10 Botol Kaca yang Aman untuk Menyimpan ASI Perah bagi Si Kecil (2020)

10 Botol Kaca yang Aman untuk Menyimpan ASI Perah bagi Si Kecil (2020)

Menjadi seorang ibu adalah anugerah bagi setiap wanita. Sebagai seorang ibu, tentu Anda ingin memberikan yang terbaik untuk bayi, bukan? Begitu pula dengan ASI. Memiliki aktivitas yang padat membuat kebutuhan ASI bagi si kecil kerap terkendali. Maka dari itu, menyimpan ASI perah ke dalam botol adalah solusi untuk menyediakan nutrisi bagi si kecil. Berikut adalah rekomendasi botol kaca yang aman untuk penyimpanan ASI bagi si kecil.

Penggunaan Botol Kaca untuk Menyimpan ASI Semakin Digemari

Botol kaca kerap dijadikan pilihan sebagai media penyimpanan karena dapat dipakai berulang-ulang, sehingga mengurangi sampah plastik. Selain itu, botol kaca juga kokoh, murah, dan mudah dibersihkan dibandingkan material penyimpanan lain. Sehingga, tak heran jika botol kaca juga digemari para ibu untuk menyimpan ASI perah.

Keunggulan Menyimpan ASI dengan Botol Kaca

Lebih Murah daripada Botol Plastik

Menyimpan ASI dengan menggunakan botol memang memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah harganya yang lebih murah daripada botol plastik. Harga yang murah ini ditunjang pula oleh penggunaan botol kaca yang bisa digunakan berkali-kali tanpa takut dengan bahaya plastik jika digunakan berulang. Botol kaca dapat pula dijadikan pilihan bagi ibu yang kesulitan mendapatkan kantong ASI yang biasa digunakan.

Kedap Udara

Keunggulan botol kaca selanjutnya adalah kedap udara. Kala menyimpan ASI di dalam botol, pastikan bahwa botol dalam keadaan kedap udara. Hal ini untuk memastikan ASI tetap aman dan steril sebelum diberikan pada si kecil. Botol kaca dapat dijadikan pilihan penyimpanan ASI lantaran dilengkapi dengan tutup karet yang memastikan isinya dalam keadaan keadaan udara, sehingga kualitas ASI lebih terjamin.

Lemak ASI Tidak Akan Menempel

Pemilihan botol kaca sebagai peyimpanan ASI ternyata juga ditengarahi oleh keunggula botol kaca yang tidak membuat lemak ASI menempel pada permukaannya. Menyimpan ASI dalam waktu dan suhu tertentu memang membuat lemak ASI rentan menempel pada permukaan tempat penyimpanan.

Hal inilah yang membuat tempat penyimpanan sulit dibersihkan bahkan membuat melekatnya bau susu pada tepat peyimpanan. Tak perlu khawatir, karena hal ini tidak akan terjadi jika ASI disimpan dalam botol plastik. Mudah dibersihkan, botol kaca dijamin bersih dan tak berbau setelah digunakan karena tidak ditempeli lemak ASI.

Mudah Disterilkan

Segala sesuatu yang berkaitan dengan bayi memang harus serba steril. Begitu juga dalam penggunaan botol kaca. Keunggulan lain dari botol kaca selain mudah dibersihkan adalah mudah disterilkan. Cara sterilisasinya pun sangat mudah, yaitu dengan cara direbus hingga mendidih agar bau sabun dan bau produksi hilang.

Hal ini juga memastikan kuman-kuman mati selama proses sterilisasi. Dalam perebusan, pastikan bahwa botol dan tutupnya direbus secara terpisah. Setelah mendidih, biarkan botol dan tutup selama 5-15 menit.

Dapat Dipakai Berulang-ulang

Mengapa botol kaca dianggap sebagai tempat penyimpanan ASI yang ekonomis? Selain harganya yang terjangkau, botol kaca dapat dipakai berulang-ulang. Cukup dicuci dengan bersih, botol kaca dapat kembali digunakan untuk menyimpan ASI perah. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara dalam mengurangi penggunaan plastik, sehingga lebih ramah lingkungan.

Rekomendasi Botol Kaca untuk Menyimpan ASI

Momogi Kaca Set Botol ASI

Rekomendasi pertama botol kaca untuk penyimpanan ASI perah adalah Momogi Kaca Set Botol ASI. Set botol kaca ini terbuat dari material kaca food grade yang aman digunakan.

Hadir dengan tinggi 10 cm, botol ini memiliki diameter luar mulut botol 3 cm, diameter dalam mulut botol 2.4 cm, dan diameter bawah botol 4.5 cm.

Berkapasitas 100 ml, set botol ini sudah dilengkapi tutup botol karet yang kedap udara. Botol ini cocok untuk menyimpan ASI di kulkas maupun freezer.

Harga Rp. 46.000-63.800

BKA Botol Asi Kaca 100 ml isi 8

Produk selanjutnya adalah BKA Botol Asi Kaca 100ml isi 8 yang terbuat dari bahan kaca bebas BPA dan tutup berbahan silikon food grade. Botol ini memiliki tinggi 10.5 cm, dengan diameter luar mulut 3 cm, diameter dalam mulut botol 2.4 cm, dan diameter bawah botol 4.5 cm.

Memiliki kapasitas 100 ml, botol ini akan menjaga kualitas ASI saat akan diberikan kepada si kecil. Produk ini direkomendasikan oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), lho.

Harga Rp. 55.000-70.500

Baby Pax Botol ASI (3 pcs/Kaca)

Selanjutnya ada produk Baby Pax Botol ASI yang terbuat dari kaca BPA free. Botol ASI persembahan Baby Pax ini didesain praktis dan ergonomis sehingga mudah digunakan.

Bahkan, botol ini dapat disambungkan langsung pada pompa ASI dengan tipe standar neck karena memiliki karena memiliki tutup ulur bukan karet. Set produk dengan isi 3 pcs botol dan kapasitas 150 ml.

Harga Rp. 49.000-73.000

Nice Botol Kaca ASI

Brand Nice Baby juga memiliki produk andalah, yaitu Nice Botol Kaca ASI. Botol yang terbuat dari kaca bebas BPA ini dilengkapi dengan tutup ulir yang aman untuk disimpan di dalam lemari es, mesin cuci piring, mesin penghangat, maupun alat steril.

Produk ini berfungsi untuk menyimpan ASI serta tidak mengandung bahan kimia. Satu set produk ini berisi 8 pcs botol dengan kapasitas 100 ml.

Harga Rp. 45.600-77.000

Bossi Botol Kaca Asi

Rekomendasi selanjutnya adalah Bossi Botol Kaca Asi. Botol ini terbuat dari bahan kaca bebas BPA. Diproduksi di ruang bersih dengan sertifikat ISO 15378, botol ini semakin aman karena merupakan botol baru penyimpanan ASI dengan standard pharmaceutical terbaik di Indonesia.

Dilengkapi dengan tutup botol dari bahan bromobutyl rubber, tutup botol ini terjamin keamanan dan kekuatannya. Sepaket produk ini berisi 8 pcs botol dengan kapasitas 100 ml.

Harga Rp. 47.000-50.000

Tokobabyshop Kaca Botol ASI

Tokobabyshop Kaca Botol ASI adalah rekomendasi botol penyimpanan ASI selanjutnya. Botol berbahan kaca ini memiliki daya tamping 100 ml. Dilengkapi dengan tutup agar tidak tumpah, botol ini dijual setiap set dengan isi 6 pcs atau 3 pcs botol.

Dengan tinggi 10 cm, botol ini memiliki diameter luar mulut botol 3 cm, diameter dalam mulut botol, dan diameter bawah botol 4.5 cm. Botol bisa disimpan di lemari es ataupun digunakan saat bepergian.

Harga Rp. 2.100

Ciki Botol Kaca ASI

Brand Ciki juga tak mau ketinggalan menghadirkan botol kaca penyimpanan ASI. Ciki Botol Kaca ASI terbuat dari bahan kaca 100% BPA free dan food grade, botol ini didesain khusus sesuai dengan genggaman tangan sehingga tak mudah jatuh.

Dilengkapi tutup botol berbahan karet tebal berkualitas, tutup botol ini dapat diganti dengan karet dot bayi. Satu set Ciki Botol Kaca ASI berisi 8 pcs botol dengan kapasitas 100 ml.

Harga Rp. 47.500-88.500

Ardo Botol ASI - Putih Mutiara

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Produk selanjutnya adalah Ardo Botol ASI - Putih Mutiara yang terbuat dari kaca premium dan bebas BPA. Tak hanya aman digunakan, botol penyimpanan ASI ini juga mudah digunakan dengan indikator level cairan. Dengan kapasitas 120 ml, botol ini kompatibel dengan pompa ASI ARDO. Botol ini cukup banyak disukai oleh klinik dan rumah sakit. Untuk 1 pcs botol ini dijual sharga Rp 90.000 di Blibli dan Rp 95.000 di Tokopedia.

Lila BD07 VIAL Botol Kaca ASIP

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Produk selanjutnya adalah Lila BD07 VIAL Botol Kaca ASIP yang terbuat dari kaca BPA free dan food grade. Dilengkapi dengan tutup karet silikon 100%, produk ini memiliki kapasitas 100 ml. Dengan tinggi botol 10 cm, produk ini memiliki diameter luar mulut botol 3 cm, diameter dalam mulut botol 2.4 cm, dan diameter bawah botol 4.5 cm.

Desainnya simpel dan juga mudah dibawa bepergian dengan bentuknya yang mungil. Produk ini dapat dibeli di Shopee seharga Rp 2.575, Lazada seharga Rp 2.793, dan Blibli seharga Rp 2.547.

BabyPax Breast Milk Glass Bottle Rainbow

Botol kaca ASI selanjutnya adalah produk dari Baby Pax, yaitu BabyPax Breast Milk Glass Bottle Rainbow. Terbuat dari bahan polypropylene dan durable glass, satu set botol ini berisi 6 pcs botol berkapasitas 150 ml.

Dalam satu setnya, terdapat beraneka warna botol, yaitu merah, oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu yang dilengkapi quote berbeda di setiap botolnya. Cocok bagi Anda yang sibuk kemudian menyimpan ASI sebagai persediaan untuk si kecil.

Harga Rp. 98.000-132.000
From our editorial team

Pastikan Menyimpan ASI di Botol Kaca BPA Free

Untuk peralatan bayi memang tak bisa asal pilih. Salah satunya dalam memilih botol penyimpanan ASI. Botol kaca memang memiliki banyak keunggulan dibandingkan botol plastik juga kantong penyimpanan ASI. Namun, perhatikan pula keamanan botol dengan memastikan bahwa produk yang Anda pilih bebas BPA. Deretan botol kaca rekomendasi di ata bisa menjadi referensi bagi Anda yang membutuhkan botol kaca aman untuk penyimpanan ASI perh. Lalu, botol kaca mana yang menjadi pilihan Anda?