Dapatkan Koneksi Wifi Terbaik dengan 10 Rekomendasi Perangkat Router  dan Modem TP-Link Terbaik! (2020)

Dapatkan Koneksi Wifi Terbaik dengan 10 Rekomendasi Perangkat Router dan Modem TP-Link Terbaik! (2020)

Kamu pengguna internet nirkabel? Jika iya, kamu mesti menggunakan perakngkat router untuk mendapatkan sinyal wifi yang kuat. TP-Link dikenal sebagai perusahaan penghasil router berkualitas. Yuk cek rekomendasi produk terbaiknya berikut ini!

TP-link, Merek Router Wifi Sejuta Umat

Sumber gambar channelpostmea.com

Internet telah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat saat ini. Bahkan memiliki jaringan wireless juga kini menjadi prioritas untuk beberapa golongan. Untuk mengakses jaringan wi-fi maka kita memerlukan router dan kelengkapan networking lainnya. Salah satu merek router dan aksesoris networking yang sudah kredibel terutama di Indonesia adalah TP-link.

TP-link adalah salah satu perusahaan penyedia layanan perangkat networking yang banyak beredar saat ini dan didapuk sebagai pemimpin pasar produk unggulan selama 28 kuartal berturut-turut. Tp-link juga menempati peringkat pertama dalam produk iklan berdasarkan unit yang dikirim yakni G3 oleh perusahaan analis IDC1 pada tahun 2017. Tak heran jika tp-link banyak digunakan oleh masyarakat karena produk-produk yang dirilis memiliki berbagai keunggulan dalam stabilitas performa dan nilai yang ditawarkan.

Mengenal Perusahaan TP-Link Lebih Dekat

Berasal dari Cina

Sumber gambar www.tp-link.com

Cina adalah salah satu negara penghasil perangkat teknologi di dunia. TP- Link adalah perusahaan asal China yang didirikan oleh dua bersaudara Zhao Juanjun dan Zhao Jiaxing ditahun 1996. TP dalam TP link sendiri adalah singkatan dari twisted pair yakni konsep pemasangan kabel yang dapat mengurangi interferensi elektromagnetik yang ditemukan oleh Alexander Graham Bell.

Pada awalnya perusahaan yang berpusat di Shenzhen, Guangdong China ini memproduksi dan memasarkan kartu jaringan yang kemudian berkembang menjadi perusahaan produsen produk lain nirkabel dengan pasar terbesar di Tiongkok. Hingga kini TP-Link terus memproduksi berbagai aksesoris dan perangkat jaringan nirkabel yang dipasarkan di berbagai belahan dunia.

Didirikan Tahun 1996

Sumber gambar camelcamelcamel.com

Perusahaan penyedia produk jaringan asal China ini sudah berdiri sejak tahun 1996 dan setelah beberapa tahun hingga saat ini, TP-Link berhasil mendapatkan kepercayaan dari masyarakat global dan banyak digunakan secara umum.

Meski awalnya hanya menjadi penyedia kartu jaringan, TP-Link berhasil mengembangkan sayap bisnisnya hingga merambah pada perangkat WLAN atau wifi. Sejak tahun 2005, TP-Link sukses menembus pasar internasional dengan hampir lebih dari 1 milyar pengguna di 50 negara.

Beroperasi Di Indonesia

Sumber gambar www.tribunnews.com

TP-Link saat ini menjadi salah satu raksasa bisnis di China dengan menjadi penyedia jaringan SOHO dengan pasar nomor satu di China. Hingga kini, perusahaan penyedia jaringan nirkabel ini terus berinovasi dengan berbagai layanan dan produk hingga berhasil menyabet berbagai penghargaan di berbagai kategori termasuk untuk produk Wireless, ADSL, Switches, Routers, IP Kamera, Print Server, Powerline Adapter, Media Converters dan Network Adapters for Global end.

Indonesia sebagai salah satu negara pengguna internet tentunya tak lepas dari perhatian perusahaan asal negara Tiongkok ini. Sebagai salah satu pasar dengan konsumen internet yang besar, Indonesia juga memiliki cabang perusahaan TP-Link yakni TP-LINK TECHNOLOGIES CO., LTD.(INDONESIA) yang sudah beroperasi selama hampir sepuluh tahun. Di Indonesia sendiri, TP-Link sudah memproduksi lebih dari 200 produk dengan berbagai kategori pendukung jaringan internet yang kini dinikmati masyarakat secara luas.

Fokus Produksi Perangkat Jaringan

Sumber gambar arenalte.com

Semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan akan internet tentunya semakin meningkat. Hal inilah yang membuat TP-Link tidak berhenti melakukan inovasi dan pengembangan produk yang berfokus pada perangkat jaringan komputer. Meski memiliki banyak produk di berbagai kategori, TP-Link tetap memfokuskan diri untuk menjadi penyedia layanan dan produk-produk di tiga kategori yakni Home Network, Smart Home dan Network Expansion di Indonesia.

Meski diproduksi dengan kualitas yang baik, TP-Link tetap berusaha menghadirkan produk dengan harga yang dapat dijangkau masyarakat. Tak heran bila banyak orang yang menggunakan produk TP-Link untuk kebutuhan internet nirkabel baik di rumah maupun instansi. Tak hanya murah dan berkualitas, TP-Link juga memberikan garansi untuk setiap produk yang mudah diklaim oleh pelanggannya.

Rekomendasi Router Wifi TP-Link untuk Berbagai Kebutuhan

Wireless N Router TP-LINK TL-MR3040

TP-LINK TL-MR3040 adalah produk platform yang dilengkapi dengan WAN yang dapat dikoneksikan dengan modem USB 3G dan dapat menyebarkan akses internet atau sinyal wifi dengan kecepatan hingga 150 Mbps dan dapat digunakan dengan baik untuk maksimal lima pengguna secara bersamaan. Dengan menggunakan jaringan mobile dari TP-LINK TL-MR3040 kamu bisa menikmati berbagai hiburan dimanapun kamu berada. Kamu juga bisa memilih paket 3G secara fleksibel karena perangkat ini bisa terkoneksi dengan lebih dari 120 jenis modem USB 3G HSPA dan EVDO.

Memiliki desain yang ramping dan mewah, TP-LINK TL-MR3040 cocok digunakan ketika bepergian terutama jika kamu memang harus terkoneksi dengan internet setiap saat. Dibekali dengan baterai internal dengan kapasitas 2000mAh, perangkat ini bisa digunakan selama 4 jam pada jarak 802.11n. Setelah selesai digunakan, kamu bisa menyimpannya kembali ke dalam saku. Perangkat ini juga mudah dihubungkan melalui kabel USB dan adaptor bawaan pada laptop maupun PC

Harga Rp. 304.000-445.000

TP-LINK TL-MR6400 300 Mbps Modem Wireless N 4G LTE

TP-LINK TL-MR6400 300 Mbps Modem Wireless N 4G LTE adalah modem wifi yang dapat digunakan dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Hanya dengan menggunakan kartu SIM, kamu sudah bisa menikmati jaringan internet dengan kecepatan nirkabel N hingga 300Mbps dan kecepatan unduh hingga 150Mbps. Selain dibekali dengan slot kartu SIM built in, perangkat ini juga dibekali dengan antena yang membuat jaringan lebih stabil saat diakses.

Dengan bentuk yang lebih kompak dan dimensi 202 x 145 x 34 mm , siapa sangka jika TL-MR6400 ini bisa diakses dan digunakan oleh maksimal 32 perangkat secara bersamaan baik pada jaringan 3G maupun 4G serta kompatibel dengan berbagai kartu SIM penyedia jaringan 4G di Indonesia. Modem ini juga bisa digunakan dengan berbagai sistem pendukung diantaranya Microsoft Windows 98SE, NT, 2000, XP, Vista or Windows 7, 8, 8.1, 10, MAC OS, Firefox 12.0, NetWare, UNIX or Linux, Internet Explorer 11, Chrome 20.0, Safari 4.0 browsers atau Java-enabled browsers dan Micro SIM Card.

Harga Rp. 870.900-990.000

TP-LINK TL WR840N Wireless Router 300MBps

TL-WR840N adalah perangkat selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menciptakan akses nirkabel dengan kecepatan yang stabil. Router Wifi ini dapat mengakses kecepatan internet hingga 3000Mbps pada frekuensi 2.4GHz. Cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan internet yang memerlukan kecepatan tinggi seperti streaming video HD, VoIP atau bermain game online.

Router ini dibekali dengan kontrol bandwidth berbasis IP yang memungkinkan administrator menentukan berapa banyak bandwidth yang dialokasikan untuk setiap PC yang terhubung dan dilengkapi juga dengan 2 x5dBi fixed antennas untuk memastikan kestabilan jaringan. Kamu juga tak perlu risau soal keamanan karena perangkat ini dilengkapi dengan tombol setup (WPS) Wi-Fi Protected pada bagian luar yang dapat memastikan enkripsi WPA2 dan mencegah jaringan dari intrusi luar.

Harga Rp. 137.000-160.000

TP-LINK CPE220 300Mbps 12dBi Outdoor CPE Router TP LINK PHAROS CPE220

CPE220 Outdoor TP-LINK adalah perangkat TP-Link yang bisa kamu andalkan untuk mengakses jaringan wifi baik di dalam maupun di luar ruangan, cocok untuk kamu yang memiliki mobilitas tinggi atau hobi traveling. Dengan aplikasi manajemen yang terpusat atau Pharos Kontrol, perangkat ini bisa digunakan dan diatur secara fleksibel untuk point-to-point, point-to-multipoint dan aplikasi jaringan Wi-Fi luar ruangan. Dengan menggunakan perangkat ini, admin juga bisa mengatur kekuatan transmisi mulai dari 0 sampai 30dBm/1000mw dan perangkat bisa diakses hingga jarak 13 km dari pusat router.

Beberapa fitur bawaan yang dimiliki oleh perangkat TRP-Link yang satu ini diantaranya Processor: Qualcomm Atheros 560MHz CPU, MIPS 74Kc, Memory: 64MB DDR2 RAM, 8MB Flash, Antenna built-in MIMO dual-polarized directional 2x2 12dBi, dan Adaptor Passive PoE yang mendukung penggunaan daya melalui Ethernet hingga 60 meter atau 200 kaki dan semuanya bisa diatur dari jarak jauh atau remote. CPE220 Outdoor TP-LINK ini juga mendukung mode operasi AP / Client / Bridge / Repeater / AP Router / AP Client Router (WISP) yang banyak digunakan saat ini.

Harga Rp. 477.500-510.000

TP-Link Archer C7 TPLink AC1750 WiFi Wireless Dual Band Gigabit Router

Jika kamu membutuhkan koneksi nirkabel yang cepat, kamu bisa mengadandalkan produk TP-Link yang satu ini. Archer C7 menawarkan jaringan di dua opsi yang berbeda yakni 2.4GHz dan 5GHz.

Perangkat ini mendukung kecepatan standar 802.11ac yang tentunya 3 kali lebih cepat dari kecepatan N nirkabel. Dibekali dengan Port USB 2.0 yang memudahkan pengguna untuk berbagi file dan media dengan perangkat jaringan atau perangkat lain jarak jauh melalui server FTP, perangkat ini juga bisa digunakan untuk mengakses jaringan tamu dimana admin bisa menyediakan wifi yang aman untuk tamu baik di dalam rumah maupun di kantor. Semua pengaturan dan pengelolaan jaringan juga bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan App Tether yang disedikan dalam perangkat ini.

Archer C7 memiliki 3 antena eksternal 5dBi yang dapat melayani jaringan 5GHz dan 3 antena internal yang melayani jaringan 2.4GHz berkualitas. Dengan antena ini kamu dapat mempertahankan kecepatan tinggi dalam jangkauan area yang lebih luas.

Tak heran karena performanya yang mumpuni, perangkat ini sempat mendapatkan beberapa penghargaan termasuk penghargaan dari CHIP Test&Kauf di Jerman dan performance award dari Play3r di Inggris pada tahun 2013.

Harga Rp. 1.190.000-1.550.000

TP-LINK Portable 3G-4G Wireless N Router TL-MR3020

Kalau kamu suka bepergian dan lebih nyaman menggunakan modem protabel, kamu bisa coba gunakan TP-LINK Portable 3G/4G Wireless N Router TL-MR3020. Kamu dapat menyambungkan modem 3G / 4G USB untuk membagikan koneksi wifi, tak perlu ragu karena produk ini sudah menjalani tes kelayakan dan kualitas selama bertahun-tahun. Dengan desain yang portabel dan elegan, perangkat ini menyediakan koneksi nirkabel berkualitas dengan kecepatan hingga 300Mbps untuk memenuhi kebutuhan internet harian baik saat sedang dalam perjalanan bisnis, keluarga maupun di rumah.

Perangkat ini juga lebih mudah digunakan karena kamu tidak memerlukan komputer utama yang bertindak sebagai server, kamu hanya perlu menyalakan modem dan mengaksesnya langsung dari gawai yang kamu miliki. Satu modem TP-LINK Portable 3G/4G Wireless N Router TL-MR3020 bisa digunakan oleh beberapa perangkat sekaligus tanpa ada pengurangan kecepatan koneksi yang berarti.

Perangkat modem ini juga dibekali dengan fitur failover yang dapat memastikan koneksi 3G/WAN internet selalu dalam mode "always-online". Terdapat juga 3 mode yaitu dapat difungsikan dan dipilih sesuai kebutuhan yakni mode Router 3G/4G, WISP Client Router dan Travel Router Mode (AP Mode).

Harga Rp. 211.000-235.000

TP-Link TL-WR941HP 450Mbps High Power Wireless N Router

Bisa dibilang TP-Link TL-WR941HP adalah perangkat multifungsi yang dikeluarkan oleh TP-Link dan bisa dijadikan andalan untuk mendapatkan koneksi internet yang sesuai. Perangkat ini bisa digunakan sebagai router yang menyebarkan dan menghubungkan koneksi internet nirkabel dari LAN, WIFI Extender yang memperluas cakupan jaringan dan Access Point yang dapat menghubungkan beberapa perangkat Client dalam sebuah jaringan tunggal.

Tidak hanya itu, TP-LINK TL-WR941HP juga dibekali dengan 3 antena yang dapat mmperkuat sinyal hingga 1000mW. Membuat sinyal dapat diterima di mana saja termasuk ruang kamar meskipun dalam keadaan tertutup. Kecepatan internet yang dihasilkan oleh perangkat ini juga bisa diandalkan yakni mencapat 450Mbps dimana kamu bisa dengan leluasa streaming, VoIP, atau bermain game online tanpa jeda maupun hambatan yang berarti.

Harga Rp. 612.000-640.000

TP-LINK TL-WR940N 450 Mbps Wireless N Router

Penggemar internet berkecepatan tinggi juga bisa menggunakan router sekelas TL-WR940N yang memang dirancang khusus untuk pengguna bisnis maupun kantor. Perangkat yang hadir dengan dimensi 9.1 x 5.7 x 1.4 in. (230 x 144 x 35mm) ini mampu menghasilkan kecepatan nirkabel hingga 450Mbps. Ideal untuk berbagai aplikasi maupun gawai yang sensitif terhadap gangguan jeda seperti streaming video HD maupun bermain game online.

TL-WR940N juga bisa digunakan untuk tiga fungsi yakni sebagai Router, Range Extender dan mode Titik Akses. Dilengkapi juga dengan tiga antena yang dapat meningkatkan ketahanan dan stabilitas jaringan nirkabel serta kontrol Bandwidth yang dapat diatur sesuai kebutuhan pengguna. Untuk masalah keamanan enkripsi , perangkat ini dilengkapi dengan tombol QSS sehingga kamu tak perlu khawatir. Saat membeli perangkat ini kamu akan mendapatkan satu perangkat yang dilengkapi dnegan power supply unit, Resource CD, kabel Ethernet dan petunjuk pemasangan secara cepat.

Harga Rp. 245.000-255.000

TP Link TL-MR3220 3G/3,75G Wireless Lite N Router

TL- MR3220 Wireless N Router 3G/3.75G adalah perangkat tp-link yang memungkinkan kamu untuk berbagi jaringan internet dengan koneksi mobile 3G/3.75 G perangkat lain. Baik dengan menggunakan kabel maupun nirkabel. kamu tidak perlu ragu memilih router keluaran tp-link yang satu ini karena memiliki kompatibilitas yang tinggi. Tentunya produk ini sudah menjalani serangkaian pengujian dan setelah disesuaikan dengan ISP di mana router akan digunakan.

Untuk soal kecepatan router ini dibekali dengan rentang yang memenuhi standar IEEE 802.11n dengan kecepatan transmisi hingga 300Mbps. Selain itu router ini juga kompatibel dengan modem jenis USB UMTS/HSPA/EVDO. Dilengkapi juga dengan tombol QSS atau Easy One Touch yang dapat digunakan untuk mengamankan enkripsi wireless. Fitur lainnya yang mendukung perangkat ini adalah fitur bandwidth control yang yang memungkinkan setiap admin dalam menentukan bandwidth yang dialokasikan pada setiap isi serta fitur failover yang memastikan koneksi tetap stabil.

Harga Rp. 249.000-403.000

TP-Link Archer C20 AC750 Wireless Dual Band Router

Kalau kamu sering kesal karena kecepatan internet yang melambat akibat penggunaan beberapa perangkat sekaligus, kamu bisa mempertimbangkan menggunakan perangkat router yang lebih bagus seperti TP-LINK Archer C20 AC750 Wireless Dual Band Router. Dengan adanya efisiensi daya yang tingkat keamanan yang lebih tinggi ini bisa digunakan untuk mempercepat jaringan multimedia yang digunakan di rumah. Bisa juga di kantor sehingga kamu bisa tetap menggunakannya dan berbagi dengan perangkat yang lain.

Selain menawarkan kecepatan nirkabel hingga 433Mbps, perangkat ini juga memiliki Q2 mode jaringan yang bisa digunakan yakni 2,4 GHz yang dapat digunakan untuk tugas yang lebih sederhana seperti mengirim email dan browsing. Sementara mode 5 GHz dapat digunakan untuk tugas yang lebih berat seperti bermain game online streaming video HD maupun VoIP.

Harga Rp. 319.000-472.000

TP-Link TD-W8961ND 300Mbps Wireless N ADSL2+ Modem Router 2 Antena

Satu lagi perangkat tp-link yang bisa kamu coba untuk mendapatkan akses jaringan internet yang berkualitas yakni TD-W8961NB Wireless N Router ADSL2+ Modem. Perangkat ini merupakan perangkat all-in-one yang menggabungkan modem ADSL berkecepatan tinggi, 4-Port 10/100Mbps NAT router dan wireless N access point dalam satu perangkat.

Dengan standar IEEE 802. 11n kamu bisa mendapatkan akses internet 15 kali lebih cepat dan luas jangkauan 5 kali dibandingkan produk 11g. Tentunya dengan berbagai fitur yang ada dalam satu perangkat kamu bisa lebih mudah melakukan berbagai aktivitas seperti menjelajah internet streaming video bermain game online dan menelepon kapan pun. Kamu jadi lebih hemat waktu dan uang bukan?

Harga Rp. 310.000-450.763
From our editorial team

Pilih Router Sesuai Kebutuhan

Router adalah salah satu perangkat yang paling penting dalam koneksi jaringan nirkabel. Untuk mendapatkan koneksi yang berkualitas tentunya kita harus bisa memilih jenis router yang sesuai kebutuhan baik untuk di rumah maupun untuk di kantor. Pertimbangkan spesifikasi router, jumlah pengguna dan area cakupan sebelum memilih router yang diinginkan. Pastikan juga budget untuk membeli router tersebut tidak membuat kantong jadi bolong ya!

Tag