10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik Untuk Bayi Agar Si Kecil Belajar Makan Sendiri (2022)

10 Rekomendasi Empeng Buah Terbaik Untuk Bayi Agar Si Kecil Belajar Makan Sendiri (2022)

Di usia 6 bulan, bayi sudah mulai menerima makanan pendamping. Coba latih kemandirian bayi dengan empeng buah yang aman untuknya. Dalam artikel berikut ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi empeng buah terbaik untuk bayi.

Ajari Anak Mandiri Dengan Empeng Buah

Saat bayi menginjak usia enam bulan, maka ia sudah boleh mengonsumsi makanan pendamping atau yang disebut MPASI. Memilih makanan pendamping untuk si kecil jangan sembarangan ya! Utamakan makanan yang memiliki gizi tinggi untuk pertumbuhannya.

Tidak hanya itu, memperkenalkan cara makan yang menyenangkan juga sangat mempengaruhi semangat si kecil lho. Ibu bisa menggunakan empeng buah atau fruit feeder, alat yang memungkinkan bayi untuk makan sendiri dengan cara yang mirip seperti minum ASI. Selain memudahkan bayi untuk makan, bentuk empeng buah juga didesain untuk melatih motorik bayi.

Manfaat Empeng Buah Untuk Pertumbuhan Si Kecil

Melatih Bayi Makan Secara Mandiri

Tidak ada salahnya melatih bayi untuk mandiri sejak kecil. Salah satunya dengan menggunakan empeng buah. Berlatih makan dengan fruit feeder atau empeng buah bisa membuat anak belajar mengontrol kapasitas mulutnya, sehingga mencegah bayi tersedak.

Merangsang Pertumbuhan Gigi

Empeng buah atau fruit feeder juga bisa berfungsi sebagai teether untuk bayi Anda. Seperti diketahui, teether bisa merangsang pertumbuhan giginya. Memasukkan potongan buah yang dingin dan manis bisa membantu mengatasi nyeri gigi si kecil lho!

Membuat Bayi Makin Betah di High Chair

Makan secara mandiri saja tidak cukup, bayi juga sebaiknya diajarkan etika makan yang baik dengan tetap duduk di kursi. Sayangnya hal ini sangat sulit dilakukan. Orang tua bisa menggunakan empeng buah sebagai siasat untuk membuat bayi betah duduk di atas high chair.

Melatih Motorik Halus Bayi

Ketika bayi memegang empeng buah sendiri, maka otot-otot di tangannya ikut terlatih. Oleh karena itu, empeng buah sekaligus bisa menjadi alat yang baik untuk melatih kemampuan motorik halus bayi. Saat memegang fruit feeder, bayi melakukan banyak gerakan seperti menggenggam dan meremas.

Memberikan Aktivitas Pada Bayi

Memiliki bayi memang sangat menyita perhatian ibu. Agar ibu tetap bisa melakukan aktivitas lain, empeng buah bisa membuatnya sibuk lho! Tinggal dudukkan bayi di high chair, lalu awasi si kecil sambil Anda melakukan pekerjaan yang lain.

Tips Memilih Empeng Buah Terbaik Untuk Bayi

Perhatikan Bahannya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan tentu adalah bahan pembuat empeng. Pastikan bahan empeng adalah bahan hypoallergenic atau tidak menyebabkan alergi. Selain itu, penting juga memastikan bahan tersebut anti bau dan anti noda, serta mudah dibersihkan.

Pilih Model Empeng Sesuai Usia

Saat bayi sudah berusia lebih dari enam bulan dan sudah terbiasa menggunakan empeng buah, Anda boleh mengganti empengnya dengan model squeeze. Pastikan si kecil juga sudah kuat untuk meremas empeng sehingga makanannya bisa masuk ke mulut dengan mudah ya!

Latih Dengan Empeng yang Mirip Puting Ibu

Untuk bayi yang masih di fase awal MPASI, berikan empeng yang bentuknya mirip dengan puting ibu untuk melatihnya. Selain melatih kemampuan motoriknya, empeng ini juga bisa melatih bayi untuk belajar makan. Si kecil tidak akan merasa asing karena bentuknya yang mirip dengan puting ibu.

Rekomendasi Empeng Buah Terbaik Untuk Bayi

COCONI Baby Twist Food Feeder

COCONI Baby Twist Food Feeder jadi produk empeng buah pertama yang direkomendasikan kepada Anda. Produk ini dirancang secara khusus agar tidak ada potongan buah yang tertinggal di dalam wadahnya. Ini karena sistem twist yang bekerja mendorong semua makanan ke ujung empeng, sehingga bayi bisa menghabiskannya tanpa bersisa.

Bentuk yang lucu didesain agar mudah digenggam oleh bayi. Tersedia dalam dua ukuran yaitu S dan L yang dapat disesuaikan dengan usia dan kebutuhan makanan si kecil. Semua bahan yang digunakan untuk membuat produk ini aman dan bebas BPA.

Harga Rp. 75.000-100.000

Lusty Bunny Disney Empeng Buah

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan desain Lusty Bunny Disney Empeng Buah ini. Hadir dalam karakter Mickey dan Minnie Mouse yang sangat lucu untuk si kecil. Pegangan empeng yang berbentuk stik dibentuk agar mudah digenggam oleh tangan mungilnya.

Empeng terbuat dari silikon lembut dan bebas BPA yang sangat aman untuk mulut bayi. Tidak hanya buah lho yang bisa dimasukkan ke dalam feeder ini, tetapi juga bubur, sayuran, hingga ikan yang sudah dikukus lembut.

Harga Rp. 35.000-50.000

Nuby Kids Mini Squeeze Feeder

Untuk bayi yang usianya sudah lebih besar, Anda bisa memilih Nuby Kids Mini Squeeze Feeder. Empeng ini memiliki kontainer atau wadah makanan yang cukup besar, sehingga Anda bisa memasukkan bubur atau nasi lembut ke dalamnya. Kontainer makanan terbuat dari bahan yang empuk, mudah untuk diremas si kecil.

Produk ini bisa membantu melatih kekuatan motoriknya sejak dini. Perawatannya pun tidak sulit! Tinggal cuci saja menggunakan air hangat atau masukkan ke dalam dishwasher.

Harga Rp. 60.000-75.000

Bunny Rabbit Fruit Feeder

Jangan takut si kecil tersedak dengan Bunny Rabbit Fruit Feeder ini. Alat yang satu ini didesain dengan sangat aman untuk memastikan bayi tidak akan tersedak makanannya. Anda cukup memotong buah-buahan dalam ukuran kecil, lalu masukkan ke dalam empeng.

Tidak hanya sebagai feeder, Bunny Rabbit Fruit Feeder juga bisa berfungsi sebagai teether yang akan merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Sambil menghisap sari buah yang bergizi, bayi bisa belajar menggigit lho!

Harga Rp. 30.000-50.000

Little Giant Fruit Feeder

Satu hal yang menjadi kekhawatiran ibu adalah keamanan dari empeng buah itu sendiri karena langsung dimakan oleh bayi. Little Giant Fruit Feeder adalah empeng yang dibuat dari bahan-bahan berkualitas dan aman. Material silikonnya sudah terbukti bebas BPA, tidak mengandung unsur bahan kimia berbahaya seperti PVC dan nitrosamin dan sebagainya.

Bahan pembuat empeng adalah bahan food grade yang aman digigit bayi. Fitur anti debu dan anti bakteri semakin membuat produk ini aman bagi bayi. Anda juga tidak perlu khawatir jika akan membawa empeng ini bepergian karena dirancang tidak mudah terkontaminasi debu maupun kotoran.

Harga Rp. 65.000-135.000

KURU Baby Fruit Feeder

MPASI tidak selalu dimulai di usia 6 bulan. Karena kondisi tertentu, ada bayi yang harus mengonsumsi makanan pendamping sejak usia 6 bulan. KURU Baby Fruit Feeder dengan 3 macam ukuran yang berbeda bisa membantu bayi makan sendiri sesuai porsinya tanpa kesulitan. Ukuran empeng yang berbeda menjamin bayi tidak tersedak dan tetap aman selama makan. Bahan pembuat empeng pun juga aman karena bebas BPA.

Harga Rp. 35.000-75.000

Dr. Brown's Fresh Fruit Silicone Feeder

Jika Anda mencari empeng buah terbaik untuk bayi, pastikan bahan pembuatnya berkualitas seperti Dr. Brown's Fresh Fruit Silicone Feeder. Bagian wadah makanan pada empeng ini menggunakan bahan silicon bulb yang kuat dan tidak mudah sobek.

Dilengkapi juga pegangan yang didesain secara ergonomis sesuai dengn tangan bayi. Ujung empeng dilengkapi 48 lubang kecil sehingga sari buah mudah mengalir tanpa bayi harus menghisap dengan kuat. Untuk perawatannya, cukup cuci empeng dengan air hangat setelah digunakan.

Harga Rp. 85.000-100.000

DODO Silicone Fruit Feeder

DODO Silicone Fruit Feeder punya desain yang sangat unik, yaitu mirip dengan es loli untuk menarik perhatian para bayi. Alat ini bisa jadi pilihan tepat untuk memperkenalkan makanan pada bayi, terutama saat ia sedang tumbuh gigi. Anda bisa mengisi bagian empeng dengan buah-buahan dingin untuk mengurangi rasa nyeri pada gusinya.

Penutup sekaligus pegangan empeng dirancang dengan baik sehingga makanan di dalamnya tidak mudah tumpah. Pastikan Anda sudah memutarnya dengan benar-benar rapat ya!

Harga Rp. 30.000-40.000

Little Baby Fruit Feeder

Porsi makanan bayi harus disesuaikan dengan usianya. Jangan sampai memberikan terlalu banyak hingga tersisa. Little Baby Fruit Feeder dilengkapi dengan takaran khusus untuk memasukkan buah ke dalamnya. Jadi, Anda bisa memperkirakan jumlah porsi makanan yang tepat untuk bayi Anda.

Semua bahan yang digunakan untuk membuat empeng ini terbukti aman dan bebas BPA. Tersedia juga dalam 2 ukuran yaitu M dan L yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Harga Rp. 50.000-100.000

Babysafe Food Feeder Lil Squeeze

Terakhir ada Babysafe Food Feeder Lil Squeeze, empeng buah yang dijamin higienis dan aman dibawa bepergian. Bagian empeng atau nipple-nya dilengkapi tutup agar mudah disimpan. Kontainer makanan berukuran cukup besar, cocok untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Uniknya, empeng buah ini juga memiliki lubang untuk pemasangan strap. Tidak perlu khawatir empeng akan jatuh dan kotor saat digunakan oleh si kecil.

Dari segi keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini sudah memenuhi standar keamanan peralatan makan untuk anak-anak dari Eropa dan pasti bebas BPA.

Harga Rp. 40.000-55.000
From our editorial team

Jaga Kebersihan Empeng Buah Dengan Mencucinya Setelah Digunakan

Sangat penting untuk menjaga kebersihan semua barang atau peralatan yang digunakan oleh bayi Anda. Tidak terkecuali empeng buah. Pastikan Anda segera mencuci empeng setelah digunakan agar tidak berbau dan terbebas dari sisa makanan yang menempel. Rekomendasi empeng buah terbaik untuk bayi hanya dari artikel BP-Guide di atas ya!