10 Rekomendasi Merk Tempat Makan Bayi Agar Si Kecil Makin Lahap (2022)

10 Rekomendasi Merk Tempat Makan Bayi Agar Si Kecil Makin Lahap (2022)

Makan merupakan tahapan terpenting dalam pertumbuhan bayi. Agar makin semangat dan lahap, BP-Guide akan memberikan rekomendasi merk tempat makan bayi yang lucu dan menggemaskan. Yuk, simak apa saja!

Tempat Makan Berperan Penting Untuk Bayi yang Menginjak Usia 6 Bulan

Saat menginjak usia 6 bulan, sudah saatnya untuk memperkenalkan bayi pada makanan pendamping ASI atau singkatnya MPASI agar kebutuhan gizinya lebih tercukupi, dan dia juga dapat mengenal berbagai macam tekstur dan rasa untuk tumbuh kembangnya.

Selain menu MPASI, tempat makan juga memiliki peran penting bagi anak saat periode MPASI. Di samping fungsinya sebagai tempat menakar makanan, tempat makan juga dapat menjadi media tumbuh kembang bayi, agar ia dapat belajar menggunakan peralatan makan sendiri.

Cara Mengajarkan Bayi Agar Mau Makan Sendiri

Ajak Makan Bersama

Saat keluarga makan bersama, ajak juga si kecil untuk duduk bersama. Jika ia tampak tertarik memperhatikan Anda atau keluarga yang lain makan, Anda bisa memberikan makanan untuknya.

Potong Makanan Jadi Kecil-Kecil

Berikanlah si kecil makanan yang gampang dipegang, yaitu kira-kira seukuran jari (finger food) agar tangan mungilnya mudah menggenggam. Anda dapat memberikan pir, apel, melon, dan lain sebagainya sebagai finger food.

Biasakan Duduk Tegak

Duduk tegak adalah posisi terbaik untuk kerja sistem pencernaan. Untuk saat pertama, Anda boleh memangkunya menghadap meja makan. Selanjutnya, posisikan bayi duduk di high chair agar ia terbiasa duduk sendiri di meja makan. Jika perlu, tambahkan bantal untuk menyangga posisi duduknya agar tegak.

Jangan Paksa Bayi Makan

Tak perlu memaksa bayi untuk cepat memilih dan memasukkan makanannya ke dalam mulut. Memaksa anak dapat membuatnya menjadi trauma. Sebagai orang tua memang harus sabar. Ketika anak menemukan rasa yang enak, ia akan makanannya.

Variasikan Menu Makanan

Cobalah untuk menawarkan beragam variasi makanan pada si kecil. Ini menjadi kesempatan bayi untuk menjelajahi beragam cita rasa dan tekstur makanan. Lama kelamaan Anda akan mengetahui mana yang ia sukai.

Tips Memilih Tempat Makan yang Aman Untuk Bayi

Pastikan Bahannya Aman

Ada berbagai macam material yang digunakan untuk membuat tempat makan bayi. Beberapa dibuat dari plastik, ada juga yang dibuat dari stainless steel, kaca, dan lain sebagainya.

Tempat makan bayi yang terbuat dari plastik akan lebih tahan banting karena tidak mudah pecah, dan bentuknya juga beragam, serta harganya yang lebih terjangkau.

Dalam memilih tempat makan bayi dari plastik, pastikan sudah memiliki label non-BPA (Bisphenol-A) atau BPA free. BPA adalah zat kimia yang digunakan dalam pembuatan plastik. Zat ini dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan dalam tumbuh kembang bayi.

Sesuaikan Ukuran Dengan Porsi Makan

Setiap orang mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda sesuai dengan usianya, termasuk juga anak-anak. Maka, menakar porsi makan bayi sangat penting untuk mengetahui kecukupan nutrisi yang didapatkannya.

Penentuan porsi ini juga penting agar makanan yang Anda berikan dapat dilahap semua oleh si kecil sebelum si kecil berhenti karena kekenyangan. Sayang banget jika MPASI yang diberikan ujung-ujungnya tidak habis.

MPASI yang tidak habis jatuhnya akan sama dengan membuang makanan. Sebab, makanan yang sudah disuapkan ke bayi dan terkena air liurnya harus segera dibuang, tidak boleh diberikan kembali karena dikhawatirkan mengandung bakteri berbahaya setelah didiamkan beberapa waktu.

Utamakan yang Dilengkapi Penutup

Tempat makan yang dilengkapi penutup akan melindungi makanan di dalamnya dari debu atau benda asing lainnya yang dapat mengkontaminasi makanan. Pastikan juga penutup itu rapat dan tidak bocor.

Terlebih jika Anda ingin menempatkan ataupun menyimpan makanan atau minuman yang bentuknya cair seperti kaldu, sup, atau jus buah, maka tempat makanan dengan penutup akan mencegahnya untuk tumpah sehingga lebih aman.

Makanan di dalam tempat makan yang memiliki penutup akan memudahkan Anda saat bepergian. Anda dapat membawa bekal MPASI dari rumah sebagai makan siang anak yang lebih terjamin kualitasnya daripada dibeli di luar.

Rekomendasi Merk Tempat Makan Bayi

Ikea Mata Feeding Set

Tempat makan bayi set keluaran IKEA ini terbuat dari material plastik polietilena, polipropilena, dan karet sintetis. Anda dapat memasukkan mangkuk dan mugnya ke dalam microwave dengan suhu hingga 100°C.

Satu set tempat makan ini terdiri dari mangkuk, mug, celemek, serta sendok. Bentuknya sangat unik dengan karakter katak yang lucu. Tersedia dalam berbagai warna seperti hijau, biru, dan pink yang bisa dipilih sesuai selera.

Harga Rp. 60.000-70.000

Tommee Tippee Cool and Mash Bowl

Tempat makan ini memiliki penutup yang akan menjaga makanan dari debu dan kontaminasi lainnya yang mungkin bisa jatuh ke makanan. Kebersihan dan kualitas makanan di dalamnya pun jadi terjaga.

Bagian dasar mangkuknya sengaja di desain dengan sudut berbentuk segitiga untuk memudahkan si kecil menggunakannya. Terdapat juga sisi bergeriginya yang dapat dimanfaatkan untuk membuat makanan jadi halus.

Harga Rp. 85.000-100.000

Baby Safe Collapsible Food Container 600 ml

Tempat makan ini memiliki wadah bundar dan tersedia dalam berbagai macam warna, seperti kuning dan biru tosca. Terdapat juga penutup yang rapat, yang akan mengamankan makanan di dalamnya.

Menariknya, tempat makan yang satu ini bisa dilipat jadi kecil. Setelah selesai makan, produk ini bisa dilipat hingga 60% berukuran lebih kecil dari ukuran penuhnya. Jadi tidak makan tempat. Ini akan memudahkan Anda terutama saat bepergian.

Harga Rp. 50.000-100.000

Ezpz Happy Mat

Tempat makan bayi yang satu ini merupakan gabungan dari tatakan dengan piring yang terbuat dari 100% bahan silikon berkualitas. Tempat makan ini pun bebas BPA dan zat kimia lain, dan sudah memiliki sertifikasi Food Grade.

Produk ini memiliki desain yang lucu seperti gambar senyuman. Anda pun bisa berkreasi meletakkan makanan untuk menyenangkan hati si kecil di atasnya. Jika si kecil ingin makanannya hangat, tinggal masukkan produk ini ke dalam microwave.

Harga Rp. 350.000-500.000

Monee Baby Silicone Bowl

Berbeda usia bayi, berbeda pula takaran makanannya. Produk ini akan membantu Anda agar dapat mengatur takaran makan untuk bayi sesuai dengan porsi yang dibutuhkannya. Bagian dalamnya memiliki skala ukuran kapasitas hingga 150 ml.

Desain mangkuknya yang bulat pun membuat makanan jadi lebih mudah disendok. Warnanya sangat cantik, seperti warna tosca pink, biru, serta coklat yang lembut. Warna-warni yang dapat menarik perhatian si kecil.

Harga Rp. 100.000-150.000

Pigeon Feeding Set With Training Cup

Satu set tempat makan bayi ini dapat Anda gunakan untuk melatih si kecil agar dapat makan sendiri. Di dalamnya terdapat mangkuk kecil, piring bersekat, sendok, training cup dengan berbagai kepala, dan lain sebagainya. Material yang digunakan tergolong bebas BPA.

Permukaan salah satu kompartemen piring bersekat pada produk ini juga memiliki tekstur yang dapat membantu Anda menghaluskan makanan bayi dengan menekan bagian belakang sendok pada permukaan yang bertekstur. Praktis, bukan?

Harga Rp. 70.000-150.000

Brother Max Weaning Bowl Set

Tempat makan bayi yang satu ini memiliki pegangan yang unik, yaitu desain pegangan yang berlubang di ujung tempat makan. Dengan begitu, Anda bisa mengaitkan produk ini di antara jempol dan keempat jari untuk pegangan yang lebih kukuh.

Desain tempat makan ini akan memudahkan Anda untuk memegang tempat makan saat menyuapi si kecil. Produk ini ideal untuk Anda yang kesulitan memegang tempat makan pada situasi tertentu seperti di dalam kendaraan.

Harga Rp. 150.000-200.000

Chicco Meal Set

Jika kamu menginginkan satu set peralatan makan yang pas dan matching, produk ini cocok dijadikan pilihan. Satu set tempat makan bayi ini terdiri dari cup, piring yang berfungsi 2 in 1, sendok, dan baby tumblr.

Di samping warnanya yang cerah, produk ini juga terbuat dari bahan silikon sehingga tidak akan mudah pecah, sehingga Anda tak perlu khawatir saat Anda maupun si kecil tak sengaja menjatuhkannya.

Harga Rp. 75.000-200.000

Nuby Easy Go Suction Bowl & Spoon

Produk ini didesain agar mudah dan nyaman dipegang oleh tangan kanan atau tangan kiri. Bagi Anda yang biasa menggunakan tangan kiri, produk ini pun akan lebih ergonomis, namun juga tetap nyaman bagi yang biasanya menggunakan tangan kanan.

Bagian dasarnya pun dilengkapi fitur pengisap atau vacuum agar tidak mudah goyah saat ditaruh di permukaan datar. Tempat makan ini dilengkapi dengan penutup dan sendok yang bisa Anda letakkan di bagian penutup saat menyimpanya.

Harga Rp. 70.000-100.000

Oxo Tot Small & Large Bowl Set

Produk ini memiliki model yang simpel, seperti mangkuk dengan penutup. Selain menggunakannya sebagai tempat makan bayi, Anda juga bisa menggunakannya untuk menyimpan makanan yang tersisa di rumah.

Anda bisa memilih produk ini apabila tidak mau melihat kudapan si kecil berserakan di rumah. Anda akan mendapatkan dua ukuran berbeda yang dapat disesuaikan dengan kapasitas makan si kecil.

Harga Rp. 150.000-200.000
From our editorial team

Agar Anak Tidak Bosan, Variasikan Juga Tempat Makannya!

Bukan hanya menu makanan saja lho yang harus divariasikan. Tempat makan si kecil juga bisa diganti-ganti agar mereka tidak merasa bosan dan lahap makan. Yuk, pilih produk favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas!