Atasi PC Lemot dengan 10 Rekomendasi SSD Tercanggih untuk Performa PC yang Super Cepat (2020)

Atasi PC Lemot dengan 10 Rekomendasi SSD Tercanggih untuk Performa PC yang Super Cepat (2020)

Performa komputer yang cepat, ringan, dan lancar jadi suatu kebutuhan bagi Anda yang mengandalkan komputer untuk bekerja. Terlebih jika komputer digunakan untuk menggunakan software berukuran besar dan berat yang jelas membutuhkan resource yang tinggi. Jika komputer Anda mulai lemot, ada baiknya untuk segera meng-upgrade dengan SSD tercanggih yang dapat membuat performa komputer jauh lebih baik.

Penting Sekali Memilih SSD Tercanggih untuk Kinerja PC yang Lebih Baik

Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mempercepat kerja komputer adalah dengan meng-upgrade bagian hardisk atau bagian penyimpanan data dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar. Saat ini yang banyak digunakan untuk meningkatkan kinerja komputer adalah SSD yang jauh lebih bagus ketimbang HDD. SSD akan membuat performa dan kecepatan komputer yang mulai lelet jadi lebih cepat dan ringan.

SSD atau Solid State Drive saat ini umum digunakan sebagai penyimpanan data pada laptop atau komputer. Kelebihan dari SSD ini adalah kemampuannya yang dapat meningkatkan kinerja PC menjadi lebih cepat. SSD juga makin populer digunakan karena membuat laptop atau komputer tidak cepat panas dan tidak menimbulkan suara berisik seperti penggunaan harddisk.

Nah, Anda yang ingin meningkatkan performa dan kinerja komputer atau laptop jangan hanya meng-upgrade graphic card dan prosesor saja, tapi juga pada bagian penyimpannya. Kini SSD banyak dijual dengan harga bervariasi dalam berbagai keluaran dari produsen ternama seperti Western Digital, SanDisk, Transcend, Samsung, Adata, dan sebagainya. Sehingga ada banyak pilihan untuk SSD tercanggih yang dapat meningkatkan performa laptop atau komputer kesayangan.

Tips Terbaik Memilih SSD Paling Canggih untuk Performa PC

Cek Dulu Harganya

SSD memang memiliki harga yang cukup mahal, bahkan hampir setara dengan VGA dan tidak bisa dibandingkan dengan harddisk. Namun, tentu saja harganya yang tinggi sesuai dengan fitur dan kemampuannya dalam meningkatkan kinerja laptop atau PC.

Makin besar ruang penyimpanan yang dimiliki SSD, maka makin mahal pula harga yang ditawarkan. Karena itu sebelum membeli, harga juga menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan jika ingin menggunakan SSD sebagai drive penyimpanan. Harga untuk SSD dengan ruang penyimpanan sebesar 120 GB yang setara dengan 1 TB HDD saja berkisar Rp 1,2 jutaan.

Spesifikasi Canggih

Perlu untuk diketahui bahwa SSD memiliki performa yang sangat baik bahkan untuk space terkecil dan termurah sekalipun. Artinya SSD sudah memiliki spesifikasi yang canggih dan kapabilitasnya jauh di atas HDD. Namun, walau demikian performa antar SSD dengan versi yang sama bisa jauh berbeda karena dipengaruhi oleh chip atau controller yang mengatur pergerakan masuk dan keluarnya data dari flash memory.

Kinerja SSD juga dipengaruhi oleh Random Access Rates dari OS saat menjalankan beberapa program secara bersamaan. Untuk mendapatkan SSD terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, lihatlah berbagai review dan informasi lengkap mengenai spesifikasi dari SSD yang dipilih. Agar PC atau laptop bekerja dengan baik tentu SSD dengan spesifikasi tercanggih menjadi pilihan yang paling tepat.

Kapasitas Besar

Tips memilih SSD terbaik untuk meningkatkan kinerja laptop atau PC juga bisa dilihat dari besar kapasitas penyimpanannya. Makin besar kapasitas SSD tentu akan jauh lebih baik karena lebih dapat menyimpan banyak data. Terlebih jika komputer atau laptop digunakan untuk keperluan bekerja dan menyimpan banyak data penting.

Namun, jika Anda memilih SSD dengan kapasitas besar tentu harganya juga tidak murah. Karena itu ada baiknya jika Anda memilih SSD dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pemakaiannya. Jika Anda menggunakan komputer lebih banyak untuk mengakses internet dan menyimpan file video, gambar, dan musik, Anda dapat menggunakan SSD berkapasitas 128 GB.

Sementara jika Anda menggunakan komputer untuk bermain game dan menyimpan banyak film yang jelas membutuhkan penyimpanan besar, maka SSD dengan kapasitas 512 GB sudah cukup. Namun jika Anda adalah seorang kreator yang mengolah data dalam jumlah besar seperti mengedit film dan video, maka SSD dengan kapasitas 1 TB tentu jadi pilihan tepat.

Kecepatan Maksimal dari SSD

Meski kecepatan SSD lebih di atas HDD, tetap saja memilih yang tercepat membuat Anda semakin nyaman bekerja dengan komputer. Setidaknya Anda bisa memilih SSD dengan kecepatan read & write sekitar 300-400 MB/detik.

Sama halnya dengan kapasitas SSD, makin cepat kemampuan read & write SSD, maka harganya pun semakin mahal. Namun, untuk Anda yang bekerja dengan mengolah data berukuran besar dan beresolusi tinggi, maka sangat disarankan untuk memilih SSD berkecepatan tinggi. Hal ini tentunya agar Anda bisa menyelesaikan pekerjaan jadi lebih cepat dan lancar tanpa gangguan.

10 Rekomendasi SSD Tercanggih untuk PC Anda

Seagate Barracuda SSD 1Tb

Seagate Barracuda SSD 1Tb cocok untuk laptop, notebook, atau desktop PC yang dapat digunakan untuk menyimpan musik, film, game, foto, dan data lainnya. Kecepatan baca maksimal dari SSD ini adalah 560 MB/s dan kecepatan tulis maksimalnya 540 MB/s.

SSD berukuran 2,5 inci ini membuat boot pada PC jadi lebih cepat hanya dalam hitungan detik, begitu juga dalam transfer file dan streaming video. Solid state drive portabel yang menggunakan konektivitas USB-C ini juga kompatibel dengan versi lama.

Dengan menggunakan SSD ini Anda akan lebih nyaman bekerja dan PC pun akan berjalan lancar saat memainkan game dan mengakses aplikasi besar.

Harga Rp. 5.243.000-6.634.000

Adata SU800 SSD Internal 3D TLC 2.5 SATA IIIA 2TB

Adata SU800 SSD Internal 3D TLC 2.5 SATA IIIA 2TB cocok untuk notebook, laptop, maupun PC desktop yang membutuhkan resource yang tinggi.

Penyimpanan internal ini memiliki teknologi 3D NAND Flash yang memberikan stabilitas, kecepatan, efisiensi, dan daya tahan yang lebih baik.

SSD ini juga dilengkapi dengan fitur intelligent SLC caching dan DRAM cache buffer sehingga kinerjanya dalam membaca dan menulis data jadi yang lebih baik.

Fitur lain yang juga dimiliki oleh SSD Adata ini adalah DEVSLP (Device Sleep), High TBW (Total Bytes Written), dan teknologi SMI Controller, LDPC ECC.

Harga Rp. 4.546.000-5.000.000

Transcend SSD M.2 Sata3 1Tb

Transcend SSD M.2 Sata3 1Tb ini ideal untuk perangkat komputer, ultrabook, notebook, dan laptop karena ukurannya yang kecil.

SSD juga mendukung mode DevSleep yang membuat perangkat dapat mematikan antarmuka SATA yang berbeda dengan keadaan parsial pada umumnya sehingga dapat menghemat pemakaian baterai.

Kecepatan baca maksimalnya 500 MB/s dan kecepatan tulis maksimal 450 MB/s. Cache DRAM DDR3. SSD ini juga mendukung perintah S.M.R.T., TRIM, dan NCQ. Untuk menggunakan SSD ini pastikan perangkat Anda memiliki slot M.2.

Harga Rp. 6.730.000-6.901.000

T5 Portable SSD 2Tb

Untuk penyimpanan yang lebih besar, Anda juga bisa memilih T5 Portable SSD 2Tb. SSD ini kompatibel dengan USB 3.1 Gen2 (10 Gbps) dengan kecepatan transfer data 540 MB/s yang jauh lebih cepat ketimbang HDD eksternal.

SSD ini dapat digunakan pada sistem operasi Windows 7, Mac OS X 10.9 (Mavericks), Android 4.4 (KitKat), atau yang lebih tinggi. Fitur lain yang juga dimiliki oleh SSD T5 ini adalah perlindungan kata sandi sehingga data-data penting dapat tersimpan dengan aman.

Harga Rp. 6.080.000-6.550.000

SSD WD Black 1TB

SSD WD Black 1TB hadir dengan interface PCIe Gen3 8 Gb/s. SSD ini berbasis chip 3D NAND TLC SanDisk 64-layer dan dipadu dengan Western Digital in-house.

Kinerjanya lebih baik dengan kecepatan lebih dari 3400 MB/s untuk membaca dan lebih dari 2500 MB/s untuk menulis. Tentunya SSD dari WD ini dapat meningkatkan performa dan kinerja komputer Anda jadi lebih baik.

Harga Rp. 6.500.000-6.761.000

SSD V-Gen 512GB Sata 3

SSD V-Gen 512GB Sata 3 merupakan SSD tercanggih dengan kualitas terbaik dengan kecepatan baca lebih dari 530 Mb/s dan kecepatan tulis di atas 470 Mb/s.

SSD berkapasitas 480 GB/SATA 3 ini jadi pilihan tepat jika Anda ingin meng-upgrade komputer untuk performa yang lebih baik. Produk ini juga mendukung TRIM, S.M.A.R.T, Write Cache, APM, dan NCQ dengan Auto Garbage Collection Algorithm.

Harga Rp. 7.175.000-7.949.000

Seagate FireCuda 510 SSD 2TB

Seagate FireCuda 510 SSD 2TB juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk SSD tercanggih dengan kemampuan membaca hingga 3450 MB/s dan menulis hingga 3200 MB/s. SSD ini menggunakan interface NVMe 1.3, PCIe G3 x4 dengan teknologi flash NAND 3D TLC.

FireCuda SSD ini cocok untuk Anda yang hobi bermain game atau bekerja dengan komputer yang membutuhkan kecepatan tinggi. Kecepatannya stabil dan tahan lama sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang.

Harga Rp. 6.970.000-7.000.000

Samsung SSD 860 EVO 4TB

Samsung SSD 860 EVO 4TB merupakan SATA SSD yang dirancang khusus untuk penggunaan pada laptop dan PC. SSD ini hadir dengan teknologi V-NAND terbaru dengan pengontrol berbasis algoritma yang kuat sehingga menghasilkan kinerja komputer yang cepat dan andal. PC Anda dapat bekerja multitasking dengan beban yang berat.

Kecepatan transfer SSD mencapai 520 MB/s untuk menulis dan 550 MB/s untuk membaca data. Kecepatan dalam transfer file pun juga jauh lebih tinggi karena buffer turbo write-nya telah ditingkatkan.

Harga Rp. 11.910.000-12.890.000

Seagate SSD Nytro 1351 1.92TB

SSD tercanggih yang bisa Anda jadikan pilihan tepat untuk meng-upgrade komputer atau laptop yang mulai melambat adalah Seagate SSD Nytro 1351 1.92TB.

SSD ini dirancang untuk menyambut era IT 4.0 yang hadir dengan kecepatan luar biasa untuk performa dan kerja komputer yang super cepat.

SSD ini menggunakan interface SATA dengan kecepatan baca 560 MB/s dan 535 MB/s untuk kecepatan tulis. Anda yang ingin meningkatkan kecepatan komputer bisa menggunakan SSD ini.

Harga Rp. 10.761.000-12.915.000

Samsung SSD 860 Qvo 4 TB

Anda yang belum menemukan SSD terbaik untuk komputer Anda, bisa memilih Samsung SSD 860 Qvo 4 TB. SSD ini hadir dengan teknologi NAND flash MLC dan memiliki kecepatan baca hingga 550 MB/s dan kecepatan tulis 520 MB/s. dengan fitur Smart TurboWrite.

SSD ini memiliki fitur support TRIM, S.M.A.R.T, Sleep Mode, serta Auto Garbage Collection Algorithm. Dengan menggunakan SSD ini pengalaman Anda bekerja dengan PC akan jauh lebih baik dan menyenangkan.

Harga Rp. 10.062.500-13.400.000
From our editorial team

Segera Upgrade PC Anda dengan SSD Tercanggih Ini

Rasa bosan dan kesal pasti Anda rasakan saat PC berjalan lambat sehingga membuat pekerjaan selesai lebih lama. Ini pertanda bahwa sudah saatnya untuk meng-upgrade PC agar kinerjanya meningkat dan dapat berjalan lebih cepat. Sebelum memilih untuk mengganti harddisk dengan kapasitas yang lebih besar, ada baiknya untuk mempertimbangkan penggunaan SSD yang jelas lebih baik.

Tag