10 Rekomendasi Tablet yang Bisa Anda Jadikan Pilihan Jitu untuk Bekerja (2020)

10 Rekomendasi Tablet yang Bisa Anda Jadikan Pilihan Jitu untuk Bekerja (2020)

Tablet setara dengan laptop untuk urusan kinerja. Tapi, jangan pilih tablet yang salah. Berikut ini, BP-Guide akan mengulas dengan lengkap pilihan tablet yang bisa Anda pilih untuk mendukung kerja Anda.

Tidak Hanya Smartphone, Kebutuhan akan Tablet juga Semakin Meningkat

Tablet masih menjadi salah satu gawai favorit karena menawarkan pengalaman smartphone dengan layar yang jauh lebih lebar. Jadinya, untuk menonton film, menikmati game, dan sebagainya tablet tentunya bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meski bisa dikatakan permintaan tablet cukup menurun karena smartphone sudah semakin besar layarnya, tapi bukan berarti tablet ditinggalkan. Sebab, tablet memiliki spesifikasi yang sangat kuat dan cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Selain itu, tablet juga memiliki baterai dengan daya yang lebih besar. Jadinya, bermain game atau menonton video bisa menjadi lebih nyaman tanpa harus terus-terusan mencari colokan. Itulah alasan kenapa merek smartphone terus mengeluarkan tablet terbaik untuk diluncurkan di pasaran.

Hal-hal yang Membuat Sebuah Tablet Menjadi yang Terbaik

RAM Besar

Performa tablet semakin cepat berkembang ditandai dengan semakin meningkatnya spesifikasi tablet. Salah satunya adalah RAM dari tablet teranyar yang semakin lama semakin besar.

RAM yang besar akan mendukung pekerjaan yang multitasking tanpa takut nge-lag atau mendapatkan hambatan. Ditambah lagi, RAM besar membuat tablet mampu digunakan untuk bermain game tertentu dan juga menonton video tanpa hambatan.

Daya Baterai

Kekuatan lain dari tablet adalah daya baterainya yang besar. Rata-rata tablet memiliki kapasitas baterai mulai dari 4000 hingga 6000 mAh. Dengan demikian, rata-rata tablet memiliki daya baterai yang jauh lebih besar ketimbang rata-rata smartphone.

Tablet memiliki kemampuan untuk bertahan lebih dari 2 jam untuk bekerja nonstop. Bisa dikatakan tablet yang baik akan memiliki daya yang semakin besar.

Selain itu, spesifikasi tablet yang besar tersebut tentunya bisa cepat memakan baterai. Karena itu, tablet rata-rata memiliki daya tahan yang lebih baik ketimbang smartphone dengan spesifikasi yang sama.

Resolusi Layar

Untuk mencari tablet terbaik, pilihan yang paling sering dipertimbangkan adalah melihat rasio layarnya. Resolusi atau ketajaman layar ditunjukkan dengan angka dan petunjuk lainnya.

Kualitas gambar pada rata-rata tablet berkualitas baik adalah resolusi 1920x1080, FHD, dan ppi. Istilah-istilah lainnya digunakan untuk menunjukkan kemampuan layarnya menghadirkan gambar terbaik.

Dengan layar yang lebih lebar, tentunya akan sangat baik apabila ditunjang dengan katajaman dan resolusi gambar yang lebih baik. Ada banyak faktor misalnya pikselnya atau jenis monitor seperti LCD dan teknologi yang digunakan misalnya CRT.

Spesifikasi Dapur Pacu

Terpenting bagian dapur pacu atau prosesor dari tablet tersebut mesti mumpuni. Karena kemampuan dari tablet mesti disejajarkan dengan kemampuan dari PC. Prosesor dimulai dari single core, meningkat di dual core, quad core, sampai akhirnya sekarang sampai octa core.

Peforma yang ditawarkan minimal di atas 1GHz. Bila Anda menemukan tablet dengan performa di bawah itu, maka sebaiknya diurungkan untuk membelinya. Dapur pacu minimal ditunjang RAM 2GB untuk mampu bekerja dengan baik pada sistem operasi Android 4.0. Bila tidak, maka tentunya akan sangat sulit prosesornya bekerja dengan baik.

Kapasitas Memori Penyimpanan

Selain itu, ciri khas lain dari tablet adalah memiliki tempat penyimpanan yang sangat besar. Tablet yang ditunjang kapasitas memori penyimpanan yang besar menjadi pertimbangan kenapa orang memilih tablet ketimbang smartphone. Itulah kenapa kapasitas penyimpanan dari tablet terbaik rata-rata di atas 300 GB.

Bila daya penyimpanannya, kecil maka sebaiknya hindari membeli tablet tersebut. Dengan bentuk yang lebih besar, tentu akan sangat disayangkan apabila daya penyimpanannya kalah besar dengan smartphone yang ukurannya lebih kecil.

Kelebihan Tablet Terbaik Dibanding Tablet Biasa

Bisa Digunakan untuk Menggambar

Sumber gambar unsplash.com

Tablet dipilih rata-rata oleh para desainer grafis. Memilih tablet menjadikan seorang seniman gambar akan lebih mudah memindahkan medium karyanya ke bentuk digital. Mulai dari iPad keluaran Apple sampai andalan Samsung yakni Galaxy Note sudah menyediakan tablet multitouch yang mampu mendukung proses desainer dan seniman gambar.

Untuk mendukung kerja tersebut, dibutuhkan spesifikasi yang andal juga kemampuan terbaik dari hardware-nya. Ditambah lagi, resolusinya mesti tinggi setidaknya di atas 1000 x 1000 piksel.

Kamera Lebih Mumpuni untuk Banyak Kegunaan

Sumber gambar cdn.pixabay.com

Kelebihan tablet yang lain adalah kameranya juga sangat mumpuni untuk mendukung kinerja Anda. Untuk tablet dengan ukuran di atas 8 inci misalnya, maka resolusi gambarnya sangat tinggi.

Maka, untuk itu kamera yang ditanamkan juga sangat tinggi spesifisikasinya. Sebab, akan sangat terlihat kemampuan kamera di layar sebesar itu. Ditambah lagi, juga ada dua kamera berbentuk lensa yang biasanya disematkan di tablet yang rata-rata sangat tinggi spesifikasinya.

Itulah kenapa, ketika memilih tablet Anda juga mesti memastikan bahwa spesifikasi kameranya cukup mumpuni. Anda bisa menambahkan aksesori lain seperti tripod misalnya untuk mendukung kinerja Anda.

Daya Tahan Hardware Lebih Baik Secara Fisik

Daya tahan hardware pada tablet memang jauh lebih kuat ketimbang smartphone. Hardware untuk tablet selalu dibuat rata-rata di atas smartphone. Hal itu disebabkan karena tablet memang digunakan untuk menggantikan laptop atau PC.

Oleh karena itu, banyak yang memilih tablet ketimbang smartphone. Atau, banyak juga yang memiliki smartphone dan tablet sekaligus. Hal itu dikarenakan ada banyak yang bisa dilakukan oleh tablet, namun tak bisa dilakukan oleh smartphone.

Fitur-fiturnya Paling Anyar dan Canggih

Setiap tahunnya tablet terbaru selalu diproduksi oleh vendor smartphone. Karena itu, tablet juga selalu didesain untuk mendukung aktivitas penggunanya disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Itulah kenapa Anda juga bisa menemukan tablet yang kemampuannya bahkan sama dengan laptop. Apalagi bila tablet tersebut diproduksi oleh merek besar dunia.

Tablet dengan kemampuan yang setara dengan laptop, namun bentuknya lebih ringkas menjadikan tablet selalu dicari banyak orang. Hal itu juga menyebabkan tablet terus diproduksi dan tidak pernah mati.

Sistem Operasi dan Hardware-nya Selalu Terkini

Menggunakan gadget dengan spesifikasi terkini tentunya sangat membantu kinerja Anda. Untuk itu, tablet selalu mendukung software terbaru mengikuti perkembangan zaman. Jadinya, tablet tentu sangat pas untuk mendukung semua kinerja yang Anda lakukan.

Mulai dari untuk kuliah, belajar, bekerja, desain, sampai bermain game. Ditunjang dengan layar yang lebih besar tentunya pengalaman yang didapatkan menjadi lebih baik.

Berbagai fitur kelengkapan seperti WiFi sampai bluetooth juga sudah disertakan dengan kualitas terbaik. Akan sangat mendukung bila Anda memilih tablet yang sudah dibekali sistem operasi yang terkini.

Rekomendasi Tablet Terbaik di Tahun 2020

Xiaomi Mi Pad 4 Plus

Tablet pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah Mi Pad 4 Plus yang merupakan salah satu tablet keluaran Xiaomi. Produk satu ini sudah dibekali dengan layar 10,1 inci dengan resolusi full HD atau 1920 x1080 piksel dengan rasio 16:10.

Dengan dimensi yang besar dan bobot 485 gram, Xiaomi didukung dengan baterai berkapasitas 8620 mAh yang tentunya menjadikan baterai bisa bertahan selama 24 jam bila digunakan normal. Tidak hanya itu, kamera yang disematkan juga mumpuni dengan kamera belakang 13MP dengan LED flash dan kamera depan 5MP.

Di bagian dapur pacu, didukung dengan RAM 4GB untuk mendukung chipset Snapdragon660. Ditambah dengan internal storage 64GB hingga 256GB bertipe hybrid SDslot. Sistem operasi Android 8.0 yang terbaru juga terus diperbaharui menjadikan kinerja semakin baik.

Harga Rp. 5.600.000-7.910.000

HP ElitePad 900 G1

Selanjutnya ada HP ElitePad 900 yang mendukung kebutuhan Anda yang multitasking. Tablet berdesain ringkas satu ini bisa digunakan dengan keyboard serta layar sentuh berukuran 10, 1 inci dengan sensitivitas tinggi.

Bobotnya hanya 1,4 kg sehingga cukup memudahkan Anda. Layarnya menggunakan IPS HD dengan resolusi 1280 x 800 yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, didukung dengan spesifikasi yang mumpuni serta daya tahan baterai yang sangat lama tentu akan sangat membantu kerja Anda. Baterai pada tablet ini bisa bertahan hingga 10 jam untuk penggunaan normal.

Harga Rp. 2.505.000-2.999.900

Lenovo Tab 2 A10-70

Dari vendor Lenovo, ada tablet Lenovo Tab 2 A10-70. Tablet satu ini memiliki layar 10,1 inci dan gambarnya begitu tajam dan jernih. Hal itu didukung dengan teknologi IPS LCD Capacitive touchscreen yang menghadirkan 16 juta warna pada resolusi 1080x1920 piksel.

Dengan 10 sensor sentuhan yang responsif Anda mesti melindungi permukaan layar tersebut dengan lapisan anti gores terbaik. Sebab, bawaan awal tablet ini tanpa anti gores.

Desainnya elegan dan cukup ramping dengan pilihan warna midnight blue dan pearl white. Kerja tablet ini sangat maksimal karena didukung oleh prosesor quad-core 1,5 Ghz dan didukung RAM 2GB. Kelebihan lainnya adalah harganya yang cukup terjangkau.

Harga Rp. 3.300.000

Huawei MediaPad T5

Pilihan tablet berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Huawei MediaPad T5. Layarnya sangat tajam dan detail memiliki teknologi eye-comfort Mode yang menjadikan cahaya biru berkurang. Jadinya, Anda bisa melihat layar dalam waktu lama sedangkan mata akan tetap nyaman.

Produk satu ini didukung dengan 8-core, empat di antaranya berjalan di kecepatan 2.36Hz dan 4 core lagi di 1.7GHz. Tentunya performa tesebut didukung dengan RAM 3 GB serta penyimpanan berkapasitas 16/32GB. Slot memori eksternal bisa hingga 256 GB serta baterai berdaya 5100mAH yang tahan lama.

Harga Rp. 1.755.000-2.899.000

Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Dari Samsung, salah satu tablet yang bisa Anda pertimbangkan adalah Samsung Galaxy Tab S6 Lite. Ini merupakan tablet dengan desain yang tipis, ringan, namun kinerjanya mumpuni.

Produk satu ini memiliki layar sebesar 10,4 inci yang menampilkan resolusi hingga 1.200x2000 pixel dengan rasio 5:3. Kerapatan piksel 224 ppi di panel TFT LCD menghadirkan pengalaman menonton video atau gambar yang sangat detail dan menawan.

Produk satu ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 7.040 mAh yang jadinya bisa bertahan seharian meski digunakan terus menerus. Didukung dengan RAM 4 GB, OS Android 10.0, CPU Exynos 9611 octacore cortex-A73, dan Cortex A53 menjadikan kinerjanya lebih mumpuni untuk kerja berat atau bahkan multitasking.

Harga Rp. 6.530.000-6.839.000

Acer Predator 8

Acer dikenal sebagai produsen laptop kenamaan. Acer juga mengeluarkan produk tablet yakni Predator 8. Bagian luarnya dibuat dari bahan aluminium yang menjadikannya lebih unik.

Dengan layar yang resolusinya begitu tajam berteknologi IPS LCD dan resolusi 1.200 x 1920 piksel dpadakerapatan piksel 283 ppi. Hal tersebut menjadikan aspek visual produk ini tidak perlu diragukan lagi.

Ditambah lagi, RAM 2 GB mendukung kinerja intel Atom x7-Z8700 pada OS Android Lollipop. Ditambah lagi dengan kartu grafis di prosesor berkecepatan 1,6 GHz. Belum lagi didukung dengan memori internal hingga 64GB dan memori eksternal 256GB.

Harga Rp. 999.000

Chuwi SurBook 2in1 Convertible Tablet

Selanjutnya adalah tablet dari Chuwi, yakni Chuwi Surbook. Produk satu ini didesain mirip dengan microsoft surface pro, lengkap dengan kickstand untuk memadukannya dengan keyboard.

Layar tablet berukuran 10,8 inci dalam resolusi full HD 1920 x 1280 piksel. Didukung dengan prosesor Apollo Lake menjadikan produk ini mampu menjalankan berbagai macam aplikasi Windows terbaru.

Tidak hanya itu dukungan dari panel berteknologi fully laminated menjadikan warna yang lebih terang dan tajam. Dengan rasio 3:2 menjadikannya sangat pas untuk digunakan kerja sehari-hari. Apalagi dipadukan dengan keyboard juga cukup mudah sehingga mudah berubah fungsi menjadi laptop.

Harga Rp. 4.000.000-7.000.000

Apple iPad Pro 10,5

Bagi pencinta iPad, tentunya mesti mempertimbangkan produk iPad Pro 10,5 inci yang merupakan produk terbaru iPad. Dukungan chip prosesor A10X di dalamnya menjadikan kinerjanya sangat pas untuk para pekerja profesional.

Gambar yang dihadirkan juga menjadi lebih menarik dan tajam di layar 9,7 inci karena dukungan True Tone Display. Resolusi yang sangat tinggi serta bingkai lebih kecil menjadikan layarnya lebih besar menjadikan produk ini sangat pas untuk digunakan sehari-hari. Layar ini bahkan disebut sebagai yang tercanggih di dunia untuk jenis tablet.

Didukung dengan teknologi HDR dengan tingkat kecerahan hingga 600 nits dan mampu melakukan refresh hingga 120Hz. Kameranya sama dengan iPhone 7, yakni kamera 7MP di bagian depan sedangkan di bagian belakang adalah kamera 12MP.

Harga Rp. 8.625.000-10.800.000

Lenovo Yoga Book

Produk selanjutnya adalah produk dari Lenovo. Sebenarnya produk ini adalah jenis laptop, yakni Lenovo Yoga Book. Namun, kelebihan dari produk ini adalah mampu bertransformasi menjadi tablet.

Terbuat dari bahan aluminium dan magnesium menjadikannya tampaj tipis namun kuat. Layarnya tersambung dengan engsel 360 derajat dengan keyboard yang bisa dilepas dengan mudah. Anda bisa melepaskan layarnya untuk menjadikannya menjadi tablet.

Ketika menjadi tablet, produk ini memiliki layar seluas 10,1 inci yang menghadirkan resolusi 1920 x 1200 piksel. Kualitas gambar yang diberikan sangat alami bahkan begitu detail dan tajam dalam kedalaman 224 ppi.

Harga Rp. 14.266.800-16.250.000

Asus Zenpad 8.0

Produk terakhir yang direkomendasikan adalah Asus ZenPad 8 Z380KL. Produk satu ini memang terlihat sangat mirip dengan produk sebelumnya, namun casing standarnya sudah punya motif yang lebih keren.

Tambahan berikutnya, produk ini juga didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 415 Octacore 64 Bit yang didukung dengan RAM 3GB. Khusus untuk penyimpanan internal, kapasitas yang dimiliki mencapai 32GB sedangkan micro SD hingga 64GB.

Produk ini didukung oleh sistem Android 5.0.2 lolipop dengan layar 8 inci. Resolusi 1280x800 didukung dengan teknologi IPS LED Tru2Life. Ditambah lagi, tampilan layar semakin manis dengan kerapatan piksel mencapai 198 ppi. Untuk baterai yang disematkan berkapasitas 4000 mAh.

Harga Rp. 3.349.000-5.525.000
From our editorial team

Tablet dengan Spesifikasi Terbaik untuk Mendukung Kinerja Anda

Tablet tentunya mesti didukung dengan spesifikasi tinggi agar pekerjaan Anda bisa dikerjakan dengan baik. Jangan sampai daya baterainya kurang atau malah RAM-nya kurang baik. Hasilnya tentu akan membuat kerja Anda sama susahnya dengan menggunakan smartphone. Rekomendasi dari BP-Guide di atas bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Tag