Tak Harus Mahal, Ini Dia 10 Rekomendasi Pisau Dapur Ramah Kantong untuk Anda! (2020)

Tak Harus Mahal, Ini Dia 10 Rekomendasi Pisau Dapur Ramah Kantong untuk Anda! (2020)

Pisau dapur tak selalu harus mahal. Ada banyak pisau murah dan berkualitas untuk mengisi dapur cantik Anda. Simak rekomendasi dari kami segera ya!

Pahami Setiap Fungsi Pisau Dapur Supaya Tak Salah Pakai

Pisau menjadi alat paling penting di dapur. Bagi yang suka masak tentu tahu bahwa pisau dapur bukan hanya ada satu jenis. Ada banyak jenis pisau dibedakan dari bentuk dan juga fungsinya. Adanya banyak jenis pisau ini ditujukan supaya pengguna pisau bisa lebih mudah saat akan mengolah bahan makanan.

Anda wajib memahami setiap fungsi pisau dapur agar tak salah pakai ya. Misalnya saja chef knife yang bentuknya pas di tangan. Pisau ini cocok untuk mengiris, memotong, mengupas, dan mememarkan bawang. Karena bisa digunakan untuk berbagai kegiatan memasak, maka tak heran jika pisau yang satu ini menjadi pisau wajib yang ada di dapur.

Jangan lewatkan juga untuk memiliki slicing knife. Bentuknya boleh jadi mirip chef’s knife, namun pisau ini ditujukan hanya untuk mengiris daging. Pisau ini bisa mengiris dengan irisan super tipis sekalipun loh. Anda bisa memakainya juga untuk mengiris tomat, bawang hingga mengiris kulit buah.

Ada juga jenis pisau fillet alias boning knife. Bentuk pisau yang satu ini melengkung dan mengecil di bagian ujung. Sesuai namanya, pisau ini untuk membuat daging fillet alas daging tanpa tulang. Produk ini juga paling pas untuk membuang urat atau lemak dari daging.

Berikutnya ada paring knife yang juga wajib Anda miliki di dapur. Pisau ini khusus untuk mengukir. Bentuknya kecil sehingga membuat tangan kita lebih nyaman bergerak untuk mengukir buah dan sayuran.

Ada juga serrated knife sebagai salah satu jenis pisau. Dikenal dengan nama lain yakni bread knife, pisau ni cocok untuk memotong kue. Ukurannya memang lebih panjang dari pisau pada umumnya. Selain itu ada juga gerigi kecil pada bagian bawah mata pisaunya. Hal ini untuk memudahkan Anda mengiris roti supaya lebih rapi.

Lalu ada juga nih pisau cleaver dengan ukuran yang besar. Pisau ini paling pas untuk mencincang daging dan sayur. Anda bisa juga memakainya untuk memotong tulag daging. Bentuk pisau ini persegi dan beratnya juga lumayan.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Pisau Dapur

Beli Satuan atau Set?

Saat akan membeli pisau, Anda wajib mempertimbangkan apakah Anda akan membeli set atau satuan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk pisau set misalnya, pisau jenis ini sudah hadir lengkap dalam satu set sehingga Anda bisa memiliki beragam pisau untuk memasak.

Membeli satu set pisau kadang bisa lebih murah juga. Namun pertimbangkan juga, apakah kiranya Anda akan memakai semua jenis pisaunya. Jika tidak, maka sebaiknya membeli pisau satuan agar tidak mubazir.

Sementara itu membeli pisau satuan juga memiliki keunggulan. Saat budget Anda lebih, ada baiknya memilih pisau satuan. Meski haraganya ahal, namun pisau bisa jadi sebuah investasi bagi dapur. Saat membeli pisau satuan, Anda juga bisa lebih fokus memilih fungsi pisau yang Anda butuhkan.

Pertimbangkan Bobot Pisau

Ketika membeli pisau, bobot pisau adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pisau tak boleh terlalu berat dan tak bisa juga terlalu ringan. Sebab berat pisau akan mengurangi keseimbangan saat dipakai.

Setiap orang memiliki pisau yang nyaman menurut pendapatnya sendiri, dan hal ini didasarkan pada berat pisaunya. Sesuaikan beratnya dengan ukuran tangan dan jari-jari Anda. Saat beratnya pas, maka Anda bisa lebih nyaman memegang dan menggunakan pisaunya.

Bobot pisau juga bisa dilihat dari gagangnya. Saat gagang pisaunya melengkung dan melekuk maka bisa lebih nyaman di dalam genggaman tangan.

Cek Tingkat Kelurusan Pisau

Jangan lupa untuk mengecek tingkat kelurusan pisau. Hal ini supaya pisau bisa menghasilkan potongan lurus sesuai dengan arah tekan yang kita inginkan. Cara mengetahui tingkat kelurusan pisau adalah dengan memegang pisau secara seksama.

Pegang dengan posisi ujungnya berada lurus di depan dan bidiknya tepat di belakang gagang. Jika pisau sudah tidak lurus dengan gagang maka bisa dipastikan bahwa pisaunya kurang lurus dan kurang nyaman digunakan.

Pilih Pisau Berdasarkan Penggunaannya

Berikutnya, pilihlah pisau berdasarkan penggunaannya. Setidaknya Anda harus memilii dua buah pisau di rumah. Satu digunakan sebagai pisau utama dan satunya sebagai pisau kedua.

Sebagai pisau utama, sebaiknya Anda memilih pisau yang sering digunakan. Untuk ini kami menyarankan memakai pisau jenis santoku alias pisau daging. Selain bisa digunakan untuk daging, pisaunya juga bisa untuk memotong sayur, buah dan lain sebagainya.

Sementara untuk pisau kedua, sebaiknya Anda memakai pisau petty. Memang sih, pisau ni tak bisa mengolah makanan dalam jumlah banyak, namun pisau petty cocok untuk mengiris buah dan sayuran. Pisau ini juga pas untuk digunakan sebagai peralatan rumah tangga yang berisi hanya 2 hingga 4 orang saja.

Rawat Pisau Dapur dengan Baik Supaya Awet

Pisau dapur jangan hanya digunakan saja setiap hari. Anda juga harus bisa merawatnya dengan benar. Jika perawatannya benar, pisau yang murah sekalipun bisa bertahan lebih lama dan Anda tak perlu membeli pisau yang baru lagi.

Salah satu cara perawatan pisau adalah dengan mencucinya usai memakainya untuk memasak. Selain itu segera keringkan pisau usai dicuci. Lap hingga kering dan jangan biarkan basah karena bisa membuat pisau rentan berkarat.

Selain itu jangan lupa juga untuk mengasah pisau secara rutin. Supaya ketajaman pisau tetap bagus, Anda bisa mengasahnya 1 hingga 2 minggu sekali.

Hal lain yang bisa Anda lakukan supaya pisau tetap bagus dan awet adalah hindari menyimpannya dalam laci dapur dan tercampur barang lainnya. Ini hanya akan menggores baranglainnya. Sebaiknya letakkan pisau pada wadah khusus supaya bisa lebih mudah ditemukan.

Ini Dia Rekomendasi Pisau Dapur Ramah Kantong untuk Anda

Pisau Dapur Lipat Unik Portable Knife Bahan Keramik

Pisau Dapur Lipat Unik Portable Knife Bahan Keramik merupakan produk yang bisa jadi andalan untuk pisau dapur ramah kantong. Pisau yang satu ini desainnya unik dan terbuat dari bahan keramik.

Bahan yang satu ini tidak akan menimbulkan bekas getah ataupun kotoran pada mata pisau. Produk ini tak gampang berkarat dan awet digunakan dalam waktu lama.

Anda bisa memakainya untuk mengupas dan memotong buah dan sayuran. Desainnya ergonomis dan sanga nyaman digunakan.

Harga Rp. 15.000-32.900

Pisau Dapur Santoku Jepang Sekizo (Tipe Hole)

Pisau Dapur Santoku Jepang Sekizo ini juga wajib jadi pilihan untuk pisau dengan harga ramah kantong. Produk yang satu ini merupakan jenis chef’s knife.

Anda bisa memakainya untuk mencincang dan mengiris buah, bawang dan sayuran. Produk ini sedikit unik dengan lubang di mata pisaunya. Ini bisa digunakan untuk menjaga kepadatan dari bahan makanan yang dipotong sehingga makanan tetap bagus dan tidak rusak.

Pisau ini terbuat dari stainless steel yang berkualitas. Pisaunya ringan dan nyaman dibuat memotong. Dengan gagang halus dan kuat, gagangnya berwarna hitam. Pisau Jepang ini wajib ada di dapur Anda.

Harga Rp. 68.000-104.000

Pisau Dapur Stainless Stell Morico

Pisau Dapur Stainless Stell Morico 12 cm ini tentu bisa jadi pilihan Anda. Salah satu pisau ramah kantong ini mudah untuk dibersihkan.

Terbuat dari bahan carbon stainless steel, produk ini dibuat oleh pengrajin terampil. Pisaunya memiliki ujung dan tepian tajam dan bisa diasah berulang kali. Gagangnya sangat ekonomis dan nyaman digenggam.

Pisau ini anti bakteri sebab tak ada jarak antara pisau dan gagang. Ini membuat tidak ada sisa makanan atau bakteri yang tertinggal setelah dibersihkan. Produk ini bisa digunakan untuk memotong semua jenis makanan.

Harga Rp. 12.000-19.000

Solingen Pisau Utility Knife Stainless Steel - Silver

Solingen Pisau Utility Knife Stainless Steel ini merupakan produk yang bisa digunakan selanjutnya. Produk yang satu ini memiliki panjang keseluruhan 23 cm dan panjang mata pisau 12 cm.

Pisau ini tajam dan tak mudah berkarat. Terbuat dari stainless steel, pisau ini nyaman untuk memotong aneka bahan makanan. Desainnya minimalis dan juga ergonomis. Pisau ini mudah dicuci dan juga mudah dibersihkan.

Harga Rp. 20.000-35.000

Pisau Dapur Unibody Full Stainless Steel UNI1003 Ideal

Pisau Dapur Unibody Full Stainless Steel UNI1003 Ideal ini adalah pisau ramah kantong selanjutnya. Produk ini hadir dengan desain unibody sehingga tak ada sambungan antara mata pisau dan gagang. Ini membuat pisaunya tak memiliki tempat untuk menumpuk kotoran.

Gagangnya nyaman digenggam karena desain pisau ini ergonomis. Produk ini terbuat dari bahan stainless steel. Pisau dengan panjang 23 cm ini cocok untuk mengiris aneka bahan makanan.

Harga Rp. 36.000-78.000

Pisau Dapur Sushi Ying Guns 13 Inch

Berikutnya ada Pisau Dapur Sushi Ying Guns 13 Inch. Pisau yang satu ini juga tergolong pisau ramah kantong. Produk ini terbuat dari bahan stainless steel sehingga pisaunya anti karat.

Desain gagang pisau ini bervariasi namun tetap nyaman digenggam. Gagangnya terbuat dari bahan kayu sehingga tak licin saat digunakan untuk mengiris. Pisau ini memiliki panjang keseluruhan 33 cm dengan panjang gagang pisau 13 cm.

Harga Rp. 36.000-51.000

Oxone OX-961 Knife Set

Oxone OX-961 Knife Set ini sangat bisa jadi pilihan Anda. Produk ini dijual satu set dan harganya jadi lebih terjangkau. Pisau ramah kantong ini ini terdiri dari 5 pisau dan 1 gunting.

Dalam paket ini, Anda akan mendapati chef’s knife, bread knife, meat knife dan utility knife. Selain itu ada juga paring knife, gunting dan talenan pada paket pembeliannya.

Desainnya minimalis dan ergonomis. Produk ini cocok untuk memotong aneka bahan makanan dan nyaman digunakan. Kualitas pisaunya tak perlu dipertanyakan lagi. Hadir dengan warna cerah, produk ini bisa menyemarakkan suasana dapur.

Harga Rp. 90.000-110.000

Tramontina Fruit Knife 4 Inch

Tramontina Fruit Knife 4 inch ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini tergolong dalam pisau ramah kantong juga. Jenis pisaunya adalah chef’s knife.

Pisau ini nyaman digunakan untuk memotong aneka bahan makanan. Terbuat dari bahan stainless steel, pisau ini tak mudah berkarat. Pisau juga sudah berlisensi NSF sehingga aman digunakan.

Produk ini sangat tajam dan tak perlu sering diasah. Gagang pisaunya berbahan fiber yang anti bakteri.

Harga Rp. 62.000-80.000

Set Pisau Dapur Lengkap Plus Talenan Pisau dan Gunting

Set Pisau Dapur Lengkap Plus Talenan Pisau dan Gunting ini juga bisa jadi pilihan. Dalam paket ini berisi sebuah pisau daging, pisau untuk sayur, pisau roti, serta gunting dan talenan.

Warna set pisau ini sangat menarik dan bisa bikin memasak jadi lebih bersemangat. Bahan pisaunya dari stainless steel dan juga bahan plastik. Produk ini talenannya terbuat dari bahan plastik ABS yang berkualitas dan tidak licin.

Harga Rp. 165.000-35.000

Pisau Keramik Anti Bakteri - Kitchen Set Pisau Dapur Keramik Set 6 Pcs

Pisau Keramik Anti Bakteri Kitchen Set Pisau Dapur Keramik Set 6 Pcs ini juga tak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Pisau murah ini dijual satu set.

Ada banyak pilihan warna yang bisa dipilih. Terbuat dari bahan stainless steel untuk mata pisaunya, produk ini tak mudah berkarat. Alat pengupasnya terbuat dari bahan keramik berkualitas yang awet.

Dalam paket ini ada chef’s knife, carving knife, bread knife, utility knife dan juga paring knife. Selain itu ada juga sebuah peeler serbaguna.

Harga Rp. 79.000-112.000
From our editorial team

Pisau Dapur Harus Nyaman Digunakan

Memasak adalah aktivitas yang menyenangkan karena ini merupakan kegiatan dimana Anda mengolah aneka bahan makanan untuk mengisi perut sekeluarga. Dalam memasak kita butuh peralatan yang bagus dan nyaman digunakan. Salah satunya adalah pisau. Kenyamanan memakai pisau harus diutamakan. Saat kita kurang nyaman dengan pisaunya maka kita jadi mudah lelah dan tak bisa cekatan dalam memasak. Cek cara memilih pisau dapur yang tepat dan juga rekomendasinya di atas ya!