10 Rekomendasi Sterilizer UV untuk Memastikan Perlengkapan Bayi Bebas dari Virus di Masa Pandemi (2021)

10 Rekomendasi Sterilizer UV untuk Memastikan Perlengkapan Bayi Bebas dari Virus di Masa Pandemi (2021)

Di masa pandemi seperti sekarang ini, penyebaran virus sangat mengkhawatirkan. Jangan sampai si kecil yang imun tubuhnya masih lemah ikut terjangkit virus. Pastikan barang-barang yang mereka gunakan tetap steril dengan rekomendasi sterilizer UV dari BP-Guide berikut ini!

Jaga Barang-barang dari Kuman dan Virus dengan Sterilizer UV

Di musim pandemi seperti sekarang ini, penyebaran virus menjadi semakin mengkhawatirkan. Menjaga kebersihan diri dan memakai masker saja tidak cukup. Anda juga harus memastikan barang-barang yang Anda gunakan terbebas dari kuman dan bakteri berbahaya, terutama barang-barang yang digunakan oleh si kecil.

Sterilizer UV adalah alat yang bisa membantu Anda untuk menjaga peralatan dan mainan si kecil tetap bersih. Alat ini menggunakan sinar UV untuk membasmi kuman dan bakteri dengan efektivitas mencapai 99%. Tidak hanya botol susu dan mainan bayi saja yang bisa disterilkan, tetapi juga benda-benda kecil yang sering Anda pakai.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Sterilizer UV

Sirkulasi Udara

Steriluizer UV harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan dilengkapi dengan ventilator fan. Ini akan semakin memaksimalkan kinerja sinar UV dalam membersihkan barang-barang milik Anda. Dengan demikian, semua barang Anda dan si kecil akan kembali steril.

Display LED

Keberadaan display LED di pada alat sterilizer UV sangat penting. Sehingga Anda bisa melakukan kegiatan lain sambil menunggu proses sterilisasi selesai. Akan lebih baik lagi jika sterilizer dilengkapi dengan fitur auto off, di mana alat bisa mati secara otomatis setelah sterilisasi selesai.

Fitur Keamanan

Sinar UV bisa menimbulkan dampak yang berbahaya jika bersentuhan langsung dengan kulit atau terkena mata. Itulah mengapa Anda perlu memastikan bahwa sterilizer UV memiliki fitur keamanan yang memadai. Misalnya seperti sinar UV yang bisa mati secara otomatis ketika pintu sterilizer dibuka.

Handle Pintu

Ketika membeli sterilizer UV, periksa dulu bagian handle atau pegangannya. Ini sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan Anda dalam menggunakan alat. Bila mungkin, cek apakah handle memerlukan tenaga yang besar saat ditarik terbuka.

Cara Membersihkan

Yang tidak kalah penting adalah kemudahan untuk membersihkan sterilizer itu sendiri. Alat ini perlu dibersihkan secara rutin agar bisa bekerja dengan maksimal. Cek apakah alat yang akan Anda beli memerlukan perawatan yang rumit atau tidak.

Manfaat Sterilizer UV Saat Pandemi

Efektif Membunuh Kuman dan Bakteri

Kuman, virus, dan bakteri tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Oleh karena itu, barang yang bersih saja tidak cukup, tapi juga harus benar-benar steril. Sterilizer UV memiliki efektivitas yang sangat baik dalam membunuh kuman dan bakteri, mencapai 99%. Dengan alat ini Anda tidak perlu lagi khawatir aterhadap barang-barang yang sering digunakan oleh si kecil.

Menjaga Perlengkapan Bayi Tetap Higienis

Sterilizer box banyak digunakan oleh ibu-ibu masa kini untuk mensterilkan perlengkapan bayi. Mulai dari botol susu, mainan, hingga peralatan makan mereka. Alat ini sekaligus juga menjadi pengering barang-barang tersebut, menghindarkan perlengkapan bayi dari kelembapan yang bisa menjadi sarang berkembangnya bakteri.

Membersihkan Barang-Barang yang Digunakan Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Fungsi sterilizer UV tidak sebatas untuk membersihkan perlengkapan anak saja, tetapi juga mensterilkan barang-barang yang Anda pakai setelah keluar rumah. Hal ini sangat penting di masa pandemi agar virus dari luar tidak ikut masuk ke dalam rumah. Barang-barang kecil seperti jam tangan, kunci, dompet, kacamata, hingga aksesori juga bisa Anda sterilkan dengan alat ini.

Rekomendasi Sterilizer UV Terbaik untuk Anda

Little Giant Zhora Digital UV Sterilizer & Dryer

Produk pertama yang direkomendasikan kepada Anda adalah Little Giant Zhora Digital UV Sterilizer & Dryer. Alat ini dilengkapi dengan lampu ultraviolet yang bisa diandalkan untuk mensterilkan perlengkapan si kecil. Anda bisa menggunakannya untuk botol susu, pompa ASI, hingga mainan anak.

Tidak hanya itu saja, perlengkapan makan yang Anda gunakan sehari-hari juga bisa disterilkan dengan menggunakan alat ini. Little Giant Zhora Digital UV Sterilizer & Dryer tidak sekadar mensterilkan, tetapi juga mengeringkan alat-alat tersebut hingga siap Anda pakai kembali.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Spectra UV Sterilizer

Merek Spectra pasti sudah tidak asing lagi di telinga ibu-ibu. Kualitas produk Spectra memang tidak perlu diragukan lagi, termasuk sterilizer UV ini. Spectra UV Sterilizer bekerja menghilangkan jamur, bakteri, dan virus dengan sangat ampuh.

Di dalam alat ini terdapat 2 buah lampu UV Osram buatan Italia yang mampu mensterilkan barang-barang si kecil. Alat ini tidak hanya bisa membersihkan, tetapi sekaligus sebagai alat penyimpanan yang menjaga perlengkapan bayi tetap steril hingga 10 jam lamanya.

Harga Rp. 3.500.000-4.500.000

Claire's UV Sterilizer BS-U01

Claire's UV Sterilizer BS-U01 adalah produk selanjutnya yang akan direkomendasikan kepada Anda. Alat ini diklaim mampu membasmi 99% kuman dan bakteri yang menempel di peralatan si kecil. Ini adalah sterilizer serbaguna yang juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan benda-benda berbahan logam, kaca, silikon, dan melamin.

Bagian dalam alat dilapisi kaca dan stainless steel tahan panas untuk memaksimalkan pantulan sinar UV ketika bekerja. Dengan adanya alat ini, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kebersihan barang-barang yang digunakan oleh si kecil.

Harga Rp. 1.500.000-2.500.000

Lollababy Portable LED UV Sterilizer

Buat Anda yang suka bepergian, Lollababy Portable LED UV Sterilizer bisa jadi pilihan yang tepat. Sama seperti sterilizer UV lainnya, alat ini bisa membasmi kuman dengan efektivitas mencapai 99%. Alat ini juga ringan dan bentuknya ringkas, sehingga bisa dimasukkan ke dalam tas tanpa memberatkan Anda.

Dilengkapi juga dengan kabel charger yang bisa Anda gunakan setiap saat ketika baterai habis. Namun tentu saja sterilizer ini memiliki kapasitas yang kecil, yaitu hanya bisa digunakan untuk 1 botol susu berukuran kecil.

Harga Rp. 1.500.000-2.000.000

OONEW UV Sterilizer with Dryer

Jika Anda mencari alat yang bisa menjalankan beberapa fungsi sekaligus, Anda wajib cek OONEW UV Sterilizer with Dryer ini. Alat ini memiliki 3 fungsi utama selain sebagai sterilizer, yaitu untuk mengeringkan sekaligus menyimpan. Di dalamnya dilengkapi dengan sistem ventilasi sehingga proses pergantian udara berjalan dengan lancar.

Sterilizer canggih ini juga memiiki super mirror stainless steel untuk memaksimalkan refleksi sinar UV di dalamnya ketika bekerja. Alat ini juga lebih steril karena tidak menggunakan air selama proses pembersihan dan melakukan pengeringan di bawah suhu yang rendah.

Harga Rp. 1.200.000-1.700.000

uPang Plus+ UV Waterless Sterilizer

Meski harganya sedikit mahal, uPang Plus+ UV Waterless Sterilizer ternyata menjadi salah satu sterilizer favorit masyarakat. Bentuk alat ini mirip dengan kulkas mini serta memiliki daya tampung yang besar. Anda bisa mensterilkan berbagai macam barang di sini, seperti peralatan makan, botol susu, hingga mainan si kecil.

Tanpa perlu mengatur timer, alat ini dilengkapi dengan 1 tombol otomatis yang bisa bekerja dengan sendirinya. Fitur lainnya adalah DOT Matrix Display yang bisa memberikan informasi ketika alat ini sedang bekerja.

Harga Rp. 4.800.000-5.500.000

Crown CR9888 UV-C Sterilizer

Crown CR9888 UV-C Sterilizer adalah alat dengan kapasitas sebesar 17 liter untuk membersihkan barang-barang milik Anda. Mulai dari botol susu, pompa ASI, mainan bayi, remote TV, handphone, hingga helm. Di dalam alat terdapat rak susun stainless steel yang memudahkan proses sterilisasi.

Anda juga tidak perlu khawatir akan konsumsi listriknya, karena daya alat ini hanya sekitar 10 watt saja. Sterilizer UV ini bekerja secara otomatis dan maksimal dalam membersihkan semua barang Anda, membebaskan Anda dari kekhawatiran akan kuman dan bakteri yang menempel di sana.

Harga Rp. 1.400.000-2.000.000

Babyhood UV Sterilizer with Dryer

Babyhood UV Sterilizer with Dryer adalah alat yang akan membuat Anda tenang dan tidak perlu khawatir di masa pandemi ini. Alat ini bisa mensterilkan perlengkapan si kecil dan benda lain yang sering Anda pakai saat di luar rumah. Cara kerjanya pun juga sangat praktis, mensterilkan dengan maksimal tanpa melepaskan zat kimia berbhaya.

Alat ini menggunakan lampu UV-C Philips yang bekerja pada suhu 55 derajat Celcius. Dilengkapi dengan double filter yang memastikan aliran udara tetap lancar. Boks sterilisasi dapat memantulkan cahaya UV 360 derajat sehingga sterilisasi berjalan secara lebih menyeluruh.

Harga Rp. 1.300.000-2.500.000

uPang UV Sterilizer

Satu lagi nih rekomendasi dari uPang, yaitu uPang UV Sterilizer. Alat ini hadir dalam 5 pilihan warna cantik yang bisa melengkapi desain interior rumah Anda. Alat ini bekerja membersihkan botol dan perlengkapan bayi yang sebelumnya sudah dicuci untuk memastikannya bebas dari kuman dan bakteri.

uPang UV Sterilizer bekerja mengeringkan perlengkapan si kecil selama 30 menit menggunakan sinar inframerah di bawah suhu 40 derajat Celcius. Karena suhu yang tidak terlalu panas, botol susu dijamin tidak akan meleleh.

Setelah proses pengeringan selesai, alat ini bisa berganti mode sterilisasi secara otomatis dengan sinar UV. Alat ini sangat serbaguna karena juga bisa digunakan untuk mensterilkan handphone Anda.

Harga Rp. 3.500.000-5.000.000

Xiaolang Desktop Portable Disinfection Cabinet

Terakhir ada rekomendasi Xiaolang Desktop Portable Disinfection Cabinet, produk dari Xiaomi sebagai sterilizer UV untuk Anda. Alat yang modelnya mirip dengan kulkas ini memiliki kapasitas sebesar 18 liter sehingga muat untuk banyak botol susu sekaligus.

Tidak hanya besar, proses sterilisasi juga hanya memerlukan waktu 6 menit saja lho. Sterilizer yang satu ini sangat serbaguna karena bisa juga digunakan untuk sterilisasi alat makan, handphone, dan mainan si kecil. Ukuran alat juga tidak terlalu besar, sehingga tidak akan memakan tempat di rumah Anda.

Harga Rp. 1.200.000-2.000.000
From our editorial team

Jika Dipakai Bergantian, Pastikan Sterilizer UV Selalu Bersih

Sterilizer UV adalah alat serbaguna yang wajib dimiliki di masa pandemi seperti sekarang ini. Tapi jika Anda menggunakan alat tersebut untuk sterilisasi perlengkapan bayi dan barang-barang lainnya, maka pastikan alat tersebut dibersihkan setelah digunakan ya! Pilih sterilizer UV yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas!