10 Pilihan Empeng Bayi Terbaik yang Aman dan Awet dari BP-Guide (2022)

10 Pilihan Empeng Bayi Terbaik yang Aman dan Awet dari BP-Guide (2022)

Memilih empeng bayi terbaik dilakukan dengan seksama karena akan berhubungan langsung dengan sisi psikologi maupun fisik bayi. Masa pertumbuhan gigi, rahang, hingga perletakkan lidah sangat ditentukan dari pemilihan pacifier yang tepat. Tapi tidak perlu khawatir, berikut ini BP-Guide telah menyaring berbagai merk empeng bayi terbaik untuk para Ibu, termasuk tipsnya!

Empeng Bayi untuk Menenangkan Si Kecil

Pacifier atau yang sering disebut dengan empeng memiliki berbagai macam fungsi, salah satunya untuk memberi ketenangan pada buah hati Anda. Tidak hanya urusan psikologi, empeng juga ternyata memiliki banyak manfaat dari segi kesehatan.

Hasil penelitian dari American Academy of Family Physicians menyebutkan bahwasanya empeng dot bayi yang digunakan saat tidur dapat mencegah SIDS atau sindrom kematian mendadak. Tak berhenti sampai di situ, sederet manfaat penggunaan empeng yang lain adalah dapat memuaskan bayi yang kaya akan refleks menghisap dan mempercepat tidur bayi karena akan mudah lelap.

Ketenangan yang didapat bayi saat menggunakan pacifier juga termasuk ketika mereka sedang lelah, tumbuh gigi, hingga sakit. Tak hanya untuk buah hati, dot empeng juga memiliki dampak positif bagi sang Ibu.

Berdasarkan penelitian, seorang ibu dalam keadaan postpartum depression dapat makin lancar menyusui saat bayi diberi pacifier. Namun begitu, ada baiknya untuk mengetahui sisi lain dari empeng bayi ini.

Resiko yang dapat terjadi dari penggunaan empeng bayi antara lain dapat membuat bayi bingung puting dan berdampak pada terhambatnya hubungan menyusui. Selain itu efek lain adalah anak dapat selalu tergantung dengan empeng, mengalami masalah pada gigi ataupun infeksi rongga mulut, hingga infeksi telinga.

Tips Memilih Empeng Aman dan Terbaik untuk Bayi

Sesuaikan Ukuran Empeng dengan Umur Bayi

Tips pertama memilih empeng bayi terbaik adalah dengan menyesuaikan ukuran empeng dengan usia bayi Anda. Semakin besar usia bayi, maka semakin berbeda pula struktur rahang dan gigi, serta kemampuan menghisap. Sehingga otomatis kebutuhan akan ukuran dot juga berbeda.

Secara umum ukuran empeng dibedakan menjadi tiga, yakni S, M, dan L. Ukuran S diperuntukkan bayi di bawah 6 bulan, untuk usia 6-18 bulan menggunakan M, dan L ditujukan untuk anak lebih dari 18 bulan. Ukuran yang tepat berpengaruh besar pada penggunaan empeng.

Resiko tersedak akan terjadi bila Anda menggunakan empeng yang terlalu besar. Sebaliknya, anak dapat tersedak atau melakukan penolakan bila empeng yang Anda tawarkan terlalu kecil. Selain itu kemampuan mengisap anak juga mempengaruhi bentuk fisik pacifier.

Empeng untuk newborn yang berdimensi kecil cenderung memiliki tekstur yang lunak. Di sisi lain, empeng yang besar terbuat dari tekstur yang lebih keras karena kemampuan menghisap penggunanya yang lebih besar.

Sama-sama Aman, Pilih Bahan Lateks Alami atau Silikon

Dua item yang umum digunakan sebagai bahan pembuat empeng adalah karet alami atau latex dan silikon. Berasal langsung dari alam, karet alami adalah bahan yang ramah lingkungan karena kemampuannya untuk terurai sendiri. Selain itu bahan ini bebas dari bahan sintetis kimia.

Hanya saja bila dibandingkan dengan silikon, latex yang memang lebih empuk dan lunak ini lebih mudah berubah bentuk dan rusak. Perlu dicatat juga ada beberapa anak dengan kondisi alergi latex, sehingga perlu menghindari empeng berbahan ini.

Sementara itu untuk silikon yang cenderung lebih kuat dan keras akan memiliki tingkat keawetan yang lebih tinggi. Kelebihan silikon yang lain adalah harga yang lebih terjangkau, tidak gampang bau, dan mudah dibersihkan.

Meskipun begitu, apapun bahan yang Anda pilih, pastikan jika keduanya memiliki label BPA (Bisphenol-A) free. BPA yang sering digunakan untuk daya tahan produk yang lebih baik ini dapat menimbulkan banyak resiko kesehatan yang beberapa di antaranya kanker dan gangguan hormon tubuh. Tak hanya empeng, pastikan bagin pegangan atau perisai dari pacifier ini juga terbebas dari Bisphenol-A.

Bentuk Empeng yang Ergonomis

Setelah menentukan ukuran dan bahan, langkah selanjutnya dalam memilih empeng bayi terbaik adalah dengan memperhatikan bentuk empeng guna kenyamanan bayi Anda. Akan lebih baik untuk memilih dot bayi yang ergonomis, sesuai struktur mulut ataupun rahang bayi.

Model empeng yang ergonomis umumnya memiliki bentuk rancangan sesuai struktur fisiologis puting ibu. Selain faktor kenyamanan, empeng yang ergonomis juga dapat meminimalisir resiko efek bahaya perkembangan rahang dan gigi anak.

Ada dua bentuk empeng yang umum di pasaran yaitu bulat dan pipih. Empeng bulat sering dipilih karena bentuknya yang simetris sehingga mengurangi kekhawatiran ketika empeng yang dipakai anak terbalik. Selain itu empeng bulat lebih nyaman dipakai.

Sedangkan bentuk pipih memiliki penampang lebih lebar saat dihisap. Empeng berbentuk pipih ini dapat menghindarkan dari crossbite atau kemungkinan ketidaksimetrisan kondisi gigi atas dan bawah.

Bisa Dilengkapi dengan Fitur Tambahan

Masa bayi adalah titik awal fase kehidupan anak, sehingga bentuk empeng yang tersedia juga tidak hanya digunakan sebagai alat yang memberikan ketenangan tetapi juga dukungan pertumbuhan itu. Oleh sebab itu banyak produsen yang menawarkan berbagai fitur untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Beberapa di antaranya ada yang sengaja didesain untuk pencegahan tumbuhnya gigi yang tidak merata, juga dirancang untuk membantu pelatihan bayi bernapas lewat hidung. Memang setiap bayi dapat bernapas dengan hidung secara alami, hanya saja dengan dukungan fitur empeng tersebut bayi dapat dilatih berpikir mandiri untuk mengontrol pernapasan saat menggunakan empeng.

Tambahan fitur lain adalah untuk mengatasi masalah higienitas empeng itu sendiri. Ada empeng yang dilengkapi dengan penutup maupun kotak sterilisasi agar tetap bersih.

Beberapa Rekomendasi Empeng Bayi Terbaik yang Aman dan Awet

Baby Huki Orthodontic Soother

Empeng yang diklaim dapat merangsang tumbuhnya gigi bayi ini juga dapat digunakan sebagai media latihan rongga mulut untuk mengenal proses mengunyah. Tumbuhnya gigi juga diupayakan agar tetap lurus, tidak berantakan, ataupun tonggos.

Selain itu, empeng Baby Huki ini dirancang menyerupai dengan puting ibu atau umum disebut dengan orthodontic. Sehingga bentuknya sudah masuk ke dalam kategori yang ergonomis yang layak dibeli. Empeng Baby Huki ini sudah memiliki sertifikat halal dari MUI ya, jadi cocok digunakan untuk Anda keluarga yang berprinsip hidup halal.

Harga Rp. 16.500-28.000

Pigeon Pacifier Step 3

Terbuat dari silikon, pacifier merk Pigeon ini dapat memberikan ketenangan emosi pada bayi serta menjaga perkembangan wajah dan rahang ke arah positif. Penjagaan terhadap perkembangan gigi yang sehat dan rapi ini didukung dengan adanya area kontak empeng dan bibir yang dirancang begitu kecil.

Silikon sebagai bahan utama empeng memiliki tekstur lembut di bagian bawah dan tebal di atasnya. Pigeon Pacifier Step 3 cocok untuk bayi yang sedang proses tumbuh gigi.

Selain membantu bayi bernapas lewat hidung, pacifier juga dilengkapi dengan lubang napas di perisai untuk keselamatan penggunaan. Fitur tambahan lain yang tidak kalah penting adalah empeng ini dilengkapi tutup agar tetap steril.

Harga Rp. 25.000-35.000

MAM Pacifier Original

Kenyamanan menjadi faktor utama dirancangnya MAM Pacifier Original ini. Faktor yang mendukung tingkat kenyamanan penggunaan untuk bayi Anda antara lain bahan silikonnya yang selembut sutra, adanya lubang udara besar dan kecil pada perisai yang melancarkan pernapasan buah hati, serta tidak membuat kulit kering selama penggunaan.

Empeng BPA free ini memiliki fitur glow in the dark yang memudahkan Anda mencarinya di tempat gelap. Ditambah lagi empengnya yang selalu tegak dapat digunakan oleh bayi mulai dari 0 bulan.

Harga Rp. 7.000-100.000

NUK Orthodontics Pacifier

Empeng yang diklaim bebas BPA ini memiliki bentuk yang mirip dengan puting ibu sehingga dapat merangsang tumbuh kembang mulut secara sehat saat bayi menghisapnya. Bentuk yang orthodontic ini didukung dengan leher empeng yang tipis guna meminimalisir tekanan pada gigi dan rahang.

Desain ergonomis juga dapat dilihat dari perisai yang berbentuk hati sehingga memudahkan untuk digenggam dan baik untuk sirkulasi udara saat pemakaian. Sirkulasi udara yang baik akan membuat mulut tidak terlalu basah ketika empeng digunakan.

Harga Rp. 85.000-140.000

Tommee Tippee Pacifier

Memiliki pengait agar tidak gampang jatuh dan mudah dibersihkan, Tommee Tippee Pacifier yang memang populer ini dibentuk dari material berkualitas di atas rata-rata. Ujung empeng yang didesain simetris dengan bentuk ortodontik ini memang ditujukan guna mendukung tumbuh kembang alami gigi.

Bentuk simetris ini akan memudahkan bayi membolak balik empeng ketika digunakan. Berbahan bebas BPA, bentuk perisai empeng ini juga dilengkapi lubang yang memudahkan sirkulasi udara.

Harga Rp. 80.900-199.000

Dodo Soother SO51-Glow

Salah satu empeng yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas yang tak kalah dari lainnya adalah Dodo Soother SO51-Glow. Empeng yang sudah memiliki sertifikat ISO 9002 dan bebas dari BPA ini mudah didapatkan, terbuat dari bahan yang sangat aman, desain elegan dengan bentuk yang user friendly.

Tak hanya itu, empeng ini juga dilengkapi dengan fitur penutup kepala agar tetap bersih dan juga teknologi glow in the dark yang memang sedang digemari karena memudahkan pencarian dalam gelap.

Harga Rp. 18.500-25.000

Bibs Pacifier

Bibs Pacifier adalah salah satu empeng yang terbuat dari bahan karet alami atau lateks. Jadi untuk buah hati yang ada alergi lateks, akan lebih baik untuk menghindari empeng ini ya.

Empeng yang terbuat dari bahan alami ini memiliki tiga ukuran berbeda yaitu ukuran 1 untuk anak dari 0 bulan, ukuran 2 untuk 6 bulan hingga 18 bulan, dan ukuran tiga untuk anak di atas 18 bulan. Sirkulasi udara yang baik didukung dengan adanya dua lubang ventilasi pada pacifier.

Harga Rp. 55.000-175.000

Dentistar Tooth-friendly Flat Pacifier

Berasal dari Jerman, Dentistar Tooth-friendly Flat Pacifier ini dikembangkan dengan peran serta dokter gigi dan ortodontis. Solusi ide yang dihadirkan oleh Prof. Hintz pada Dentistar memiliki kemampuan meminimalisir tekanan para rahang dan gigi bayi di awal mula pertumbuhan gigi.

Tentu saja ini dapat mencegah tumbuhnya gigi yang tidak ratau atau anterior open bite. Selain itu empeng ini akan memberi kenyamanan pada lidah sehingga dapat mencegah cadel, dan anak dapat berbicara dengan lebih sempurna. Empeng ini juga bebas dari BPA.

Harga Rp. 105.000-195.000

Philips Avent Ultra Air

Philips sebagai salah satu merk alat rumah tangga juga mengeluarkan produk empek bernama Avent Ultra Air. Pacifier yang bebas BPA ini memiliki tekstur yang nyaman dan empuk baik hingga di kulit pipi buah hati Anda.

Selain itu empeng ini juga bermanfaat untuk melatih anak menggerakkan rahang dan lidah. Dilengkapi fitur penutup yang berfungsi menjaga kebersihan, Philips Avent Ultra Air juga merupakan salah satu empeng bayi yang glow in the dark.

Harga Rp. 102.000-165.000

Dr. Brown’s Happy Paci Silicone Pacifiers

Salah satu empeng bayi dengan harga terjangkau, empeng Dr. Brown’s Happy Paci ini terbuat dari silikon ringan yang tak membebani mulut anak Anda. Gagang pada empeng akan memudahkan bayi memegang sendiri pacifiernya, pun dapat menjadi pengganti jari yang masuk ke dalam mulut.

Dr. Brown’s Happy Paci Silicone Pacifiers dapat menghindarkan resiko crossbites dan membantu perkembangan pertumbuhan gigi pada bayi. Selain itu juga dapat mengarahkan lidah di tempat yang sempurna serta mengurangi tekanan pada rahang.

Harga Rp. 60.000-85.000
From our editorial team

Awasi Penggunaan Empeng dan Bersihkan Secara Berkala

Meskipun memberikan ketenangan, ada baiknya untuk orang tua maupun orang di sekitar untuk tetap mengawasi penggunaan empeng pada bayi. Terlebih untuk empeng bongkar pasang, agar bayi tidak membongkarnya dan memasukkan ke dalam mulut tanpa pengawasan. Selain itu pilih empeng yang mudah dibersihkan dan jangan lupa membersihkan secara berkala sampai ke celah-celah yang tidak terduga.