10 Rekomendasi Game Ini Populer Banget di Play Store dan Banyak Digemari Pengguna Smartphone (2018)

10 Rekomendasi Game Ini Populer Banget di Play Store dan Banyak Digemari Pengguna Smartphone (2018)

Hampir setiap orang memiliki smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni sesuai dengan kebutuhannya sehari-hari. Buat kamu yang sedang bosan atau sedang rehat saat beraktivitas, cobalah rekomendasi game populer yang bisa diunduh dari Play Store ini. Dijamin, rasa bosan hilang dan hatimu semakin senang. Yuk, ikuti artikel ini bersama BP-Guide!

Tahun 2018 Ini Cukup Banyak Game Terpopuler dan Terbaik yang Muncul di Play Store

Sumber gambar www.techworm.net

Tak hanya jadi alat komunikasi semata, kini smartphone juga bisa jadi alat permainan seru yang dapat dibawa ke mana saja. Terlebih, saat ini banyak permainan virtual atau game yang hadir dan bisa diunduh secara gratis juga berbayar melalui Play Store. Cukup dengan spesifikasi ponsel pintar yang mumpuni dan kapasitas media penyimpanan yang luas, kamu bisa memainkan aneka game.

Ada berbagai jenis game yang bisa kamu dapati di Play Store. Mulai dari dating simulation, riddle, cooking game hingga adventure game yang banyak dipilih oleh para gamer. Permainan virtual ini bisa membantu kamu terhindar dari rasa bosan saat berada di perjalanan atau ketika istirahat sejenak dari pekerjaan.

Mengapa Sih Sebuah Game Menjadi Banyak Diminati?

Sumber gambar soranews24.com

Dari masa ke masa, popularitas permainan memang tak pernah pudar meski kemasannya berbeda-beda. Jika dahulu lebih mengandalkan fisik untuk bermain permainan seru, kini tersedia banyak game untuk mengadu kecerdasan serta keahlian dalam mengusung strategi. Selain keseruan tersebut, kira-kira faktor apa lagi yang menjadikan game begitu diminati?

Gameplay Oke

Sumber gambar www.wsj.com

Gameplay dalam sebuah permainan bisa diartikan sebagai pola atau cara tertentu yang menghubungkan game dengan pemain. Hal ini meliputi plot juga aturan permainan yang berlaku di dalam game. Aspek ini berpengaruh pada kenyamanan serta keseruan bermain.

Tidak jarang ada permainan virtual yang ditinggalkan karena pemain merasa gameplay tidak oke atau kurang masuk akal sehingga merugikan para partisipan. Oleh sebab itu, game-game populer dan berkualitas biasanya mengusung gameplay yang bisa diterima, adil dan dapat dimainkan secara leluasa serta nyaman.

Grafis Cukup Memanjakan

Sumber gambar makeuseof.com

Sebelum game diluncurkan, biasanya calon pemain akan diberi trailer atau teaser dengan tampilan yang indah dan seru. Tentu saja, hal ini kemudian menumbuhkan ekspektasi agar permainan virtual didukung grafis apik agar game terasa lebih nyaman dan bisa memanjakan mata.

Tampilan grafis pada game tidak terbatas pada keindahan semata. Grafis yang baik dan bagus juga bisa memudahkan pemain dalam mengenali karakter, latar serta item-item yang ada di permainan. Hal ini tentu saja bisa berpengaruh pada performa pemain sehingga tampilan grafis jadi salah satu faktor penting yang mendukung kenyamanan bermain game.

Kompetitif

Sumber gambar liquipel.com

Untuk membuat permainan lebih seru, tidak jarang ada tantangan-tantangan di dalam game. Mulai dari peningkatan level, memperoleh posisi tertentu hingga mendapat item langka. Hal ini bukan tanpa sebab dimunculkan. Mendukung suasana kompetisi di dalam game agar terasa real, maka banyak developer yang mengusung level-level dengan tingkat kesulitan tersendiri.

Faktor ini juga yang mendorong sifat kompetitif para pemain sehingga tidak heran jika kemudian permainan virtual menjadi salah satu ajang perlombaan yang diwujudkan di dunia nyata. Tidak sekadar bermain, para game yang berkompetisi juga harus pandai menyusun strategi agar bisa menang dalam permainan dan tentunya, ini perlu disokong oleh kemampuan yang mumpuni.

10 Game Terpopuler 2018 yang Wajib Kamu Mainkan saat Ini juga

Sumber gambar tech-wd.com

Bagi kamu yang ada di era milenial mungkin tidak asing lagi dengan game yang sedang booming. Berikut game-game terpopuler di tahun 2018 yang bisa kamu mainkan.

Mobile Legends: Bang Bang

Sumber gambar ngareview.com

Mengusung grafis yang ciamik, game yang diterbitkan oleh Montoon ini jadi salah satu game terpopuler di tahun 2018. Mobile Legends: Bang Bang atau sering juga disebut dengan istilah ML adalah game yang mengusung konsep adventure alias petualangan dengan mode pemain berkelompok. Pemain akan dilibatkan dalam battle alias pertarungan untuk saling memperebutkan wilayah musuh serta menghancurkan tantangan juga musuh yang menghadang.

Setiap tim diisi oleh lima pemain yang mengendalikan avatar masing-masing dari perangkat mereka. Avatar ini juga dikenal dengan istilah “hero” dan dibagi lagi menjadi beberapa klasifikasi karakter seperti helcurt, assassin, tank, fighter, mage, marksman dan support. Klasifikasi ini akan terbagi lagi dalam bentuk avatar yang bisa kamu pilih sesuai dengan kekuatan mereka masing-masing. Seru, kan?

Selain hadirnya avatar dalam bentuk yang menarik dan berkarakter, Mobile Legends jug a diminati karena sering menggelar event bahkan kompetisi kelompok antar negara. Kamu bisa melihat setiap kabar terbarunya melalui situs resmi Mobile Legends.

Free Fire

Sumber gambar www.mastekno.com

Masuk jajaran game terpopuler di tahun 2018 setelah berhasil menyabet sekitar 50 juta pengunduh dalam waktu 3 bulan, Free Fire adalah game bertema pertarungan dengan konsep gameplay sederhana. Permainan ini bisa dimainkan secara berkelompok hingga 4 orang juga dilengkapi dengan voice chat untuk berkomunikasi antar pemain.

Termasuk dalam genre survival game, pemain dalam permainan ini akan terjun ke pulau terpencil dan dipaksa untuk bertahan hidup sampai keluar sebagai pemenang akhir. Kamu harus mendarat secara sempurna dengan parasut kemudian mencari berbagai macam item termasuk senjata untuk bertahan hidup dengan risiko tantangan yang ada di tiap lokasi.

Game besutan Garena ini juga menghadirkan berbagai karakter dengan tampilan menarik yang bisa dipilih. Mulai dari kapten yang jadi karakter terbaru, Paloma sebagai ratu senjata di dunia kejahatan, Kelly si atlet lari SMA dengan pakaian berwarna kuning cerah, Nikita si pengawal profesional dan masih banyak lagi.

PUBG Mobile

Sumber gambar www.dailystar.co.uk

Didesain oleh Brendan Green dan dikembangkan oleh PUBG Corporation serta Bluehole, PUBG alias PlayerUnknown’s Battlegrounds ini meraih penghargaan bertitel “The Game Award for Best Multiplayer Game” dengan pencapaian penjualan 50 juta unit video game. Game ini awalnya adalah game yang dimainkan di personal computer alias PC dan modifikasi dari game H1Z1.

Grafis dari PUBG Mobile mumpuni sehingga membuat kamu nyaman bermain. Untuk gameplay sendiri, kamu harus mengalahkan musuh-musuh yang ada dan keluar sebagai pemenang akhir. Game ini melibatkan berbagai jenis senjata dengan karakter-karakter yang bisa kamu pilih.

Arena of Valor

Sumber gambar nintendo-europe.com

Merupakan game besutan dari Garena, permainan satu ini jadi game berkonsep petualangan yang juga digemari dan populer di tahun 2018. Arena of Valor atau disebut juga dengan AoV ini memiliki grafis yang halus dan terasa lebih real. Telah diunduh setidaknya sejumlah 100 juta, game ini akan mengajak kamu dalam pertempuran seru yang bisa dimainkan secara berkelompok.

Game yang dikembangkan Garena bersama Timi Studio Group ini menghadirkan karakter yang masih dikenal dengan sebutan “hero”. Kamu bisa memilih Peura yang memiliki tampilan bak peri dengan julukan “Guardian of the Glade” atau Thane “The Protector” yang kelihatan gagah dan berani dengan perisai, baju perang juga pedang.

Game Arena of Valor juga masuk menjadi permainan yang dimainkan dalam esports. Agaknya, event-event yang diusung oleh Arena of Valor ini juga jadi salah satu faktor mengapa game bergenre petualangan multipemain ini begitu disukai. Tertarik?

Rules of Survival

Sumber gambar apps4.life

Permainan bergenre battle royale game ini dikembangkan serta diterbitkan oleh NetEase dengan mode multiplayer. Permainan ini seru karena pemain harus menghadapi tantangan untuk bertahan hidup setelah diterjunkan di pulau terpencil tanpa senjata. Pemain yang bisa bertahan hingga akhir adalah pemenangnya. Kamu harus bergerak cepat karena zona aman tempat kamu tinggal akan cepat menghilang.

Grafis dari Rules of Survivor ini patut diapresiasi karena tampilan yang mulus. Ada berbagai lokasi yang bisa kamu jelajahi mulai dari pertokoan hingga padang rumput. Cari senjata dan mulailah bertarung untuk melindungi diri. Kamu bisa berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain menggunakan kendaraan yang tersedia. Game yang sempat menuai pro dan kontra ini bisa dimainkan sendiri atau juga berkelompok.

Lineage 2 Revolution

Sumber gambar www.inigame.id

Game Lineage 2 Revolution yang dikembangkan oleh Netmarble Neo ini mengusung genre MMORPG alias massive multiplayer online role-playing game. Memiliki grafis ciamik dengan gameplay yang oke, game telah diunduh sebanyak 5 juta kali sejak peluncurannya di bulan Maret 2018. Permainan ini memungkinkan kamu melawan pemain lainnya secara langsung sehingga suasana battle pun akan semakin menyemarakkan keseruan saat bermain game.

Kamu juga akan dimanjakan dengan penampilan lokasi yang indah dengan grafis berkualitas tinggi disokong Unreal Engine 4. Game ini mengisahkan keruntuhan Kerajaan Elmoreden yang berimbas pada datangnya masa kegelapan serta memicu terjadinya pertempuran.

Ada karakter-karakter seru yang bisa kamu pilih dalam game ini. Mulai dari manusia, elf yang berpenampilan layaknya peri dengan telinga panjang meruncing serta pakaian indah, dark elf yang ahli dalam sihir gelap serta kurcaci yang tampil imut tapi kuat dan cekatan.

Knives Out

Sumber gambar gamehubs.com

NetEase kembali menghadirkan game berkualitas dengan slogan “No Rules, Just Fight” bergenre battle royale. Mengusung area pemetaan lebih besar, game Knives Out ini bisa diikuti hingga 100 pemain dalam tema modern. Pemain juga akan dimanjakan dengan grafis mulus yang mumpuni.

Game ini dimulai ketika pemain harus memilih tempat untuk terjun. Setelah itu, pemain harus menunggu pemain lain untuk bertanding. Pemain yang bertahan hingga akhir adalah pemenangnya. Kamu juga bisa mengarahkan karakter untuk mencoba berbagai senjata yang ada serta menelusuri lokasi-lokasi untuk mencari item tertentu.

Legacy of Discord

Sumber gambar duniagames.co.id

Salah satu game RPG sarat aksi yang bisa dijajal adalah Legacy Of Discord. Game besutan GTArcade ini didukung oleh grafis cukup apik dan berbagai macam karakter untuk kamu pilih.

Ada sorceress yang menguasai elemen es dan bisa menggunakannya untuk menghancurkan musuh, Bladedancer yang tampil garang dengan mulut tertutup dan menguasai elemen elektrik dengan kekuatan kecepatan cahaya untuk membingungkan musuh serta Berserker, master api yang tampil megah dengan sayap dan pedang api.

Legacy Of Discord juga menghadirkan berbagai macam event untuk kamu ikuti. Battle ini juga menentukan ranking para pemain dengan reward yang sesuai. Peringkat ini terbagi menjadi dua klasifikasi yakni guild dan personal.

Crisis Action

Sumber gambar youtube.com

Crisis Action bergenre massively multiplayer online first-person shooter alias MMOFPS ini diterbitkan oleh Dongyang Han serta Hero Game. Mengusung platform Android serta iOS untuk meraih pemain lebih mudah, game ini menghadirkan pengalaman bermain permainan menembak didukung area lokasi yang luas serta jumlah senjata yang beragam.

Game ini menyajikan permainan dengan sudut pandang orang pertama di kamera. Di Crisis Action, kamu akan dihadapkan pada musuh yang harus dihabisi dengan cara menembak. Kamu bisa memilih di antara 8 gameplay yang ada.

Asyiknya, selain dimainkan secara daring alias online, game ini juga bisa dimainkan secara offline. Pada mode offline, kamu akan melawan bots. Jangan khawatir, karena tidak kalah seru dari saat kamu memainkan secara online dan ini bisa jadi ajang latihan sebelum terjun ke battle sebenarnya.

Lords Mobile

Sumber gambar youtube.com

Tak bisa dipungkiri jika game sekarang bukan hanya mengandalkan fisik, terlebih permainan virtual. Meski tampaknya sederhana, game ternyata juga mengasah kemampuan serta kecerdikan pemain dalam menyusun strategi untuk mengalahkan lawan. Salah satu game yang mengusung konsep strategi ini adalah Lords Mobile.

Game yang mengusung genre MMORTS alias massively multiplayer online real-time ini diluncurkan oleh I Got Game sebagai penerbit dan pengembang. Sudah tersedia di Android serta iOS, game ini akan membawa kamu pada pertarungan melawan pemain lain.

Tampilan karakter di sini memang tidak segahar karakter pada game petualangan sejenis karena terlihat lebih lucu nan imut. Namun, tetap saja menarik dengan dukungan warna serta lokasi pertempuran yang seru serta suasana menegangkan.

Keseruan game ini didukung oleh grafis yang menarik serta mengasah kemampuan kamu dalam menyusun formasi pasukan serta mengatur rencana penyerangan. Kamu juga harus cermat memilih hero di dalam game ini karena akan berpengaruh pada performa permainan tim. Kamu harus bisa melihat, skill dari hero mana yang bisa memaksimalkan kekuatan kelompok dalam pertempuran. Agaknya, game ini memang cocok buat kamu yang suka bermain game secara berkelompok. Tertarik?

From our editorial team

Jadi, Kamu Suka Game Mana?

Dari beberapa rekomendasi game di Playstore ini, ada yang pernah kamu mainkan dong? Nah, memang kepopuleran game ini dapat membuat beberapa dari kita ketagihan bahkan sampai lupa waktu. Ada baiknya memang memilih waktu yang benar-benar luang untuk memainkan permainan ini, ya.