Mengolah Ikan Lebih Mudah dan Praktis dengan 10 Rekomendasi Alat Pembersih Sisik Ikan Ini (2021)

Mengolah Ikan Lebih Mudah dan Praktis dengan 10 Rekomendasi Alat Pembersih Sisik Ikan Ini (2021)

Membersihkan sisik ikan bisa sangat merepotkan dan membuat banyak orang malas mengolah ikan. Namun masalah itu bisa teratasi jika Anda menggunakan alat pembersih sisik ikan khusus. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi pembersih sisik ikan yang bisa Anda gunakan!

Membersihkan Sisik Ikan Jadi Lebih Mudah dengan Alat Pembersih Sisik Ikan

Ikan adalah makanan yang sangat bergizi. Apalagi untuk negara Indonesia yang dikelilingi lautan, mendapatkan ikan dengan harga murah tentu bukanlah hal yang sulit.

Namun ada satu hal yang paling menantang sebelum Anda mengolah ikan menjadi masakan, yaitu membersihkan sisiknya. Sisik ikan yang keras dan kaku tentu akan terasa tidak nyaman ketika masuk ke mulut dan bisa menyebabkan luka di tenggorokan. Nah, mengolah sisik ikan sendiri dirasa banyak orang bukan hal yang mudah lho. Selain membutuhkan ketelitian, membersihkan sisik ikan juga bisa menyebabkan dapur jadi kotor.

Tapi tenang saja, membersihkan sisik ikan bisa lebih praktis dan mudah dengan alat pembersihnya. Alat pembersih sisik ikan dirancang sedemikian rupa, terbuat dari bahan tertentu untuk membantu Anda membersihkan sisik ikan dengan lebih mudah dan cepat.

Tips Membersih Sisik Ikan

Rendam Ikan Menggunakan Air Hangat

Selain sisik ikan, bau amis pada ikan juga sering menjadi faktor mengapa Anda malas mengolahnya. Oleh karena itu, sebelum ikan dibersihkan, rendam terlebih dahulu dengan air hangat yang sudah dicampur dengan jeruk nipis dan garam. Rendam selama kurang lebih 10 menit sebelum sisiknya dibersihkan.

Tidak hanya menghilangkan bau amis pada ikan, merendamnya dengan cara seperti ini juga dapat melunakkan sisik ikan dan membuatnya lebih mudah dibersihkan.

Gunakan Sarung Tangan

Anda juga bisa menggunakan sarung tangan untuk mencegah tangan terkena bau amis atau terluka karena sirip ikan yang tajam. Sebaiknya, pilih sarung tangan berbahan karet yang lebih tebal dan nyaman untuk digunakan. Yang tidak kalah penting, ukuran sarung tangan harus pas dan nyaman agar tidak mengganggu Anda saat membersihkan sisik ikan.

Pakai Talenan Kayu Sebagai Tatakan

Untuk membersihkan sisik ikan, Anda membutuhkan talenan yang kuat, kokoh, serta tidak mudah bergeser. Pakai talenan kayu yang cenderung memiliki tekstur kasar, sehingga ikan tidak mudah bergeser ketika diolah. Hal ini tentu membuat Anda lebih nyaman juga saat membersihkan sisik ikan, bukan?

Alasi dengan Plastik Besar

Saat membersihkan sisik ikan, tanpa sadar kotorannya akan memenuhi dapur Anda. Anda bisa mencegahnya dengan mengalasi area yang dipakai untuk membersihkan sisik ikan dengan plastik besar. Dengan demikian, Anda hanya tinggal membuang plastiknya saja setelah selesai membersihkan sisik.

Bilas Ikan dengan Air Mengalir

Setelah membersihkan sisik ikan, Anda tentu ingin memastikan kebersihannya secara menyeluruh. Bilas saja ikan dengan air mengalir untuk melihat apakah sisik di seluruh tubuh ikan sudah benar-benar bersih atau belum. Ketika membilasnya, jangan lupa untuk membuka bagian insang dan perut untuk memastikan tidak ada sisa darah dan kotoran yang masih tertinggal.

Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan

Menyehatkan Otak dan Jantung

Ikan adalah sumber asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terutama organ jantung dan otak yang akan mengambil manfaat terbesar dari kandungan tersebut. Jenis asam lemak omega 3 yang ada di dalam ikan adalah DHA dan EPA. Tubuh kita tidak dapat menghasilkan asam lemak omega 3 sendiri, sehingga kita membutuhkannya dari jenis ikan seperti sarden, salmon, tuna, tiram, dan mackerel.

Sumber Protein yang Baik

Protein hewani adalah salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Ikan merupakan sumber protein hewani yang sehat dan rendah lemak. Itulah mengapa Anda yang sedang diet disarankan banyak mengonsumsi ikan daripada daging merah, meski sama-sama mengandung protein. Selain itu ada juga kandungan kalsium, fosfor, serta mineral lain yang penting untuk tubuh.

Menutrisi Pertumbuhan Anak

Ikan juga menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang si kecil. Lagi-lagi kandungan asam lemak omega 3 berpengaruh pada kecerdasan otak anak. Konsumsi ikan sebaiknya dimulai sejak anak berada di dalam kandungan. Ibu hamil disarankan mengonsumsi banyak ikan untuk memberikan nutrisi yang baik pada janin mereka.

Rekomendasi Pembersih Sisik Ikan yang akan Memudahkan Anda

JAWS Fish Scaler Alat Pembersih Sisik Ikan

Rekomendasi produk pertama adalah JAWS Fish Scaler Alat Pembersih Sisik Ikan. Alat ini membersihkan sisik ikan secara menyeluruh dan bersifat antikarat karena terbuat dari bahan stainless steel. Sangat higienis, super kuat, dan tahan lama.

Di bagian tengah alat terdapat lekukan yang bisa Anda gunakan untuk menekankan jempol sehingga menghasilkan dorongan yang lebih kuat lagi. Dimensi alat ini adalah 3,5 x 24 cm, cocok untuk membersihkan segala jenis ikan.

Harga Rp. 20.000-80.000

Catalina Pisau Pembersih Sisik Ikan Serbaguna

Catalina Pisau Pembersih Sisik Ikan Serbaguna hadir dengan dua pilihan warna yang cantik. Ada warna pink dan biru muda yang pasti akan menambah lucu interior dapur Anda. Tidak hanya membersihkan ikan, alat ini juga dilengkapi dengan ruang di atasnya untuk menampung sisik yang dibersihkan.

Dengan menggunakan alat ini, kebersihan dapur tetap terjaga dan Anda semakin nyaman memasak. Alat terbuat dari perpaduan bahan plastik dan stainless steel. Ukurannya adalah 20x5x3 cm, pas untuk genggaman Anda.

Harga Rp. 25.000-30.000

Regashi Pembersih Sisik Ikan

Regashi Pembersih Sisik Ikan menjadi produk berikutnya yang akan direkomendasikan kepada Anda. Ini adalah alat berkualitas yang terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan antikarat.

Alat ini juga menawarkan sederet fitur bermanfaat yang membuat Anda layak memilikinya. Antara lain double bite dengan dua susun gigi zigzag untuk pembersihan yang lebih menyeluruh. Stainless steel yang digunakan adalah jenis food grade yang aman untuk makanan dan dipastikan keawetannya. Lekukan di tengah memungkinkan Anda memberikan tekanan ekstra, sangat mudah digunakan.

Harga Rp. 10.000-40.000

GSF Pengikis Sisik Ikan

Memilih pembersih sisik ikan tidak boleh sembarangan, lho. Anda harus memastikan bahannya berkualitas, juga kuat untuk digunakan. Seperti GSF Pengikis Sisik Ikan ini.

Alat ini terbuat dari bahan plastik dengan mata pisau stainless steel yang kuat, antikarat, dan tahan lama. Produk ini beratnya hanya 60 gram saja, tapi nyaman dan ringan digenggam. Tidak hanya itu, dilengkapi pula dengan wadah khusus sisik ikan sehingga dapur Anda tidak akan terlalu kotor.

Harga Rp. 15.000-30.000

Cypruz Pembersih Sisik Ikan AM-0479

Ketajaman dan kekuatan mata pisau adalah aspek yang sangat penting ketika Anda mencari pembersih sisik ikan. Dengan alat yang berkualitas baik, maka pembersihan bisa lebih maksimal dan tidak ada sisik ikan yang tertinggal.

Cypruz Pembersih Sisik Ikan AM-0479 bisa jadi alat yang layak untuk dipertimbangkan. Alat dengan gagang hitam ini memiliki pegangan yang kuat dan antislip, memungkinkan Anda untuk melakukan pemersihan yang maksimal.

Harga Rp. 15.000-25.000

Inone Alat Pembersih Sisik Ikan

Selanjutnya ada rekomendasi produk Inone Alat Pembersih Sisik Ikan. Alat ini terbuat dari perpaduan plastik PP dan Stainless Steel 403 yang kuat dan tahan lama. Dimensi produk ini adalah 9,6 x 27,2 x 1,8 inci.

Alat ini bersifat antibakteri dan tidak berbau, jadi meskipun berkali-kali digunakan tetap terjamin kebersihannya. Pisaunya tidak hanya tajam dan awet, tetapi juga tahan panas. Pegangannya berbahan karet sehingga tidak licin dan sangat nyaman digunakan.

Harga Rp. 20.000-40.000

HDP27 Alat Pembersih dan Pengupas Sisik Ikan

Mencari pembersih sisik ikan dengan harga terjangkau namun berkualitas terjamin? Ada HDP27 Alat Pembersih dan Pengupas Sisik Ikan. Alat ini didesain sangat praktis, membuat Anda lebih nyaman dan mudah saat menggunakannya.

Membersihkan ikan jadi lebih efektif dan efisien. Ukurannya kecil, tidak memakan tempat, dan mudah disimpan. Alat ini terbuat dari bahan plastik pada pegangannya dengan mata pisau stainless yang tajam, serta antikarat.

Harga Rp. 5.000-10.000

Daiso - Alat Pembersih Sisik Ikan

Berbeda dengan produk pembersih sisik ikan kebanyakan, Alat Pembersih Sisik Ikan dari Daiso ini memiliki kualitas asli Jepang yang tidak perlu diragukan lagi. Panjang alat ini adalah 19,5 cm, ideal untuk digunakan.

Keseluruhan alat terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh. Kuat dan aman serta sangat higienis untuk digunakan membersikan ikan. Pekerjaan Anda jadi lebih mudah dan ringan dengan alat yang satu ini.

Harga Rp. 35.000-50.000

Japan Fish Scaler Scaller Wooden

Satu lagi rekomendasi alat pembersih sisik ikan berkualitas Jepang yang unik dan serbaguna. Japan Fish Scaler Scaller Wooden namanya. Jika pembersih sisik ikan pada umumnya terbuat dari bahan stainless steel, maka alat ini justru terbuat dari kuningan.

Namun, bukan berarti kerjanya tidak bisa maksimal seperti alat dari stainless steel lho. Justru karena terbuat dari kayu, alat ini mudah digenggam dan tidak licin. Alat ini telah banyak digunakan di berbagai resto ternama di Jepang.

Harga Rp. 150.000-250.000

Penyisik Ikan Fish Scaler Ginrin Made in Japan

Terakhir ada Penyisik Ikan Fish Scaler Ginrin Made in Japan yang direkomendasikan untuk Anda. Harganya memang sangat mahal, namun setara dengan kualitas yang akan didapatkan.

Alat ini didesain khusus oleh seorang chef Jepang dengan bentuk mirip cangkir namu tepiannya bergerigi runcing. Alat yang terbuat dari bahan stainless steel ini diklaim mampu membersihkan sisik ikan lebih efektif dibandingkan alat lainnya. Tidak hanya itu, kotorannya juga tidak akan menyebar dan membuat dapur Anda kotor.

Harga Rp. 500.000-600.000
From our editorial team

Pilih Ikan Segar yang Kandungan Gizinya Masih Utuh

Selain membersihkan sisik ikan dengan alat khusus seperti yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas, ada yang lebih penting lho. Yaitu memilih ikan yang segar untuk dikonsumsi. Ikan segar memilih kandungan dan nutrisi utuh yang baik untuk tubuh Anda. Pastikan saat membeli ikan, Anda memilih ikan yang segar dan layak dikonsumsi.