9 Rekomendasi SSD Termurah namun Berkualitas untuk Mengoptimalkan Kinerja PC atau Laptop (2020)

9 Rekomendasi SSD Termurah namun Berkualitas untuk Mengoptimalkan Kinerja PC atau Laptop (2020)

PC atau laptop sudah umum digunakan dalam keseharian untuk bekerja maupun keperluan lainnya. PC yang sudah terpakai lama kinerjanya bisa saja menurun sehingga seringkali menimbulkan error dan lama dalam merespons. Salah satu solusinya adalah mengganti HDD dengan SSD yang lebih andal dan bisa membuat PC berjalan lebih cepat.

Pekerjaan Bisa Lancar jika PC atau Laptop Didukung SSD Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Laptop menjadi salah satu media untuk bekerja dan mengolah data bagi kebanyakan orang. Jika dalam keseharian Anda juga bekerja menggunakan laptop, pastinya Anda membutuhkan laptop dengan performa yang baik agar pekerjaan bisa selesai dengan cepat dan lancar. Namun, tidak semua laptop memiliki performa yang bagus jika digunakan untuk membuka beberapa tugas sekaligus. Terlebih jika digunakan untuk menjalankan software yang memakan memori cukup besar.

Salah satu solusi untuk meningkatkan kinerja laptop agar berjalan dengan optimal dan jadi lebih cepat adalah dengan meng-upgrade ruang penyimpanannya. Perangkat yang umum diganti untuk meningkatkan kinerja laptop agar jadi lebih cepat adalah harddisk. Selain harddisk juga ada media penyimpanan baru yang lebih andal dalam meningkatkan kinerja laptop, yakni SSD (Solid State Drive).

SSD sebagai media penyimpanan mulai populer digunakan karena dapat membuat laptop atau PC dapat bekerja jadi lebih cepat. Tidak hanya itu saja, SSD juga memiliki kemampuan mentransfer data yang jauh lebih cepat dibanding harddisk. Dengan kemampuannya tersebut maka harga jual SSD jadi lebih tinggi ketimbang harddisk. Walau demikian, kini sudah banyak pilihan untuk SSD dengan harga yang terjangkau.

Perlu juga untuk diketahui bahwa SSD hadir dalam beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi laptop Anda. Jadi, Anda tidak bisa asal membeli SSD karena jika spesifikasi SSD dan laptop Anda tidak sesuai maka SSD tidak akan dapat digunakan. Karena itu penting sekali untuk mengetahui lebih dulu jenis SSD dan spesifikasi laptop sebelum membeli.

Jenis-jenis SSD yang Perlu Diketahui

SATA

Sumber gambar www.kccomputers.in

SATA (Serial ATA) merupakan teknologi yang sudah umum digunakan untuk menghubungkan media penyimpanan dengan motherboard. Nah, SSD pun juga hadir untuk jalur SATA ini. SSD SATA terhubung ke motherboard menggunakan dua jenis konektor, yakni konektor SATA 3 berukuran 2,5 inci yang umum digunakan pada harddisk SATA dan konektor M.2 SATA.

M.2 SATA merupakan konektor jenis baru yang saat ini sudah terdapat pada laptop keluaran terbaru. SSD SATA memiliki kecepatan baca sekitar 500MB/s dan kecepatan tulis 160MB/s yang jauh lebih cepat 300% – 500% dari harddisk SATA. Untuk harga, SSD SATA ini pun lebih murah ketimbang SSD PCIe.

SSD 2,5 Inci

Sumber gambar www.alibaba.com

SSD 2,5 inci juga termasuk dalam jenis SSD termurah yang bentuknya mirip dengan HDD 2.5 dengan ketebalan dan format yang sama. SSD jenis ini juga ideal untuk menggantikan harddisk laptop yang telah usang dan tidak lagi bekerja dengan optimal.

Untuk kecepatannya, SSD 2,5 inci memiliki kecepatan baca sekitar 550 MB/s dan 500MB/s untuk kecepatan tulis. SSD jenis ini pun sudah cukup untuk meningkatkan kinerja laptop dan mempercepat proses booting. Nah, Anda yang memiliki laptop yang mulai lemot bisa mempertimbangkan untuk mengganti ruang penyimpanannya dengan SSD ini.

SSD PCIe

Sumber gambar newsmir.info

Satu lagi jenis SSD yang perlu Anda ketahui sebelum membeli SSD adalah SSD PCIe atau yang disebut juga dengan storage NVME (Non-Volatile Memory Express). Merupakan jenis SSD yang kecepatannya melebihi SSD SATA, yakni mencapai 3,5 GBPS. SSD jenis ini cocok untuk para gamer yang dan orang-orang yang membutuhkan kinerja dan performa laptop yang handal dan cepat.

Slot yang digunakan untuk SSD PCIe ini sama dengan yang biasa digunakan untuk WAN card, WiFi card, dan yang lainnya. Namun, tidak semua jenis motherboard yang memiliki jalur untuk PCIe. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli SSD jenis ini, ketahui dulu apakah motherboard laptop Anda memiliki jalur untuk bisa terhubung dengan SSD PCIe ini atau tidak.

9 Rekomendasi SSD Termurah

SSD Galax Gamer L Series 480GB

SSD Galax Gamer L Series 480GB cocok untuk laptop atau PC yang ditujukan untuk bermain game karena kecepatan dan kinerjanya yang konsisten dan andal.

SSD ini 400% lebih cepat ketimbang HDD dan ditenagai oleh pengontrol Quad Core PS3110-S10 SATA III. SSD ini juga kompatibel dengan semua perangkat yang dilengkapi SATA, baik mini PC, dekstop gaming, ultralight, hingga laptop.

SSD yang didesain untuk penggunaan energi yang lebih efisien ini menghasilkan konsumsi daya yang rendah sehingga perangkat pun jadi lebih awet. SSD ini pun juga mendukung mode DevSleep sehingga lebih hemat energi.

Kecepatan baca dari SSD ini 560 MB/s dan kecepatan tulisnya 540 MB/s. Anda yang ingin segera mengganti ruang penyimpanan dengan yang lebih besar agar laptop dapat bekerja optimal, SSD Galax Gamer ini bisa menjadi pilihan tepat.

Harga Rp. 760.000-1.057.500

SSD Kingston 480GB

SSD Kingston 480GB juga masuk dalam kategori SSD termurah yang bisa Anda jadikan pilihan. SSD ini dinyatakan memiliki kecepatan 10 kali lipat dibanding HDD 7200 RPM sehingga jika laptop Anda masih menggunakan HDD, sebaiknya segera ganti dengan SSD dari Kingston ini untuk mendapatkan performa laptop yang lebih baik.

Kecepatan baca SSD 550 MB/s dan kecepatan tulis 500 MB/s yang menggunakan kontroller Marvell 88SS1074 dan TLC NAND. SSD ini diklaim lebih awet karena dirancang tahan terhadap getaran maupun guncangan. Dengan meng-upgrade laptop Anda menggunakan SSD ini, maka kecepatan laptop dalam memuat, mentransfer, hingga booting jadi lebih cepat karena menggunakan interface SATA 3 6Gb/s.

Harga Rp. 559.000-1.022.000

Colorful SL300 SSD 120GB Sata 3

Colorful SL300 SSD 120GB Sata 3 merupakan SSD termurah yang menggunakan antarmuka SATA dan pengontrol SMI dengan teknologi 3D TLC NAND Flash.

Teknologi ini memungkinkan untuk memperpanjang kinerja dan stabilitas SSD sehingga tahan lebih lama. SSD berukuran 2,5 inci ini memiliki kecepatan baca 500 MB/s dan kecepatan tulis 400 MB/s. Kecepatan luar biasa yang dimiliki SSD ini membuat loading game berukuran besar jadi lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, Anda yang bekerja mengolah data multimedia berukuran besar juga akan merasakan kecepatan laptop dalam mengakses file dan menjalankan berbagai software.

Tentunya kecepatan laptop yang menjadi lebih baik membuat Anda jadi lebih produktif dan nyaman dalam bekerja tanpa hambatan atau error karena beban kerja laptop yang berlebihan.

Harga Rp. 300.000-364.000

Verbatim SSD Vi550 S3 128GB

SSD termurah yang juga dapat meningkatkan kinerja laptop Anda menjadi lebih baik adalah Verbatim SSD Vi550 S3 128GB. SSD ini dibuat dengan teknologi flash NAND 3D yang mutakhir dan dilengkapi dengan pengontrol phison. Kecepatan transfer sekuensial dari SSD menggunakan tolok ukur Transfer Data Kinerja Host Host (ATTO).

Kecepatan baca SSD ini mencapai 560 MB/s dan kecepatan tulisnya 535 MB/s. SSD ini menggunakan antarmuka SATA Revision 3.2, SATA 1.5 Gbps, 3Gbps, dan 6Gbps. SSD ini sangat cocok untuk perangkat berbasis HDD. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang masih belum menemukan SSD yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Harga Rp. 375.000-500.000

WD Green SSD 240GB Sata 3

SSD termurah berikutnya adalah WD Green SSD 240GB Sata 3 yang memiliki ukuran 2,5 inci dengan ketebalan 7 mm. SSD yang dibekali teknologi caching SLC (single-level cell) ini menggunakan antarmuka SATA 3. Penggunaannya lebih cocok untuk laptop harian yang tidak menjalankan tugas berat dan hanya digunakan untuk mengakses internet atau menjalankan software dan game ringan.

Anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan data jika SSD terbentur atau terjatuh karena produk ini telah dirancang tahan terhadap guncangan. SSD ini juga membuat performa laptop jadi lebih baik namun lebih hemat daya dengan konsumsi daya yang rendah sehingga menjadikan perangkat tahan lebih lama. SSD ini juga telah disertifikasi F.I.T. Lab dari WD untuk kompatibilitas dan keandalannya.

Harga Rp. 565.000-635.000

SSD V-GEN 120GB

SSD termurah yang juga bisa Anda andalkan untuk meningkatkan kinerja laptop kesayangan adalah SSD V-GEN 120GB. SSD yang satu ini meski memiliki harga yang terjangkau namun kualitasnya tak jauh beda dengan SSD keluaran produsen kelas atas. SSD ini memiliki kecepatan baca hingga 530 MB/s dan kecepatan tulis 450 MB/s.

Sementara chipset yang ditanamkan dalam SSD ini adalah milik Samsung yang jelas memiliki kualitas terjamin. SSD dengan antarmuka SATA 3-6 GB/s ini juga mendukung UDMA Mode 6., TRIM, S.M.A.R.T, Garbage Collection, Write Cache, Host Protect Area, APM, dan NCQ. Sistem keamanan AES 256-Bit Full Disk Encryption (FDE) menjamin perlindungan penuh untuk produk ini.

Harga Rp. 370.000-1.755.000

Sandisk SSD 240GB

Sandisk SSD 240GB menjadi pilihan berikutnya untuk SSD termurah namun dapat membuat laptop berjalan lebih cepat. SSD ini mampu membuat waktu booting dan shutdown jadi lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, SSD dari SanDisk juga dapat meningkatkan kinerja laptop secara keseluruhan baik dalam merespons aplikasi maupun transfer data.

SSD berbasis NAND flash tipe TLC dan SLC Caching ini memiliki kecepatan tulis mencapai 445 MB/s dan 535 MB/s untuk kecepatan baca.

Anda bisa menggunakannya untuk laptop maupun PC desktop dan dapat memberikan pengalaman yang lebih cepat dalam bermain game maupun menjalankan berbagai aplikasi dan software berukuran besar.

Harga Rp. 590.000-679.000

SSD Crucial BX500 120GB

Lelah dengan laptop yang berjalan lambat dan lama dalam merespons aplikasi dan software? SSD Crucial BX500 120GB ini bisa Anda jadikan pilihan untuk membuat laptop berjalan jadi lebih cepat. Baik dalam membuat file hingga waktu booting. SSD ini memiliki kecepatan baca maksimal 540 MB/s dan kecepatan tulis 500 MB/s yang mendukung antarmuka SATA III.

Media penyimpanan tipe storage SSD internal ini pun menggunakan flash memory type micron 3D NAND yang membuat laptop bekerja lebih cepat secara keseluruhan. Dengan meng-upgrade laptop menggunakan penyimpanan SSD ini maka perangkat Anda akan bekerja jauh lebih optimal.

Harga Rp. 430.000-950.000

SSD Transcend TS128

SSD Transcend TS128 merupakan SSD termurah yang menggunakan antarmuka PCI Express® Gen3 x4 dengan dukungan standar NVMe terbaru. SSD jenis PCIe ini cocok untuk laptop atau PC dengan tujuan penggunaan untuk menyimpan, menjalankan, dan mengolah file-file berukuran besar. SSD ini juga mengandalkan memori flash NAND 3D sehingga memberikan kecepatan transfer yang luar biasa dan tentunya menjadikan kinerja PC jauh lebih baik dan optimal.

Kecepatan baca SSD ini 1800 MB/s dan 1500 MB/s untuk kecepatan tulis. SSD ini juga telah memiliki sertifikat CE / FCC / BSMI dan kompatibel dengan sistem operasi Microsoft Windows 7 dan Microsoft Windows 8 (dengan driver tambahan), Microsoft Windows 10, Kernel Linux 2.6.31, atau yang lebih baru.

Harga Rp. 440.000-480.000
From our editorial team

Yuk, Gunakan SSD Termurah Ini untuk KInerja Komputer yang Super Cepat

Komputer yang lama dalam merespons dapat menghambat pekerjaan dan jelas membuat mood untuk bekerja jadi menurun. Untuk mengatasinya Anda bisa mengganti harddisk lama dengan SSD termurah namun dengan kualitas yang dapat diandalkan. Dan ingat, sebelum membeli SSD pastikan spesifikasinya sesuai dengan komputer yang Anda gunakan.