Inilah 10 Rekomendasi Jam Tangan Pria Terbaik dari Shopee yang Paling Banyak Diminati (2021)

Inilah 10 Rekomendasi Jam Tangan Pria Terbaik dari Shopee yang Paling Banyak Diminati (2021)

Jam tangan menjadi aksesori yang kerap dimiliki karena selain membantu untuk mengetahui waktu kapan saja, juga membuat tampilan menjadi lebih keren. Mencari jam tangan juga tidak sulit lagi karena Shopee memiliki beragam pilihan yang dapat mempermudah kamu mendapatkan jam tangan yang kamu cari.

Jam Tangan Menjadi Aksesori Penting Sebagai Penunjuk Waktu

Melihat waktu, saat ini orang lebih sering mengandalkan smartphone daripada jam tangan. Apakah jam tangan hanya sekadar aksesori? Meskipun jam tangan kerap kali menjadi aksesori fashion, tetapi fungsinya tidak berubah, yaitu sebagai penunjuk waktu.

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, membuat jam tangan juga berinovasi. Jam tangan bisa memiliki fitur yang lengkap, seperti pengecekan suhu badan, kalori, tanggal, dan lain-lain. Memakai jam tangan juga membuat kita tidak perlu repot-repot membuka smartphone ketika keadaan ribet.

Kenali Fakta Mengenai Jam Tangan Pria yang Wajib Diketahui

Berkembang di Tahun 1900-an

Jam tangan semakin berkembang tiap tahunnya dengan inovasi-inovasi yang baru. Perkembangan produk jam tangan pada tahun 1900-an memang tidak bisa dibandingkan dengan zaman sekarang. Pada tahun 1900-an pembuatan jam tangan masih memiliki masalah kompleks untuk membuat jam tangan dapat bertahan di keadaan normal.

Jam tangan digital pertama kali diperkenalkan pada tahun 1957 oleh Hamiton Watch Company dari Lancaster, Pennsylvania, Amerika Serikat. Tahun 1970 jam tangan jenis quartz sangat populer pada waktu itu. Menggunakan mesin mekanik dan dengan teknik chronograph yang membuat jam ini sangat menarik pada masanya.

Casio memulai debutnya pada tahun 1983 dengan memperkenalkan jam digital yang memiliki ketahanan terhadap benturan. Jam tersebut dikenal dengan sebutan G-Shock dan memiliki ketahanan baterai hingga 10 tahun. Jenis jam tangan ini menjadi populer dan digemari seluruh dunia.

Pada abad ke-20, jam tangan mulai terlihat perubahannya. Jam tangan mulai memiliki fitur-fitur lain seperti stopwatch, kalender, dan lain-lain, sehingga menjadi makin digemari. Hal itu membuat keberadaan jam tidak hanya untuk mengetahui waktu.

Jam Pertama Terbuat dari Batu

Menurut sejarah, Bangsa Sumeria merupakan bangsa yang pertama kalinya mencatat waktu pada 2000 SM. Mereka mengukir obelisk batu besar yang akan ditempatkan di lokasi tertentu. Mereka memperkirakan waktu dari panjang dan arah bayangan ketika matahari bergerak.

Melihat bayangan matahari menjadi metode tertua dalam melihat waktu. Bangsa Yunani juga membuat jam dengan hemispherium, yaitu dari batu. Saat ini, penemu jam tangan menjadi catatan panjang dalam sejarah jam.

Awalanya, Jam Kantong Mendominasi Pasar

Jam kantong merupakan penunjuk yang dibawa dalam kantong dan berukuran sedikit lebih besar dari jam tangan. Jam ini memiliki rantai sebagai tali dan penjepit yang berfungsi untuk mengaitkannya di kantong, kerah jas, atau rompi. Selain itu, jam kantong memiliki plat untuk menunjukkan waktu secara analog. Pada abad ke-19 jam ini sangat populer dan mendominasi pasar jam.

Jam kantong memiliki dua jenis, yaitu tanpa tutup dan memiliki tutup berengsel sehingga bisa dibuka tutup. Biasanya jam kantong ini sebagai perlengkapan masinis dan kondektur kereta api. Jam kantong mungkin saat ini sudah langka tetapi menjadi barang antik yang masih dicari oleh para kolektor.

Jam Tangan Hadir Dalam Sejarah Perang

Jam tangan bukan sekadar aksesori, tetapi juga sebagai penanda untuk mengenang masa lalu. Pada masa perang banyak benda bersejarah yang ditinggalkan dan membawa memori sekaligus menjadikannya benda langka.

Pada Perang Dunia I, jam tangan menjadi alat yang sangat diperlukan untuk perencanaan waktu dalam menyusun strategi. Seperti jam tangan Radiomir yang berasal dari tahun 1940-an dan dilelang oleh sebuah rumah lelang di Prancis, Artcurial di Monako. Jam tangan ini memiliki bingkai baja dan tali militer dengan kompas komando. Pada saat itu, jam ini dilelang dengan harga 110.500 Euro atau sekitar Rp1,7 miliar.

Jenis-jenis Jam Tangan

Jam Tangan Chronograph

Jam tangan choronograph memiliki desain yang lebih rumit tetapi membuatnya berkesan lebih unik dan menarik. Jam jenis ini bukan sekadar untuk melihat waktu, tetapi juga memiliki fungsi lain, yaitu berfungsi sebagai stopwatch dan pengatur waktu. Selain itu, jam tangan choronograph saat ini juga ada yang memiliki fungsi telemetri dan pulsometer.

Meskipun jam tangan choronograph banyak digunakan untuk olahraga, tetapi juga bisa mendukung berbagai jenis gaya. Kamu bisa memakainya untuk fashion kasual, misalnya dengan perpaduan antara celana chino dan kemeja. Kamu juga bisa menggunakannya untuk fashion formal seperti setelan jas fashion formal lainnya.

Jam Tangan Analog

Jam analog merupakan jam yang sering kita temui, yaitu jam tangan yang menunjukkan waktu dengan jarum detik, menit, dan jam. Saat ini, jam analog juga ada yang dilengkapi fitur kalender yang bisa membantumu melihat tanggal saat itu. Jam analog memiliki dua macam, yaitu ada yang menggunakan angka biasa dan angka romawi.

Pengaturan jam analog juga lebih mudah dibandingkan jam digital. Apabila pada jam digital kamu harus menekan tombol-tombol tertentu untuk mengatur urutan angkanya yang tepat. Mengatur jam analog cukup dengan menarik crown jam tangan lalu putar dan sesuaikan dengan waktu yang tepat.

Jam Tangan Quartz

Jam tangan quartz merupakan jam tangan yang memiliki akurasi yang tepat. Mungkin jam ini tidak terlalu memiliki estetika, tetapi lebih praktis. Penggantian baterai dilakukan setiap 1-2 tahun tergantung dari kapasitas baterai. Komponen pada jam ini bekerja secara elektronik, sehingga kamu tidak perlu mengaturnya lagi.

Jam tangan solar quartz bahkan tidak perlu mengganti baterai karena daya akan terisi apabila terkena matahari. Jam tangan quartz low-end umumnya memiliki akurasi kurang lebih 15 detik per bulan, mekanik low-end sekitar 20-40 detik per hari, sedangkan hi-end memiliki akurasi sekitar 4-6 detik per hari.

Jam Tangan Digital

Jam digital merupakan jam tangan yang memiliki tampilan digital. Menggunakan jarum jam untuk menunjukkan waktu dan memiliki desain yang beragam dan simpel. Biasanya jam digital juga ada yang dilengkapi dengan kalender otomatis atau perpetual calender.

Saat ini, jam digital juga sudah ada yang dilengkapi dengan stopwatch, alarm, bahkan GPS. Dilengkapi pula dengan cahaya penunjuk waktu sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika berada di tempat gelap. Angka yang ditampilkannya pun lebih jelas, sehingga bisa lebih mudah dipahami oleh anak-anak.

Jam Tangan Otomatis

Jam tangan otomatis ialah jam tangan yang bergantung pada pergerakan rotor. Artinya, dengan jam tangan mendapatkan gerakan, jam akan menyimpan daya dan memastikan mesin di dalam jam tetap terpelihara.

Meskipun jam tangan otomatis ini perlu mendapatkan pergerakan, tetapi hindari pergerakan tangan yang terus-menerus, seperti melakukan olahraga tenis lapangan, tenis meja, bola basket, bulutangkis, dan lain-lain. Hal itu justru akan mengganggu mekanisme pergerakan di dalam jam yang khusus dirancang untuk pergerakan lengan sehari-hari.

Rekomendasi Jam Tangan Pria ShopeeTerbaik dan Paling Banyak Diminati

Water Resist G-Shock GWG 1000

Jam tangan G Shock GWG1000 Water Resist memiliki display dual time yang bisa digunakan untuk berolahraga. Jam ini diproduksi oleh Casio yang memiliki kualitas tahan benturan dan goncangan. Bisa digunakan untuk pria dan wanita dengan desain yang simpel.

Memiliki fitur analog, digital, alarm, stopwatch, dan kalender. Berdiameter 5 cm dengan tali rubber atau karet sehingga akan cocok di lengan kamu. Kamu juga akan mendapatkan baterai cadangan ketika pembelian.

Harga Rp. 100.000-600.000

LIGE Jam Tangan Pria Olahraga

LIGE merupakan jam tangan pria yang bisa digunakan untuk aktivitas olahraga. Tali jam ini menggunakan material kulit sehingga tampak mewah. Selain itu, fungsinya yang waterproof hingga kedalaman 30 meter membuat kamu tidak perlu khawatir menggunakannya sehari-hari.

Memiliki diameter ring dengan diameter wadah 42 mm, ketebalan casing 15 mm, panjang sabuk 210 mm, dan bandwidth 22 mm. Adapun bahan wadahnya menggunakan baja tahan karat dan tali kulit yang berkulitas tinggi. Kamu juga akan mendapatkan garansi pada saat pembelian.

Harga Rp. 216.000-480.000

North Edge Mars Jam Tangan Pria Original Anti Air 50M

North Edge Mars merupakan jam tangan pria anti air hingga 50M sehingga cocok digunakan untuk olahraga outdoor. Memiliki ukuran 22 x 44 x 15 mm dengan bobot bersih 48g. Layar menggunakan bahan plexiglases dengan jenis layar FSTN.

Jam ini memiliki fitur langkah, jarak, penghitungan kalori, dan waktu. Ada pula fitur alarm, stopwatch, countdown, EL back light, dan Lightweight. Kamu juga akan dimudahkan dengan kalender otomatis pada jam tangan ini.

Harga Rp. 3.430.000-533.000

SKMEI Jam Tangan Pria LED Digital Olahraga Mode 1251

Jam Tangan SKMEI 1251 cocok digunakan oleh pria untuk kegiatan sehari-hari. Memiliki fitur solar charge yang bisa memberikan kepraktisan. Menggunakan format digital dan dilengkapi dengan fitur stopwatch dan alarm. Kamu juga tidak perlu repot mendapatkan cahaya karena jam tangan ini memiliki backlight yang bisa membantu melihat jam pada cahaya minim.

Memiliki diameter ring 46 cm dengan tebal casing 15 mm berbahan PU. Talinya dari bahan rubber dengan tebal 25 mm dan lebar 20 mm. Buckle terbuat dari stainless steel dengan mesin Japan movement. Selain itu, jam tangan ini juga tahan air, sehingga bisa digunakan dengan aman.

Harga Rp. 165.000-3.800.000

Sanda Jam Tangan Pria Baja Anti-karat Tahan Air 408

Sanda Jam Tangan Pria Baja Anti-karat Tahan Air 408 merupakan jam tangan anti air hingga kedalaman 5 Bar yang bisa digunakan untuk menyelam atau berenang. Jam tangan ini termasuk jam digital dengan desain yang kasual dan modis. Dilengkapi dengan fitur kalender, stopwatch, tanggal otomatis, dan lampu latar.

Terbuat dari bahan resin dengan panjang tali 22 mm dan lebar 1,9 cm. Memiliki diameter piringan 4,5 cm dan ketebalan tombol 0,9 cm. Mesinnya menggunakan mesin Japan movement, sehingga memberi keakuratan yang tepat.

Harga Rp. 384.000-500.000

Olevs Jam Tangan Pria Original Anti Air Analog Korea

Olevs merupakan jam tangan pria tahan air hingga 3ATM dan tahan gores yang memiliki bentuk dial bulat dengan lensa kaca kristal keras. Menggunakan mode tampilan pointer dan dilengkapi pula dengan tampilan kalender.

Casing terbuat dari bahan stainless steel sehingga tahan karat. Memiliki tali dengan bahan kulit dengan panjang 230 mm dan lebar 20 mm. Memiliki diameter dial 40 mm dan tebal 6,5 mm.

Harga Rp. 192.000-194.000

Jam Tangan Pria Readeel 6001 Double Movement Watch

Readeel 6001 Double Movement Watch merupakan jam tangan pria jenis quartz. Memiliki desain yang modis dan santai, tetapi juga bisa digunakan pada acara formal. Jam tangan ini juga tahan air hingga kedalaman 3 Bar. Memiliki lampu latar dengan display LED dan tahan goncangan. Bahan case terbuat dari stainless steel dengan tipe gesper dan bahan tali silikon. Memiliki panjang tali 27 cm dengan lebar 26 mm.

Harga Rp. 750.000-761.000

Jam Tangan Pria Vava Voom

Vava Voom Casual Sporty M1 merupakan jam tangan laki-laki dengan gaya kasual. Jam tangan ini memiliki fitur kalender sehingga memudahkan pengguna. Diameter case 43 mm, ketebalan case 11 mm, dan lebar tali 22 mm. Memiliki berat bersih sekitar 102g. Tali jam menggunakan bahan stainless steel sehingga tidak perlu khawatir berkarat. Selain itu, jam tangan ini juga anti air sehingga bisa digunakan saat berenang atau menyelam.

Harga Rp. 165.000-294.000

Jam Tangan Pria Desain Golden Hour 103

Jam Tangan Pria Desain Golden Hour 103 Kuarsa 30m Original merupakan jam tangan pria dengan desain mewah dan elegan. Menggunakan mesin quartz dan dilengkapi dengan fitur kalender dan stopwatch. Jam tangan ini selain tahan air juga tahan terhadap goncangan.

Memiliki tali berbahan karet dan dial berbahan window hardlex. Diameter dial adalah 45 mm. Selain itu, jam tangan ini juga memiliki lampu latar belakang kronograf yang membuat tampilannya makin menarik.

Harga Rp. 284.000-579.880

Jam Tangan Pria Fngeen S001 Luxury Full Steel Sport Quartz

Jam Tangan Pria Fngeen S001 Luxury Full Steel Sport Quartz merupakan jam tangan pria anti air hingga 30 m. Dilengkapi dengan fitur kalender yang akan memberikan kemudahan sehari-hari. Jam tangan ini bisa digunakan untuk gaya kasual ataupun formal.

Talinya terbuat dari bahan stainless steel sehingga tidak khawatir berkarat. Bahan casing terbuat dari logam, sedangkan bahan dial terbuat dari kaca safir. Memiliki ketebalan 13 mm, dial diameter 44 mm, panjang tali 260 mm, dan lebar tali 22 mm. Jam ini bisa menjadi pilihan kamu untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Harga Rp. 130.000-432.000
From our editorial team

Pilih Jam Tangan untuk Tampilan yang Tepat

Model jam tangan sangat beragam, termasuk fungsi yang dimilikinya. Fitur-fitur pendukungnya juga semakin memaksimalkan fungsi jam tangan itu sendiri. Pilih model jam tangan yang tepat dan dengan fitur yang dibutuhkan.