10 Pilihan Tablet dengan Performa Mantap untuk Main Game di Pertengahan 2020

10 Pilihan Tablet dengan Performa Mantap untuk Main Game di Pertengahan 2020

Sumber gambar tabletunderbudget.com

Tablet menawarkan layar yang lebih besar untuk kepuasan bermain game. Jadinya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tablet menggantikan smartphone Anda. Selain bermain game, juga ada banyak kelebihan tablet. Berikut ulasan dan rekomendasi produk yang tepat untuk Anda.

Tablet Dipilih sebagai Perangkat untuk Memainkan Game

Sumber gambar thumbs.dreamstime.com

Sebagian orang memilih tablet dibanding smartphone. Penyebabnya adalah layarnya yang jauh lebih lebar juga daya tahan baterainya yang lebih lama. Hal itu tentunya dibutuhkan untuk beberapa orang tertentu demi pekerjaan atau kepuasan menggunakan gadget.

Tidak hanya itu, bermain game serta menonton film di tablet juga menjadi jauh lebih menyenangkan. Karena, layarnya yang lebih besar menjadikan gambar menjadi sedemikian detail dan meningkatkan kepuasan ketika bermain game atau nonton film kesayangan.

Khusus untuk bermain game, biasanya game-game tertentu memerlukan performa dari gadget yang garang. Hal itu ditujukan agar bisa bermain game tanpa nge-lag dan gangguan lainnya. Tentunya, beberapa dari tablet sudah dipersenjatai dengan performa yang mumpuni sehingga mampu mendukung Anda bermain game dengan aman dan puas.

Kelebihan Tablet Dibanding Smartphone dan Laptop

Portabilitas Tinggi

Sumber gambar youtube.com

Tablet sebenarnya memang merupakan perpaduan antara laptop dengan smartphone. Layarnya besar, performanya mumpuni, namun tetap ringkas untuk dibawa ke mana saja seperti smartphone.

Laptop juga memiliki daya tahan hingga di atas 4 jam. Hal itu justru kalah dari tablet yang memiliki daya tahan lebih lama. Jadinya, bila Anda terus ingin bekerja dengan nyaman tanpa takut harus cari colokan dan sebagainya, tentunya tablet bisa dipertimbangkan.

Enak untuk Membaca

Sumber gambar www.freepik.com

Dengan layar yang lebih besar, tentunya untuk membaca sebuah e-book atau mungkin file PDF hingga Word sekalipun, tablet jauh lebih memuaskan ketimbang smartphone. Bagaimana bila dibandingkan dengan laptop?

Lagi-lagi, untuk urusan membaca e-book, tablet mengungguli laptop. Anda bisa dengan mudah mengganti halaman hanya dengan menggeser layarnya. Hal ini menjadikan pengalaman membaca buku elektronik menjadi mirip seperti buku cetak. Sedangkan laptop tentunya memerlukan bantuan mouse untuk mengganti halaman.

Dengan begitu, Anda bisa membawa banyak buku untuk dibaca dengan sebuah tablet. Itu menjadi kelebihan utama tablet yang sangat berguna bagi orang yang suka membaca.

Kemampuan Setara Laptop

Sumber gambar www.pojokseni.com

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, tablet rata-rata dibekali dengan performa sekelas laptop. Bahkan ada tablet yang kemampuannya jauh di atas laptop. Tentunya, hal itu sangat berguna bagi seorang profesional. Pekerjaan yang bisa dikerjakan lewat tablet tentunya akan lebih mudah, ketimbang Anda mengerjakannya lewat smartphone. Apalagi layarnya juga lebih besar. Khusus untuk penggemar game, tentunya layar dan performa yang besar ini bisa mendukung permainan menjadi lebih mengagumkan.

Pas Buat Rapat

Sumber gambar www.solararesort.ca

Tablet menjadi jawaban bagi Anda yang super sibuk. Tablet bisa memudahkan Anda mengikuti rapat dengan baik di mana pun berada. Tablet bisa menjadi pengganti yang tepat untuk membawa dokumen atau berkas yang diperlukan saat rapat.

Bahkan bila ingin mencari sumber informasi tambahan, Anda juga bisa dengan cepat berselancar di internet. Didukung dengan performa yang baik, maka tablet menjadi pilihan yang pas untuk Anda.

Cocok untuk Presentasi

Sumber gambar www.vecteezy.com

Masih bersinggungan dengan rapat tadi, tentunya Anda memerlukan presentasi untuk meyakinkan atasan atau klien Anda, bukan? Maka tablet menjadi jawaban yang pas agar Anda bisa memudahkan mencari bahan-bahan presentasi.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan tablet untuk presentasi langsung di hadapan klien di mana saja. Anda bisa menunjukkan tawaran, rencana, proposal, dan sebagainya hanya dengan sebuah tablet. Maka presentasi Anda menjadi lebih mudah dan tepat guna.

Tablet dapat membantu Anda menjadikan klien lebih tertarik dengan produk yang Anda tawarkan dengan lebih mudah. Sebab, foto atau presentasi data yang akan dijabarkan menjadi terlihat lebih jelas lewat layar tablet.

Enak untuk Menggambar

Untuk para pelukis dan desainer grafis, maka tablet menjadi salah satu alat atau gadget yang sebaiknya dimiliki. Sebab, tablet sudah mampu menjadi pengganti media kertas untuk mencurahkan imajinasi.

Apalagi, tablet saat ini juga sudah banyak yang ditambah dengan berbagai aksesori yang memudahkan. Misalnya pena dan sebagainya. Jadi, tablet menjadi seperti buku sketsa yang dengan mudah bisa dibawa ke mana saja.

Tips Membeli Tablet Gaming yang Tepat

Media Penyimpanan Besar

Sumber gambar www.archisoup.com

Tips pertama yang perlu Anda pertimbangkan untuk mencari tablet untuk gaming tentunya adalah performanya. Akan sangat baik bila performanya sama atau setidaknya mendekati laptop atau PC. Sebab, dengan performa terbaik maka Anda akan lebih nyaman bermain game. Kapasitas RAM yang biasa digunakan untuk para gamer setidaknya 3 GB agar tidak mengalami lag atau lemot.

Selain RAM, tentunya Anda juga mesti mempertimbangkan ROM alias kapasitas memorinya. Saat ini, tablet sudah menghadirkan ROM hingga sebesar 500 GB. Dengan ROM yang mencapai setengah terabyte tersebut, Anda bisa menyimpan banyak hal dan tablet tetap beroperasi dengan baik.

Chipset Tangguh

Sumber gambar www.freepngimg.com

Pertimbangan kedua adalah chipset yang ditanamkan di dalam tablet tersebut. Chipset alias dapur pacu tentunya akan sangat berpengaruh pada kinerja tablet Anda. Maka, pilihlah tablet dengan chipset terbaik.

Prosesor yang baik menawarkan kecepatan kerja tablet yang lebih baik pula. Dengan prosesor yang semakin baik, maka Anda bisa melakukan pekerjaan yang berat dengan hasil terbaik. Mulai dari merekam video dengan kualitas HD sampai bermain game yang "berat".

Bisa dikatakan bahwa spesifikasi chipset di dalam tablet menjadi faktor penentu kualitas tablet tersebut. Chipset yang kurang baik menandakan bahwa tablet tersebut juga kurang bisa melakukan tugas yang berat. Bermain game berat di tablet yang chipset-nya lemah juga akan sangat berisiko membuat tablet Anda nge-hang.

Kapasitas Baterai Tahan Lama

Sumber gambar img.pngio.com

Selanjutnya, sebelum membeli tablet maka cari tahu dulu daya baterainya. Kenapa penting mempertimbangkan daya baterai? Karena tablet dengan layarnya yang besar dan performanya atau spesifikasinya yang tinggi membuat konsumsi baterai menjadi jauh lebih cepat. Itulah kenapa Anda perlu mempertimbangkan baterai yang jauh lebih besar dayanya.

Salah satu kelebihan dari tablet adalah memiliki daya tahan baterai yang lebih besar ketimbang smartphone. Kapasitas baterai tablet biasanya berkisar antara 4.000 sampai 5.000 mAh. Maka bila daya baterai di bawah itu, Anda bisa mempertimbangkan produk yang lain.

Resolusi Layar Tinggi

Sumber gambar www.techradar.com

Berikutnya, Anda harus mempertimbangkan layar tablet. Sayang sekali jika layar tablet besar, tetapi resolusinya rendah. Hasilnya, ketika Anda melihat hasil rekaman video, gambarnya pecah-pecah. Resolusi yang rendah juga membuat tablet justru tidak mampu menampakkan sebuah foto dengan detail. Jadi, pertimbangkan resolusi tablet yaitu minimal 720 px ke atas.

Pastikan juga sensitivitas touchscreen-nya karena sangat disayangkan bila Anda memilih tablet yang ukuran layarnya besar, tapi touchscreen-nya kurang sensitif.

Harga Sesuai Bujet

Sumber gambar www.bbb.org

Anda harus mempertimbangkan bujet yang Anda siapkan untuk membeli tablet. Jadinya, Anda bisa mencari tablet dengan kisaran harga sesuai bujet Anda.

Bila Anda memiliki bujet di bawah Rp 5 juta, maka Anda bisa memilih tablet dengan sistem operasi Android. Namun tetap pertimbangkan performa, layar, dan sebagainya seperti yang diulas di atas. Dengan dana antara Rp 3 jutaan hingga Rp 5 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan tablet Android yang mumpuni.

Nah, bila Anda punya bujet di atas itu, mungkin Anda bisa mencoba tablet dengan siste operasi iOS dari Apple. Tablet yang kerap disebut iPad ini sangat berguna bagi Anda yang ingin menggambar hingga bermain game dengan lebih optimal.

Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik yang Banyak Dibeli

Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Menjangkau segmen konsumen kelas menegah, Samsung Galaxy Tab S6 Lite menawarkan fitur yang jelas amat menarik berupa S-Pen generasi terbaru. S-Pen baru ini memiliki desain grip yang alami dan fitur sensitivitas tekanan untuk membuat Anda merasakan seperti menulis di kertas sungguhan.

Belum lagi bicara soal dapur pacunya, tandem Exynos 9611 (10nm) dengan Mali-G72 MP3 dan RAM 4GB membuat kebutuhan kerja ringan dan hiburan serta main game tak ada kendala sama sekali.

Harga Rp. 12.175.000-12.890.000

Apple iPad Air 2019

Produk selanjutnya yang direkomendasikan adalah Apple iPad Air 2019. Produk satu ini merupakan tablet dengan dimensi 250,6 x 17,4 x 7,5 mm. Selain itu, layar IPS 10,2 inch menghadirkan resolusi yang HD yakni 1.620 x 2.160 pixel.

Produk ini juga diperkuat dengan chipset Apple A10 Fusion 16nm yang menjanjikan performa yang luar biasa. Didukung pula dengan prosesor Quad-core 2,34 GHz (2x huricane + 2x zephyr) untuk performa semakin gahar.

Untuk menjadikannya mampu bekerja dengan baik, produk ini disematkan RAM 3GB. Memori internalnya teredia dua jenis yakni 32 GB dan 128 GB. Untuk urusan daya tahan baterai, jangan ragu lagi. Karena baterai dengan daya 8,827 mAh tentunya mampu bertahan lebih lama.

Harga Rp. 7.899.000-8.400.000

Samsung Galaxy Tab A 8 (2019)

Bagi pecinta Samsung Galaxy, jangan lewatkan Samsung Galaxy Tab A 8. Produk tahun 2019 ini menghadirkan layar 8,0 inch yang beresolusi 800 x 1280 pixel.

OS-nya adalah Android Pie (9.0) dan didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 429. Sebagai pelengkap, tab ini juga diperkuat dengan dua kamera, yakni kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 Mp.

Performa tablet satu ini didukung pula dengan RAM 3GB untuk menjadikannya mampu bekerja multitasking. Didukung dengan ROM 32 GB yang memudahkan Anda menyimpan banyak file. Baterainya memiliki daya 4.200 mAh untuk daya tahan yang mengagumkan.

Harga Rp. 1.725.000-1.999.000

Apple iPad 9.7 2018

Kembali ke produk dari Apple, berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Apple iPad 9.7. Produk yang dirilis tahun 2018 ini menghadirkan dimensi 203,2 x 134,8 x 6,1 inch dengan layar IPS 7,9 inch beresolusi 1.536 x 2048 pixel. Bagian layar terbuat dari kaca antigores.

Untuk dapur pacu, chipset yang ditanamkan di dalamnya adalah Apple A12 Bionic 7nm yang didukung prosesor Hexacore (2x2,5 GHz vortex _ 4x1,6 GHz tempest). Performanya semakin apik dengan dukungan RAM 3 GB.

Memori internal terdiri dari dua varian yakni 64 GB dan 256 GB yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk daya baterai dijamin tahan lama, karena baterai yang digunakan adalah baterai dengan daya 5124 mAh.

Harga Rp. 5.290.000-5.890.000

Galaxy Tab A With S Pen

Bagi yang suka menggambar atau menulis, Galaxy Tab A With S Pen tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Kelebihan dari produk ini tentunya dilengkapi dengan pen yang memudahkan Anda menggambar dan menulis langsung di layar tab.

Tidak hanya itu, produk dengan dimensi 210 x 124,4 x 8 mm ini menghadirkan layar jenis TFT 8,0 inch yang beresolusi 800 x 1280 pixel. Layarnya juga berkualitas karena tidak mudah tergores.

Sedangkan di dapur pacu, paduan antara chipset Qualcomm Snapdragon 429 (12nm) dengan prosesor Quadcore 2.0 GHz Cortex-A53 menjadikan kinerjanya lebih yahud. Didukung pula dengan RAM 2GB dan memori internal 32GB untuk menjadikannya lebih maksimal. Baterai yang disematkan memiliki daya 5.100 mAh menjadikan Anda tidak perlu repot-repot terus-terusan mencari colokan listrik.

Harga Rp. 1.815.000-4.399.000

Chuwi Hi9 Gaming Tablet

Berikutnya ada produk Chuwi Hi9 Gaming Tablet. Sesuai namanya, produk satu ini memang pas untuk para gamers yang ingin pengalaman bermain game di layar yang lebih lebar.

Tablet satu ini diperkuat dengan OS Android 7.0 (nougat) dengan dukungan prosesor Mediatek MTK8173. Dukungan dari RAM sebesar 4GB menjadikan kinerjanya menjadi semakin cepat.

Untuk penyimpanan, tersedia ROM 64GB HDD. Ditambah lagi, layar 8,4 inch-nya juga menghadirkan gambar yang detail dengan resolusi hingga 2560x1600 picel. Juga dilengkapi kamera, yakni kamera depan 2 MP dan kamera belakang 5 MP.

Harga Rp. 2.385.000-3.050.000

Huawei MediaPad M6 Turbo 8.4

Berikutnya ada Huawei MediaPad M6 Turbo 8.4. Produk Huawei satu ini dirilis pada tahun 2019 dan hadir dengan dimensi 206,4 x 125,2 x 8,2 mm. Layar jenis IPS LCD Capacitive touchscreen-nya menghadirkan 16 juta warna di layar berukuran 8,4 inch.

Resolusi yang dihadirkan juga sangat detail yakni 2560 x 1600 pixel. Produk ini beroperasi dengan sistem Android 9.0 (pie) dan chipset Kirin 980 (7nm). Didukung pula dengan CPU Octacore serta GPU Mali-G76 MP10 yang jadikannya semakin gahar.

Proses kerja menjadi semakin cepat dengan dukungan RAM 6 GB yang menjadikan Anda bisa memainkan game yang berat. Ditunjang pula dengan 128 GB ROM untuk lebih mudah menyimpan banyak file. Khusus untuk berfoto, ada dua kamera yakni kamera depan 8MP dan kamera belakang 13MP yang jadikan hasil foto sangat detail dan jernih.

Harga Rp. 10.199.700

Samsung Galaxy Tab S5E

Kembali lagi ke Samsung Galaxy, kali ini produk yang direkomendasikan adalah Samsung Galaxy Tab S5E. Tablet dengan layar seluas 10,5 inch ini menghadirkan resolusi hingga 1.600 x 2560 pixel.

Tablet dengan dimensi 245x160x5,5 mm ini bergerak dengan baik dan cepat dengan dukungan prosesor Qualcomm Octa-core Snapdragon 670 di OS Android 9.0 (pie). Didukung pula dengan RAM 4GB yang memungkinkan tablet ini untuk melakukan multitasking tanpa takut nge-lag.

Produk ini juga dilengkapi dengan kamera, yakni kamera depan 8MP serta kamera belakang 13MP. Tentunya, menjadikan hasil foto yang jernih dan baik untuk mengabadikan setiap momen Anda. Tidak hanya itu, baterai dengan daya 7040 mAh menjadikan tablet ini lebih tahan lama.

Harga Rp. 7.320.000-7.550.000

Apple iPad 10.2 2019

Masih keluaran Apple, berikutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Apple iPad 10.2. Produk yang dirilis tahun 2019 silam ini menghadirkan layar seluas 10 inch.

Tidak hanya itu, didukung LED backlit dan multitouch menjadikan layar semakin mudah digunakan. Apalagi, resolusinya cukup besar yakni 2.160 x 1620 pixel untuk menghadirkan gambar yang lebih detail.

Produk ini juga dilengkapi berbagai fitur menarik seperti sensor touch ID. Untuk dapur pacu, dukungan dari chipset Apple A10 Fusion menjadikan produk satu ini mampu bergerak dengan cepat. Didukung pula dengan kapasitas baterai yang mumpuni.

Harga Rp. 5.350.000-9.500.000

iPad Pro 11

Selanjutnya, produk yang direkomendasikan terakhir juga berasal dari brand Apple. Produk kali ini yang bisa Anda pertimbangkan adalah iPad Pro 11 yang dirilis pada tahun 2020 ini.

Kelebihan produk satu ini adalah layarnya yang lebar mencapai 11 inch dan menghadirkan resolusi yang begitu detail yakni 1668 x 2388 pixel. Dilengkapi pula dengan dua kamera belakang yakni 12MP dan 10MP. Sedangkan kamera depan juga mampu mengambil gambar dengan maksimal dengan resolusi kamera 7MP.

Ke dapur pacu, mulai dari chipset diperkuat dengan Apple A12Z Bionic yang mampu bekerja dengan cepat dan efektif. Didukung pula dengan prosesor Octa-Core (4x2,5 GHz cortex serta 4x1,6 GHz tempest). Dukungan RAM 6 GB menjadikan Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan. Memori internal tersedia mulai dari 128GB sampai 1TB dengan baterai yang memiliki daya hingga 28.65 wh dan memiliki fitur fast charging.

Harga Rp. 14.585.000-16.000.000
From our editorial team

Tablet dengan Harga Terjangkau Namun Performa Maksimal

Tablet yang direkomendasikan BP-Guide di atas dimulai dari yang harganya murah, sampai termahal. Namun, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli produk dengan harga yang paling tepat.

Tag