30 Rekomendasi Para Ahli SSD Termurah namun Berkualitas untuk Mengoptimalkan Kinerja PC atau Laptop (2022)

30 Rekomendasi Para Ahli SSD Termurah namun Berkualitas untuk Mengoptimalkan Kinerja PC atau Laptop (2022)

PC atau laptop sudah umum digunakan dalam keseharian untuk bekerja maupun keperluan lainnya. PC yang sudah terpakai lama kinerjanya bisa saja menurun sehingga seringkali menimbulkan error dan lama dalam merespons. Salah satu solusinya adalah mengganti HDD dengan SSD yang lebih andal dan bisa membuat PC berjalan lebih cepat.

Pekerjaan Bisa Lancar jika PC atau Laptop Didukung SSD Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Laptop menjadi salah satu media untuk bekerja dan mengolah data bagi kebanyakan orang. Jika dalam keseharian Anda juga bekerja menggunakan laptop, pastinya Anda membutuhkan laptop dengan performa yang baik agar pekerjaan bisa selesai dengan cepat dan lancar. Namun, tidak semua laptop memiliki performa yang bagus jika digunakan untuk membuka beberapa tugas sekaligus. Terlebih jika digunakan untuk menjalankan software yang memakan memori cukup besar.

Salah satu solusi untuk meningkatkan kinerja laptop agar berjalan dengan optimal dan jadi lebih cepat adalah dengan meng-upgrade ruang penyimpanannya. Perangkat yang umum diganti untuk meningkatkan kinerja laptop agar jadi lebih cepat adalah harddisk. Selain harddisk juga ada media penyimpanan baru yang lebih andal dalam meningkatkan kinerja laptop, yakni SSD (Solid State Drive).

SSD sebagai media penyimpanan mulai populer digunakan karena dapat membuat laptop atau PC dapat bekerja jadi lebih cepat. Tidak hanya itu saja, SSD juga memiliki kemampuan mentransfer data yang jauh lebih cepat dibanding harddisk. Dengan kemampuannya tersebut maka harga jual SSD jadi lebih tinggi ketimbang harddisk. Walau demikian, kini sudah banyak pilihan untuk SSD dengan harga yang terjangkau.

Perlu juga untuk diketahui bahwa SSD hadir dalam beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi laptop Anda. Jadi, Anda tidak bisa asal membeli SSD karena jika spesifikasi SSD dan laptop Anda tidak sesuai maka SSD tidak akan dapat digunakan. Karena itu penting sekali untuk mengetahui lebih dulu jenis SSD dan spesifikasi laptop sebelum membeli.

Jenis-jenis SSD yang Perlu Diketahui

SATA

Sumber gambar www.kccomputers.in

SATA (Serial ATA) merupakan teknologi yang sudah umum digunakan untuk menghubungkan media penyimpanan dengan motherboard. Nah, SSD pun juga hadir untuk jalur SATA ini. SSD SATA terhubung ke motherboard menggunakan dua jenis konektor, yakni konektor SATA 3 berukuran 2,5 inci yang umum digunakan pada harddisk SATA dan konektor M.2 SATA.

M.2 SATA merupakan konektor jenis baru yang saat ini sudah terdapat pada laptop keluaran terbaru. SSD SATA memiliki kecepatan baca sekitar 500MB/s dan kecepatan tulis 160MB/s yang jauh lebih cepat 300% – 500% dari harddisk SATA. Untuk harga, SSD SATA ini pun lebih murah ketimbang SSD PCIe.

SSD 2,5 Inci

Sumber gambar www.alibaba.com

SSD 2,5 inci juga termasuk dalam jenis SSD termurah yang bentuknya mirip dengan HDD 2.5 dengan ketebalan dan format yang sama. SSD jenis ini juga ideal untuk menggantikan harddisk laptop yang telah usang dan tidak lagi bekerja dengan optimal.

Untuk kecepatannya, SSD 2,5 inci memiliki kecepatan baca sekitar 550 MB/s dan 500MB/s untuk kecepatan tulis. SSD jenis ini pun sudah cukup untuk meningkatkan kinerja laptop dan mempercepat proses booting. Nah, Anda yang memiliki laptop yang mulai lemot bisa mempertimbangkan untuk mengganti ruang penyimpanannya dengan SSD ini.

SSD PCIe

Sumber gambar newsmir.info

Satu lagi jenis SSD yang perlu Anda ketahui sebelum membeli SSD adalah SSD PCIe atau yang disebut juga dengan storage NVME (Non-Volatile Memory Express). Merupakan jenis SSD yang kecepatannya melebihi SSD SATA, yakni mencapai 3,5 GBPS. SSD jenis ini cocok untuk para gamer yang dan orang-orang yang membutuhkan kinerja dan performa laptop yang handal dan cepat.

Slot yang digunakan untuk SSD PCIe ini sama dengan yang biasa digunakan untuk WAN card, WiFi card, dan yang lainnya. Namun, tidak semua jenis motherboard yang memiliki jalur untuk PCIe. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli SSD jenis ini, ketahui dulu apakah motherboard laptop Anda memiliki jalur untuk bisa terhubung dengan SSD PCIe ini atau tidak.

Cara Memilih SSD yang Terbaik

Berdasarkan Tipe atau Interface

Sumber gambar inovation

Sebelum mempertimbangkan untuk membeli SSD, hal pertama yang harus diperiksa adalah kompatibilitas SSD dengan perangkat utama, apakah antarmukanya kompatibel atau tidak. Ada beberapa jenis antarmuka, seperti SATA, PCIe atau USB untuk SSD eksternal. Ada juga jenis SSD baru yang disebut NVME yang menawarkan daya tahan dan kecepatan baca data yang lebih baik daripada jenis SATA.

Kapasitas SSD

Sumber gambar visitmontanejos

Berapa banyak penyimpanan didasarkan pada ukuran data yang Anda butuhkan dan berapa banyak dana yang Anda miliki. Untuk kebutuhan kritis dan untuk membantu daily driver, lebih baik memilih 500 GB atau lebih. Di sisi lain, jika hanya untuk mendongkrak kinerja PC atau laptop Anda dan Anda menyimpan data di perangkat lain, maka 240 GB atau kurang sudah lebih dari cukup.

Daya Tahan SSD

Sumber gambar techpower

Karena penggunaan papan sirkuit tunggal, produk SSD di atas kertas memiliki daya tahan yang jauh lebih unggul dibandingkan hard drive konvensional. Mereka dapat menahan guncangan dan benturan, air dan debu. Namun, meskipun demikian, Anda harus menjaga kondisi perangkat yang menggunakan SSD dengan benar tanpa mengalami turbulensi yang tidak semestinya.

Berdasarkan Kecepatan

Sumber gambar anandtech

Meskipun keuntungan utama SSD secara umum adalah lebih cepat daripada yang lain, mari Anda lihat beberapa model dalam hal tingkat kecepatan yang ditawarkan. Ada beberapa yang menawarkan kinerja startup yang optimal atau untuk multitasking dan grafis.

30 Rekomendasi SSD Termurah

Berdasarkan Tipe dan Jenis Konektor

1. SSD Crucial BX500 120GB, Laptop Bekerja Lebih Optimal

Lelah dengan laptop yang berjalan lambat dan lama dalam merespons aplikasi dan software? SSD Crucial BX500 120GB ini bisa Anda jadikan pilihan untuk membuat laptop berjalan jadi lebih cepat. Baik dalam membuat file hingga waktu booting. SSD ini memiliki kecepatan baca maksimal 540 MB/s dan kecepatan tulis 500 MB/s yang mendukung antarmuka SATA III.

Media penyimpanan tipe storage SSD internal ini pun menggunakan flash memory type micron 3D NAND yang membuat laptop bekerja lebih cepat secara keseluruhan. Dengan meng-upgrade laptop menggunakan penyimpanan SSD ini maka perangkat Anda akan bekerja jauh lebih optimal.

Harga Rp. 430.000-950.000

2. Samsung SSD 860 EVO 1TB, Kompatibel untuk Perangkat Lama

Samsung tidak mau ketinggalan dalam persaingan di pasar SSD. Tanpa ragu, perusahaan elektronik asal Korea ini telah meluncurkan hard drive SSD untuk laptop atau PC dengan kapasitas 1TB, kecepatan transfer data yang tidak bisa bercanda, mencapai 550MB/s dengan dukungan koneksi USB 3.0.

Pada SSD juga terdapat software Samsung Controller untuk pengelolaan password dan pemulihan data. Rata-rata konsumsi daya mencapai 3,0 W dan maksimum 4,0 W (mode continuous shooting). Sedangkan suhu bisa naik hingga 70 derajat Celcius untuk angka tertinggi.

Harga Rp. 2.231.000-4.500.000

3. V-Gen SSD M.2, Cocok Untuk Perangkat Modern

V-Gen adalah mantan pemain di perangkat penyimpanan dari Micro SD dan sekarang merek V-Gen sudah mulai muncul dari Memory, SSD dan USB Flashdisk. Perlu Anda ketahui bahwa merek ini biasanya mengimpor chipset dari Samsung.

SSD ini terkenal murah karena hardware yang digunakan V-Gen murah, berbeda dengan merek lain. V-Gen M.2 128GB SSD menggunakan chipset SM2259XT, kecepatan baca 509,98MB/s dan kecepatan tulis 431,13MB/s.

Secara umum performanya cukup baik, meski tidak sebagus SSD merek lain, namun jika melihat harga SSD V-Gen M.2 ini, Anda akan tetap menganggap produk SSD ini layak untuk dibeli.

Harga Rp. 238.000-1.740.000

4. Adata SSD XPG SX8200 Pro, Sangat Cocok untuk Para Profesional

SSD dari Adata ini memiliki kecepatan baca/tulis hingga 3500 Mbps / 3000 Mbps. Penghematan energi yang luar biasa dan kontrol termal yang efektif menjaga SSD ini agar tidak terlalu panas saat digunakan. SSD ini juga mendukung spesifikasi NVMe 1.3 yang dilengkapi dengan perlindungan data end-to-end.

Dilengkapi dengan pengontrol SMI SM2262EN dan fungsi caching SLC, SSD ini menawarkan kinerja dan efisiensi data yang lebih baik. SSD ini cocok untuk para gamer dan profesional yang membutuhkan performa terbaik dan kapasitas besar.

Harga Rp. 628.000-3.928.000

5. RX7 M.2 NVME Sata 128GB, Kompatibel untuk PC dan Laptop Terkini

Salah satu cara untuk mendapatkan laptop hebat dengan harga murah adalah dengan membeli laptop kelas bawah dan meningkatkan penyimpanan internal ke SSD. Anda dapat melakukannya dengan mudah dan murah dengan menggunakan produk ini. Jika Anda mencari e-niaga apa pun, RX7 adalah SSD NVME M.2 termurah yang dapat Anda temukan.

Kapasitas 128GB lebih dari cukup untuk satu tempat meletakkan Windows dan sistem operasi lainnya. Booting akan lebih cepat daripada hard drive standar. Koneksi masih Sata, kecepatan tulis dan baca juga sekitar 500, tapi semua itu sudah lebih dari cukup untuk proses perhitungan.

NVME sata dengan tipe 2280 kompatibel dengan semua perangkat komputasi (PC) dan laptop modern. Mudah diatur dan dipasang tanpa mekanisme pembaruan perangkat lunak dan sejenisnya. Harganya sangat murah, cocok juga untuk yang baru pertama kali mencoba mengupgrade SSD, bahkan mencoba SSD standar.

Harga Rp. 180.000-1.690.000

6. Seagate BarraCuda SSD SATA III, Efiseinsi Daya Lebih Irit

Seagate BarraCuda SSD 500GB SATA III berukuran 2,5 inci dengan ketebalan 7mm. Dapat digunakan untuk komputer atau laptop yang menggunakan port SATA untuk penyimpanan, Anda juga dapat menambahkan case SSD sehingga Anda dapat membuat penyimpanan eksternal, baik itu komputer, laptop, smartphone atau tablet.

Harga SSD ini di pasaran cukup terjangkau karena SSD ini menggunakan memori Flash 3D TLC NAND Toshiba. Bagi Anda yang masih menganggap kapasitasnya terbatas namun harganya mahal, SSD ini menggunakan SLC atau Single Level Cell.

Kemudian dikembangkan dengan MLC atau yang biasa dikenal dengan Multi Level Cell, kini TLC 3D dalam chip silikon, 3 sel level terintegrasi sehingga memiliki 3 kali kapasitas SLC dalam ukuran yang sama, sehingga harga SSD per GB bisa lebih murah.

Harga Rp. 917.000-1.406.000

7. Seagate Expansion SSD Eksternal USB 3.0, Mendukung Mobilitas Tinggi

SSD Eksternal USB 3.0 Seagate Expansion 500GB ini adalah SSD eksternal portabel kecil, cocok untuk mereka yang suka bepergian, baik pribadi maupun bisnis. SSD eksternal ini lebih kecil dari SSD eksternal biasa, sehingga Anda dapat membawanya kemana saja, dan memiliki kapasitas yang cukup untuk menyimpan foto, video, atau file lainnya.

SSD yang dapat diperluas dari Seagate ini hanya memakan sedikit ruang di saku Anda, menyediakan pencadangan solid-state eksternal yang cepat dan mudah untuk laptop Anda, dan juga cukup mudah untuk diterapkan. SSD ini cocok untuk mereka yang banyak bekerja.
Tidak hanya dapat digunakan secara langsung, tetapi juga didukung oleh kinerja solid-state hingga 400MB/s untuk mentransfer foto atau video dari SSD eksternal ini ke laptop. Tidak ada perangkat lunak dan tidak perlu menginstal apa pun, cukup drag and drop file dengan mudah.

SSD ekspansi dari Seagate ini dapat langsung digunakan dan berfungsi dengan Windows dan Mac. Sesuai dengan keinginan Seagate, SSD ini dirancang untuk kehidupan yang sangat mobile.

Harga Rp. 1.345.000-4.690.000

8. Adata SSD SU650 Ultimate 240GB 2.5” SATA 3, Fitur SLC dan Teknologi ECC

Adata SU650 Ultimate 240GB 2.5" SATA III SSD tampaknya menjadi pilihan SSD yang ideal untuk pengguna PC saat ini, dengan fitur seperti cache SLC yang ditingkatkan.

Selain fungsi SLC, juga didukung teknologi ECC, shock resistance dan MTBF (mean time to failure) yang sangat lama hingga 2 juta jam. Adata juga menawarkan garansi 3 tahun. SSD ini dilengkapi dengan software yang berguna, yaitu ADATA SSD Toolbox dan Migration Utility.

Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengelola SU650, mulai dari informasi tingkat keausan, kesehatan drive, dan masa pakai, akan sangat membantu untuk mengontrol SSD Anda dengan mudah.

Harga Rp. 259.000-1.950.000

9. SSD Corsair Force LE200 240GB, Interface SATA 3 yang Cepat

Anda dapat memilih SSD Corsair ini jika Anda sedang mencari SSD yang dapat mendongkrak kinerja komputer Anda. Produk ini memiliki kapasitas 240 GB dengan penerapan teknologi SATA 3. Dengan penggunaan teknologi ini, SSD ini mampu memberikan kapasitas booting hingga 6 GB per detik.

Corsair juga menggabungkan kompatibilitas mundur dengan SATA I dan II. Selain kapasitas 240GB, Corsair juga membuat kapasitas dari 120GB hingga 1TB.

Harga Rp. 740.000-1.600.000

10. SSD Galax Gamer L Series 480GB, KInerja Kosisten dan Handal

SSD Galax Gamer L Series 480GB cocok untuk laptop atau PC yang ditujukan untuk bermain game karena kecepatan dan kinerjanya yang konsisten dan andal.

SSD ini 400% lebih cepat ketimbang HDD dan ditenagai oleh pengontrol Quad Core PS3110-S10 SATA III. SSD ini juga kompatibel dengan semua perangkat yang dilengkapi SATA, baik mini PC, dekstop gaming, ultralight, hingga laptop.

SSD yang didesain untuk penggunaan energi yang lebih efisien ini menghasilkan konsumsi daya yang rendah sehingga perangkat pun jadi lebih awet. SSD ini pun juga mendukung mode DevSleep sehingga lebih hemat energi.

Kecepatan baca dari SSD ini 560 MB/s dan kecepatan tulisnya 540 MB/s. Anda yang ingin segera mengganti ruang penyimpanan dengan yang lebih besar agar laptop dapat bekerja optimal, SSD Galax Gamer ini bisa menjadi pilihan tepat.

Harga Rp. 760.000-1.057.500

11. Colorful SL300 SSD 120GB Sata 3, Bekerja Tanpa Hambatan

Colorful SL300 SSD 120GB Sata 3 merupakan SSD termurah yang menggunakan antarmuka SATA dan pengontrol SMI dengan teknologi 3D TLC NAND Flash.

Teknologi ini memungkinkan untuk memperpanjang kinerja dan stabilitas SSD sehingga tahan lebih lama. SSD berukuran 2,5 inci ini memiliki kecepatan baca 500 MB/s dan kecepatan tulis 400 MB/s. Kecepatan luar biasa yang dimiliki SSD ini membuat loading game berukuran besar jadi lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, Anda yang bekerja mengolah data multimedia berukuran besar juga akan merasakan kecepatan laptop dalam mengakses file dan menjalankan berbagai software.

Tentunya kecepatan laptop yang menjadi lebih baik membuat Anda jadi lebih produktif dan nyaman dalam bekerja tanpa hambatan atau error karena beban kerja laptop yang berlebihan.

Harga Rp. 300.000-364.000

Berdasarkan Kapasitas

12. SSD V-Gen 128 GB, Kompatibel dengan Beragam Motherboard

V-Gen menawarkan berbagai SSD yang cukup berkualitas untuk kebutuhan komputasi dasar sehari-hari. Kapasitas 120 GB-nya dapat menyimpan berbagai jenis data atau dokumen. Sedangkan kecepatan transfer data maksimalnya sendiri bisa mencapai 410-510MB per detik.

Keamanan data Anda di perangkat ini terjamin berkat sistem enkripsi perangkat, yang dapat Anda konfigurasikan melalui menu konfigurasi. Ukurannya sesuai dengan standar umum, 2,5 inci.

Harga Rp. 198.000-1.198.000

13. WD Green SSD 240GB Sata 3, Membuat Performa Laptop Jadi Lebih Baik

SSD termurah berikutnya adalah WD Green SSD 240GB Sata 3 yang memiliki ukuran 2,5 inci dengan ketebalan 7 mm. SSD yang dibekali teknologi caching SLC (single-level cell) ini menggunakan antarmuka SATA 3. Penggunaannya lebih cocok untuk laptop harian yang tidak menjalankan tugas berat dan hanya digunakan untuk mengakses internet atau menjalankan software dan game ringan.

Anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan data jika SSD terbentur atau terjatuh karena produk ini telah dirancang tahan terhadap guncangan. SSD ini juga membuat performa laptop jadi lebih baik namun lebih hemat daya dengan konsumsi daya yang rendah sehingga menjadikan perangkat tahan lebih lama. SSD ini juga telah disertifikasi F.I.T. Lab dari WD untuk kompatibilitas dan keandalannya.

Harga Rp. 565.000-635.000

14. Crucial SATA Internal SSD 2TB, Kapasitas Super Besar

Bosan dengan SSD dengan kapasitas terbatas? Silahkan lirik SSD Crusial ini. Tidak main-main, Crusial menghasilkan SSD internal 2TB yang sangat besar. Saat menggunakan produk ini, kami menjamin Anda tidak akan merasa kehabisan ruang penyimpanan lagi.

Selain memperkecil ukuran, Crucial juga membuat SSD ini mampu membaca dan menulis data dengan kecepatan yang cukup tinggi. Kecepatan baca SSD adalah 560 Mbps. Sedangkan kecepatan tulisnya sekitar 510 Mbps. Selain itu, SSD Crusial ini juga dirancang untuk efisiensi tinggi, sehingga hanya menggunakan sedikit daya dan memberikan kinerja tinggi.

Harga Rp. 619.000-5.707.000

Berdasarkan Daya Tahan SSD

15. SSD V-GEN 120GB, Tingkatkan Kinerja Laptop

SSD termurah yang juga bisa Anda andalkan untuk meningkatkan kinerja laptop kesayangan adalah SSD V-GEN 120GB. SSD yang satu ini meski memiliki harga yang terjangkau namun kualitasnya tak jauh beda dengan SSD keluaran produsen kelas atas. SSD ini memiliki kecepatan baca hingga 530 MB/s dan kecepatan tulis 450 MB/s.

Sementara chipset yang ditanamkan dalam SSD ini adalah milik Samsung yang jelas memiliki kualitas terjamin. SSD dengan antarmuka SATA 3-6 GB/s ini juga mendukung UDMA Mode 6., TRIM, S.M.A.R.T, Garbage Collection, Write Cache, Host Protect Area, APM, dan NCQ. Sistem keamanan AES 256-Bit Full Disk Encryption (FDE) menjamin perlindungan penuh untuk produk ini.

Harga Rp. 370.000-1.755.000

16. Adata XPG SD700X External SSD, SSD yang Super Tangguh

Jika Anda seorang gamer yang membutuhkan SSD tangguh untuk bermain game, Anda bisa memilih produk ini. Kecepatan baca/tulis SSD ini 4 kali lebih cepat dari HDD internal di Xbox One dan PS4. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menunggu loading game yang ingin Anda mainkan.

XPG SD700X adalah SSD gaming bersertifikat IP68 pertama dengan fitur waterproof, dustproof, dan shockproof sesuai standar US Army. Memang SSD ini diklaim mampu bertahan di air sedalam 1,5 meter selama 1 jam!

Harga Rp. 685.000-3.870.000

17. Vivan SSD Portable, SSD ini Kuat, Kokoh dan Anti Guncangan

SSD ini memiliki motto "Sangat cepat, sangat tangguh dan sangat ringan". Apakah sesuai dengan aslinya? Diakui, SSD ini memiliki kecepatan transfer data hingga 550MB/s, kecepatan baca yang cukup tinggi yang membuatnya responsif saat memuat dan mentransfer data serta meningkatkan kinerja sistem di komputer.

Performa yang lebih baik dan lebih stabil dapat diandalkan dan memiliki fitur perlindungan data yang terjamin, yaitu enkripsi perangkat keras 256-bit. SSD ini kuat, kokoh dan tahan goncangan karena sudah diuji langsung oleh penjualnya, SSD Vivan ini bisa lolos uji yang ketat, di desain tahan goncangan. SSD ini bisa digunakan di laptop atau komputer dengan sistem biasa.

Sistem pencatatan data SSD aktif menggunakan chip memori flash sehingga tidak ada suara bising saat memutar CD. Desainnya yang minimalis membuat SSD ini lebih ringan dan mudah dibawa-bawa, namun yang perlu Anda ketahui adalah SSD ini masih perlu menggunakan casing eksternal agar kata portable dalam judul SSD bisa berfungsi.

Harga Rp. 319.000-625.000

18. Seagate Fast SSD External 250GB, Tahan Terhadap Guncangan

Produk ini termasuk dalam kategori hard drive SSD eksternal. Ukuran kompak dan ringan membuatnya mudah dibawa kemana saja dan menghemat ruang di saku Anda. Permukaannya terbuat dari logam yang halus, tahan benturan dan futuristik.

Dengan kecepatan baca/tulis sekuensial maksimum, mentransfer beberapa file tercepat bukanlah hal yang mustahil. Kecepatan baca dan tulis file bisa mencapai maksimal 540MB per detik. Apalagi perangkat ini juga didukung dengan koneksi USB Type-C 3.1.

Harga Rp. 1.780.000-5.200.000

19. Gloway SSD Fervent Series 240GB, Tahan Lama Dalam Penggunaan

Meskipun merek ini tidak terlalu terkenal dibandingkan merek lain, namun cukup diminati oleh banyak orang karena memiliki garansi yang panjang dengan ketahanan benturan dan tahan terhadap kondisi ekstrim pada suhu -40 hingga 85 derajat Celcius.Antarmuka menggunakan SATA3 dapat mencapai 6 Gbps. Gloway mengklaim bahwa umur produk ini bisa mencapai 100 juta jam.

SSD ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur premium. Beberapa dari mereka termasuk S.M.A.R.T, ECC dan TRIM. Ditambah lagi, dengan garansi 3 tahun, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kerusakan saat menggunakan SSD ini.

Harga Rp. 560.000-2.436.000

Berdasarkan Kecepatan Transfer

20. SSD Tammuz M740 NVME M.2 256GB, Teknologi Canggih Hadirkan Performa Cepat

SSD ini adalah sejenis NVME yang tertanam di laptop. Produk ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Tammuz berhasil menerapkan teknologi SSD Korea, membantu mesin membaca kecepatan hingga 2GB/s.

Ini juga berisi berbagai fitur untuk memanjakan pengguna. Salah satunya adalah DRAM cache yang sangat berguna untuk meningkatkan performa hingga 10-15%. Selain itu, ada fungsi S.M.A.R.T yang memberi tahu Anda jika ada kemungkinan masalah.

Selain kedua fitur tersebut, ada fitur lain yang disebut ECC yang dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik daripada SSD lain dan fungsi TRIM untuk mengatur sendiri ruang data yang kosong. negara produk

Harga Rp. 1.027.000-1.044.000

21. Western Digital Black SSD 500GB SN750, Sangat Cocok untuk Gaming

SSD WD Black 500GB SN750 ini sangat cocok untuk para gamers karena untuk menyimpan banyak game dan kecepatan download game harus cepat. SSD ini memiliki peningkatan kinerja yang akan membuat perbedaan besar dibandingkan dengan hard drive. Misalnya kecepatan loading saat menjalankan game.

Selain itu, WD Black SSD ini dirancang khusus untuk bermain game karena desain heatsink ramping yang terpasang di dalamnya. Oleh karena itu, WD memprioritaskan untuk membidik segmen gaming yang menjanjikan performa SSD optimal dalam jangka panjang dan konsisten. Desain ini akan membantu menjaga panas SSD sekaligus memberikan kinerja yang sangat tinggi.

Fitur menarik lainnya yang jarang ditemukan pada SSD merek lain adalah adanya software khusus untuk SSD ini. Dalam live demo selama showcase SSD ini, WD Black menunjukkan performa yang luar biasa. Dengan kapasitas baca 3300.7MB/s dan kecepatan tulis 3006.4MB/s, SSD ini memang layak disebut sebagai SSD terbaik untuk gaming.

Harga Rp. 970.000-1.535.000

22. Team Group GX2 512GB SATA III SSD, Dilengkapi Fitur S.M.A.R.T dan TRIM

Team Group tidak ketinggalan memperkenalkan SSD berperforma tinggi. Seri GX2, yang hadir dalam kapasitas 512 GB, dapat memberikan kinerja hingga 4x lebih cepat daripada hard drive. Kecepatan baca datanya sendiri mencapai 530 MB/s. Sedangkan kecepatan tulisnya adalah 430MB per detik.

Ukurannya yang hanya 2,5 inci memungkinkannya untuk diintegrasikan ke dalam laptop atau notebook berukuran 7 mm atau kurang. Team Group juga mengintegrasikan fitur-fitur canggih ke dalam SSD SATA III ini, seperti S.M.A.R.T dan TRIM. SSD ini juga kompatibel dengan berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS dan Linux.

Harga Rp. 710.000-1.736.000

23. Samsung SSD 970 EVO PLUS NVMe M.2, Dilengkapi Teknologi Intelligent TurboWrite yang Canggih

Di awal tahun 2019, Samsung mengejutkan pasar SSD dengan meluncurkan seri 970 SSD berperforma tinggi, yakni 970 EVO Plus NVMe M.2. Samsung telah memperbarui penggunaan flash Samsung V-NAND MLC NAND 3-bit layer 96-layer yang dikombinasikan dengan pengontrol Samsung Phoenix yang mampu memberikan kinerja baca dan tulis sekuensial tinggi masing-masing hingga 3500MB/s dan 3200 MB/s. .

Hal ini juga tidak terlepas dari dukungan protokol NVMe dan koneksi M.2 dengan antarmuka PCI Express 3.0 x 4 (bandwidth teoritis 39
0 MB/s) yang digunakan pada SSD ini. SSD 970 EVO Plus selain memberikan spesifikasi yang tinggi, SSD ini tidak mengalami perubahan daya tahan mencapai hingga 300 TBW.

SSD ini sangat cocok untuk digunakan sebagai hard drive utama bagi pengguna PC anggaran yang ingin merasakan performa tinggi dari SSD dengan faktor bentuk M.2. Samsung 970 EVO Plus dilengkapi dengan teknologi Intelligent TurboWrite, sehingga Anda dapat memanfaatkan SSD ini untuk mendongkrak performa di berbagai sistem PC.

Harga Rp. 989.000-4.674.000

24. Western Digital SSD Blue NAND 500GB Sata 3, Performa Super Kencang

WD Blue 3D NAND 500GB SATA III 3D SSD adalah merek SSD terbaik yang menawarkan kapasitas besar dan membaca dan menulis ultra cepat. Hard drive SSD ini akan sangat bagus untuk mereka yang memiliki ukuran file besar dan menginginkan kinerja dan kecepatan terbaik untuk mengaksesnya.

Western Digital telah mencoba membuat SSD dengan banyak fitur canggih. Mulai dari kemampuan menghemat daya hingga 25%, hingga desain menggunakan main board untuk melindungi SSD dari guncangan kuat. Kapasitas 500 GB dengan teknologi SATA 3 dan dapat membaca dan menulis data hingga 550 MB per detik. Ukurannya 2,5 inci sesuai dengan ukuran hard drive umum.

SSD ini setara dengan NAND 3D lainnya, tetapi lebih berkelas daripada NAND 2D yang lebih lama. Produk ini pasti menjadi pilihan penyimpanan yang hebat, dengan kapasitas yang jauh lebih besar untuk mengisi dokumen, peningkatan efisiensi daya yang signifikan, dan kinerja yang jauh lebih cepat daripada hard drive.

Dari segi performa, SSD WD Blue 3D NAND mencapai 530.7MB/s untuk kecepatan baca dan 479.2MB/s untuk kecepatan tulis dan dikatakan sebagai SSD terbaik dan tercepat di pasaran dengan teknologi 3D NAND yang tersedia saat ini. Dengan harga SSD ini sekitar 900 ribu dan siap masuk ke SSD laptop atau komputer idaman anda.

Harga Rp. 550.000-2.216.000

25. SSD Kingston 480GB, Booting Jadi Lebih Cepat

SSD Kingston 480GB juga masuk dalam kategori SSD termurah yang bisa Anda jadikan pilihan. SSD ini dinyatakan memiliki kecepatan 10 kali lipat dibanding HDD 7200 RPM sehingga jika laptop Anda masih menggunakan HDD, sebaiknya segera ganti dengan SSD dari Kingston ini untuk mendapatkan performa laptop yang lebih baik.

Kecepatan baca SSD 550 MB/s dan kecepatan tulis 500 MB/s yang menggunakan kontroller Marvell 88SS1074 dan TLC NAND. SSD ini diklaim lebih awet karena dirancang tahan terhadap getaran maupun guncangan. Dengan meng-upgrade laptop Anda menggunakan SSD ini, maka kecepatan laptop dalam memuat, mentransfer, hingga booting jadi lebih cepat karena menggunakan interface SATA 3 6Gb/s.

Harga Rp. 559.000-1.022.000

26. Verbatim SSD Vi550 S3 128GB, Dibuat dengan Teknologi yang Canggih

SSD termurah yang juga dapat meningkatkan kinerja laptop Anda menjadi lebih baik adalah Verbatim SSD Vi550 S3 128GB. SSD ini dibuat dengan teknologi flash NAND 3D yang mutakhir dan dilengkapi dengan pengontrol phison. Kecepatan transfer sekuensial dari SSD menggunakan tolak ukur Transfer Data Kinerja Host Host (ATTO).

Kecepatan baca SSD ini mencapai 560 MB/s dan kecepatan tulisnya 535 MB/s. SSD ini menggunakan antarmuka SATA Revision 3.2, SATA 1.5 Gbps, 3Gbps, dan 6Gbps. SSD ini sangat cocok untuk perangkat berbasis HDD. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang masih belum menemukan SSD yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Harga Rp. 375.000-500.000

27. Sandisk SSD 240GB, Buat waktu Booting dan Shutdown Jadi Lebih Cepat.

Sandisk SSD 240GB menjadi pilihan berikutnya untuk SSD termurah namun dapat membuat laptop berjalan lebih cepat. SSD ini mampu membuat waktu booting dan shutdown jadi lebih cepat.

Tidak hanya itu saja, SSD dari SanDisk juga dapat meningkatkan kinerja laptop secara keseluruhan baik dalam merespons aplikasi maupun transfer data.

SSD berbasis NAND flash tipe TLC dan SLC Caching ini memiliki kecepatan tulis mencapai 445 MB/s dan 535 MB/s untuk kecepatan baca.

Anda bisa menggunakannya untuk laptop maupun PC desktop dan dapat memberikan pengalaman yang lebih cepat dalam bermain game maupun menjalankan berbagai aplikasi dan software berukuran besar.

Harga Rp. 590.000-679.000

28. SSD Transcend TS128, Mampu Menyimpan File-file Besar

SSD Transcend TS128 merupakan SSD termurah yang menggunakan antarmuka PCI Express® Gen3 x4 dengan dukungan standar NVMe terbaru. SSD jenis PCIe ini cocok untuk laptop atau PC dengan tujuan penggunaan untuk menyimpan, menjalankan, dan mengolah file-file berukuran besar.

SSD ini juga mengandalkan memori flash NAND 3D sehingga memberikan kecepatan transfer yang luar biasa dan tentunya menjadikan kinerja PC jauh lebih baik dan optimal. Kecepatan baca SSD ini 1800 MB/s dan 1500 MB/s untuk kecepatan tulis.

SSD ini juga telah memiliki sertifikat CE / FCC / BSMI dan kompatibel dengan sistem operasi Microsoft Windows 7 dan Microsoft Windows 8 (dengan driver tambahan), Microsoft Windows 10, Kernel Linux 2.6.31, atau yang lebih baru.

Harga Rp. 440.000-480.000

29. Western Digital SanDisk Extreme Pro Portable SSD, Kecepatan Transfer Hingga 1.050 MBps

Kami merekomendasikan produk ini kepada teman-teman yang mencari SSD eksternal dengan kecepatan transfer tinggi. Dengan teknologi NVMe, SSD ini memiliki kecepatan transfer hingga 1.050 Mbps. Namun, harap dicatat bahwa kinerja juga dipengaruhi oleh ruang disk, perangkat penyimpanan, dan sistem operasi.

Desain SSD ini dikatakan sangat kokoh dengan bodi aluminium tempa. Fungsinya untuk melindungi inti SSD dan mengurangi panas. Selain itu, SSD ini juga telah terbukti mampu menahan tekanan air hingga 30 kPa selama 3 menit. Sehingga Anda bisa membawanya saat bepergian ke banyak tempat dengan berbagai kondisi yang berbeda.

Harga Rp. 1.175.000-7.927.000

30. Samsung Portable SSD T7, SSDPortabel Super Cepat

Produk ini dilengkapi dengan teknologi NVMe PCIe sehingga Anda dapat mentransfer file berukuran besar dalam hitungan detik. Sistem keamanan perangkat keras SSD ini juga menggunakan kata sandi terenkripsi AES 256-bit.

Selain itu, produk ini memiliki fitur Dynamic Thermal Guard yang membantu menahan dan mengontrol panas. SSD ini akan selalu berada pada suhu optimal bahkan pada kecepatan tinggi. Jika Anda bekerja di depan komputer untuk waktu yang lama, SSD ini cocok untuk Anda.

Harga Rp. 1.120.000-2.121.000
From our editorial team

Yuk, Gunakan SSD Termurah Ini untuk KInerja Komputer yang Super Cepat

Komputer yang lama dalam merespons dapat menghambat pekerjaan dan jelas membuat mood untuk bekerja jadi menurun. Untuk mengatasinya Anda bisa mengganti harddisk lama dengan SSD termurah namun dengan kualitas yang dapat diandalkan. Dan ingat, sebelum membeli SSD pastikan spesifikasinya sesuai dengan komputer yang Anda gunakan.