Inilah 10 Rekomendasi Drawing Gadget agar Gambar Digital Anda semakin Keren (2019)

Inilah 10 Rekomendasi Drawing Gadget agar Gambar Digital Anda semakin Keren (2019)

Kebutuhan visual dalam bentuk digital telah menjadi menu utama untuk berbagai promosi. Itulah mengapa kehadiran desainer grafis tidak akan pernah berkurang. Sebelum menjadi seorang profesional di bidang desain grafis, tentu Anda perlu belajar menggunakan alat-alatnya, bukan? Nah, BP-Guide punya rekomendasi gadget canggih nih yang akan mendukung keahlianmu.

Menggambar Tidak Lagi Menggunakan Pensil dan Kertas tetapi sudah Mulai Menggunakan Gadget Canggih

Pada zaman dahulu, para seniman yang ingin menggambar haruslah mempersiapkan berbagai barang, seperti kertas, penggaris, pensil, dan penghapus. Namun, seiring berkembangnya teknologi, semuanya telah disulap menjadi lebih praktis. Para seniman hanya membutuhkan gadget saja untuk memulai menggambar.

Gadget tersebut adalah pen tablet atau drawing pad. Gadget ini memungkinkan Anda untuk menggambar dengan tangan dan hasil gambarnya bisa langsung dimasukkan ke dalam komputer. Keunggulan yang ditawarkan teknologi ini adalah para penggambar tidak perlu membuang-buang kertas, jika ada gambar yang salah.

Memilih Gadget yang Sesuai untuk Menggambar

Ukuran Permukaan

Untuk menggambar, ukuran permukaan gadget haruslah menjadi pertimbangan untuk masalah kenyamanan Anda. Sebelumnya, Anda juga harus menentukan ukuran gadget sesuai kebutuhan, jika Anda membutuhkan kualitas input yang tinggi, maka pilihlah drawing tablet yang memiliki ukuran yang besar. Tetapi bagi Anda yang baru ingin belajar, mulailah terlebih dahulu dengan drawing tablet yang berukuran kecil. Ukuran permukaan yang tersedia umumnya adalah A4, A5, dan A6.

Pena untuk Menggambar

Salah satu tool yang sangat penting dalam menggambar menggunakan drawing tablet adalah stylus atau pena menggambar. Sebelum memilih drawing tablet, Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu stylus dengan tangan Anda. Jika tidak nyaman, pilihlah stylus yang lain. Hal ini dikarenakan, jika jari-jari Anda tidak nyaman, gambar yang dihasilkan juga tidak maksimal. Maka dari itu, sesuaikanlah pena menggambar dengan kenyamanan Anda. Mulai dari ukuran, panjang hingga berat dari stylus.

Fitur

Drawing tablet yang tersedia di pasaran memiliki fitur-fitur yang berbeda. Anda perlu mengetahui fitur-fitur apa saja yang ditawarkan setiap produk drawing tablet. Usahakan untuk memilih tablet yang menyediakan fitur yang Anda butuhkan. Fitur-fitur utama yang wajib Anda dari drawing tablet yang akan Anda beli adalah express keys, stylus side switches, dan touch ring.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Pen Tablet atau drawing tablet memiliki harga yang bervariasi dan tentunya dengan berbagai fitur berbeda. Sebelum memilihnya, Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu gadget seperti apa sesuai kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda membeli pen tablet yang sangat canggih dan besar, padahal Anda hanya ingin belajar menggambar. Jangan sampai pula Anda membeli yang kecil dan sedikit fiturnya untuk kebutuhan desain yang profesional.

Rekomendasi Beberapa Gadget Menggambar yang Banyak Diminati

WACOM Intuos Draw CTL490WO

Sumber gambar https://www.bhinneka.com

WACOM Intuos Draw CTL490WO adalah alat gambar digital yang dirancang untuk para pekerja di bidang kreatif digital. Dilengkapi dengan fitur intuous draw yang memiliki presisi yang nyaman, sehingga dapat membuat Anda merasakan seperti menggambarkan di atas kertas biasa.

Perpaduan pena digital yang pas dalam genggaman dan permukaan drawing yang didesain praktis, semakin memudahkan Anda dalam menggambar. Drawing tablet dari Wacom ini akan memberikan pengalaman menggambar yang sangat luar biasa. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bhinneka dengan harga hanya Rp 1.300.000.

WACOM Cintiq 16 DTK-1660

Sumber gambar https://www.bhinneka.com

WACOM Cintiq 16 DTK-1660 adalah drawing tablet berukuran 15,6 inci dengan resolusi layar sebesar 1920 x 1080 (Full HD). Pena gambar telah dilengkapi dengan teknologi Electro Magnetic Resonance, sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot mengisi baterainya.

Level tekanan penanya adalah 8.192, sehingga sangat nyaman saat dipakai menggambar. Layar gambarnya terbuat dari bahan yang berkualitas, sehingga tahan lama dan tahan gores. Anda bisa mendapatkan produk ini di Duta Sarana dengan harga Rp 9.800.000.

WACOM Mobile Studio Pro 13

Sumber gambar https://www.bhinneka.com

WACOM Mobile Studio Pro 13 adalah tablet menggambar yang memiliki akurasi terbaik di kelasnya. Sehingga para seniman dan desainer serasa seperti menggambar di atas kertas biasa. Gadget yang dibekali dengan layar LED berukuran 13,3 inci WQHD ini memiliki viewing angle 178 dan contrast ratio 800:1. Dilengkapi berbagai fitur andalan, seperti 6 ExpressKeys, Rocker Ring, On-Screen Control, dan Tilt Range 40. Anda bisa mendapatkan drawing tablet dari Wacom ini di Tokopedia dengan harga Rp 27.000.000.

HUION H640P

Sumber gambar https://www.bhinneka.com

HUION H640P adalah pen tablet yang memiliki bidang gambar yang besar, yaitu 6,3 x 3,9 inci. Tekanan pada permukaan tablet telah mencapai 8192, sehingga membuat Anda lebih nyaman dalam menggambar. Layar tablet yang memiliki resolusi 5080 LPI ini didukung dengan tingkat akurasi 0,3 mm, sehingga Anda akan merasakan pengalaman menggambar yang luar biasa. Tablet dari Huion ini juga telah kompatibel dengan Windows dan Macintosh. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 499.000.

HUION A4 LED Light Pad

Sumber gambar https://www.blibli.com/

HUION A4 LED Light Pad adalah pen tablet yang memiliki ukuran 360 x 270 x 8 mm dengan area aktif berukuran 210 x 310 mm. Dilengkapi dengan lampu LED yang super terang, sehingga layar tetap terlihat walaupun dilapisi dengan kertas tebal.

Tablet yang memiliki berat 0,9 kg ini didesain ringkas dan elegan. Anda bisa memanfaatkan pen tablet dari Huion ini untuk kebutuhan desain animasi profesional, tatto tracing, desain kain, dan banyak lagi. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.030.000.

HUION Kamvas Pro 13

HUION Kamvas Pro 13 adalah tablet yang dilengkapi dengan layar IPS berukuran 13,3 inci. Dilengkapi dengan stylus bebas baterai dan tingkat tekanan pena hingga 8192, sehingga membuat pengalaman menggambar Anda lebih akurat, alami, dan nyaman.

Ditambah dengan pengenalan kemiringan alami yang mencapai ± 60 derajat, sehingga Anda bisa semakin berkreasi saat menggambar. Agar tidak silau saat menggambar, layar ditutupi dengan kaca antisilau. Anda bisa mendapatkan drawing tablet dari Huion ini dengan harga Rp 5.000.000 di Bhunneka.

HUION Kamvas GT-221 Pro

Sumber gambar https://www.bhinneka.com

HUION Kamvas GT-221 Pro adalah pen tablet yang memiliki sudut pandang yang lebar, karena dibekali dengan panel IPS dengan sudut pandang 178 °. Fitur ini membantu Anda untuk membuat gambar yang lebih konsisten. Dilengkapi pula dengan lapisan kaca antisilau, agar Anda tidak terganggu saat menggambar.

Tablet dari Huion ini juga dibekali dengan resolusi 5081LPI, sehingga memungkinkan Anda bekerja yang lebih cepat. Anda bisa mendapatkan pen tablet yang berukuran 58,9 x 34,4 x 2,1 cm ini di Tokopedia dengan harga Rp 15.630.000.

Genius i608X Mouse Pen with Drawing Pad

Sumber gambar https://www.blibli.com

Genius i608X Mouse Pen with Drawing Pad adalah pen tablet berukuran 6 x 8 inci yang membuat Anda bisa menggambar dengan bebas dan nyaman. Dilengkapi dengan layar yang memiliki resolusi mencapai 2560 LPI, sehingga gambar yang dihasilkan menjadi konsisten dan berkualitas. Pena digitalnya nyaman di genggaman, sehingga Anda akan merasa seperti menggambar di atas kertas biasa. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 715.000.

GENIUS G-Note 7100

Sumber gambar https://www.bhinneka.com

GENIUS G-Note 7100 adalah pen tablet yang memiliki area kerja yang luas, yaitu 231mm x 332mm (A4). Selain itu, tablet ini memiliki proximity 12 mm (120 halaman) dan resolusi 2,000 LPI, sehingga dapat menghasilkan gambar berkualitas. Dua buah pena digitalnya hadir tanpa kabel. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bhinneka dengan harga hanya Rp 240.000.

Xiaomi Mijia Kids LCD Handwriting Small Blackboard Writing Tablet with Pen Digital Drawing Electronic Imagine Pad

Sumber gambar https://www.blibli.com

Xiaomi Mijia Kids LCD Handwriting Small Blackboard Writing Tablet with Pen Digital Drawing Electronic Imagine Pad adalah drawing tablet yang memiliki ukuran 190 x 279 x 5 mm dengan layar sebesar 12 inci. Tablet dari Xiaomi ini terbuat dari bahan ABS+PC, sehingga sangat kuat dan tahan lama. Bahannya yang antigores dan antilecet membuat Anda tidak perlu khawatir saat menyimpannya di dalam tas.

Layarnya terbuat dari bahan crystal polymer, sehingga mampu menahan tekanan kuat dari pena digital. Pen Tablet dari Xiaomi ini akan memberikan Anda pengalaman menggambar yang nyaman dan luar biasa. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga Rp 152.000.

From our editorial team

Pastikan untuk Menyesuaikan dengan Kebutuhan Anda

Seluruh fitur dari drawing tablet ini memang secara garis besar sama saja fungsinya, yaitu untuk menghasilkan gambar digital. Namun beberapa diantaranya memiliki berbagai fitur yang memang cocok untuk mereka yang sudah profesional dan lebih cocok untuk pemula. Itulah mengapa sebelum membeli gadget ini dipastikan terlebih dahulu tujuannya agar bujet yang dikeluarkan pun tidak terlalu berlebihan.