Ingin Beralih dari Laptop? Kamu Bisa Gunakan 10 Rekomendasi Tablet Dual Sim Ini untuk Berbagai Kebutuhan (2021)

Ingin Beralih dari Laptop? Kamu Bisa Gunakan 10 Rekomendasi Tablet Dual Sim Ini untuk Berbagai Kebutuhan (2021)

Tablet adalah salah satu gadget yang banyak digunakan saat ini dan berfungsi untuk menggantikan laptop. Kalau kamu sedang mencari tablet dual SIM yang cocok digunakan untuk berbagai aktivitas dan dibawa ke mana saja, kamu bisa cek tips dan rekomendasinya berikut!

Saat Ini Tablet Dirancang untuk Menggantikan Fungsi Laptop

Sumber gambar www.binarytides.com

Gawai atau gadget saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat. Perangkat tablet Android yang memiliki layar lebih lebar dibandingkan layar smartphone ini juga semakin banyak digemari untuk melakukan aktivitas multimedia. Dengan layar yang lebih besar tentunya tablet lebih mudah digunakan dan lebih nyaman saat dipandang. Kapasitas baterai pada perangkat tablet juga lebih besar dibandingkan smartphone.

Banyak pabrikan berlomba-lomba mengeluarkan tablet terbaik di pasaran dengan menambahkan berbagai fitur. Oleh sebab itulah, tablet saat ini bisa menggantikan fungsi laptop atau notebook karena telah memiliki berbagai fungsi yang juga ditemukan pada kedua perangkat tersebut. Tablet juga sangat ringkas dan bisa dibawa ke mana saja. Cocok digunakan oleh mereka yang sering berpindah tempat, melakukan rapat, mendesain, maupun memiliki bisnis online.

Perbedaan Tablet, Notebook, dan iPad

Tablet

Meskipun sama-sama berfungsi sebagai perangkat media, terdapat beberapa perbedaan di antara setiap gadget atau gawai. Tablet sejatinya adalah komputer portabel yang menyerupai laptop. Tablet punya layar sentuh yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan stylus atau pulpen digital saat mengoperasikannya.

Komputer tablet tidak dilengkapi dengan keyboard melainkan memiliki keyboard virtual. Dengan begitu tablet lebih mudah digunakan hanya dengan sentuhan ujung jari ataupun pena digital. Beberapa tablet bakal dibekali dengan perangkat seperti pada PC komputer seperti halnya Windows XP pada tablet milik Microsoft. Meski begitu tidak banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan tablet dan penggunanya hanya sekitar 6,52% saja.

Notebook

Sumber gambar www.t-online.de

Notebook juga merupakan gadget atau gawai yang populer di Indonesia dan dunia. Perangkat ini merupakan komputer portabel yang berukuran lebih kecil daripada laptop. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, baik laptop maupun notebook yang lebih kecil memiliki definisi yang hampir sama dan tidak ada bedanya.

Notebook adalah komputer jinjing yang memiliki baterai untuk menyimpan daya dan menghidupkan perangkat di mana saja dan kapan saja. Ukuran notebook biasanya berkisar antara 13 hingga 18 inci. Karena ukurannya lebih ringkas, notebook banyak digunakan oleh mereka yang juga sering berpergian dan memiliki aktivitas bisnis atau pekerjaan online.

iPad

Sumber gambar m.bisnis.com

Selain tablet dan notebook, perangkat lainnya yang juga sering digunakan adalah iPad. Perangkat ini pertama kali dikenalkan oleh CEO Apple Inc yaitu Steve Jobs. iPad adalah komputer tablet buatan Apple Inc. Bentuk iPad sebenarnya hampir serupa dengan iPhone atau iPod touch, hanya saja memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki beberapa fitur tambahan seperti pada sistem operasi Mac OS.

Ada banyak fitur yang tersedia dalam iPad dan kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi di dalamnya. Bentuknya yang tipis dan ringan membuatnya cocok digunakan oleh mereka yang banyak menggunakan multimedia atau yang memiliki mobilitas tinggi.

Alasan Kenapa Banyak Orang Beralih Menggunakan Tablet

Aplikasi Makin Banyak dan Lengkap

Sumber gambar www.tudocelular.com

Tablet yang memiliki banyak fitur saat ini bisa berfungsi layaknya laptop atau notebook. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dalam tablet termasuk aplikasi Office, game, atau lainnya. Jadi, tidak hanya bisa digunakan untuk mengatur bisnis online, tablet juga bisa digunakan untuk memutar video, bermain game, dan lainnya.

Tipis dan Ringan

Sumber gambar www.cnet.com

Apakah kamu sering mengalami kesulitan saat membawa laptop atau notebook ke mana pun kamu pergi? Jika iya, kamu bisa mempertimbangkan untuk beralih menggunakan tablet. Laptop atau notebook tidak hanya berukuran lebih besar dan berat, charger yang digunakan untuk mengisi daya perangkat tersebut juga cukup berat. Kamu tidak akan kerepotan saat membawanya ke mana saja. Kamu juga bisa dengan mudah menggunakan tablet karena ukuran layarnya yang tidak jauh berbeda dengan layar laptop atau notebook.

Performa Tidak Kalah Oke

Sumber gambar computerhoy.com

Soal performa, saat ini tablet juga memiliki kemampuan yang hampir sama dengan laptop atau tablet. Tablet dengan harga yang cukup mahal biasanya memiliki spesifikasi yang sudah mumpuni dan bisa digunakan layaknya laptop atau notebook.

Tablet PC juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan pekerjaan maupun bisnis karena dilengkapi juga dengan processor dan virtual keyboard. Kamu bisa lebih leluasa menggunakan tablet dibandingkan dengan menggunakan laptop yang berukuran lebih besar. Saat ini banyak juga aplikasi yang tersedia di internet sehingga saat menggunakan tablet kamu tidak perlu susah-susah menginstal aplikasi cukup dengan mencarinya di AppStore atau Google Play

Harga Lebih Bersahabat

Sumber gambar www.lifewire.com

Satu lagi hal yang bisa dipertimbangkan jika kamu ingin beralih ke tablet adalah soal harga. Dengan performa yang mumpuni, tablet biasanya dibanderol lebih murah dibandingkan laptop atau notebook. Meskipun ada juga tablet PC yang harganya lebih mahal dari laptop, tentunya harga tersebut sebanding dengan fitur yang ditawarkan.

Selain itu saat menggunakan tablet kamu tidak perlu repot atau susah membeli aplikasi untuk digunakan pada tablet. Banyak aplikasi gratis yang bisa digunakan pada tablet sehingga kamu tidak perlu menghabiskan lebih banyak uang. Meskipun tablet memiliki performa dan perbandingan yang hampir sama dengan laptop atau netbook ada baiknya kamu perhatikan soal kebutuhan sebelum membelinya.

Rekomendasi Tablet Dual Sim yang Bisa Jadi Pilihan untuk Berbagai Kebutuhan

Tablet Strawberry T1

Berpikir untuk beralih menggunakan tablet? Kamu bisa pilih tablet dual SIM yang juga mudah digunakan. Strawberry T1 Tablet Android bisa jadi salah satu pilihan tepat. Tablet ini memiliki desain yang elegan dan mewah. Meskipun dibanderol dengan harga yang tergolong murah, Strawberry Warrior T1 memiliki resolusi kamera yang cukup tinggi dan dan mendukung layar dengan ukuran 2 inci.

Pada perangkat ini juga terdapat keyboard fisik yang dapat digunakan dengan mudah untuk mengetik. Dengan menggunakan SIM card untuk memudahkan komunikasi dengan jenis GSM, perangkat ini dapat mendukung jaringan 3G. Selain itu, perangkat ini juga dibekali dengan berbagai fitur unik seperti lampu senter pada bodi GP dan memiliki baterai dengan daya 4000 mAH.

Harga Rp. 975.150-999.000

ALLDOCUBE iPlay 7T Tablet Android

Alldocube iPlay 7T Tablet PC adalah tablet terobosan baru dari Alldocube. Tablet yang dilengkapi dengan fitur dual sim card ini sudah mendukung jaringan 4G sehingga bisa mendukung aktivitas sehari-hari. Memiliki slot kartu SD hingga 256GB yang dapat memudahkan kamu menyimpan berbagai macam file.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan teknologi terbaru AI 4 Core processor serta didukung dengan sistem operasi Android versi 9. Fitur smart disturbance juga ada pada perangkat ini sehingga kamu bisa mengatur panggilan masuk dan memblokir nomor yang tidak diinginkan. Dengan Ram 3 GB/ROM 32 GB, tablet ini juga dibekali dengan kamera depan 2 MP, kamera belakang 5 MP, baterai 4000 mAh, serta fitur pendukung lainnya.

Harga Rp. 999.999-1.299.000

Advan Tab Belajar Elite 8

Tablet lainnya yang bisa kamu gunakan untuk bekerja maupun belajar adalah Advan Tab Belajar Elite 8. Tablet ini memiliki kapasitas RAM 3 GB dan internal memory 16 GB serta baterai 4000mAH. Dengan ukuran 8 inci, tablet ini didukung dengan SIM card jaringan 4G LTE. Dengan CPU Quadcore 1.4 GHZ, tablet ini mendukung Android 10.0 dan bisa digunakan untuk berbagai aplikasi di Playstore.

Harga Rp. 1.187.000-1.299.000

Evercoss m70

Jika kamu sedang mencari perangkat tablet yang murah tapi tetap berkualitas, kamu bisa pilih Evercoss M70 4G. Tablet keluaran merek lokal ini ini hadir dengan layar berukuran 7 inci dan dimensi 194 X 110 X 10.6 mm. Hadir dengan prosesor Quadcore 1.3 GHz, tablet ini memiliki kapasitas RAM 1 GB / 8 GB. Dibekali juga dengan fitur lain seperti kamera, finger print, GPS, OTG, dan fitur pendukung lainnya. Kamu bisa mendapatkan tablet ini dengan harga di bawah satu juta Rupiah.

Harga Rp. 767.000-899.000

Citycall CT701

Citycall CT701 juga merupakan tablet keluaran merek lokal yang yang dibanderol dengan harga murah tetapi punya kualitas yang bersaing. Tablet ini memiliki layar dengan ukuran 7 inci beresolusi tinggi sehingga aman dan nyaman saat digunakan. Sistem operasi yang digunakan pada tablet ini adalah Android Kitkat dan prosesor Quadcore berkecepatan 1.2 GHz. Kamera pada tablet ini juga cukup mumpuni dengan kamera belakang yang memiliki resolusi hingga 8 MP. Soal daya, tablet ini memiliki kapasitas baterai 2500mAH, meskipun kecil daya tersebut sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Harga Rp. 688.800-1.270.000

Evercoss Winner AT8B

Tablet Evercoss Winner V AT8B adalah tablet mumpuni yang bisa kamu pertimbangkan sebagai pengganti laptop. Tablet ini dilengkapi dengan hardware dengan performa yang optimal serta layar berukuran 7,9 inci. Dengan tampilan resolusi 1024 X 768 piksel, tablet ini memiliki kapasitas RAM sebesar 1 GB dan baterai 3600mAH. Prosesor yang digunakan pada tablet ini adalah prosesor Quadcore dengan berat sekitar 358 gram. Cocok digunakan untuk berbagai aktivitas multimedia dan lainnya.

Harga Rp. 745.000-1.250.000

Evercoss Etab 10 Prime

Evercoss adalah merek lokal yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih tablet. Evercoss Etab 10 Prime yang meluncur sejak tahun 2020 ini sangat cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Dengan ukuran layar 10,1 inci dan resolusi HD, perangkat ini memiliki fitur perlindungan mata yang dapat menjaga sinar biru agar tidak merusak mata. Ketahanan baterai pada tablet ini juga cukup kuat dengan kapasitas sekitar 5500 mAH dan didukung dengan dapur pacu Octacore. Tablet ini juga memiliki kapasitas internal yang cukup besar hingga 32 GB. Semua aktivitas multimediamu tentu akan sangat terbantu dengan menggunakan tablet ini.

Harga Rp. 1.585.000-1.836.000

Advan Tab Sketsa

Advan Tab 10" Sketsa adalah tablet yang bisa digunakan bersamaan dengan stylus atau pena digital. Perangkat ini mengusung layar yang cukup besar dengan ukuran 10,1 inci. Tablet ini sudah menggunakan prosesor Octa core dengan kecepatan 1,6 GHz serta memori RAM sebesar 4 GB dan memori eksternal hingga 32 GB. Uniknya, perangkat ini juga dibekali chipset yang jarang ditemukan pada merek gawai lainnya di Indonesia. Dengan baterai berkapasitas besar hingga 6000 mAH, perangkat tablet ini juga dilengkapi dengan smart power saving. Adanya fitur tersebut membuat waktumu tidak banyak terbuang hanya untuk mengisi ulang tablet. Produk ini dapat menampung dua SIM card dan mendukung jaringan 4G LTE.

Harga Rp. 2.199.000-2.449.000

Mito Mytab Pro

Mito MYTab Pro adalah salah satu tablet keluaran perusahaan Mito yang sudah populer di Indonesia. Jenis perangkat ini dibekali dengan sistem IPS yang didukung dengan penyimpanan RAM 3GB dan ROM 32GB. Dengan dual camera 2 megapixel dan 5 megapixel, perangkat ini juga dibekali dengan baterai yang cukup tahan lama hingga kapasitas 4000 mAH. Soal processor tablet ini juga dilengkapi dengan prosesor Quadcore dan mendukung sistem Android 9 atau Pie. Kamu tak perlu ragu untuk memilih tablet yang satu ini karena kualitasnya cukup mumpuni.

Harga Rp. 949.000-1.176.000

Advan I Lite I7U

Advan I Lite 17U juga merupakan tablet murah berkualitas yang bisa kamu dapatkan di pasaran. Tablet ini hadir dengan layar berukuran 7 inci dengan resolusi 1024 x 600 piksel. Pada bagian dalamnya, tablet ini dibekali dengan prosesor Quadcore dengan kecepatan 1,3 GHz yang dapat mendukung penggunaan sistem Android IDOS 7.2 dan Nougat 7.0.

Baterai pada tablet ini juga lumayan dan memiliki kapasitas daya hingga 2500mAh. Soal kamera, tablet ini ini dilengkapi dengan kamera depan dan belakang yang sama-sama memiliki resolusi 5 MP, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk sekadar berfoto selfie atau memotret objek lainnya.

Harga Rp. 950.000-1.392.000
From our editorial team

Pilih Tablet Sesuai Spesifikasi yang Dibutuhkan

Menggunakan tablet bisa menjadi alternatif untuk berbagai kebutuhan termasuk saat bekerja. Jika kamu banyak membutuhkan banyak aplikasi untuk bekerja kamu juga bisa gunakan tablet yang kini dirancang khusus untuk berbagai fungsi. Sebelum membeli pastikan kamu mengecek spesifikasi tablet dan perhatikan apakah spesifikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Tag