10 Parfum Bayi Terbaik untuk Bikin Buah Hati Segar Sepanjang Hari (2021)

10 Parfum Bayi Terbaik untuk Bikin Buah Hati Segar Sepanjang Hari (2021)

Siapa bilang bayi tidak butuh parfum? Bukan hanya Anda yang butuh parfum agar lebih percaya diri dan lebih wangi sepanjang hari. Buah hati juga bisa memakai parfum yang bikin ia makin segar dan ceria sepanjang hari. Ada kriteria khusus dalam memilih parfum bayi, simak tipsnya dan jangan lupa cek juga rekomendasinya!

Si Kecil juga Bisa Pakai Parfum untuk Bikin Aromanya Lebih Segar

Siapapun pasti setuju jika dikatakan aroma bayi adalah aroma yang paling enak di dunia. Bayi merupakan makhluk kecil yang tidak berdaya dan butuh banyak bantuan. Selain menggemaskan, bayi juga memiliki aroma yang bikin kita jadi mudah kangen dan ingin selalu menggendong atau menimangnya.

Wangi alami bayi seiring berjalannya waktu akan memudar. Bertambahnya usia dan makin banyaknya ia bergerak membuat bayi cepat berkeringat. Aroma keringat bayi memang tidak mengganggu, namun akan lebih segar jika ia memakai parfum atau cologne khusus bayi. Pemakaian pewangi ini selain bikin bayi makin menggemaskan juga ada banyak manfaatnya, loh!

Memakaikan parfum pada bayi bisa membantu dia untuk menstimulasi indra penciumannya. Aroma wangi bisa meningkatkan stimulus bagi perkembangan saraf olfaktori anak yang akan mempengaruhi indra penciuman anak. Wangi sesuatu bisa membuat hidungnya mengenali sesuatu. Aroma wangi juga bisa membuatnya bisa mengenali lingkungan sekitar. Dengan memakai wewangian maka sel kemoreseptor di dalam anggota tubuh bayi bisa merespon dan memberi stimulus ke otak sehingga bisa membantu bayi mengelola emosinya.

Pemakaian parfum pada bayi juga bisa membantu menenangkan bayi. Mood buah hati bisa meningkat dan membuatnya jadi lebih tenang. Wangi cologne bayi juga bisa membantu mengurangi frekuensi menangisnya. Saat ia mencium aroma yang ia kenal, tentu perasaannya jadi lebih tenang dan ia jadi merasa lebih nyaman sehingga ia tidak lagi merasa gelisah dan menangis.

Tips Memilih Parfum Bayi

Aromanya Harus Lembut

Hal pertama dan paling utama saat memilih parfum bayi adalah memilih yang aromanya lembut. Jangan mudah termakan iklan dan langsung membeli parfum hanya karena wanginya segar saja. Pertimbangkan juga wanginya untuk indera penciuman bayi.

Anak bayi memiliki indra penciuman yang masih sensitif. Anda tidak bisa asal membeli parfum yang wangi saja. Pilih aroma yang lembut dan tidak terlalu kuat. Selain tidak bikin cepat eneg, aroma yang lembut juga tidak akan mengganggu indra penciuman bayi.

Bahan Alami dan Sudah Teruji

Periksa label kemasan parfum sebelum membeli atau memakaikannya pada si kecil. Kenali berbagai istilah agar bisa lebih yakin bahwa bahan yang digunakan aman. Utamakan juga Anda memilih bahan yang alami. Parfum bayi dengan bahan alami tentunya akan lebih aman di kulit bayi. Selain itu, bahan alami juga membuat efek sampingnya jadi hampir tidak ada sama sekali untuk kulit bayi.

Beberapa jenis bahan alami biasanya adalah canola oil, jojoba oil, hingga lavender oil. Aneka minyak pewangi alami itu selain segar aromanya juga bisa membuat kulit bayi jadi lebih halus, lembut, dan lebih lembap. Ada juga bahan seperti ekstrak chamomile hingga madu yang dicampurkan untuk bisa menutrisi kulit jadi lebih sehat.

Selain memastikan bahannya alami, Anda juga wajib pastikan bahwa parfumnya sudah teruji klinis. Parfum yang sudah melewati rangkaian uji klinis tentu lebih aman digunakan pada kulit buah hati.

Wajib Bebas Alkohol dan Bahan Berbahaya

Pada parfum orang dewasa, wajar saja jika ada campuran alkohol di dalamnya. Fungsi dari bahan alkohol adalah untuk membuat parfum menjadi bening dan bisa membuat parfum lebih mudah menyebar ke bagian tubuh. Parfum jenis cologne pada orang dewasa umumnya hanya mengandung 5 persen minyak bibit wangi dan 90 persen alkohol sementara sisanya adalah campuran air.

Nah, saat memilih parfum bayi atau cologne bayi, jangan disamakan dengan produk orang dewasa, ya. Kulit bayi masih sangat sensitif sehingga lebih mudah iritasi jika terkena benda asing. Sebagai orangtua, Anda harus lebih cermat memperhatikan komposisi parfum yang akan Anda berikan pada buah hati. Pastikan parfumnya bebas alkohol. Kandungan alkohol bisa saja bikin kulit anak jadi sensitif dan iritasi. Maka dari itu, hindari parfum yang ada kandungan alkoholnya.

Selain alkohol, pastikan parfum bayi juga tidak mengandung paraben dan juga fenoksietanol. Kedua bahan tersebut berbahaya untuk bayi. Paraben umumnya digunakan sebagai pengawet dalam produk kosmetik sehingga jamur dan bakteri tidak akan tumbuh pada kosmetik. Fenoksietanol digunakan untuk stabilizer yang bisa melawan bakteri dalam produk kecantikan.

Meski sudah umum digunakan dalam aneka produk kecantikan, bukan berarti aman untuk bayi. Anda tentu tidak ingin bahan berbahaya tersebut menghinggapi kulit buah hati. Maka dari itu, cek lagi label kandungan pada kemasan baby cologne.

Pastikan Formulanya Ringan

Saat memilih baby cologne atau parfum bayi, pastikan Anda memilih yang formulanya ringan. Umumnya jika mencari yang formulanya ringan maka carilah yang bentuknya cair. Hindari produk yang kental dan juga terasa lengket di kulit. Ini akan bikin kulit bayi jadi kurang nyaman. Selain itu, cairan yang terlalu lengket bisa berpotensi bikin kulit bayi iritasi.

Ini Dia Rekomendasi Parfum Bayi Terbaik untuk Buah Hati Kesayangan

Johnson's Baby Happy Berries Cologne

Johnson's Baby Happy Berries Cologne adalah rekomendasi pertama kami. Parfum yang satu ini hadir dengan aroma buah yang segar. Bebas alkohol dan paraben, cologne bayi ini bikin bayi makin menggemaskan. Usapkan atau percikkan sedikit di kulit bayi usai mandi. Dibanderol dengan harga terjangkau, parfum bayi ini aromanya bisa tahan lama, loh.

Harga Rp. 18.600-20.400

Mitu Baby Cologne Spray Pink

Mitu Baby Cologne Spray Pink tidak bisa Anda lewatkan untuk jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dalam botol spray jadi lebih mudah diaplikasikan. Anda tinggal semprot pada baju dan kulit bayi. Aromanya segar dan tahan lama bikin bayi makin menggemaskan. Produk ini tidak mengandung alkohol sehingga aman untuk kulit bayi. Berbahan dasar air, cologne ini pastinya tidak akan bikin kulit bayi iritasi.

Harga Rp. 8.000-18.900

Cussons Baby Cologne Sparkling Joy

Cussons Baby Cologne Sparkling Joy adalah parfum dengan aroma lavender yang bisa menenangkan buah hati. Aromanya cocok untuk relaksasi dan bisa mengobati kecemasan bayi. Produk ini akan membuat bayi jadi lebih segar sepanjang hari. Wanginya lembut dan tidak menyengat sama sekali. Formulanya rendah alkohol jadi aman untuk kulit bayi. Perckkan pada bayi setelah mandi atau pada baju bayinya.

Harga Rp. 15.500-20.000

Chicco Baby Moments Eau de Cologne

Chicco Baby Moments Eau de Cologne terbilang sebagai salah satu parfum bayi yang menyegarkan. Produk yang satu ini bikin kita dan juga bayi jadi makin tenang saat menghirup aromanya. Wanginya lembut dan segar sehingga bikin anak makin menggemaskan. Cukup oles parfum ke tubuh bayi untuk bikin kulitnya lebih sejuk dan segar. Parfum bebas paraben dan sudah hypoallergenic sehingga tidak akan bikin alergi kulit.

Harga Rp. 187.000-250.000

My Baby Kids 2IN1 Cologne 100ML-Blue

My Baby Kids 2IN1 Cologne 100ML-Blue aalah cologne yang aman untuk bayi. Uniknya, tidak hanya bisa digunakan di kulit namun juga rambut, loh. Ada kandungan pro vitamin B5 dan argan oil di dalamnya. Kandungan tersebut bisa membantu menutrisi kulit bayi. Selain itu, rambut bayi juga bisa lebih halus dan lembut. Aroma wanginya tidak menyengat dan aman untuk pernafasan bayi.

Harga Rp. 7.000-12.500

Probaby Cologne Baby Silky Cuddle

Probaby Cologne Baby Silky Cuddle merupakan parfum bayi yang bisa memberikan aroma segar dan wangi sepanjang hari. Wangi parfumnya lembut dan khas aroma bayi sehingga bikin anak tidak eneg dan mual. Cologne juga dibuat dengan bahan alami sehingga aman di kulit bayi. Kulit tidak akan iritasi dan kering karena parfumnya tidak mengandung alkohol.

Parfum juga hadir dengan pH yang alami dan seimbang dengan kulit bayi. Ada pilihan wangi Silky Cuddle dan Cheerful Giggle.

Harga Rp. 7.980-16.150

Bambi Baby Cologne Sweet Floral

Bambi Baby Cologne Sweet Floral sesuai namanya memiliki aroma bunga yang menyegarkan. Parfum dibuat dari ekstrak licorice dan chamomile oil. Kedua bahan tersebut bisa menjaga kulit tetap lembap dan lembut. Formulanya juga lengkap sehingga mampu memberikan perlindungan esktra bagi kulit bayi.

Teksturnya ringan jadi tidak akan berat saat diaplikasikan pada kulit bayu. Produk ini memiliki wangi paduan mawar, wood, musk, dan orange flower. Wanginya tidak menyengat namun sangat lembut khas bayi. Ini tentu bikin buah hati jadi makin menggemaskan.

Harga Rp. 33.300-50.000

Mustela Musti Eau de Soin Spray

Mustela Musti Eau de Soin Spray merupakan parfum yang aman untuk newborn. Parfum bayi ini bebas alkohol dan paraben sehingga aman untuk anak-anak. Aroma citrusnya juga segar dan lembut. Wanginya tidak menusuk namun tahan lama. Terbuat dari ekstrak jagung dan limau sehingga dijamin aman bahannya. Dikemas dalam botol dengan isian 100 ml, produk ini mudah dibawa kemana saja. Parfum ini hypoallergenic sehingga tidak akan membuat kulit jadi iritasi.

Harga Rp. 190.000-322.000

Huki Baby Cologne

Huki Baby Cologne merupakan parfum bayi selanjutnya yang bisa jadi pilihan. Parfum yang satu ini aman karena berupa cologne. Selain itu, bukan terbuat murni dari parfum karena ada campuran olive oilnya. Ini membuat kulit bayi lebih terlindungi dan lebih lembap. Aromanya juga harum dan tidak menusuk. Parfum ini bisa memberi kesan hangat pada buah hati. Kulit anak juga jadi lebih kenyal dan lembut usai pemakaian.

Harga Rp. 12.500-40.000

Pigeon Baby Cologne Chamomile

Pigeon Baby Cologne Chamomile ini bisa jadi pilihan Anda. Aroma buah hati pastinya akan lebih segar dengan cologne dari Pigeon ini. Wanginya dari chamomile yang alami dan begitu menenangkan. Buah hati juga bisa lebih nyenyak saat tidur dan bisa lebih rileks sepanjang hari.

Parfum bayi ini bisa dioleskan pada bayi atau pada bajunya beberapa jam sekali. Parfum bebas alkohol dan paraben. Selain itu, produknya juga hypoallergenic jadi aman di kulit bayi. Ada ukuran 100 ml dan 200 ml yang tersedia.

Harga Rp. 16.000-20.000
From our editorial team

Pilih Produk Hypoallergenic

Untuk buah hati kita tidak mau coba-coba. Kita tidak ingin ada hal buruk yang menimpa kulit buah hati. Maka dari itu, saat memilih cologne, pastikan memilih yang sudah lulus uji hypoallergenic. Dengan begini, produknya aman digunakan pada kulit bayi. Jika kulit buah hati memang sensitif, maka ada baiknya jangan dipaksa memakaikan wewangian daripada wangi namun bisa memberi efek buruk di kulit buah hati.