10 Rekomendasi Tablet 10 Inci Terbaik untuk Hiburan Lebih Memuaskan (2020)

10 Rekomendasi Tablet 10 Inci Terbaik untuk Hiburan Lebih Memuaskan (2020)

Tablet bukan menjadi sebuah barang baru dalam kehidupan kita. Tablet kerap kali kita pilih jika ingin tampilan layar yang lebih memuaskan. Nah, jika kamu hendak membeli tablet, tak ada salahnya mempertimbangkan tablet dengan ukuran 10 inci. Tablet ukuran ini banyak kelebihannya, loh. Nah, cek bersama yuk rekomendasi tablet 10 inci dari kami!

Tablet Ukuran 10 Inci Cocok untuk Aneka Hiburan

Tablet merupakan slah satu jenis gadget yang banyak dibutuhkan baik oleh anak sekolah hingga orang dewasa. Tablet memiliki ukuran lebih besar dari smartphone dan lebih kecil dari PC. Ini membuatnya lebih nyaman dibawa ke mana saja.

Di pasaran tersedia aneka macam tablet dengan desain dan fitur yang bervariasi. Tak jarang hal ini membuat kita jadi bingung memilih tablet. Nah, kamu bisa pilih tablet lewat salah satu fitur yang kamu butuhkan. Misalnya kamu butuh tablet dengan ukuran besar, kamu bisa memeprsempit pilihan kamu pada tablet ukuran 10 inci.

Tablet dengan ukuran layar 10 inci tentunya menarik untuk dimiliki. Ukurannya yang besar memang bikin sedikit ribet untuk dibawa kemana saja. Kendati demikian, tablet sejenis ini memiliki banyak kelebihan juga, loh.

Dengan layar lebar maka kamu bisa lebih mudah untuk bermain game. Kamu bisa leluasa bermain game dengan lebih lincah dan bisa melihat dengan lebih jelas setiap detail gamenya. Tablet ukuran 10 inci juga bikin kita lebih nyaman jika ingin menonton video atau menonton film.

Kelebihan lain dari tablet ukuran 10 inci adalah kita lebih mudah saat mempelajari presentasi atau saat sedang menyiapkan presentasi. Ukuran layar besar juga bisa memudahkan kita membaca email, membaca buku elektronik, dan lain sebagainya. Tampilannya jadi lebih jelas dan mata jadi tidak mudah lelah.

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Tablet

Cek Kapasitas Memorinya

Ketika akan membeli tablet, kamu perlu mengecek kapasitas memorinya. Cek dulu besaran RAM yang disematkan di dalamnya. Besaran RAM ini akan berpengaruh pada kecepatan kinerja tablet. Pilih tablet dengan RAM minimal 2 GB agar bisa beroperasi dengan baik. Makin besar RAM, maka makin cepat tablet kamu beroperasi.

Selain RAM, kamu juga butuh melihat memori internalnya. Jika kamu tipe yang butuh banyak aplikasi berukuran besar dan juga membutuhkan banyak file untuk disimpan, tentu kamu akan butuh memori internal dengan ukuran yang besar juga. Biasanya tablet menyediakan memori internal minimal 8 GB ke atas. Jika kamu masih merasa memori internal masih kurang cukup maka kamu bisa menambah storage dengan menggunakan microSD jika ada slot microSD yang disediakan pada tablet.

Cek Processor dan Pengolah Grafisnya

Hal lain yang kamu butuhkan saat akan membeli tablet adalah mengecek prosesornya. Minimal pilihlah tablet dengan prosesor Quad Core atau tipe di atasnya. Hindari memilih tablet single core karena akan bikin tablet jadi super lemot saat digunakan untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Cek juga pengolah grafis alias GPU yang disematkan. Pengolah grafis fungsinya untuk mengolah tampilan grafik pada tablet. Makin bagus GPU yang disematkan maka hasil gambar makin bagus dan juga detail.

Pertimbangkan Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk kamu pertimbangkan saat memilih tablet. Jika kamu merasa akan sering memakai tablet maka tidak ada salahnya memilih kapasitas baterai yang tahan lama. Namun jika kamu hanya memakai tablet sesekali saja maka tidak masalah seberapa besar daya baterai yang kamu pilih.

Minimal, kamu wajib memilih tablet dengan daya 2000 atau 3000mAh. Makin besar daya baterainya maka makin bagus karena makin tahan lama digunakan.

Harga

Harga juga wajib jadi pertimbangan saat kamu membeli tablet. Harga tablet bisa bergantung dari banyaknya fitur, kecanggihan teknologi yang disematkan, hingga merek.

Pikirkan dulu fungsi tablet tersebut untuk kamu. Jika untuk sekadar punya saja, kamu tidak perlu membeli tablet yang terlalu mahal. Namun, jika untuk kamu gunakan fiturnya dengan maksimal, maka pilih tablet yang memiliki fitur yang paling kamu butuhkan dan mempertimbangkan merek ternama meski harganya akan cukup mahal.

Jika harga dirasa terlalu mahal, kamu bisa cari yang spesifikasinya biasa saja. Kamu bisa juga menabung hingga anggaran kamu cukup untuk membeli tablet yang kamu inginkan tersebut. Jika kamu merasa sudah keburu ingin membelinya, maka pilih saja tablet yang sesuai dengan anggaran yang kamu miliki saat ini.

Ini Dia Pilihan Tablet Ukuran 10 Inci Terbaik untuk Kamu

Advan Tab Sketsa

Advan Tab Sketsa ini merupakan rekomendasi pertama dari kami. Produk yang satu ini dirilis Juni 2020 lalu. Dengan layar ukuran 10 inci, tablet ini cukup memuaskan untuk berbagai kebutuhan hiburan. Ada chipset SC9863A dan CPU Octa-core 1.6GHz untuk membantu pengoperasian tablet.

Untuk urusan memori, tablet ini dibekali dengan memori internal 32 GB dan RAM 4GB. Kamu juga bisa menambah memori eksternal dengan micro SD hingga 32 GB. Tablet juga dibekali dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP. Daya yang dibutuhkan sebesar 6000mAh sehingga cukup memuaskan dan tahan lama digunakan. Tablet ini juga dibekali dengan stylus sebagai bonusnya.

Harga Rp. 1.310.000-2.449.000

Huawei MatePad T10s

Huawei MatePad T10s tentu bisa jadi pilihan kamu selanjutnya. Produk yang satu ini dirilis pada September 2020 lalu. Tablet keren ini hadir dengan desain yang elegan dan ramping. Produk ini bikin kamu lebih percaya diri saat membawanya. Layarnya berukuran 10,1 inci IPS LCD yang membuat kita jadi lebih puas saat menggunakannya. Aplikasi yang bisa ditampung juga cukup banyak karena di dalamnya dibekali dengan memori internal 64 GB dan RAM sebesar 3 GB.

Daya tahan baterai tablet ini adalah 5100mAh dan cukup memuaskan meski tidak bisa bertahan terlalu lama. Ini cocok untuk kamu yang jarang memakai tablet. Produk ini hadir dengan dukungan stereo speaker yang mengusung setelan Harman Kardon. Ini membuat suara yang dihasilkan jadi lebih spesial. Tablet ini memiliki kamera depan 2 MP dan kamera belakang 5 MP sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan fotografi.

Harga Rp. 25.999.000-4.288.000

Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini juga tentu tidak bisa kamu lewatkan sebagai pilihan. Produk yang dirilis pada Mei 2020 lalu ini hadir dengan layar TFT 10,4 inci yang cukup memuaskan. Untuk pengoperasiannya, tablet dibekali dengan chipset Exynos 9611 dengan GPU Mali-G72. Ada juga RAM 4 GB yang bikin aplikasi jadi lebih lancar dijalankan.

Tablet ini dibekali dengan memori internal pilihan 64 GB atau 128 GB. Kamu juga bisa menambah slot microSD hingga ukuran 1TB. Kamera depannya berukuran 5 MP dan kamera belakang sebesar 8 MP. Cocok untuk kamu yang hobi fotografi. Daya baterai tablet ini adalah 7040mAh sehingga cukup mumpuni untuk dipakai dalam waktu lama. Tablet juga dibekali dengan stereo speaker berbasis AKG Dolby Atmos sehingga bisa mengeluarkan suara yang jernih.

Harga Rp. 5.966.000-8.000.000

Samsung Galaxy Tab S6

Samsung Galaxy Tab S6 juga menjadi rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini dihadirkan pada Agustus 2019 silam. Hadir dengan layar super Amoled 10, 5 inci, produk ini mampu menampilkan tampilan gambar yang jernih dan tajam untuk memanjakan mata. Untuk pengoperasiannya, tablet ini dibekali dengan chipset Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 dengan GPU Adreno 640.

Masalah memori, tablet keren ini hadir dengan RAM 6 GB namun ada juga pilihan RAM 8 GB. Kamu juga bisa memilih memori internal sebesar 128 GB atau 256 GB. Jika merasa masih kurang, kamu bisa tambah microSD dengan besaran hingga 1 TB. Untuk daya tahan baterainya, tablet ini memiliki baterai sebesar 7040 mAh yang cukup tahan lama digunakan.

Harga Rp. 5.775.000-13.930.000

Xiaomi Mi Pad 4 Plus

Xiaomi Mi Pad 4 Plus menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini adalah seri terbaru dari tablet Xiaomi. Layarnya 10 inci dengan resolusi full HD 1920x1200 pixel. Ini membuat tablet jadi bisa menampilkan gambar berkualitas tinggi yang memanjakan mata. Tablet yang satu ini juga hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660 dan RAM berkapasitas 4GB.

Tablet ini memakai sistem operasi Android 8. Ukurannya adalah 245.6 x 149.1 x 8 mm sehingga nyaman dibawa kemana saja. Untuk memori internalnya ada varian 64GB dan 128GB. Produk ini hadir dengan kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Daya tahan baterai juga cukup mumpuni dengan baterai sebesar 8650 mAh.

Harga Rp. 5.398.000-6.598.000

Evercoss Etab 10 Prime

Evercoss Etab 10 Prime menjadi produk lain yang bisa kamu lirik. Tablet yang satu ini memiliki layar panel IPS LCD dengan ukuran 10,1 inci yang memuaskan mata. Untuk dapur pacunya ada CPU Octa-core 1.6GHz dan juga RAM sebesar 4 GB yang disematkan. Tablet ini juga hadir dengan memori internal seluas 32 GB.

Dengan harga yang sangat terjangkau, produk ini bisa memberikan performa yang maksimal. Kamu yang hobi fotografi bisa memuaskan diri dengan kamera pada tablet ini. Ada kamera depan 5 MP dan kamera belakang sebesar 8 MP yang bisa digunakan. Daya baterainya adalah 5500mAh yang sedikit terasa kurang namun cukup untuk kebutuhan yang tidak terlalu banyak.

Harga Rp. 1.699.000-1.999.000

Huawei MatePad Pro

Huawei MatePad Pro juga tidak bisa kamu lewatkan sebagai pilihan. Tablet keren ini memakai layar LCD 10,8 inci. Dapur pacu tablet ini adalah Kirin 990 yang dibekali dengan RAM sebesar 6 GB dan memori internal seluas 128 GB.

Untuk audionya, tablet ini cukup memuaskan. Ini karena ada quad-channel dan quad-speaker Harman Kardon yang bisa menghasilkan suara layaknya home theater. Bagi pencinta fotografi, produk ini juga bisa mengakomodasi kebutuhan kamu. Ada kamera utama 13 MP dan kamera depan 8 MP yang disematkan. Untuk urusan baterai, produk ini dibekali baterai sebesar 7250mAh.

Harga Rp. 9.970.000-10.199.000

Apple iPad 10.2 7 (2019)

Apple iPad 7 10.2 (2019) ini merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini memang bukan keluaran baru. Kendati demikian, layar 10, 2 incinya tetap bisa bikin kamu terpuaskan. Bahan tablet ini juga cukup premium dan tahan lama. Untuk dapur pacunya, tablet ini memakai chipset Apple A10 Fusion. Sistem operasinya memakai iOS yang ringan sehingga kamu bisa lebih lancar menjalankan aplikasi apa saja.

Tablet berukuran 250,6 x 174,1 x 7,5 mm ini cukup nyaman dibawa kemana saja. Untuk memori, ada RAM 3 GB dan juga memori internal 32 GB di dalam produk ini. Daya tahan baterainya cukup memuaskan yakni 8827 mAh sehingga bisa tahan lama digunakan. Ada sensor fingerprint, retina display, dan fitur menarik lain yang disematkan dalam tablet keren ini.

Harga Rp. 5.529.000-7.359.000

Chuwi Hi9 Air Tablet

Chuwi Hi9 Air Tablet ini juga menjadi rekomendasi yang tak kalah menariknya. Produk ini mampu bersaing dalam pasar tablet bermerek. Kualitasnya bagus dengan fitur-fitur yang cukup memukau. Desainnya simpel namun tetap elegan digunakan.

Tablet yang satu ini hadir dengan Deca-core MT6797 X20 yang dipadukan dengan RAM sebesar 4 GB untuk dapur pacunya. Baterainya berdaya tahan 8000mAh sehingga bisa tahan lama digunakan. Kamu juga bisa multitasking dengan lancar memakai produk yang satu ini.

Harga Rp. 3.582.000-4.150.000

Huawei MediaPad M5 10

Huawei MediaPad M5 10 ini adalah rekomendasi kami yang terakhir. Produk yang satu ini hadir dengan layar IPS LCD 10.8 inci. Tablet keren ini mengusung chipset HiSilicon Kirin 960 dan RAM 4GB untuk dapur pacunya. Untuk memori internalnya ada pilihan 128 GB dan juga 256 GB. Sementara untuk memori eksternalnya kamu bisa menambah micro SD hingga 256 GB.

Produk ini hadir dengan kamera depan 8 MP dan kamera belakang 13 MP. Untuk baterainya, tablet yang satu ini memakai daya 7500mAh yang cukup mumpuni untuk berbagai aktivitas. Tablet ini hadir dengan sensor fingerprint untuk keamanan yang lebih terjamin.

Harga Rp. 13.709.000
From our editorial team

Tablet Tetap Tak Bisa Menggantikan Laptop

Beberapa orang mengira tablet cukup nyaman untuk menggantikan fungsi PC atau laptop. Memang benar, karena dari segi ukuran dan kepraktisan untuk dibawa, tablet bisa mengungguli PC atau laptop. Namun, dari segi performa, tablet tetap kurang mampu untuk menggantikan fungsi laptop. Kita akan lebih kesulitan untuk mengetik, berselancar, dan melakukan tugas yang lebih berat dengan tablet. Maka dari itu, boleh saja membeli tablet namun tetap ingat bahwa fungsinya tidak bisa menggantikan laptop atau PC sepenuhnya, ya.

Tag