10 Rekomendasi Produk yang Bisa Atasi Biang Keringat Bayi dengan Efektif (2021)

10 Rekomendasi Produk yang Bisa Atasi Biang Keringat Bayi dengan Efektif (2021)

Biang keringat kerap terjadi pada bayi. Ini bukan kondisi serius yang harus ditakuti. Meski demikian, jika dibiarkan dan tidak diatasi, maka bisa membahayakan juga. Kulit bayi jadi tidak mulus dan bayi jadi merasa tidak nyaman. Sebagai orang tua, Anda wajib tahu cara yang ampuh mengatasi biang keringat. Cek tips dari BP-Guide dan juga rekomendasi produk yang ampuh untuk mengatasinya.

Biang Keringat Bikin Bayi Tidak Nyaman

Biang keringat adalah masalah yang umum dialami oleh bayi hingga orang dewasa. Masalah yang satu ini terjadi karena kulit yang harusnya mengeluarkan keringat namun tersumbat pori-porinya sehingga kulit menjadi bengkak. Bayi dan anak-anak rentan mengalami biang keringat karena ukuran pori-pori mereka lebih kecil daripada orang dewasa.

Keringat bayi bisa bisa tersumbat oleh kulit ari yang belum berganti. Tumpukan keringat yang tidak bisa keluar dari pori-pori tersebut akhirnya membentuk lepuh halus yang berupa bintil merah kecil. Biang keringat bikin kulit bayi terasa gatal. Selain itu, hal ini juga bisa membuat bayi jadi mudah rewel sepanjang hari. Jika biang keringat bercampur dengan kuman, maka bisa menjadi bisul yang berisi nanah. Kondisi seperti ini tentu harus segera ditangani.

Biang keringat tidak menular. Kondisi ini terjadi karena lingkungan lembap dan cuaca yang terlalu panas. Bayi kerap mengalaminya karena tubuhnya masih belum bisa beradaptasi dengan cepat mengatur suhu tubuh. Umumnya, beberapa area tubuh yang kerap mengalami biang keringat adalah wajah, dahi, punggung, ketiak, lipatan tangan, hingga belakang lutut.

Kenali 4 Jenis Biang Keringat

Nama lain dari biang keringat adalah miliaria. Biang keringat ternyata memiliki banyak jenis. Anda wajib mengenali jenisnya agar bisa mengatasinya dengan baik.

Pertama ada jenis miliaria crystallina. Jenis ini berupa lepuhan-lepuhan kecil yang berwarna putih. Biang keringat semacam ini hanya mempengaruhi lapisan kulit atas. Bintil biang keringat ini tidak gatal dan tidak terasa sakit, hanya saja bintilnya mudah pecah.

Jenis lainnya adalah miliaria ruba. Ini adalah jenis yang paling sering terjadi. Bintilnya berwarna merah dan sangat gatal. Jenis biang keringat ini terjadi pada kulit lapisan dalam. Biang keringatnya bisa tersebar dan bisa juga berkelompok. Biasanya, jenis ini muncul pada bagian tubuh yang tertutup dan kerap tergesek pakaian.

Berikutnya, ada jenis miliaria profunda. Jenis yang satu ini jarang terjadi. Biang keringat ini membuat kulit memerah dan seolah terasa terbakar. Ada juga lepuhan mirip jerawat yang terjadi. Ini tergolong jenis biang keringat yang kronis.

Terakhir, ada jenis miliaria pustulosa. Biang keringat ini berupa bintilan yang bisa menjadi luka keropeng. Jika luka terbuka, maka kulit bisa berdarah. Ini adalah biang keringat yang meradang dan berisi nanah. Jika hal ini terjadi, maka artinya biang keringat telah menginfeksi kulitnya.

Tips Sederhana Mengatasi Biang Keringat

Perhatikan Bahan Pakaiannya

Agar buah hati tidak mudah mengalami biang keringat, Anda harus memperhatikan bahan pakaiannya. Pastikan bahan pakaiannya bisa menyerap keringat dengan cepat. Dengan begini sirkulasi udara dalam pakaiannya bisa tetap lancar dan anak bisa terhindari dari risiko biang keringat. Gunakan alas tidur bahan katun agar tidak panas saat menempel pada kulitnya.

Pakaikan pakaian lengan pendek. Lepas penutup kepala, kaus kaki, dan sarung tangannya. Ini bisa dilakukan saat cuaca sedang sangat panas. Hindari memakaikan pakaian yang sempit. Jangan pula memakaikan pakaian yang teksturnya kasar agar tidak melukai kulitnya.

Cukupi Kebutuhan ASI

Ketika suhu sedang sangat panas, buah hati jadi berkeringat secara berlebihan. Hal ini bisa memicu dehidrasi. Agar anak tidak terlalu dehidrasi, maka Anda wajib memastikan bahwa kebutuhan ASI anak tercukupi. ASI bisa mengganti semua cairan yang hilang ketika ia berkeringat. Jika ia mengalami biang keringat, maka ASI bisa mempercepat penyembuhannya karena ASI bersifat antiinflamasi.

Pastikan Sirkulasi Udara Bagus

Usahakan ruangan tempat bayi lebih sejuk dan kering. Ini adalah cara terbaik untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Gunakan AC atau kipas angin, namun hindari mengarahkan angin langsung ke arah bayi. Ini supaya anak tidak kedinginan dan tidak masuk angin. Anda bisa arahkan kipasnya ke tembok supaya angin cepat menyebar ke seluruh ruangan.

Ini Dia Deretan Produk untuk Mengatasi Biang Keringat Bayi

Caladine Baby Liquid Powder

Caladine Baby Liquid Powder merupakan salah satu produk terbaik yang bisa mengatasi biang keringat pada bayi.

Produk yang satu ini hadir dengan kandungan alpha bisabolol, aloe vera, dan pro vitamin B5. Selain itu ada juga bahan calamine yang bisa mengurangi rasa gatal akibat biang keringat. Kulit bayi jadi lebih sejuk dan lembut usai pemakaian. Bayi juga tidak akan terpapar oleh butiran bedak karena bentuknya cair. Produk ini mudah diaplikasikan dan pastinya memiliki aroma wangi bayi yang menenangkan.

Harga Rp. 33.000-46.000

Buds Organic Super Soothing Rescue Lotion

Jangan lewatkan juga Buds Organic Super Soothing Rescue Lotion. Produk yang satu ini terbuat dari 95 persen bahan organik. Bahkan, losion ini memiliki sertifikasi organik Ecocert. Bahan utamanya adalah citronela oil, ekstrak portulaca, dan aloe vera. Ketiga bahan utama ini bisa menenangkan kulit buah hati yang sensitif. Produk yang satu ini bebas dari pewangi buatan dan bahan kimia berbahaya.

Selain bisa menenangkan kulit iritasi karena biang keringat, produk ini juga bisa menghindarkan kulit bayi dari gigitan nyamuk. Oleskan saat bayi akan tidur sehingga ia bisa tidur lebih nyenyak tanpa gangguan serangga seperti nyamuk. Lotion ini cepat diserap kulit bayi dan tidak lengket di kulit.

Harga Rp. 259.000-679.000

Mitu Baby Liquid Powder

Mitu Baby Liquid Powder merupakan produk selanjutnya untuk buah hati. Bedak bayi ini hadir dalam bentuk cairan sehingga minim risiko untuk bayi. Produknya mudah diaplikasikan dan cepat diserap kulit.

Bedak bayi ini hadir dengan acti natura. Bahan tersebut bisa menjaga kulit bayi tetap lembap. Selain itu, bahannya juga bisa melindungi kulit dari biang keringat. Produk ini tidak akan menimbulkan alergi dan cocok untuk kulit sensitif.

Harga Rp. 15.000-30.000

Zwitsal Baby Liquid Powder

Zwitsal Baby Liquid Powder juga bisa jadi andalan Anda untuk merawat biang keringat pada buah hati. Umumnya, biang keringat berada pada area lipatan yang sulit dijangkau. Dengan bedak cair yang satu ini maka Anda bisa lebih mudah mengaplikasikan bedak ke area lipatan di tubuh bayi.

Bedak ini teksturnya encer dan cepat meresap. Terdapat kandungan zinc oxide yang mampu meredakan gatal pada bayi dan juga iritasi kulit. Formulanya tidak lengket di kulit sehingga bayi merasa nyaman.

Harga Rp. 15.000-27.000

Johnsons Baby Cream

Johnsons Baby Cream adalah produk krim bayi yang aman dan nyaman digunakan pada kulit buah hati yang masih sensitif. Krim bayi ini bisa mengatasi aneka masalah kulit pada bayi. Seperti ruam karena popok, ruam di pipi, biang keringat, hingga kulit kering.

Produk ini akan melembapkan kulit sehingga terhindar dari kulit kering. Krim ini hadir dengan kadar pH seimbang sehingga bagus untuk kulit. Krimnya juga sudah teruji secara dermatologis jadi Anda tidak perlu was-was mengaplikasikan pada kulit bayi.

Bahannya alami yakni emolien essential yang bisa membuat kulit bayi senantiasa lembut dan halus. Formulanya cepat meresap ke kulit dan tidak meninggalkan rasa lengket.

Harga Rp. 15.000-28.000

Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream

Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan zat aktif colloidal oatmeal. Bahan tersebut kaya akan emolien sehingga bisa menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Ada juga bahan triple oats yang terbukti klinis mampu menenangkan kulit kering sehingga kulit bayi bisa terhindar dari iritasi.

Moisturizing cream ini cocok juga untuk mengatasi atopik dan ruam ringan akibat biang keringat. Kulit akan lembab selama 24 jam. Produk ini bersifat hipoalergenik sehingga aman untuk kulit bayi dan bisa mencegah kulitnya ruam atau kering.

Harga Rp. 105.000-216.000

Sebamed Baby Bubble Bath

Sebamed Baby Bubble Bath adalah produk sabun mandi yang bisa digunakan buah hati agar terhindar dari biang keringat. Sabun mandi ini berbentuk cair. Produknya mudah diaplikasikan ke kulit bayi. Sabun ini bisa membuat kulit tetap lembut, halus, dan jauh dari iritasi.

Dengan teknologi Jerman, sabun ini hadir dengan kandungan pH 5,5 yang bisa menyeimbangkan kelembapan kulit bayi. Sabun ini tidak menimbulkan pedih di mata. Dikemas dalam botol, produknya mudah digunakan dan dibawa kemana saja.

Harga Rp. 95.000-389.000

PUREBB Rash Cream

PUREBB Rash Cream merupakan produk rekomendasi kami selanjutnya. Krim yang satu ini bisa mengatasi kulit bayi yang mengalami ruam baik karena popok maupun biang keringat. Kandungan dexpanthenol di dalamnya mampu menjadi moisturizer untuk merawat kelembutan kulit bayi. Ada juga bahan zinc oxide yang bisa mengatasi ruam dan iritasi secara efektif tanpa menimbulkan efek samping pada bayi. Krim ini cepat diserap dan tidak akan meninggalkan rasa lengket pada kulit bayi.

Harga Rp. 45.000-55.000

Purol Poeder

Purol Poeder adalah produk yang ampuh lainnya untuk mengatasi biang keringat. Bedak ini bisa digunakan anak-anak hingga dewasa. Formulanya aman dan bisa bikin kulit jadi nyaman dan bebas iritasi. Taburkan pada bagian tubuh yang diperlukan dan biarkan bedaknya menyerap keringat dengan cepat dan mengatasi biang keringat yang bikin bayi kurang nyaman. Bahan utamanya adalah zinc oxide yang menenangkan kulit.

Harga Rp. 195.000-330.000

Biolane Talc Liquide

Biolane Talc Liquide merupakan rekomendasi terakhir kami. Produk yang satu ini hadir dengan bahan hydra bleine. Selain itu ada juga bahan minyak gandum dan protein. Kombinasi bahan tersebut bisa melembapkan kulit secara maksimal. Produk ini juga ampuh untuk mengatasi biang keringat. Gunakan setelah mandi pada kulit yang terkena biang keringat.

Harga Rp. 165.000-283.000
From our editorial team

Bawa ke Dokter jika Biang Keringat Makin Parah

Umumnya, biang keringat mudah disembuhkan dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika tidak kunjung sembuh bisa menyebabkan infeksi yang membahayakan. Kenali ciri-ciri biang keringat yang membahayakan. Ciri-cirinya adalah muncul bintil kemerahan yang sakit dan bisa membengkak, bintil bernanah, dan bayi jadi demam. Jika muncul ciri-ciri tersebut, penanganan dokter secepatnya dibutuhkan agar anak segera ditangani dan bisa terhindar dari bahaya.