10 Rekomendasi Sabun Bayi Untuk Kulit Sensitif yang Terbukti Aman (2022)

10 Rekomendasi Sabun Bayi Untuk Kulit Sensitif yang Terbukti Aman (2022)

Memilih produk bayi tidak boleh sembarangan, apalagi kondisi kulit bayi yang masih sensitif. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih sabun yang aman untuk kulitnya. Simak rekomendasi produk sabun bayi yang aman untuk kulit sensitif dari BP-Guide berikut ini!

Untuk Kulit Bayi yang Sensitif, Jangan Pilih Sembarang Sabun

Kulit bayi masih tipis dan bersifat sensitif, sehingga rentan mengalami iritasi. Oleh karena itu, dalam memilih sabun bayi, Anda perlu selektif dalam memilih sabun bayi, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh suatu merek. Anda perlu cermat memperhatikan kandungannya.

Saat membeli sabun bayi, usahakan untuk memilih sabun yang tidak memiliki kandungan alkohol maupun parfum, karena kandungan ini dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan mudah mengalami iritasi. Boleh juga untuk mencari ulasan-ulasan para orang tua mengenai suatu merek sabun.

Ciri Kulit Bayi Sensitif

Muncul Ruam Kulit

Bercak merah atau ruam pada kulit dapat muncul pada bagian tubuh mana saja, terutama area yang lembab karena keringat atau pipis, seperti bagian punggung dan pantat. Kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.

Kulit Kemerahan

Kulit kering dapat disertai dengan kemerahan pada kulit. Perubahan suhu, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai, atau gesekan dengan pakaian dan popok dapat menyebabkan kulit kemerahan pada bayi.

Kulit Kering

Kulit kering dapat ditandai dengan kulit yang tampak bersisik atau berkerak, dan bersifat mudah mengelupas. Penampakan kulit yang seperti ini dapat terjadi baik bagian kulit kepala maupun di area badan.

Cara Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

Mandikan Dengan Air Hangat

Gunakanlah air hangat suam kuku untuk memandikan bayi, bukan air yang panas atau yang dingin. Suhu air yang hangat juga dapat membuat bayi menjadi lebih rileks karena air hangat turut membantu melemaskan otot dan persediaannya yang sebelumnya tegang.

Oleskan Pelembab Khusus Bayi

Oleskan lotion khusus bayi agar dapat menjaga kelembaban kulit bayi untuk mencegahnya dari kering dan iritasi. Akan lebih baik jika Anda melakukannya secara rutin. Hindari juga menggunakan pelembab yang mengandung alkohol dan parfum untuk merawat kulit bayi yang sensitif.

Sering Ganti Popoknya

Popok menyebabkan kulit bayi menjadi sangat lembab. Ditambah lagi dengan kotoran bayi yang ada di popok, yang dapat menjadi tempat bakteri. Jika dibiarkan terlalu lama, akan membuat kulit bayi menjadi lecet dan iritasi. Maka, gantilah popok setidaknya 2-4 jam sekali dan setiap bayi buang air besar.

Jangan Terlalu Lama di Bawah Sinar Matahari

Berjemur memang baik untuk kesehatan kulit, demi memenuhi kebutuhan vitamin D, apalagi bagi bayi yang mengalami penyakit kuning. Namun, seperti kalimat bijak yang mengatakan bahwa segala yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga dengan berjemur.

Gunakan Produk Bayi Khusus Kulit Sensitif

Penting untuk memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit. Bagi bayi yang memiliki kulit sensitif, produk dengan keterangan “hypoallergenic” dapat Anda andalkan, atau cermatilah bahan-bahan alami yang terkandung, seperti calendula, almond, sunflower, serta shea butter.

Rekomendasi Sabun Bayi Untuk Kulitnya yang Sensitif

Lactacyd Baby Cleansing and Moisturizing

Sabun cair untuk bayi dari Lactacyd ini mengandung ekstrak susu yang dapat menjaga kelembaban dan menutrisi kulit agar tetap halus dan lembut. Formula hypoallergenic yang ada pada sabun ini mencegah kulit bayi dari alergi ataupun iritasi. Sabun ini juga diformulasikan dengan pH yang sesuai dengan kondisi alami kulit bayi.

Sabun ini tidak mengandung detergen dan pewangi sehingga tidak berbusa dan berbau harum menyengat, tetapi dapat Anda andalkan untuk membersihkan kulit bayi Anda dari keringat dan kotoran. Anda dapat memandikan bayi dengan sabun ini, dan menggunakannya sebagai sampo sekaligus.

Harga Rp. 25.000-100.000

Cetaphil Baby Moist Bath & Wash

Cetaphil juga mengeluarkan produk untuk bayi, Cetaphil Baby Moisturising Bath & Wash yang mampu membersihkan kulit bayi tanpa membuatnya kering. Cetaphil Baby Moisturising Bath & Wash ini diperkaya 1/3 lotion yang menjaga kelembapan kulit bayi. Produk ini mengandung aloe vera dan almond oil, sehingga dapat melembabkan kulit.

Sabun ini bersifat hypoallergenic dan diformulasikan dengan pH yang seimbang dengan kulit bayi, sehingga aman digunakan untuk kulit bayi yang sensitif. Sabun ini juga tidak perih jika terkena mata, sehingga akan lebih melindungi bayi Anda saat Anda memandikannya.

Harga Rp. 100.000-200.000

Sebamed Baby Bubble Bath

Sebamed Baby Bubble Bath ini diformulasikan dengan extra mild formula sehingga dapat membersihkan kulit bayi tanpa merusaknya. Kandungan bahan alaminya dapat mencegah kulit dari dehidrasi, iritasi, dan alergi. Produk ini juga mengandung pH 5.5 sehingga pH sabun ini normal dan sudah teruji klinis aman untuk kulit bayi sensitif.

Anda bahkan dapat memandikan bayi Anda dengan menggunakan produk ini sejak bayi baru lahir. Meski menghasilkan busa yang melimpah, sabun ini tidak pedih di mata. Pengalaman mandi si kecil pun jadi menyenangkan.

Harga Rp. 100.000-400.000

Aveeno Baby Soothing Relief Creamy Wash

Untuk kulit bayi yang sangat sensitif, Aveeno Baby Soothing Relief Creamy Wash ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sabun mandi ini diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang kering dan sensitif. Produk ini mengandung Natural Colloidal Oatmeal yang terbukti klinis melembapkan dan menenangkan kulit bayi yang kering dan sensitif. Kulit akan terasa lembab hingga 24 jam.

Produk juga ini tidak mengandung pewangi, paraben, dan phthalate sehingga akan semakin melindungi kulit bayi Anda. Sabun ini juga bersifat tear-free atau tidak perih di mata, sehingga Anda pun dapat menggunakannya sejak baru lahir.

Harga Rp. 140.000-200.000

PUREBB Liquid Soap

PUREBB Liquid Soap bisa menjadi solusi yang patut Anda pertimbangkan dalam memilih sabun untuk membersihkan sekaligus merawat kulit bayi yang sensitif. Bukan hanya untuk membersihkan tubuh, sabun cair untuk bayi ini juga mengandung oat kernel yang melembutkan dan menenangkan kulit bayi.

Sabun ini juga tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate), suatu zat detergen yang membuat busa berlimpah, namun bisa menyerap kelembaban alami kulit bayi dan membuatnya kering. Produk ini juga diformulasikan dengan pH 5,5 yang sesuai untuk kulit bayi, dan sudah teruji secara dermatologis.

Harga Rp. 30.000-100.000

Sebamed Baby Cleansing Bar

Sabun bayi dari Sebamed pun hadir dalam bentuk sabun batangan. Tak hanya membersihkan, Sebamed Baby Cleansing Bar juga sekaligus akan membantu memelihara kesehatan kulit bayi. Sabun ini diformulasikan untuk mempertahankan lapisan pelindung terluar pada kulit bayi. Jika lapisan tersebut hilang, maka bayi akan lebih rentan mengalami gangguan kulit, termasuk iritasi.

Sabun berbentuk batang ini dibuat dengan pH 5,5, menyesuaikan dengan pH kulit bayi. Anda dapat menggunakan produk ini sejak si kecil baru lahir.

Harga Rp. 60.000-80.000

Pigeon Baby Transparent Soap

Sesuai dengan namanya, Pigeon Baby Transparent Soap hadir dalam bentuk sabun batang yang transparan. Ketika Anda membelinya, Anda langsung mendapatkan case-nya. Sabun ini bersifat hypoallergenic, sehingga dapat mencegah terjadinya alergi pada kulit bayi yang masih sensitif.

Sabun batangan untuk bayi ini juga 100% bebas pewarna sehingga lebih aman untuk digunakan pada kulit bayi. Di samping itu, sabun ini juga mengandung jojoba dan camomile yang dapat menjaga kelembaban kulit dan melindunginya dari iritasi.

Harga Rp. 25.000-50.000

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo

Cetaphil Baby Gentle Wash & Shampoo ini dapat membersihkan sekaligus membantu menjaga kulit dan rambut bayi agar tetap halus, lembut, dan memperbaiki tekstur kulit. Sabun sekaligus sampo bayi ini mengandung glycerin dan panthenol yang mampu melembabkan kulit.

Produk ini tidak banyak berbusa karena diklaim bebas SLS dan sudah tertera dalam kemasan bahwa produk ini soap-free. Produk ini juga diformulasikan dengan pH yang seimbang sehingga dapat menjaga kulit sensitif bayi Anda.

Harga Rp. 70.000-200.000

Johnson’s Baby Top to Toe Wash

Johnson’s Baby Top to Toe Wash ini merupakan produk 2in1, sehingga bisa digunakan sebagai sabun sekaligus sampo. Produk ini diformulasikan secara khusus untuk membersihkan kulit bayi yang baru lahir.

Diformulasikan dari bahan yang aman untuk bayi tanpa tambahan pewarna, dan bersifat hypoallergenic sehingga aman untuk kulit sensitif bayi. Kadar pH yang seimbang di dalamnya, akan membantu mempertahankan lapisan alami kulit dan mencegah kulit menjadi terlalu kering setelah selesai mandi.

Harga Rp. 10.000-50.000

Littlerha Head to Toe Baby Wash

Littlerha Head to Toe Baby Wash juga merupakan produk yang bisa digunakan sebagai sabun dan sampo sekaligus. Sabun bayi ini tidak mengandung bahan-bahan pemicu iritasi seperti SLS atau SLES, sehingga bisa digunakan untuk bayi yang memiliki riwayat kulit sensitif atau atopi.

Littlerha Head to Toe Baby Wash juga mengandung ekstrak susu almond, d-panthenol, dan aloe vera yang dapat melembapkan kulit sekaligus menjaga kekenyalannya. Anda dapat menggunakan sabun ini untuk membersihkan dan merawat kulit bayi Anda.

Harga Rp. 100.000-150.000
From our editorial team

Berikan Moisturizer Untuk Menjaga Kulit Bayi Tetap Lembap

Sama halnya seperti orang dewasa, mandi juga mengikis kelembapan kulit alami pada bayi. Oleh karena itu, setelah mandi sebaiknya berikan moisturizer khusus bayi untuk mengembalikan dan menjaga kelembapan kulitnya. Sementara itu, gunakan sabun bayi untuk kulit sensitif saat memandikan bayi ya! Pilih rekomendasinya dari BP-Guide di atas!