Jaga Tubuh Si Kecil Tetap Hangat 10 Rekomendasi Selimut Bayi Berkualitas Ini (2022)

Jaga Tubuh Si Kecil Tetap Hangat 10 Rekomendasi Selimut Bayi Berkualitas Ini (2022)

Menjaga tubuh bayi tetap hangat sangat penting, lho! Angin dari lingkungan sekitar bisa membuatnya sakit, mengingat daya tahan tubuh si kecil yang juga masih lemah. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi selimut bayi berkualitas untuk membuat si kecil tetap hangat dan nyaman.

Selimut Membuat Tubuh Bayi Tetap Hangat

Bagi Anda yang baru melahirkan bayi atau sedang mengandung, tentu Anda perlu menyiapkan segala kebutuhannya, mulai dari pakaian sampai perlengkapan-perlengkapan kecil lainnya. Dari segala macam perlengkapan buat si kecil, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah selimut bayi.

Selimut bayi memiliki banyak kegunaan. Si samping untuk menghangatkan bayi, selimut juga bisa digunakan untuk membedong, alas mengganti popok, melindungi bayi dari udara dingin saat bepergian, dan masih banyak lagi. Berada di dalam suasana yang hangat dapat membuat bayi merasa lebih nyaman.

Tips Agar Tubuh Bayi Tetap Hangat

Beri Baju Berlapis

Saat cuaca dingin, cara menjaga tubuh bayi tetap hangat adalah memberikan pakaian berlapis padanya. Hindari memberikan pakaian yang terlalu tebal karena akan membuatnya sulit bernapas. Anda bisa memakaikan dua hingga tiga lapis pakaian berbahan katun pada si kecil.

Atur Suhu Kamar yang Pas

Menjaga suhu ruangan tetap sejuk adalah sesuatu yang penting agar bayi tidak merasa kedinginan atau kepanasan. Anda dapat mengatur udara masuk/keluar kamar, atau menyetel pendingin atau penghangat ruangan agar si kecil merasa nyaman dengan suhu kamar.

Jauhkan dari Jendela

Pastikan ayunan bayi berada cukup jauh dari jendela atau ventilasi keluar masuk udara, dan tutup rapat semua pintu serta jendela saat cuaca mulai dingin, agar dapat menghindarkan si kecil dari hawa dingin yang menyentuh kulit tipisnya. Dengan begitu, ia akan tetap hangat.

Jaga Kelembapan Kulitnya

Cuaca yang dingin dapat membuat kulit menjadi kering, gatal, dan bersisik. Oleh karena itu, setelah memandikan si kecil, oleskanlah lotion khusus bayi untuk menjaga agar kulitnya tetap lembab. Jika bayi mengalami iritasi pada kulitnya, segera konsultasikan pada dokter anak.

Hangatkan Dengan Selimut

Supaya si kecil bisa semakin merasa hangat dan nyaman, selimutilah ia dengan selimut yang hangat. Tidur dengan selimut yang hangat, selimut dengan bahan yang baik, dapat membuat si kecil terlelap dengan nyenyak dan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Cara Memilih Selimut Bayi Terbaik

Utamakan Bahan Katun

Kulit bayi akan mudah gatal apabila dikenakan pakaian yang terbuat dari bahan bertekstur kasar. Begitu juga dengan selimut, Anda perlu memilih produk yang terbuat dari bahan lembut, seperti katun. Bahan katun tak hanya lembut, namun juga adem, mudah dicuci, dan kualitasnya tahan lama.

Hindari Selimut Dengan Banyak Aksesoris

Sebagian produsen memberikan aksesoris seperti kanding, pita, atau tali berumbai-umbai pada sisi selimut. Aksesori tersebut dapat membuat kulit bayi teriritasi. Bahkan, yang lebih parah lagi, aksesori ini bisa dicopot dan dimakan karena bayi yang belum tahu.

Pilih Sesuai Ukuran Tubuhnya

Bayi yang baru lahir perlu dibedong terlebih dahulu untuk menghangatkan tubuhnya. Dalam membedongnya, Anda perlu menyesuaikan ukuran selimut dengan panjang bayi, supaya Anda pun mendapatkan kemudahan dalam memakaikannya pada si kecil.

Menurut WHO, panjang bayi normal mencapai 50 cm saat lahir. Pada saat pertumbuhannya hingga usia 6 bulan, bayi akan memiliki panjang badan mencapai 68 cm. Anda bisa mempertimbangkan hal ini jika membeli selimut sebelum bayi lahir. Jika bayi sudah lahir, tak ada salahnya mengukur panjang bayi terlebih dahulu sebelum membeli selimut.

Untuk tujuan menghangatkan tubuh bayi dengan cara dibedung, Anda bisa mencari selimut berbentuk persegi. Jika ingin yang lebih praktis, pilihlah selimut yang didesain dengan model bedung bayi. Sementara untuk selimut tidur, Anda dapat memakai selimut yang berbentuk persegi panjang.

Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik Untuk Menghangatkan Si Kecil

IKEA Charmtroll Quilt

IKEA juga mengeluarkan selimut bayi, lho, salah satunya adalah Charmtroll Quilt ini. Produk ini dirancang dengan 100% bahan katun lembut. Selimut ini didesain dengan warna krem lembut yang makin menyejukkan pandangan.

Bagian dalamnya berwarna putih untuk menangkal hawa panas. Selimut ini dilengkapi dengan kapas sebagai bantalan pada seluruh bagiannya, agar dapat membuat si kecil merasa nyaman saat berada di atasnya.

Harga Rp. 300.000-500.000

Mothercare Cot Bed Cellular Cotton Blanket

Selimut bayi Cot Bed Cellular Cotton Blanket dari Mothercare ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari selimut anti gerah untuk si kecil. Selimut ini terbuat dari bahan 100% katun yang sangat lembut dan breathable sehingga membuatnya sangat nyaman digunakan.

Bayi pun dapat tidur dengan nyaman di atasnya. Anda bisa menggunakan selimut ini untuk bayi yang baru lahir atau saat baby shower. Selimut bayi ini juga sudah dilengkapi pita dengan warna cantik yang senada. Selimut ini bisa dicuci di mesin cuci, dan aman menggunakan pengering.

Harga Rp. 250.000-350.000

Dialogue Baby On The Go Blanket 6 in 1

Sesuai dengan namanya, Dialogue Baby On The Go Blanket 6 in 1 Function memiliki 6 fungsi yang dapat Anda manfaatkan secara maksimal. Anda dapat menggunakannya sebagai selimut bayi, selimut saat menggendong bayi, juga selimut atau penutup saat di stroller.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai penutup kaca mobil agar bayi tidak silau, serta sebagai apron menyusui. Selimut bayi yang satu ini memiliki ukuran 75 x 90 cm, dan tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu kuning, hijau, coklat, khaki, dan pink.

Harga Rp. 200.000-400.000

Cottonseeds Baby Blanket Ten Little Indians

Cottonseeds motif India Baby Blanket Little Indian ini adalah selimut bayi terbaik dari Cottonseeds yang sangat hangat, nyaman dan lembut. Selimut bayi ini dibuat dari campuran bahan polyester dan kain velboa yang berkualitas. Sifatnya halus dan ringan, sehingga mempermudah bayi dalam bernapas meski dalam balutan.

Selimut bayi ini memiliki kain dot mewah lembut yang dikombinasikan dengan pola-pola cerah warna-warni yang memberikan kehangatan ekstra nyaman dan kenyamanan untuk si kecil. Ditambah juga dengan motif little indians yang membuatnya semakin menampakkan kesan yang lucu dan unik. Cocok pula untuk dijadikan hadiah.

Harga Rp. 400.000-600.000

Little Lou Throw Baby Blanket

Selimut bayi dari Little Lou Throw ini berukuran 110 x 150 cm, dan terbuat dari bahan coral 100%, yang aman untuk kulit si kecil. Produk ini bahkan memiliki klaim sebagai eczema safe product, sehingga dapat menjaga kulit si kecil dari eksim.

Selimut bayi yang satu ini dapat Anda cuci dengan air yang sejuk menggunakan mesin cuci. Hindari memakai pemutih, menggosoknya dengan brush, serta menyetrikanya karena dapat merusak kualitas bahan.

Harga Rp. 120.000-200.000

Boo and Bit Double Fleece Blanket

Selimut bayi Boo and Bit Double Fleece Blanket ini dibuat dari bahan premium double fleece (2 lapis) yang lembut, yang di-print dengan tinta khusus textile OEKO Tex 100, sehingga aman dikenakan oleh bayi.

Selimut ini berukuran 75 x 100 cm, sehingga cukup lebar untuk dipakai oleh si kecil hingga usia 3 tahun. Menariknya, Anda bisa custom untuk cetak nama si kecil di selimut ini. Cocok untuk dijadikan sebagai hadiah.

Harga Rp. 150.000-250.000

Kikido Moochie Waffle Blanket

Selimut bayi dari Kikido Official Shop ini dibuat dari material premium yaitu 100% katun. Katun memiliki sifat yang adem, dan berpori, sehingga si kecil pun menjadi nyaman bergelung di dalam selimut ini.

Selimut bayi yang satu ini juga dibuat dengan desain yang kekinian, sehingga dapat menambah kesan lucu dan menggemaskan pada si kecil. Desainnya yang lucu juga membuat produk ini cocok untuk Anda jadikan sebagai hadiah.

Harga Rp. 80.000-150.000

Dialogue Baby Baby Blanket Whales Series

Jika Anda mencari selimut bayi yang praktis untuk bepergian, jatuhkanlah pilihan Anda pada produk yang satu ini. Selimut bayi ini ideal untuk bayi yang baru lahir hingga beberapa bulan ke depan. Dialogue merancang selimut bayi ini dilapisi dengan kombinasi bahan kain TR dan katun yang lebih lembut dan tidak membuat gatal, sehingga aman dan nyaman digunakan oleh bayi.

Selimut ini memiliki tudung untuk melindungi kepala si kecil, juga dengan kantong di bawah untuk memberikan kehangatan pada kaki bayi. Selimut ini juga dilengkapi dengan pengaman kecil (velcro) semacam sabuk, sehingga saat penggunaan tidak mudah terbuka. Terdapat juga saku tambahan yang berbentuk paus yang lucu.

Harga Rp. 200.000-250.000

Vallery Doni Baby Balnket

Selimut bayi nan lucu dari Baby Vallery ini didesain dengan karakter hoodie berbentuk kepala hewan. Sangat menggemaskan jika dikenakan pada di kecil. Selain bentuknya yang unik, selimut ini juga nyaman dipakai oleh si kecil.

Selimut bayi berukuran 70 x 100 cm ini dibuat dari bahan soft panel yang lembut namun dapat menghangatkan si kecil. Si kecil dapat tidur di dalamnya dengan nyaman, dan menggemaskan. Ambillah foto si kecil saat tidur di atas selimut ini untuk kenang-kenangan yang lucu.

Harga Rp. 50.000-150.000

Babybee Cuddle Blanket Dot

Selimut bayi yang satu ini dibuat dari bahan katun organik dengan desain comfy untuk melindungi anak agar tetap hangat dan nyaman saat tidur, terutama untuk bayi yang memiliki kulit sensitif. Dengan kombinasi 100% katun organik dan kain lembut velour yang membuat selimut ini semakin menghangatkan.

Selimut bayi ini memiliki tekstur 3D dot yang dapat membantu perkembangan indra peraba si kecil, sehingga ideal untuk bayi usia newborn hingga toddler. Bingkaian kain satin nan mewah dan lembut pun memberi kesan mewah pada selimut ini. Urusan kebersihan, selimut ini mudah dibersihkan dan dapat dicuci dengan mesin cuci.

Harga Rp. 150.000-200.000
From our editorial team

Miliki Lebih Dari Satu Selimut Untuk Dipakai Bergantian

Barang-barang yang dipakai oleh bayi harus dijaga dan dipastikan kebersihannya. Oleh karena itu, miliki lebih dari selimut agar Anda bisa maenggunakannya secara bergantian. Anda bisa memilih produk selimut berkualitas dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!