Inilah 12 Rekomendasi Alat Penyedot Ingus Bayi yang Aman (2022)

Inilah 12 Rekomendasi Alat Penyedot Ingus Bayi yang Aman (2022)

Amankah menyedot ingus bayi dengan menggunakan mulut ibu secara langsung? Sebaiknya menggunakan alat penyedot ingus bayi agar lebih bersih dan bayi terhindar dari bakteri yang datang dari ibu. Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu kerja alat tersebut. Membersihkan alat penyedot ingus bayi juga tidak sembarangan. Lakukan langkah-langkah dari BP-Guide Media ini agar Anda tidak salah mencuci. Ada rekomendasi alatnya juga yang bisa menjadi pilihan Anda.

Menyedot Ingus Bayi Lebih Aman dengan Alat daripada Mulut Ibu

Bayi kerap kali rentan terhadap virus dari luar, yaitu influensa. Kekebalan tubuh yang masih belum kuat membuatnya sulit melawan virus-virus baru dengan jenis berbeda.

Ketika si kecil mengalami flu, pasti sangat mengganggu, seperti hidung tersumbat dan kesulitan saat menyusu. Anak juga semakin rewel karena lendir di dalam hidung yang mengganggu.

Apalagi anak masih belum mampu membuang ingusnya, jadi akan semakin mengganggu apabila dibiarkan saja. Salah satu metode yang biasa ibu lakukan adalah menyedot ingus anak menggunakan mulut ibu.

Tahukah bahwa cara tersebut tidak aman? Air liur dan bakteri yang ada di mulut orang dewasa bisa saja akan berbahaya pada bayi. Menurut Cleveland Clinic, ada bakteri dan virus yang bisa menyebar dari mulut, tenggorokan, atau paru-paru. Jadi, untuk memberi keamanan pada bayi sebaiknya gunakan alat penyedot ingus bayi agar lebih steril.

Cara Menggunakan Alat Penyedot Ingus Bayi

Pencet Sebelum Memasukkan Pipet ke Hidung Bayi

Alat penyedot ingus bayi memiliki balon dan pipet yang mungil. Pertama-tama Anda harus memencet bagian balon terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam hidung bayi.

Pencet sesuai dengan kebutuhan Anda ya. Jangan sampai pencetan yang terlalu dalam justru akan menyakiti hidung bayi.

Paskan Kedalaman di Lubang Hidung Bayi

Langkah kedua Anda perlu memasukkan ujung pipet ke dalam hidung bayi. Lakukan dengan perlahan dan paskan kedalamannya. Jangan terlalu dalam juga karena justru akan menyakiti bayi.

Lepaskan Pencetan Perlahan

Ketika Anda sudah merasa tepat, lepaskan pencetannya secara perlahan. Nantinya lendir ingus akan masuk ke dalam pipet dan terkumpul di dalam balon. Anda harus melakukannya sekali ya, jangan memencet balon kembali ketika pipet masih berada di dalam lubang hidung.

Keluarkan Pipet dari Lubang Hidung dengan Hati-hati

Setelah selesai, keluarkan pipet dari lubang hidung bayi secara perlahan. Jangan sampai menyakiti hidung bayi. Lalu, bersihkan dengan benar.

Cara Membersihkan Alat Penyedot Ingus Bayi

Gunakan Air Hangat untuk Mencuci

Anda harus mencucinya dengan air hangat untuk membunuh bakteri-bakteri di dalamnya. Air hangat sangat efektif membunuh kuman karena suhu airnya yang cukup tinggi. Pastikan seluruh alat terkena air hangat ya.

Pastikan Bagian dalam Bersih

Setelah Anda membuang ingus bayi, Anda harus membersihkan bagian balon dengan benar-benar bersih. Masukkan air hangat ke dalam balon dan kocong-kocong kemudian buang airnya. Anda bisa lakukan berkali-kali untuk memastikan bagian dalam benar-benar bersih.

Keringkan dengan Gantung Balon di Atas dan Pipet di Bawah

Cara mengeringkan alat penyedot ingus bayi ialah dengan cara menggantungnya terbalik. Dengan begitu, air yang ada di dalam balon akan keluar dan balon menjadi bersih. Gantung beberapa jam agar alat kering dengan sempurna.

12 Rekomendasi Alat Penyedot Ingus Bayi yang Aman

Baby Safe Nasal Aspirator NAS01

Menggunakan bahan silicon 100% untuk bagian tube. Tube cover menggunakan bahan polypropylene 100%.

Tidak mengandung BPA atau Bisphenol A, yaitu semacam zat kimia yang biasanya digunakan untuk plastik. Bisa berbahaya apabila terkontaminasi, khususnya dengan air panas.

Sudah lulus sertifikasi sehingga aman digunakan. Memiliki selang untuk membantu ibu menyedot, tetapi tetap aman karena mulut ibu tidak langsung menyedot dari hidung bayi.

Anda harus mencuci terlebih dahulu sebelum dan sesudah digunakan. Gunakan air hangat untuk mencucinya.

Harga Rp. 24.000-28.000

Baby Comfy Nose

Menggunakan bahan material yang aman untuk kesehatan. Tidak mengandung BPA dan phthalates yang tidak menghasilkan bahan kimia berbahaya.

Tidak perlu menambah filter karena Anda bisa menggunakan tisu untuk memudahkan Anda mendapatkan di mana saja. Satu paketnya memiliki dua tip ujung penghisap.

Pembelian produk akan mendapatkan kantong berjaring untuk penyimpanan. Tersedia dalam dua ukuran, yaitu ukuran kecil untuk newborn dan ukuran standar untuk usia yang lebih besar.

Harga Rp. 145.000-160.000

Baby Nasal Aspirator Elektrik

Menggunakan bahan material ABS kombinasi silikon. Menggunakan elektrik yang bisa menggunakan pengisian daya dengan USB.

Meskipun elektrik, tetapi alat ini memiliki fitur waterproof yang aman ketika dicuci dengan air. Bisa Anda gunakan untuk bayi usia 0-6 tahun.

Menggunakan daya 4 watt dengan 5 V. Satu paketnya berisi kabel USB, nasal aspirator, dan dua alat hisap. Lengkap pula dengan buku panduan dan filter spons.

Harga Rp. 114.000-150.000

Pigeon Nose Cleaner Tube Type

Menggunakan bahan transparan yang bisa melihat atau mengontrol ingus. Tidak menggunakan bahan BPA sehingga sangat aman untuk kesehatan.

Ingus yang sudah tersimpan dalam botol menjadi aman karena terkunci. Lengkap dengan case nose cleaner sebagai wadah penyimpanan dan aman ketika Anda bawa bepergian.

Bisa Anda gunakan untuk bayi 0+ bulan. Selalu bersihkan dengan air hangat dan simpan di dalam nose cleaner plastik yang sudah tersedia.

Harga Rp. 80.000-86.000

Richell Nasal Aspirator

Menggunakan material silicone rubber yang aman untuk bayi. Tidak mengandung BPA sehingga aman dan tidak mengeluarkan zat berbahaya pada plastik.

Dibuat di Jepang sehingga tidak perlu lagi khawatir mengenai kualitasnya. Sangat efektif mengeluarkan lendir atau ingus bayi.

Botolnya yang transparan bisa membantu Anda mengontrol ingus di dalamnya. Tersedia tempat atau case yang akan memberikan keamanan untuk alat ini.

Harga Rp. 79.000-88.000

Nose Frida The Snot Sucker

Diproduksi dari rancangan Swedia dan dengan teknologi tersebut, alat ini bisa Anda letakkan di lubang hidung, tidak perlu di dalam. Sangat efektif menyedot ingus bayi dan membantu kesehatan saluran pernapasan.

Rancangan tersebut juga berdasarkan rekomendasi dokter dan inovasi tersebut sangat efektif. Anda bisa menggunakannya untuk bayi yang baru lahir.

Apabila Anda ingin lebih maksimal, bisa menggunakan sterimar baby untuk membantu irigasi ingus. Cuci menggunakan air hangat untuk menjaga alat tetap steril.

Harga Rp. 120.000-203.000

Dodo Nasal Aspirator

Memiliki dua macam alat yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Menggunakan bahan material yang aman dan tidak mengandung BPA.

Anda bisa menggunakan pada ujung hidung dan alat satunya bisa dimasukkan ke dalam hidung. Sangat efektif menyedot ingus dan membantu melegakan pernafasan anak.

Selalu cuci dengan air hangat sebelum ataupun sesudah menggunakannya. Sebaiknya hindari mencuci dengan air mendidih.

Harga Rp. 18.000-27.000

Young Young Nasal Aspirator Tube Type IL-313

Tidak menggunakan bahan kimia dan bebas BPA. Bahannya terbuat dari material silicon yang aman dan berkualitas.

Daya hisapnya sangat tinggi sehingga bisa menyerap ingus dengan maksimal. Bisa Anda gunakan mulai dari usia 0 tahun.

Memiliki tempat penampungan ingus, sehingga tidak terhisap ke mulut ibu. Cuci menggunakan air hangat sesudah atau sebelum digunakan.

Harga Rp. 38.000-76.000

Mothercare Nasal Aspirator

Memiliki dua desain yang bisa Anda gunakan untuk anak newborn dan older babies. Anda bisa menyimpannya lebih lama apabila dibutuhkan kembali.

Sangat mudah dibersihkan karena bisa Anda lepas. Memiliki case atau wadah untuk menyimpan sehingga aman.

Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan. Setelah selesai juga cuci bersih menggunakan air hangat untuk menghilangkan bakteri-bakteri dari ingus.

Harga Rp. 160.000-169.000

Puku Baby Nose Aspirator

Tidak mengandung bisphenol A atau BPA dan material aman untuk kesehatan. Memiliki tekstur ujung yang lembut dan halus, sehingga tidak menyakiti hidung bayi.

Memiliki botol transparan yang tidak akan terhisap oleh ibu. Botol transparan tersebut akan lebih mudah Anda ketika mengontrol ingus.

Mudah dibersihkan karena bisa Anda lepas. Jangan lupa untuk mencuci sebelum dan sesudah Anda gunakan. Pakai air hangat agar lebih steril.

Harga Rp. 72.000-102.000

Olala Baby Nasal Aspirator

Menggunakan material yang aman tanpa kandungan bahan kimia. Memiliki button control yang mudah Anda gunakan.

Mudah Anda bawa karena ukurannya sangat simple dan kecil. Satu setnya memiliki dua cup, yaitu untuk newborn dan lebih dari dua tahun.

Proses pembersihannya juga sangat mudah karena bisa Anda lepas. cuci menggunakan air hangat dan simpan pada wadah yang aman ketika sudah tidak digunakan.

Harga Rp. 147.000-199.000

Lusty Bunny Penyedot Ingus Bayi

Bentuknya sangat simple dan mudah digunakan. Menggunakan material yang aman dan tanpa bahan kimia.

Memiliki ujung yang halus sehingga tidak mengganggu hidung bayi ketika Anda menggunakannya. Memiliki daya hisap yang kuat sehingga maksimal menyedot ingus.

Kebersihannya terjaga karena memiliki tutup pada bagian ujungnya. Cuci menggunakan air hangat untuk membunuh bakteri, jangan air mendidih.

Harga Rp. 17.000-23.000
From our editorial team

Pilih Alat Penyedot Ingus Bayi yang Aman

Memberikan kesehatan dan kenyamanan bayi ketika mengalami flu perlu menggunakan alat penyedot ingus bayi yang aman. Adanya alat tersebut membantu ibu ketika mengeluarkan ingus bayi. Bahkan Anda bisa juga memilih dengan teknologi elektrik agar lebih mudah.