Vitamin Peninggi Badan Anak Terbaik untuk Pertumbuhan Maksimal (2022)

Vitamin Peninggi Badan Anak Terbaik untuk Pertumbuhan Maksimal (2022)

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan optimal. Optimal di sini berarti anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya, tumbuh dengan maksimal dan terhindar dari stunting.

Mengapa Anak Harus Tumbuh Tinggi?

Apa itu stunting?

Stunting adalah masalah gizi kronis akibat asupan gizi yang kurang pada anak dalam jangka waktu panjang sehingga berpengaruh pada pertumbuhan anak yang terganggu. Seringkali ketika melihat seorang anak tumbuh pendek kita tidak berpikir ada masalah dengan pertumbuhannya. Alih-alih demikian kita hanya mengkaitkannya dengan faktor genetik anak tersebut yang mungkin tidak memiliki gen postur tubuh tinggi. Faktanya, faktor genetika berpengaruh kecil terhadap kondisi seseorang jika dibandingkan dengan faktor lainnya, seperti faktor lingkungan dan kesehatan.

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa dikenali pada anak yang terkena stunting, salah satunya adalah pertumbuhan tubuh dan gigi anak yang terlambat. Biasanya, anak-anak dengan stunting memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan anak-anak seusianya. Oleh karena itu, kita harus mulai memperhatikan pertumbuhan tubuh anak kita dan bisa lebih waspada jika anak kita tidak setinggi anak seusianya, karena bisa jadi terdapat gangguan pertumbuhan yang dialaminya.

Mengapa kita harus khawatir? Apakah stunting berbahaya untuk anak? Berikut ini beberapa bahaya stunting jika tidak dicegah ataupun tidak segera ditangani:

  • Pertumbuhan anak terganggu. Tidak hanya anak akan lebih pendek daripada teman seusianya, berat badan anak pun akan lebih rendah daripada anak seusianya. Pertumbuhan tulang anak juga akan terhambat jika terkena stunting.
  • Anak bisa mengalami gangguan tumbuh kembang. Lebih jauh lagi, anak akan mengalami hambatan dalam proses belajar, seperti gangguan kognitif dan memiliki tingkat fokus yang rendah. Jika tidak ditangani, bisa terjadi komplikasi, yaitu gangguan perkembangan otak anak sehingga bisa menghambat anak untuk berprestasi.
  • Anak mudah sakit. Dia akan rentan mengalami infeksi berulang karena kekebalan tubuhnya rendah. Ketika dewasa, anak akan lebih beresiko terhadap penyakit metabolic, seperti obesitas dan diabetes.

Cara Membuat Anak Tumbuh Tinggi

Pola Makan Seimbang

Cara pertama ini sangat penting untuk dilakukan. Anak perlu untuk dikenalkan dengan makanan yang bergizi seimbang dan membimbing mereka untuk konsisten menerapkan pola makan sehat. Komponen karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral harus dikonsumsi secara cukup sesuai kebutuhan anak menurut usianya. Seng merupakan salah satu komponen yang penting untuk menunjang pertumbuhan anak. Maka, Anda bisa menyertakan makanan tinggi kandungan seng dalam menu harian mereka, misalnya kacang-kacangan.

Adapun makanan lainnya yang baik untuk dikonsumsi agar anak cepat tinggi, antara lain:

  • Telur. Mengutip Medical News Today, di dalam sebutir telur terkandung kalsium, protein, vitamin D, folat dan vitamin B12. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, kekurangan vitamin B12 dan folat akan emnyebabkan anak mengalami gangguan pertumbuhan tinggi badan.
  • Daging ayam. Dalam 3 ons daging ayam terkandung 20 gram protein. Selain itu, daging ayam juga mengandung vitamin B12 yang sangat tinggi, juga taurine yang merupakan asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.
  • Produk susu. Susu kaya akan kalsium yang merupakan mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang dan kerangka tubuh manusia. Anak bisa mengkonsumsi susu atau olahan susu, seperti keju, yogurt, susu skim dan lainnya.
  • Sayuran hijau. Makanan ini juga bisa mendukung anak untuk tumbuh tinggi dengan cepat karena kaya akan kalsium. Mengutip Healthline, sayuran hijau umumnya sangat kaya akan vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan potassium. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang bisa mengatur kepadatan tulang yang bisa menunjang pertumbuhan dan menjaga tinggi badan anak.
  • Ikan. Ikan seperti tuna dan salmon mengandung banyak vitamin D dan kalsium yang saling menunjang untuk pertumbuhan tinggi anak. Tidak hanya tuna dan salmon, Anda juga memberi ikan lainnya seperti makarel, sarden, dan lain-lain.
  • Buah-buahan. Buah umumnya mengandung banyak vitamin C yang juga membantu produksi kolagen yang penting untuk kekuatan dan perbaikan tulang.

Olahraga

Ajak anak untuk rutin berolahraga, seperti lompat tali, berenang, jogging, atau bahkan sekedar peregangan badan. Olahraga bisa meregangkan tubuh anak sehingga bisa memaksimalkan pertumbuhan vertikal tubuh mereka. Bahkan, anak kecil tidak boleh untuk diam tidak aktif dalam jangka waktu lama.

Menurut ahli di KidsHealth, balita membutuhkan waktu selama 60 menit untuk bermain aktif setiap harinya, sedangkan untuk anak usia prasekolah membutuhkan 120 menit per hari. Durasi ini harus diisi aktivitas fisik terencana yang dipandu oleh orang dewasa.

Tidak hanya itu, dengan rutin berolahraga akan menambah produksi hormon pertumbuhan yang akan mempengaruhi tinggi badan anak. Setelah berolahraga, otot-otot anak akan lebih kuat serta tubuhnya akan meregang yang bisa memperkuat tulang belakang sehingga anak bisa tumbuh tinggi dan sehat.

Tidur yang Cukup

Bagi anak-anak, memiliki tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting. Ketika tidur, terutama tidur malam, terdapat hormon pertumbuhan yang dilepaskan. Hormon pertumbuhan ini hanya dilepaskan ketika anak tidur lelap. Hormon ini berperan langsung dalam membuat anak tumbuh tinggi sehingga pastikan anak memiliki tidur yang berkualitas setidaknya selama 8 jam setiap malam.

Tambahkan Suplemen Bila Perlu

Bila dibutuhkan, Anda bisa menambahkan suplemen ke dalam konsumsi harian mereka. Hal ini akan berguna untuk melengkapi kebutuhan zat gizi yang mungkin belum terpenuhi dari konsumsi makanan mereka sehari-hari untuk menunjang pertumbuhan tinggi anak. Mengkonsumsi vitamin yang tepat bisa membentuk tulang yang kuat dan membantu pertumbuhan anak.

Bagi anak berusia remaja, pemberian vitamin untuk menambah tinggi mereka masih bisa memberi dampak yang serupa, meski terdapat batasan usia pertumbuhan tulang bagi setiap anak yang berbeda-beda. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi ke dokter terkait pemberian suplemen pada anak ini.

Rekomendasi Vitamin Penambah Tinggi untuk Anak

Wellness Calcium Gummy

Wellness Calcium Gummy mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, zinc, biotin dan kaolin. Vitamin ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, membantu pembentukan tulang dan gigi, menstimulasi produksi antibodi, mencegah anemia, hingga meningkatkan nafsu makan.

Bahkan, vitamin ini juga mampu membantu penyembuhan luka. Semua fungsinya sangat cocok untuk anak-anak yang sedang aktif bergerak dan menunjang tumbuh kembangnya.

Harga Rp. 120.000-340.000

Curcuma Plus Grow Emulsion

Curcuma Plus Grow Emulsion adalah multivitamin yang diperkaya minyak ikan kod dan ekstrak temulawak untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi si kecil.

Vitamin ini membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat serta mampu memperbaiki nafsu makan dengan kandungan temulawaknya. Menariknya, vitamin ini bisa diminum oleh anak-anak mulai usia 6 bulan hingga anak usia 12 tahun.

Harga Rp. 25.000-54.900

Fitkom Gummy Calcium

Fitkom Gummy Calcium tinggi kalsium dan vitamin D, membantu pertumbuhan tulang anak dan menjaga kekuatannya. Vitamin ini berbentuk jelly yang kenyal dan manis, pasti disukai oleh anak-anak. Setiap pembelian vitamin ini akan mendapatkan hadiah karakter yang bisa dikoleksi.

Harga Rp. 15.385-138.210

Zefit Grow

Zefit Grow telah terbukti bisa membantu menambah tinggi badan anak-anak, remaja hingga dewasa. Vitamin ini tersedia dalam bentuk kapsul dan susu, yang akan lebih efektif jika dikonsumsi bersama. Zefit Grow mengandung kalsium organik dan dilengkapi dengan zinc serta vitamin lainnya yang sangat baik untuk pertumbuhan anak.

Telah tersertifikasi halal dan memiliki izin edar BPOM, tentu akan membuat Anda tenang memberikannya ke si kecil. Vitamin ini diklaim bisa menambah tinggi hingga 8 cm dengan mengonsumsinya secara teratur dalam 4 minggu.

Harga Rp. 21.000-416.000

Blackmores Calcimag Multi

Blackmores Calcimag Multi diperkaya dengan vitamin D3, K1 dan mineral lainnya yang bisa membantu meningkatkan penyerapan kalsium. Vitamin ini juga diperkaya Magnesium yang membantu menjaga kesehatan otot.

Selain bisa menjaga kesehatan tulang dan menunjang pertumbuhannya, vitamin ini mencegah penyakit hemoragik, kanker, dan mencegah keropos tulang. Blackmores Calcimag Multi juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil yang membutuhkan asupan kalsium lebih banyak daripada biasanya.

Harga Rp. 70.000-191.000

US Clinicals StrongBone Kids

US Clinicals StrongBone Kids tinggi kalsium dan zinc yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang. Vitamin ini berbentuk burstlet rasa susu yang dapat dikunyah dan rasanya enak yang dapat membuat anak menyukai untuk mengkonsumsi vitamin ini. US Clinicals StrongBone Kids bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk anak-anak yang memiliki intoleransi laktosa.

Harga Rp. 485.000-890.460

Tenlung TT

Tenlung TT terbuat dari bahan alami yang dilengkapi dengan ‘Triple System’. Kandungan di dalam vitamin ini benar-benar alami, sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak berusia 5 tahun ke atas, ibu hamil, ibu menyusui dan orang tua.

Tidak hanya meninggikan badan, vitamin ini juga menutrisi tulang, membuatnya kuat dan mencegah osteoporosis maupun pengapuran. Untuk hasil yang lebih maksimal, imbangi konsumsi vitamin ini dengan rutin berolahraga serta menjaga pola tidur yang baik.

Harga Rp. 12.000-31.800

S-Grow

S-Grow dikemas dalam bentuk minuman serbuk kalsium murni yang tinggi protein. Komposisinya merupakan yang terbaik, telah mengantongi sertifikat resmi dari BPOM, GMP dan HACCP yang menjamin manfaat dan kualitasnya. Suplemen vitamin ini bisa meninggikan badan dengan cepat, sehat dan alami, tanpa efek samping dan hasilnya permanen.

Mengandung multivitamin Zinc, vitamin D, dan nutrisi lainnya yang membantu pertumbuhan anak mulai dari usia 8 tahun. S-Grow juga mengandung kolagen, malt extract barley dan fosfor yang bermanfaat memadatkan tulang serta merangsang hormon pertumbuhan tulang. Dengan rasa strawberry, suplemen ini sangat enak untuk dikonsumsi.

Harga Rp. 200.000-1.050.000

Tianshi Calcium Powder for Children

Tianshi Calcium Powder for Children sudah tersertifikasi halal, memiliki izin BPOM, serta efektif untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak hanya itu, suplemen ini juga bisa meningkatkan kecerdasan anak dan menjaga daya tahan tubuhnya. Tianshi Calcium Powder untuk anak ini menggunakan KalsiumAA-Ca yang lebih mudah diserap tubuh, bahkan tidak perlu vitamin D3 untuk penyerapannya. Cara mengkonsumsi suplemen ini adalah dengan menyeduhnya dengan air panas bersuhu 60 hingga 70 derajat celcius. Anda juga bisa mencampurkannya ke makanan atau minuman anak lainnya agar lebih mudah dikonsumsi.

Harga Rp. 120.000-819.000

Biolysin Emulsion

Biolysin Emulsion merupakan multivitamin lengkap untuk anak berbentuk sirup yang praktis diminum. Mengandung minyak hati ikan kod untuk menjaga daya tahan tubuh anak, kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Ada pula AA, Choline dan minyak ikan yang melengkapi nutrisi otak, lalu vitamin D yang memaksimalkan penyerapan kalsium, serta vitamin lainnya yang dibutuhkan anak di masa pertumbuhannya. Biolysin Emulsion bisa dikonsumsi oleh anak yang berusia mulai dari 1 tahun hingga 12 tahun dengan takaran yang disesuaikan.

Harga Rp. 19.900-30.375
From our editorial team

Tumbuh tinggi sempurna bisa didapat dengan tambahan suplemen setiap hari!

Untuk mendapatkan tinggi badan yang sesuai harapan, terkadang tak cukup makanan sahari-hari dipenuhi. Suplemen peninggi badan adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkannya!