengabadikan momen spesial dengan timelapse.

Kamu pun bisa menggunakan berbagai efek dinamis pada video dengan hasil yang halus. Efek visual zoom dolly layaknya film profesional pun bisa kamu hadirkan dalam video. Kamu juga bisa membuat video panorama untuk merekam pemandangan yang menakjubkan.

Stabilizer ini secara otomatis akan bergerak menyatukan gambar dengan hasil yang mulus. Dibekali dengan baterai yang tahan hingga 5 jam, kamu pun bisa melakukan live streaming yang membuat kamu tampak keren di depan kamera.

Harga Rp. 999.000-2.200.000

SteadyVid EX Video Stabilizer

SteadyVid EX Video Stabilizer merupakan stabilizer HP yang juga dapat digunakan untuk kamera DSLR dengan berat 1 kg. Stabilizer ini menggunakan grip dari bahan karet yang nyaman digenggam. Material bodinya terbuat dari alumunium dan metal untuk bagian counter-weight.

Dengan stabilizer ini kamu bisa mengambil gambar sambil bergerak, tapi gambar video yang dihasilkan tetap halus dan tidak bergoyang. Dengan begitu, kamu pun bisa mengabadikan momen kapan saja dan di mana saja dengan kualitas video yang keren dan profesional.

Harga Rp. 150.000-250.000

Stabilizer Apai Genie 360°

Stabilizer Apai Genie 360° hadir dengan rotasi yang tak terbatas. Stabilizer ini memiliki fitur pelacakan perpindahan objek, algoritme Smart Track baru, dan fungsi pemotretan target pelacakan yang real-time. Stabilizar ini dapat mengenali wajah dan secara otomatis akan mengikutinya.

Stabilizer ini pun dapat terhubung pada aplikasi Apai Genie yang kompatibel dengan platform iOS dan Android. Dan tentunya stabilizer ini masih memiliki beragam fungsi lainnya yang akan mendukung kamu dalam menghasilkan video berkualitas dan menakjubkan.

Harga Rp. 346.000-445.000

Feiyu Tech AK2000

Feiyu Tech AK2000 ini didesain untuk dapat digunakan pada kamera DLSR profesional. Stabilizer ini dibekali dengan aloritma anti-shake yang handal dan motor dengan torque yang besar. Dengan stabilizer ini kamu pun bisa merekam footage layaknya seorang profesional.


Dengan panel touch screen, penggunaan navigasi menu pun jadi lebih mudah dan cepat. Stabilizer ini juga hadir dengan beragam pengaturan seperti path setting, camera control, time lapse, dan sebagainya.

Pada stabilizer ini juga terdapat knob putar yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, seperti pengaturan focus dan zoom kamera DSLR. Stabilizer ini dapat terhubung dengan wifi dan bluetooth dual module connection.

Harga Rp. 3.950.000-4.502.300

Taffware Stabilizer Steadycam Pro for Camcorder DSLR

Taffware Stabilizer Steadycam Pro for Camcorder DSLR merupakan stabilizer yang ringan sehingga memudahkan kamu dalam mengambil video dengan hasil gambar yang halus dan mengagumkan.

Stabilizer HP ini juga dapat digunakan pada jenis kamera DSLR maupun kamera aksi. Bisa juga dipasangkan dua camera action secara bersamaan karena ada dua adapter pada dudukan kameranya.

Harga Rp. 297.000-330.000

Xiaomi Mijia Gimbal 3

Xiaomi Mijia Gimbal 3 ini dapat menghasilkan video dengan gambar yang stabil dan halus layaknya video yang diambil oleh seorang profesional.

Stabilizer HP dari Xiaomi ini hadir dengan fitur switch between multiple shooting modes dengan 4 mode posisi dan aI smart track yang akan mengikuti setiap objek bergerak yang telah terkunci. Stabilizer juga dilengkapi dengan sistem servo loop tertutup penuh dan sensor presisi tinggi sehingga penyangga pun jadi lebih stabil.

Terdapat pula fungsi yang dapat memberikan efek pada video seperti slow motion, sliding zoom, static delay, mobile delay, dan hitchcock sehingga video yang kamu buat terlihat lebih keren. Dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh, stabilizer ini dapat digunakan hingga 16 jam.

Harga Rp. 1.577.000-2.473.800
From our editorial team

Yuk, Miliki Salah Satu Stabilizer Hp-nya!

Kamu yang hobi mengambil video untuk mengabadikan banyak momen sepertinya wajib memiliki salah satu stabilizer HP ini. Terlebih jika kamu juga memiliki chanel Youtube yang harus diisi dengan konten-konten berkualitas. Setiap momen yang kamu abadikan pun akan terekam dengan kualitas gambar yang baik dan menakjubkan.

Tag