10 Rekomendasi Tablet dengan Layar Luas untuk Keperluan Bisnis dan Multimedia (2020)

10 Rekomendasi Tablet dengan Layar Luas untuk Keperluan Bisnis dan Multimedia (2020)

Sumber gambar phonearena.com

Dibandingkan dengan laptop, tablet tentu lebih praktis dan nyaman untuk Anda yang punya mobilitas tinggi. Terlebih lagi, kini tablet bisa dihubungkan dengan wireless keyboard sehingga juga bisa menjalankan tugas-tugas yang biasa dikerjakan di laptop. Berikut ada rekomendasi tablet dengan layar luas terbaik versi BP-Guide.

Tablet Layar Luas Membuat Pengguna Lebih Puas

Sumber gambar samsung.com

Pada masa di mana internet bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja, tablet secara perlahan juga menjadi kebutuhan tersendiri. Terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan harus mengakses pekerjaan dari mana saja dan di mana saja. Membawa laptop bisa merepotkan, sementara layar handphone yang kecil membuat pandangan menjadi kurang nyaman.

Itulah mnengapa tablet banyak menjadi pilihan. Layar tablet yang lebih luas dari handphone, namun lebih ramping dan ringan dari laptop adalah solusi yang sempurna. Layar tablet sangat mempengaruhi kenyamanan bagi penggunanya. Semakin luas layar tablet, tentu pandangan menjadi semakin lega.

Layar tablet sendiri hadir dalam banyak variasi, mulai dari 7 inci hingga 10 inci. Anda yang menginginkan tablet dengan layar luas, bisa memilih antara 8 inci atau 10 inci. Tenang saja, meski layar tablet luas, namun banyak yang menghadirkan desain ramping dan ringan agar tetap mudah dibawa, kok.

Tips Memilih Tablet yang Sesuai Kebutuhan

Perhatikan Ukuran Layar Tablet

Sumber gambar workingdaddy.co.uk

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli tablet adalah ukuran layarnya. Jika Anda mencari tablet dengan ukuran layar yang luas, maka pilihannya antara 8 inci dan 20 inci. Buat Anda yang menggunakan tablet dengan satu tangan dan tujuan penggunaannya seperti membaca buku atau komik, maka tablet dengan luas 8 inci adalah pilihan tepat.

Sementara jika tujuan penggunaan tablet adalah untuk mengedit dokumen, menonton film atau video, layar seluas 10 inci akan memberikan kelegaan dan kenyamanan. Tablet 10 inci juga bisa disambungkan dengan wireless keyboard jika ingin difungsikan sebagai mini PC.

Pastikan Ruang Penyimpanannya Cukup

Sumber gambar www.neilsquire.ca

Sama seperti gadget pada umumnya, tablet juga memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang cukup. Apabila Anda termasuk jarang menggunakan tablet dan hanya memerlukannya untuk menyimpan dokumen yang ringan, maka kapasitas 16 GB hingga 32 GB saja sudah cukup.

Namun berbeda lagi jika file yang Anda simpan kebanyakan adalah multimedia seperti film atau video. Jelas Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang besar hingga ratusan giga. Kapasitas penyimpanan tablet juga bisa ditambah dengan microSD jika ada slotnya.

Pilih Spesifikasi CPU Tablet

Sumber gambar www.hatchmfg.com

Kinerja tablet sangat dipengaruhi oleh CPU-nya. Meskipun Anda tergolong awam dalam dunia teknologi, ada cara sederhana untuk membedakan spesifikasi CPU pada sebuah tablet, yaitu dengan melihat jumlah core-nya.

Baca dulu spesifikasi tablet sebelum membelinya, apakah dibekali dengan quad core (empat inti), hexa core (enam inti), atau octa core (delapan inti). Tentu saja semakin banyak inti CPU semakin cepat pula kinerjanya. Namun demikian, harganya juga pasti lebih mahal.

Tidak semua orang membutuhkan tablet dengan jumlah inti yang banyak. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan. Misalnya, jika tablet hanya digunakan untuk kegiatan ringan seperti membaca buku atau menonton film, maka quad core sudah cukup mumpuni.

Frekuensi Clock Harus Sesuai Penggunaan

Sumber gambar pixabay.com

Frekuensi clock menentukan jumlah data yang bisa diproses oleh CPU per detik. Semakin tinggi frekuensi clock sebuah tablet, maka semakin cepat pula proses loading datanya. Ini adalah aspek penting yang harus diperhatikan saat membeli tablet.

Jika Anda menggunakan tablet untuk kegiatan desain grafis atau bermain game 3D, maka pilih frekuensi minimal 2,0 GHz untuk menunjang performanya agar semakin baik. Sementara itu, jika tablet banyak digunakan untuk kegiatan browsing atau aplikasi ringan seperti Microsoft Office, maka frekuensi 1,5 GHz saja sudah cukup.

RAM Punya Peran yang Penting

Sumber gambar ttitel.com

Terakhir yang harus diperhatikan dalam memilih tablet terbaik adalah besarnya RAM. RAM sangat berpengaruh dalam kecepatan pemrosesan data tablet, dengan kata lain menentukan apakah tablet tersebut lemot atau tidak.

RAM 2 GB cukup untuk penggunaan ringan seperti browsing hingga Microsoft Office. Namun, jika tablet digunakan untuk menjalankan aplikasi berat termasuk gaming, maka dibutuhkan RAM dengan kapasitas yang besar. Perlu diingat bahwa semakin besar RAM sebuah tablet, maka semakin mahal pula harganya.

Cara Merawat Tablet agar Awet Digunakan

Beri Lapisan Pelindung Layar

Sumber gambar computerguild.com

Layar merupakan bagian terpenting dari sebuah tablet. Seluruh bagian layar akan terkena sentuhan saat tablet digunakan, oleh karena itu layar harus dijaga agar tidak sampai tergores dan pecah.

Caranya adalah dengan memberi lapisan pelindung pada layar. Tujuannya tidak hanya untuk melindungi layar dari sentuhan jari saja, tetapi juga dari debu-debu kasar yang bisa menggores layar. Selain itu, jangan menggunakan tablet di bawah terik matahari langsung karena sinar matahari yang panas bisa membuat tablet cepat rusak.

Jauhkan Tablet dari Benda Bermagnet

Sumber gambar techradar.com

Jangan meletakkan tablet di dekat benda bermagnet, baik saat digunakan maupun tidak. Benda bermagnet antara lain adalah TV, kulkas, dan peralatan rumah tangga lain yang terhubung dengan listrik. Ini dapat mengakibatkan gangguan pada tablet yang nantinya mempengaruhi performa tablet itu sendiri.

Magnet yang ada pada benda-benda lain berpotensi mengganggu penerimaan sinyal oleh tablet, sehingga menyebabkan ketidaklancaran dalam penggunaan tablet.

Hindari Menindih Tablet dengan Benda Berat

Sumber gambar engadget.com

Ketika Anda menaruh tablet atau menyimpannya di dalam tas, jangan sampai tertindih oleh benda berat. Jika tablet sampai tertindih atau terhimpit, maka dapat menyebabkan kerusakan pada gadget tersebut. Tablet tidak dirancang untuk mampu menahan beban yang berat. Beri hard case atau pelindung tablet yang dilengkapi dengan penutup layar untuk menjaga tablet supaya lebih aman.

Rekomendasi Tablet dengan Layar Luas Terbaru

Samsung Galaxy Tab S7 Plus

Rekomendasi tablet pertama datang dari merek produk teknologi ternama, Samsung. Samsung Galaxy Tab S7 Plus bisa dibilang sebagai salah satu tablet Android terbaik yang dibekali dengan segala macam spesifikasi dan fitur mumpuni.

Mulai dari layar yang digunakan hingga dapur pacunya, tablet ini wajar disebut sebagai tablet nomor 1. Galaxy Tab S7 Plus memiliki layar Super AMOLED yang bisa menghadirkan gambar yang cerah. Refresh rate mencapai 120Hz membuat gambar yang ditampilkan oleh tablet ini semakin mulus saja. Ukuran layar adakah 12,4 inci sehingga memberikan tampilan yang luas dan lega.

Tablet ini dibekali dengan chipsert Snapdragon 865+ dan RAM 8GB, serta penyimpanan dengan kapasitas mencapai 256 GB. Jika masih belum cukup, bisa ditambah dengan kartu microSD mencapai 1 TB. Untuk urusan baterai, tablet ini punya kapasitas mumpuni yaitu 10.090 mAh dengan daya tahan luar biasa. Cocok untuk mengedit foto dan video, menjalankan program desain, serta kegiatan lain yang tergolong "berat"

Harga Rp. 11.000.000-18.000.000

Huawei MatePad Pro

Tablet dengan layar luas berikutnya adalah Huawei MatePad Pro. Ini merupakan produk flagship yang menawarkan fitur dan spesifikasi tercanggih yang dimiliki oleh Huawei. Salah satu keunggulan dari tablet ini adalah harganya yang lebih murah dibandingkan Samsung atau Apple, namun tidak kalah dari segi kualitas.

Layar IPS 10,8 inci memberikan resolusi maksimal hingga 2560 x 1600 pixel. Pada bagian dapur pacunya, tablet dibekali dengan prosesor octa core untuk memastikan performa lancar anti lemot. Pilihan RAM-nya sendiri adalah 6 GB dan 8 GB. Kapasitas penyimpanan yang tersedia untuk produk ini juga bervariasi yaitu 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Untuk urusan baterai, tablet ini cukup tangguh karena dibekali dengan kapasitas 7250 mAh. Untuk penggunaan yang lebih nyaman, Huawei menawarkan magnetic stylus pen dan keyboard.

Harga Rp. 9.000.000-10.000.000

Apple iPad Pro 11 (2020)

Apple iPad Pro 11 2020 adalah tablet dengan layar IPS seluas 11 inch yang disebut sebagai tablet terbaik yang pernah dibuat oleh Apple. Ini merupakan tablet pertama yang memiliki dual camera dengan lensa ultrawide. Kamera utamanya memiliki resolusi 12 MP yang mampu mengambil foto dan video yang resolusinya mencapai 4K.

iPad generasi terbaru ini dibekali prosesor Bionic A12Z dari Apple serta prosesor GPU eight-core yang bisa menghasilkan grafis yang kaya dan detail. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh tablet ini adalah mampu mengukur obyek sekitar secara 3D dari jarak hingga 5 meter.

Dengan RAM sebesar 6 GB, maka dapat dipastikan performa iPad tidak akan lemot. Sementara itu untuk ruang penyimpanannya bervariasi mulai dari 64 GB hingga 1 TB. Baterai iPad ini cukup awet karena mampu bertahan hingga 10 jam lamanya.

Harga Rp. 12.000.000-18.000.000

Samsung Galaxy Tab A 10.1 (2019)

Berikutnya ada rekomendasi Samsung Galaxy Tab A 10.1, tablet keluaran tahun 2019 dengan layar seluas 10,1 inch. Tablet kelas menengah ini merupakan solusi jika seri Tab S dirasa terlalu mahal. Keunggulan yang ditawarkan oleh tablet ini selain layarnya yang luas adalah desain elegan dengan bingkai aluminium yang membuatnya terlihat berkelas.

Dibekali dengan chipset Samsung Exynos 7904 yang didukung prosesor Octa core untuk performa maksimal anti lemot. Pilihan RAM yang tersedia untuk tablet ini adalah 2 GB dan 3 GB serta memori internalnya adalah 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Kapasitas baterai 6150 mAh mendukung penggunaan dalam waktu lama sambil melakukan mobilitas.

Harga Rp. 3.500.000-5.500.000

Microsoft Surface Pro 7

Buat Anda para profesional yang membutuhkan tablet untuk keperluan bisnis dan pekerjaan, Microsoft Surface Pro 7 adalah pilihan tepat. Dibekali dengab layar IPS seluas 12,3 inci, tablet ini juga menawarkan sederet keunggulan lainnya. Salah satunya adalah Intel Core i3 hingga i7 yang memastikan performa tablet tetap lancar dalam penggunaan apa pun.

Selain itu, prosesor Dual Core yang digunakan merupakan unggulan generasi ke 10 Ica Lake, memenuhi kebutuhan pengguna akan tablet yang cepat. Baterai tablet juga bisa bertahan lama hingga 10,5 jam lamanya. Untuk menjalankan aplikasi yang tergolong berat seperti game dan desain grafis, tablet ini tetap mampu memberikan kinerja yang maksimal.

Pilihan RAM untuk tablet ini adalah 4 GB, 8 GB, dan 16 GB. Sementara itu, harddisk SSD yang digunakan membuat proses pembacaan data lebih cepat dengan pilihan kapasitas 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB.

Harga Rp. 11.000.000-17.000.000

Advan Tab Sketsa

Advan Tab Sketsa adalah tablet kelas menengah yang unggul di tahun 2020 ini. Luas layar 10,1 inci memberikan tampilan yang lega untuk berbagai macam kebutuhan. Produk lokal ini dirancang khusus untuk keperluan desain grafis dan sketsa. Tidak hanya layarnya saja yang luas, tablet ini juga dilengkapi dengan stylus yang bisa menunjang kegiatan tersebut.

Kapasitas baterai mencapai 6000 mAh membuat tablet ini bisa digunakan seharian tanpa harus di-charge berulang kali. Cocok untuk Anda yang ingin berkreasi secara lebih mudah dengan tablet mumpuni, namun harganya terjangkau. Dibekali RAM 4 GB dan memori internal 32 GB, tablet ini sudah mampu untuk mendukung aplikasi desain yang tergolong berat.

Harga Rp. 2.000.000-2.500.000

Huawei MatePad 10.4 inch

Di tahun 2020 ini, kebutuhan untuk bekerja dan belajar secara daring meningkat tajam. Oleh karena itu, diperlukan perangkat yang mumpuni untuk mendukung kedua kegiatan tersebut. Misalnya seperti Huawei MatePad 10,4 inci yang memiliki sederet keunggulan ini. Dengan layar seluas 10,4 inci, dipastikan mampu memberikan pandangan yang luas dan lega.

Tidak hanya itu, dapur pacu tablet ini juga powerful dengan chipset Huwaei HiSilicon Kirin 810 serta prosesor Octa Core yang membuat proses loading serta pembacaan data sangat cepat. RAM 4 GB didukung dengan memori internal sebesar 64 GB yang masih bisa ditambah dengan microSD. Baterai tablet ini memiliki kapasitas 7250 mAh dengan fitur fast charging sehingga tidak memerlukan waktu lama sampai baterai terisi penuh.

Harga Rp. 3.700.000-4.500.000

Evercoss Etab 10 Prime

Untuk Anda yang mencari tablet dengan layar luas namun harganya terjangkau, Evercoss Etab 10 Prime bisa jadi pertimbangan. Tablet yang ditawarkan dengan harga yang tergolong murah ini memiliki layar IPS LCD seluas 10,1 inci. Layar tablet ini disebut mampu memfilter cahaya biru sehingga lebih bersahabat dengan mata penggunanya.

Keunggulan lainnya adalah CPU delapan inti yang mampu memastikan performa tetap cepat dan stabil. Selain itu, tablet ini memiliki RAM 4 GB dengan kapasitas memori internal sebesar 32 GB. Untuk kapasitas baterai, tablet ini dibekali dengan kapasitas 5500 mAh yang mampu bertahan cukup lama. Tablet ini cocok untuk menjalankan aplikasi yang ringan.

Harga Rp. 1.700.000-2.100.000

Apple iPad Air 3 2019

Apple iPad Air 3 adalah tablet generasi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2019. Dibekali dengan layar seluas 10,5 inci untuk tampilan gambar yang jernih dan tajam, menampilkan resolusi hingga 1668 x 2224 pixel. Layar ini sudah dibekali dengan antigores dan aleophobic coating.

Keunggulan yang ditawarkan antara lain adalah chipset A12 Bionic khas Apple yang setara dengan iOS 12.2. Kamera utama tablet ini memiliki resolusi 8 MP dengan kamera depan 7 MP. Sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint, accelerometer, kompas, dan gyroscope. Cocok untuk menjalankan aplikasi berat seperti game dan desain grafis. Desainnya yang modern dan ringkas juga membuat produk ini tampak lebih mewah.

Harga Rp. 8.000.000-11.000.000

Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Terakhir ada rekomendasi produk Samsung Galaxy Tab S6 Lite yang layak menjadi salah satu tablet terbaik di 2020. Ini merupakan versi lite dari Tab S6, namun punya spesifikasi yang tidak kalah mumpuni. Layar TFT seluas 10,4 inci didukung dengan tampilan modern nan mewah. Bagian depan tablet terbuat dari bahan kaca, case belakang dari aluminium, serta bingkai aluminium.

Chipset Exynos 9611 dengan prosesor Octa Core menjamin performa tablet yang cepat sehingga penggunaan menjadi semakin nyaman. RAM 4 GB didukung oleh memori internal 128 yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak data berkapasitas besar.

Harga Rp. 5.000.000-7.500.000
From our editorial team

Hitung Dulu Bujet yang Dimiliki Sebelum Menentukan Pilihan

Hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli tablet berlayar luas adalah bujet yang kamu miliki. Bukan rahasia lagi bahwa tablet dengan layar luas memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan tablet biasa. Sebelum menentukan pilihan dari rekomendasi BP-Guide di atas, sebaiknya hitung dulu berapa bujet yang tersedia untuk membeli tablet baru.

Tag