10 Rekomendasi Kabel Data Tipe C Berkualitas yang Kompatibel untuk Semua Jenis Gadget (2020)

10 Rekomendasi Kabel Data Tipe C Berkualitas yang Kompatibel untuk Semua Jenis Gadget (2020)

Penggunaan kabel data tidak bisa lepas dari smartphone yang kita miliki karena kabel ini dibutuhkan untuk mengisi daya. Hanya saja kabel ini cepat sekali rusak atau bahkan hilang entah ke mana. Mau tak mau kita harus membeli kabel data baru agar baterai smartphone bisa diisi. Nah, berikut adalah beberapa rekomendasi kabel data tipe C berkualitas dan awet yang bisa kamu jadikan pilihan.

Saat Ini Sudah Banyak Ponsel Flagship Menggunakan Konektor USB Tipe C

Kabel data tipe C merupakan konektor penting bagi sebuah smartphone. Kegunaannya selain untuk mengisi daya ponsel adalah untuk mentransfer data ke perangkat lain. Kabel data tipe C atau USB tipe C ini memiliki bentuk yang mirip dengan micro USB.

Dan kini sudah banyak ponsel flagship yang menggunakan jenis kabel data tipe C. Saat kamu membeli smartphone maka akan disertakan dengan kabel data tipe C orisinal bawaan perangkat. Hanya saja, kabel data ini lebih cepat rusak dan hilang karena ukurannya yang kecil sehingga kita pun harus menggantinya dengan yang baru.

Namun, kini ada banyak sekali jenis kabel data yang dijual di pasaran sehingga membuat kita bingung dalam memilih. Selain harga yang dijual juga bervariasi, kualitas dari kabel pun juga sangat beragam. Jika asal membeli, justru kita malah bisa mendapatkan kabel dengan kualitas rendah yang mudah rusak.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memilih kabel data berkualitas agar jangka pemakaiannya lebih lama. Dan sebelum itu, ada baiknya pula untuk mengetahui beberapa jenis kabel data yang umum digunakan agar kamu tidak salah membeli.

Perbedaan antara Micro USB dan Kabel Data Tipe C

Meski kabel data tipe C memiliki bentuk yang mirip dan fungsi yang sama dengan micro USB, tetap saja kedua kabel ini memiliki perbedaan. Kabel data tipe C merupakan penerus dari kabel micro USB yang mulai digunakan pada tahun 2013.

Perbedaannya terletak pada ujung steker yang mana kabel data tipe C dapat ditancapkan bolak-balik karena memiliki bentuk yang simetris. Sementara kabel micro USB harus ditancapkan dengan orientasi yang sesuai karena memiliki bentuk yang berbeda pada kedua sisinya satu melengkung dan satu datar.

Perbedaan lainnya juga terdapat pada kemampuan kabel dalam mentransfer data. Kabel micro USB ini memiliki kecepatan transfer hingga 5Gbps dengan output daya maksimal berkapasitas 5V dan 1.8A.

Sedangkan kabel data tipe C memiliki kecepatan transfer yang lebih tinggi, yakni hingga 10Gbps dengan output daya maksimal 20V dan 5A. Kabel data tipe C pun juga lebih unggul karena plug USB ini memiliki 24 pin yang juga bisa digunakan untuk mengantarkan data digital, audio, power, hingga video.

Jenis Kabel Data yang Umum Digunakan

Kabel Data Tipe A

Kabel data yang umum digunakan dalam berbagai perangkat elektronik dan gadget ini hadir dalam beberapa jenis. Salah satu yang juga umum digunakan adalah kabel data tipe A. Kabel dengan bentuk lebih lebar ini biasa digunakan pada perangkat elektronik, komputer, dan konsol game yang menggunakan jenis port USB 3.0, USB 2.0, hingga USB 1.1. Kabel USB tipe A ini juga ada dalam dua ukuran, yakni mini dan micro.

Micro USB

Kabel micro USB umum digunakan pada perangkat smartphone versi menengah ke bawah, PDA, kamera digital, dan berbagai perangkat lainnya. Jenis kabel ini pertama kali digunakan pada tahun 2008 dan hadir dalam 2 jenis, yakni micro USB tipe A dan micro USB tipe B.

Perbedaan dari keduanya terletak pada bagian ujung konektornya. Micro USB tipe A memiliki bentuk yang pipih dan lebar dengan ujung besi yang lurus pada kedua sisinya. Sementara micro USB tipe B kedua ujung besinya sedikit melengkung. Namun, untuk kecepatan transfer data yang dimiliki keduanya sama, yakni 480 Mbps.

Kabel Data Tipe C

Kabel data tipe C merupakan jenis kabel generasi terbaru dengan berbagai keunggulan. Salah satunya terletak pada kecepatan transfernya. Selain itu kabel data tipe C juga dapat menghantar tegangan supply bi-directional power hingga mencapai 20V dan 5A. Oleh karena itu, jenis kabel data tipe C lebih banyak digunakan saat ini, terutama pada perangkat yang membutuhkan arus lebih besar.

Kabel Data Tipe B

Jenis lain kabel USB yang juga umum digunakan adalah kabel data tipe B. Penggunaan kabel data yang satu ini memang tidak sepopuler USB tipe C dan micro USB. Jenis kabel ini biasa digunakan pada perangkat tambahan seperti hard drive eksternal, printer, dan scanner. Bentuknya mirip dengan kabel data tipe A, hanya saja kabel data tipe B hadir dalam 3 ukuran, yakni standar, mini, dan macro dengan versi 2.0 dan 3.0.

Rekomendasi Kabel Data Tipe C untuk Semua Jenis Gadget

Recci Armor USB Cable Type-C 2.4A Fast Charging

Recci Armor USB Cable Type-C 2.4A Fast Charging merupakan kabel data kualitas terbaik yang terbuat dari high purity OFC wire untuk performa yang lebih baik. Agar lebih tahan lama, kabel juga dilapisi dengan bahan nilon dan jaket fishing-net fiber.

Panjang kabel 100 cm dan dapat digunakan untuk mengisi daya dan mentransfer data dengan cepat. Hebatnya lagi, kabel data seri Amor milik Recci ini memiliki garansi seumur hidup, lho! Kamu akan mendapatkan penggantian kabel sebanyak 1 kali jika terjadi kerusakan dan kamu bisa mengklaimnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Harga Rp. 239.000-498.000

Essager Kabel Charger USB 3.1 Type C-AM18

Essager Kabel Charger USB 3.1 Type C-AM18 bisa kamu gunakan untuk mengganti kabel data tipe C yang telah rusak. Kabel ini bisa digunakan untuk mentransfer data dari smartphone ke PC atau sebaliknya.

Kecepatan transfer yang dimiliki kabel ini super cepat, yakni hingga 60MBps. Penggunaan kabel pun mudah karena bisa langsung digunakan tanpa membutuhkan instalasi driver. Kabel ini juga kompatibel dengan semua perangkat yang memiliki port USB tipe C.

Harga Rp. 33.150-42.000

Remax USB Type-C RC-044a

Remax USB Type-C RC-044a hadir dengan desain flat yang unik sehingga mudah disimpan. Desain kabel yang tidak mudah kusut ini juga membuat kabel jadi lebih awet. Ujung port kabel pun memiliki desain yang ergonomis dengan panjang kabel 100 cm.

Kabel dapat digunakan untuk menstransfer data dan mengisi daya smartphone dengan cepat. Tentunya kabel ini juga kompatibel digunakan pada berbagai jenis perangkat dengan port USB tipe C.

Harga Rp. 39.000-49.500

Uneed Kabel USB Type-C Stainless Steel UCB12C

Uneed Kabel USB Type-C Stainless Steel UCB12C merupakan kabel yang tangguh dan kuat karena berlapis dengan material stainless steel. Bahan tembaga inti yang digunakan kabel ini juga berlapis timah sehingga dapat mencegah karat karena antioksidasi.

Kabel Uneed ini pun dapat mentransfer data maupun mengisi daya ponsel dengan cepat, maksimal 2.1A. Kabel berkualitas ini pun kompatibel dengan semua jenis perangkat yang menggunakan port USB tipe C.

Harga Rp. 41.650-60.000

Wsken X-Cable Mini 2

Wsken X-Cable Mini 2 dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone dengan cara yang unik. Tanpa menggunakan cara plug, kabel ini justru terhubung pada perangkat secara magnetik dengan cepat.

Dengan metal magnetic micro USB charging cable, kamu cukup mendekatkan kabel charge pada magnetic USB dan kabel pun akan terpasang dengan mudah. Untuk melepaskan kabel pun juga sangat mudah.

Kabel data yang satu ini terbuat dari material nilon dan logam berkualitas yang antikarat. Selain memiliki kecepatan transfer data yang mumpuni, kabel data ini juga kompatibel dengan semua jenis smartphone dengan micro USB dan lighting.

Harga Rp. 155.000-159.000

Delcell Veto Type USB C Kabel Data

Delcell Veto Type USB C Kabel Data merupakan kabel yang kompatibel dengan semua tipe smartphone Android. Kabel dapat digunakan untuk mentransfer data dan mengisi daya ponsel dengan cepat. Kabel dengan panjang 100 cm ini terbuat dari material berkualitas yang tahan lama. Kabel ini pun hadir dalam pilihan warna hitam dan silver.

Harga Rp. 19.000-30.000

Aukey CB-CD3 USB Type C

Jika kamu membutuhkan kabel data yang mendukung pengisian daya cepat, Aukey CB-CD3 USB Type C bisa kamu pilih. Material kabel dari nilon A-C dan aluminium alloy yang awet. Konektor USB tipe C-nya dapat dibongkar dan memiliki 6000+ umur tikungan yang menghubungkan dan dapat menahan aus dan robek.

Kabel juga dibuat lebih panjang daripada kabel data pada umumnya, yakni 2 meter. Kecepatan pengisian daya dan transfer data kabel USB ini hingga 5Gbps dan kompatibel dengan perangkat yang menggunakan port USB USB 3.1 Gen 1 (USB 3.0).

Kabel ini juga mendukung Qualcomm Quick Charge dan Samsung Adaptive Fast Charging yang dapat digunakan pada perangkat LG G5 / G6 / V20, HTC 10, Samsung Galaxy S8 / S8 Plus / Note 8 atau perangkat lain yang kompatibel.

Harga Rp. 110.000-363.000

Mcdodo Auto Disconnect Type C Data Cable

Mcdodo Auto Disconnect Type C Data Cable hadir dengan keunggulan Auto Disconnect yang secara otomatis akan memutus arus listrik saat baterai ponsel telah terisi penuh. Selain mendukung pengisian daya ponsel yang aman, kabel data ini juga dapat digunakan untuk mentransfer data dengan cepat karena mendukung fitur fast charging.

Kabel terbuat dari bahan zinc alloy, nylon fabric, dan soft nylon braided fabric jacket yang berkualitas sehingga akan awet dipakai lama.

Harga Rp. 85.000-158.000

Baseus Charger USB Tipe C Kabel Data

Baseus Charger USB Tipe C Kabel Data ini kompatibel dengan perangkat yang menggabungkan pengisian daya dan sinkronisasi data melalui kabel. Kamu bisa menggunakan port tipe C atau adaptor lightning. Panjang kabel 230 cm yang dapat dilipat dan mudah disimpan dengan desain gesper.

Bahan kabel terbuat dari aluminum shell dan armor wire berkualitas tinggi yang menjadikan kabel lebih kuat, aman, awet, serta tahan oksidasi. Kabel yang dapat menghantar daya hingga 2.4A ini juga tidak cepat rusak meski digunakan pada arus tinggi yang kuat sekali pun.

Harga Rp. 56.200-158.000

Kabel Data Hippo Caby 2 Type C

Kabel Data Hippo Caby 2 Type C ini merupakan USB cable charging tercepat yang hadir sebagai inovasi terbaru. Kabel ini dapat digunakan pada perangkat yang memiliki port micro USB tipe C. Bahan kabel terbuat dari TPE polimer yang sangat alot dan lentur.

Bahan ini tidak mudah pecah atau patah dan tahan terhadap perubahan cuaca dan sinar UV serta tentunya juga ramah lingkungan. Sementara kepala USB dan kepala connector terbuat dari bahan ABS yang juga awet. Kabel sepanjang 2m ini dapat mentransfer data dengan cepat dengan maksimal output 2A. Dan kabel ini pun telah lulus RoHS Certificated, lho!

Harga Rp. 12.990-25.000
From our editorial team

Yuk, Miliki Kabel Data Type C Baru yang Lebih Berkualitas!

Jika kabel USB yang dimiliki sudah rusak, maka kita sering menggantinya dengan membeli kabel USB baru. Hanya saja saat membeli kita cenderung memilih kabel USB dengan harga murah tanpa peduli dengan kualitas kabel. Padahal membeli kabel berkualitas bisa menghemat pengeluaran sehingga kita tidak perlu sering gonta-ganti kabel USB yang cepat sekali rusak.