Botol Susu Bebas Kuman dan Bakteri dengan 10 Rekomendasi Sterilizer Botol Ini (2021)

Botol Susu Bebas Kuman dan Bakteri dengan 10 Rekomendasi Sterilizer Botol Ini (2021)

Orang tua harus selalu menjaga kebersihan barang-barang yang digunakan bayi, termasuk botol susu. Pastikan botol susu steril dan bebas kuman dengan alat sterilizer botol terbaik. Simak rekomendasi selengkapnya hanya dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Sterilizer Botol Sangat Penting Dimiliki Para Orang Tua

Memompa ASI dan menyimpannya untuk diberikan kepada bayi nanti menjadi tren baru di kalangan ibu muda, terutama mereka yang sibuk bekerja. ASI yang sudah dipompa dimasukkan ke dalam botol susu untuk nanti diberikan kepada bayi. Nah, hal ini menjadikan sterilizer botol sebagai alat penting yang harus dimiliki oleh orang tua.

Seperti namanya, fungsi utama dari sterilizer botol susu adalah membersihkan dan membuat botol susu jadi lebih steril, bebas dari kuman dan bakteri yang bisa berbahaya untuk si kecil. Alat ini sangat mudah dan praktis digunakan serta bisa membersihkan botol dengan benar-benar sempurna.

Tips Membeli dan Menggunakan Sterilizer Botol Bayi

Tentukan Bujetnya

Harga produk dan perlengkapan bayi memang tidak murah. Sebelum Anda memilih produk sterilizer seperti apa yang ingin dibeli, hitung dulu berapa bujet yang Anda miliki. Sebelumnya Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan agar tahu berapa rata-rata harga alat sterilizer botol. Jika Anda sudah menetapkan bujet, maka lebih mudah untuk memilih produk yang tersedia di pasaran.

Pilih Kapasitas Sesuai Kebutuhan

Kapasitas yang dimaksud adalah berapa banyak botol yang bisa ditampung oleh alat dalam sekali sterilisasi. Ada alat yang hanya bisa menampung 2 botol, namun ada juga yang bisa membersihkan 8 botol sekaligus.

Sesuaikan kapasitas sterilizer botol dengan banyaknya botol susu yang digunakan bayi dalam sehari. Selain itu, pastikan juga apakah alat tersebut bisa digunakan untuk sterilisasi pompa payudara ibu, empeng, dan benda-benda lain yang sering dipakai oleh bayi.

Pertimbangkan Ukuran Alat

Tidak hanya harga dan kapasitasnya saja yang bervariasi, ukuran sterilizer botol juga berbeda-beda. Agar penyimpanan lebih mudah dan tidak memakan banyak tempat, sebaiknya pilih alat yang modelnya ringkas dan praktis. Selain mudah disimpan, alat yang desainnya ringkas juga memudahkan Anda untuk menggunakannya.

Cek Cara Membersihkannya

Sterilizer adalah alat yang berfungsi untuk membersihkan botol susu. Namun alat ini juga perlu dibersihkan secara rutin agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk tertentu, lihat apakah produk tersebut mudah dibersihkan. Pilih produk yang bisa dibersihkan dengan mudah, cepat, dan menyeluruh.

Perhatikan Waktu Kerja Sterilizer

Anda yang berperan ganda sebagai ibu sekaligus wanita karier pasti ingin semua yang serba cepat dan efisien. Oleh karena itu, perhatikan berapa lama waktu yang dibutuhkan sterilizer untuk membersihkan botol. Ada alat yang bisa bekerja cepat, mampu membersihkan botol hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Cara Lain yang Bisa Dilakukan untuk Sterilisasi Botol Susu

Menggunakan Air Mendidih

Ini adalah cara yang paling sederhana dalam membersihkan botol susu anak. Tanpa perlu alat khusus, Anda tinggal merebus botol susu bersama dengan air di atas api hingga mendidih. Tinggal celupkan botol susu secara terbalik ke dalam panci berisi air, tunggu sampai air mendidih, lalu angkat dengan menggunakan capit.

Menggunakan Microwave

Anda juga bisa mensterilisasi botol susu bayi ke dalam microwave. Namun sebelumnya pastikan dulu microwave benar-benar bersih dan tidak ada sisa makanan di dalamnya.

Caranya adalah dengan mengisi air ke dalam botol hingga setengahnya dan masukkan ke dalam microwave. Panaskan microwave dengan suhu tinggi selama 1 menit. Setelah itu, keluarkan botol susu dengan capit, buang airnya, dan keringkan dengan lap bersih.

Dikukus dengan Uap Panas

Sedikit mirip dengan cara pertama, sterilisasi bisa dilakukan dengan mengukus botol susu. Panaskan kukusan di atas kompor, lalu letakkan botol susu di atasnya. Tutup rapat dan tunggu hingga air di dalam kukusan mendidih. Angkat botol dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Rekomendasi Sterilizer Botol Terbaik untuk Anda

Pigeon Multi-Function Sterilizer

Jika Anda ingin sterilizer yang tidak hanya bisa membersihkan tapi juga bisa menjalankan fungsi lain, maka alat ini bisa jadi rekomendasi yang pas. Pigeon Multi-Function Sterilizer juga bisa digunakan untuk menghangatkan makanan si kecil.

Kapasitas alat ini cukup besar, mampu menampung hingga 5 botol susu sekaligus dalam berbagai ukuran. Sterilizer ini membersihkan botol susu dengan uap panas sehingga semua bakteri dan kuman bisa dibunuh dengan efektif. Selain itu, Anda juga bisa menghangatkan MPASI si kecil dengan alat ini. Serbaguna sekali bukan?

Harga Rp. 500.000-1.000.000

Baby Safe Multifunction Steamer 10 in 1

Baby Safe Multifunction Steamer 10 in 1 menjadi alat sterilizer berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda. Keberadaan alat yang bisa melakukan 10 fungsi berbeda sekaligus ini akan sangat membantu ibu muda yang sibuk. Anda bisa membersihkan botol susu dengan sangat praktis, hanya dalam beberapa menit saja.

Fungsi lain yang bisa dijalankan alat ini adalah memasak nasi tim, merebus telur, serta membersihkan mainan bayi. Keunggulan alat ini adalah tidak memakan daya listrik yang besar, sehingga Anda tidak perlu khawatir tagihan akan membengkak.

Harga Rp. 400.000-600.000

IQ Baby Steam Sterilizer Express 6 Bottles

Kapasitas alat sterilizer memang aspek yang harus dipertimbangkan saat Anda akan membelinya. IQ Baby Steam Sterilizer Express 6 Bottles hadir dalam kapasitas yang cukup besar karena dapat membersihkan 6 buah botol sekaligus.

Alat ini juga aman untuk si kecil karena tidak mengandul Bisphenol-A. Selain itu ada lampu indikator yang menandakan alat sedang bekerja. Di dalam alat terdapat rak terpisah untuk tutup botol dan dot. Proses sterilisasi botool memakan waktu 15 menit dan setelah itu alat akan mati secara otomatis.

Harga Rp. 200.000-400.000

Xiaolang Desktop Portable Disinfection Cabinet

Xiaolang Desktop Portable Disinfection Cabinet merupakan alat yang bisa menampung 5 botol sekaligus. Waktu kerjanya juga sangat cepat, karena hanya butuh 6 menit saja untuk mensterilkan botol susu si kecil. Kapasitas alat ini secara keseluruhan adalah 18 liter.

Selain botol susu, Anda bisa membersihkan pompa payudara dan mainan si kecil juga di sini. Bentuk alat yang ringkas dan modern membuatnya mudah disimpan dan ruangan terlihat semakin elegan.

Harga Rp. 1.300.000-1.700.000

Philips Avent 3-in-1 Electric Steam Sterilizer

Buat Anda yang ingin sterilizer botol yang bisa membersihkan dengan cepat, tuntas, dan menyeluruh, ada Philips Avent 3-in-1 Electric Steam Sterilizer. Produk ini hanya membutuhkan waktu 6 menit saja untuk membersihkan 6 botol sekaligus dalam sekali waktu. Proses sterilisasi alat ini terbukti sangat optimal karena bisa membunuh hingga 99,9% kuman tanpa menggunakan bahan kimia.

Karena alat ini dirancang khusus untuk bayi, maka kualitas dan keamanan bahannya tidak perlu diragukan. Meskipun harganya bisa dibilang mahal dibandingkan sterilizer botol biasa, namun sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan.

Harga Rp. 700.000-1.600.000

Baby Safe LB317 Express Steam Sterilizer

Merek Baby Safe memang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Termasuk Baby Safe LB317 Express Steam Sterilizer ini. Alat ini dapat menampung 6 botol sekaligus, sehingga proses pembersihan lebih cepat dan praktis.

Dilengkapi dengan thermostatic control yang memastikan semua botol tetap berada pada suhu yang pas. Pengontrol suhu ini bisa bekerja secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu bingung dalam mengoperasikannya. Waktu yang dibutuhkan untuk mensterilisasi botol hanya 8 menit saja.

Harga Rp. 250.000-400.000

Panasonic FD S03S1 Dsterile Sterilizer Dish Dryer

Alat sterilisasi yang satu ini bentuknya berbeda dengan alat lain yang direkomendasikan dalam daftar ini. Panasonic FD S03S1 Dsterile Sterilizer Dish Dryer tidak hanya berguna untuk mensterilkan botol, tetapi juga alat-alat makan yang Anda gunakan sendiri. Bentuknya mirip rak piring dan dapat digunakan untuk mensterilkan banyak barang dalam satu waktu.

Panas yang dikeluarkan oleh alat ini mencapai 70 derajat Celcius, sehingga cukup efektif untuk membersihkan kuman dan bakteri yang menempel di botol. Penggunaannya juga sangat mudah karena hanya terdapat satu tombol saja. Tinggal tekan dan tunggu selama 20 menit hingga proses sterilisasi selesai.

Harga Rp. 800.000-1.000.000

Little Giant Multi Functional Modern Sterilizer & Steam

Produk sterilizer botol berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda adalah Little Giant Multi Functional Modern Sterilizer & Steam. Alat ini dilengkapi dengan indikator lampu dan timer serta akan mengeluarkan suara ketika sudah selesai membersihkan.

Kapasitas sterilizer cukup besar, yaitu 4 botol. Kelebihan dari alat ini adalah sangat mudah dibersihkan karena bisa dibongkar pasang. Jadi seluruh bagiannya bisa dibersihkan secara maksimal. Selain mensterilisasi botol, Anda juga bisa menggunakan alat ini untuk merebus telur, mengukus sayuran, memanaskan bubur, hingga menghangatkan susu.

Harga Rp. 200.000-300.000

Crown CR-1288 Sterilizer

Crown CR-1288 Sterilizer memiliki kapasitas 6 botol, sehingga sangat praktis untuk Anda yang sibuk. Alat ini bekerja dengan suhu 100 derajat Celcius yang menjamin botol si kecil terbebas dari segala macam kuman dan bakteri.

Anda juga tidak perlu khawatir tagihan listrik membengkak karena konsumsi sterilizer daya ini tidak besar. Proses sterilisasi juga hanya berlangsung selama 9 menit saja. Jika membeli alat ini, Anda tidak hanya akan mendapat sterilizer saja, tetapi juga penjepit untuk mengambil botol, mangkuk bubur bayi, dan perasan jeruk.

Harga Rp. 200.000-400.000

Dr. Brown's Deluxe Electric Bottle Sterilizer

Terakhir ada Dr. Brown's Deluxe Electric Bottle Sterilizer, alat sterilisasi yang dapat menampung 6 buah botol sekaligus. Alat ini membutuhkan waktu 12 menit untuk membersihkan botol susu bayi secara maksimal. Anda juga akan mendapatkan penjepit khusus untuk memudahkan Anda saat mengambil botol setelah dibersihkan.

Dilengkapi pula dengan tombol switch off yang memungkinkan alat mati secara otomatis setelah proses pembersihan. Desain alat ini sangat modern, ringkas, dan mudah disimpan tanpa memakan banyak ruang.

Harga Rp. 900.000-1.300.000
From our editorial team

Pilih Produk Multifungsi agar Bisa Digunakan Dalam Waktu Lama

Produk-produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas memiliki fungsi utama sebagai sterilizer botol susu. Namun ternyata tidak sedikit yang bisa menjalankan fungsi lain seperti memasak nasi tim hingga menghangatkan botol. Sebagai pembeli yang bijak, sebaiknya pilih produk multifungsi yang bisa digunakan dalam waktu lama, mulai dari bayi lahir hingga sudah mengonsumsi MPASI.