9 Rekomendasi Kocokan Telur Ergonomis dan Serbaguna yang Wajib Ada di Dapurmu (2020)

9 Rekomendasi Kocokan Telur Ergonomis dan Serbaguna yang Wajib Ada di Dapurmu (2020)

Melengkapi peralatan dapur adalah hal yang sangat menyenangkan. Salah satu yang wajib ada adalah kocokan telur ergonomis. Meski namanya kocokan telur, benda ini bisa digunakan untuk yang lain juga, seperti membuat adonan pancake lho! Penasaran kocokan telur seperti apa yang kamu wajib punya? Simak rekomendasi dari BP-Guide melalui artikel berikut ini.

Kocokan Telur Wajib Ada di Dapur

Kaum wanita sangat suka melengkapi peralatan dapur mereka, terutama bagi yang hobi memasak. Jika dulu memasak menjadi kegiatan yang melelahkan, munculnya berbagai macam peralatan canggih semakin memudahkan proses tersebut dan membuat aktivitas memasak menjadi sangat menyenangkan.

Peralatan dapur yang sedang hits dan banyak digemari saat ini adalah yang terbuat dari bahan silikon. Dibanding bahan lain, silikon memiliki banyak keunggulan. Antara lain tidak menyerap panas, ringan, mudah dibersihkan, dan mudah dipegang. Belum lagi warna-warna lucu yang dijamin akan membuatmu jatuh cinta.

Salah satu peralatan dapur berbahan silikon yang wajib kamu miliki adalah pengocok telur. Pengocok telur memang bukan alat baru. Namun menggunakan pengocok berbahan logam akan menimbulkan goresan-goresan di sepanjang sisi wadah. Dengan menggunakan pengocok silikon, telurmu akan tercampur sempurna tanpa khawatir wadah rusak karena goresan logam.

Kocokan Telur Bisa Digunakan Untuk Membuat Berbagai Jenis Makanan

Pancake

Dalam membuat pancake, kamu harus mengocok seluruh adonannya hingga rata untuk menciptakan pancake yang lezat dan teksturnya lembut. Pengocok yang pas untuk membuat pancake adalah jenis French Whisk. Bedanya dengan balloon whisk yang lebih umum digunakan adalah besi French Whisk yang lebih tebal namun lebih ramping.

Ujungnya pun lebih sempit sehingga bisa masuk hingga ke sudut panci dan wajan. Kawatnya yang tipis bisa digunakan untuk mengocok adonan sekaligus mengikis sisa tepung untuk menghasilkan adonan yang lebih halus dan konsisten.

Adonan pancake sendiri termasuk adonan tepung sederhana sehingga kamu bisa mudah membuatnya dengan kocokan manual. Selain French Whisk, kamu juga bisa menggunakan kocokan jenis dough whisk untuk membuat pancake. Pastikan kamu mengaduk adonannya dengan cepat agar bahan-bahannya bisa tercampur secara merata.

Omelet

Omelet adalah menu sarapan favorit banyak orang. Selain praktis dan mudah dibuat, omelet juga mengandung nutrisi untuk membantu kamu menghadapi aktivitas padat sepanjang hari.

Omelet biasanya dimasak dengan tambahan bahas seperti keju, daging, dan sayuran. Kunci dari kesuksesan membuat omelet adalah adonan yang bisa tercampur merata sempurna. Kamu akan membutuhkan alat kocokan yang pas agar omeletmu memiliki tampilan yang cantik.

Untuk menghasilkan warna omelet yang cantik dan dapat teraduk secara merata, kamu bisa menggunakan balloon whisk selama 2 menit. Gerakkan kocokan ke depan dan belakang serta atas bawah untuk memastikan semua bahan dan telur teraduk dengan sempurna.

Whipped Cream

Whipped cream adalah krim berwarna putih yang kaku dengan rasa manis. Whipped cream biasanya digunakan sebagai penghias untuk cake, minuman, dan makanan penutup lainnya.

Bentuk awal whipped cream adalah bubuk yang kemudian ditambah telur dan susu untuk memperkaya rasanya. Whipped cream bisa dibuat dengan mixer listrik maupun dengan kocokan manual. Hasilnya sama bagusnya kok.

Untuk membuat whipped cream dengan cepat, kamu bisa menggunakan balloon whisk. Kawat-kawat pengaduk yang kecil dan melengkung mirip balon akan mempercepat proses pembuatan whipped cream dan menghasilkan adukan yang merata.

Kamu cukup mengocok adonan whipped cream selama 3 menit hingga mencapai tahap soft peak dan mulai terlihat gelembung besar di bagian atasnya. Inilah tanda bahwa whipped cream sudah siap digunakan.

Mayones

Bicara soal mayones, kamu pasti langsung teringat dengan berbagai macam jajanan hits seperti corn dog, salah buah, hingga risoles yang menggunakan isian ini. Mayones memiliki tekstur kental dengan warna putih yang segar.

Meski mayones sudah dijual bebas dan mudah ditemukan di supermarket, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Telur adalah bahan dasar dari mayones yang harus dikocok dalam waktu cukup lama untuk memastikan adonannya mengembang sempurna.

Agar mayones yang kamu buat memiliki tekstur yang baik dan rasa yang merata, sebaiknya kamu menggunakan stand mixer yang kecepatan dan gerakan lebih stabil. Untuk jenis adukannya, kamu bisa menggunakan balloon whisk dari mixer.

Cara Menggunakan Kocokan Telur yang Benar

Persiapan Mengocok Telur

Mengocok putih telur mungkin sekilas terlihat gampang dan sepele. Namun jika tidak melakukan teknik yang benar, kamu mungkin tidak akan bisa menghasilkan putih telur yang kaku dan mengembang.

BP-Guide punya beberapa tips jitu mengocok putih telur agar cepat kaku dan mengembang. Pertama adalah dengan menggunakan wadah besar yang bersih dan kering. Jangan menggunakan wadah bekas minyak atau yang memiliki residu lain. Selain itu, wadah berbaha logam akan membantu putih telur lebih cepat mengembang.

Penggunaan whisk atau pengocok manual untuk putih telur bisa menjadi alternatif jika mixer di rumah sedang rusak. Kamu tidak perlu khawatir kecapekan atau memakan waktu lama karena dengan menerapkan cara yang benar, mengocok putih telur secara manual akan sama mudahnya dengan menggunakan mixer.

Pisahkan Bagian Putih dan Kuning Telur

Hal lain yang harus kamu perhatikan saat mengocok putih telur adalah memisahkannya dengan bagian kuningnya terlebih dahulu. Pastikan tidak ada sedikitpun bagian kuning yang masih tersisa karena bisa menggagalkan pengocokan putih telur.

Putih telur sebaiknya juga masih kental dan tidak cair. Kekentalan putih telur ini menunjukkan bahwa telur yang kamu gunakan masih segar dan bisa menghasilkan kue yang cantik nantinya.

Untuk itu, gunakan langsung putih telur di hari yang sama kamu membeli telurnya. Jika sudah diinapkan selama beberapa hari, maka akan mempengaruhi kesegaran putih telur dan membuatnya sulit mengembang.

Perhatikan Tanda Adonan Telur Sudah Mengembang Sempurna

Bagaimana cara mengetahui apakah kocokan putih telurmu sudah berada dalam tahap sempurna atau belum? Jika selama ini kamu menganggap kocokan yang kaku adalah hasil kocokan terbaik, maka kamu harus mengubah pandangan itu mulai sekarang. Tahap pengocokan yang sempurna adalah saat putih telur mencapai soft peak.

Pada tahap ini, putih telur akan membentuk gundukan-gundukan mirip gunung kecil yang kaku. Saat wadah dibalik ke bawah, putih telur tidak akan tumpah atau berubah bentuk. Pada saat inilah kocokan putih telur berada pada tahap sempurna.

Rekomendasi Kocokan Telur Ergonomis Agar Kamu Makin Suka Masak

CaTalina Kocokan Telur

Rekomendasi kocokan telur pertama adalah produk yang bernama CaTalina Kocokan Telur. Whisk dengan 8 garis kocokan ini bisa membantu kamu menghasilkan adonan yang kaku dan kencang.

Tidak hanya untuk mengocok telur saja, kamu juga menggunakan whisk ini untuk menambahkan sirup ke dalam campuran menu kopi dan cold beverage lainnya.

Kocokan telur ini hadir dalam 3 ukuran berbeda yaitu 12", 14", dan 16". Pilihan warna biru dan pink akan membuat interior dapurmu semakin cantik dan menarik.

Terbuat dari bahan plastik dan stainless steel yang dijamin awet dan tahan lama. Genggamannya juga terasa sangat nyaman di tangan.

Harga Rp. 33.390-43.500

Better Beater Semi Otomatis Pengocok Telor Telur Dalgona Minuman Mixer Murah Bandunga

Belakangan ini, kopi Dalgona sangat populer di seluruh dunia. Kunci dari membuat topping Dalgona adalah pengocokan yang sempurna hingga adonan kaku.

Better Beater Semi Otomatis Pengocok Telor Telur Dalgona Minuman Mixer dapat bekerja seperti mixer elektrik untuk menghasilkan kocokan yang kaku sempurna.

Bisa kamu gunakan saat memasak omelet, milkshake, hingga pancake. Satu paketnya kamu akan mendapatkan 2 buah mixer dengan tinggi 30 cm. Lengkapi alat dapurmu dengan pengocok serbaguna ini agar memasak semakin mudah dan menyenangkan.

Harga Rp. 37.000-288.222

Kocokan Telur Kue Manual Spiral Per Tornado

Kocokan Telur Kue Manual Spiral Per Tornado memiliki panjang 28 cm dengan diameter 8 cm. Gagangnya terbuat dari bahan kayu sementara bagian kocokan terbuat ari bahan stainless steel yang awet dan tahan lama. Kocokan manual ini terasa ringan dan mudah digunakan.

Bagian pengocoknya juga tidak lengket dan mudah dibersihkan. Alat ini juga bisa bertahan lama dan sangat awet lho. Jangan lupa ya, agar hasil kocokanmu bisa sempurna, gunakan wadah yang besar supaya pengocokmu bisa digerakkan ke segala arah dengan bebas. Pegang kocokan dengan erat supaya bisa menghasilkan kecepatan yang konsisten dan lebih efisien waktu.

Harga Rp. 7.000-16.000

Kocokan Telur Warna

Memilih kocokan telur untuk dapur jangan sembarangan. Kamu juga harus mempertimbangkan warnanya supaya tampilan dapurmu makin cantik.

Seperti Kocokan Telur Gagang Warna yang satu ini. Gagang kocokan hadir dalam berbagai pilihan warna pastel yang cantik untuk melengkapi dekorasi dapurmu.

Tersedia dalam 3 pilihan ukuran 24 cm (kecil), 28 cm (sedang), dan 31 cm (besar) yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Pengocok ini adalah tipe balloon whisk yang mengembang di bagian bawahnya untuk membantu menghasilkan kocokan yang kaku.

Kocokan ini serbaguna untuk berbagai macam kegiatan dapur. Misalnya untuk mengocok telur saat akan membuat omelet, membuat whipped cream, mengocok adonan pancake, hingga membuat kopi dalgona yang sedang viral saat ini.

Harga Rp. 10.800-56.170

Kocokan Telur Stainless Steel Warna / Kocokan Adonan Manual

Kocokan Telur Stainless Steel Warna / Kocokan Adonan Manual adalah alat pengocok dengan diameter 10". Desain gagangnya dibuat aman dan nyaman saat kamu menggunakannya. Tanpa perlu listrik dan baterai, kamu bisa menghasilkan adonan yang sempurna.

Kocokan ini bisa digunakan untuk mengocok telur, adonan tepung sederhana, milkshake, froth, whip cream, dan masih banyak lagi. Pekerjaan di dapur pun akan semakin efektif dan menghemat waktu. Kocokan bisa berputar otomatis hanya dengan menekan handle-nya.

Harga Rp. 18.000-27.555

Kocokan Telur Silicon 30 cm

Kocokan Telur Silicon 30 cm punya diameter yang cukup besar dengan desain ergonomis. Kocokan ini tidak akan menggores dan meninggalkan bekas pada wadah yang kamu gunakan. Desain genggamannya sangat nyaman dan efisien untuk mengocok telur.

Produk ini juga sudah terbukti tahan bengkok, tahan retak, dan bisa bertahan lama. Pilihan warnanya pun sangat menarik, ada merah, hijau, dan oranye untuk mempercantik dekorasi dapurmu. Kamu pun akan semakin bersemangat memasak deh!

Harga Rp. 22.000-56.000

Greenleaf Charm Kocokan Telur

Selanjutnya ada rekomendasi produk dari Greenleaf Charm Kocokan Telur. Kocokan ini terbuat dari bahan plastik berkualitas yang kuat dan tahan lama.

Bahan plastik yang digunakan juga BPA Free, aman digunakan untuk makanan. Kamu harus punya kocokan ini untuk melengkapi peralatan dapurmu.

Kocokan ini memiliki panjang 30 cm. Fungsinya tentu untuk mengocok telur, adonan tepung, milkshake, dan masih banyak lagi. Pilihan warnanya juga cantik yaitu pink, merah, dan hijau yang bisa disesuaikan dengan dekorasi dapurmu.

Harga Rp. 8.800-12.600

Hovelshop Kocokan Telur Better Beater

Kocokan telur yang layak kamu pilih adalah produk dari Hovelshop. Terbuat dari stainless steel dengan ukuran 25 cm, bahannya kokoh dan tebal sehingga membuat adonan lebih cepat mengembang. Kocokan telur ini seperti mixer elektrik yang kekuatannya 10x lebih efisien dari kocokan telur biasa.

Harga Rp. 43.000-87.000

AK-0277 Cypruz Kocokan Telur Warna

Terakhir ada rekomendasi produk bernama AK-0277 Cypruz Kocokan Telur Warna. Gagang kocokan terbuat dari bahan kayu yang desainnya cantik dan tidak licin ketika dipegang.

Panjang gagang adalah 10 cm dengan panjang kocokan 15 cm. Kocokan telur serbaguna ini akan sangat membantu berbagai macam kegiatanmu di dapur.

Kamu bisa memakainya untuk mengocok adonan tepung pancake, omelet, whipped cream, hingga kopi dalgona lho. Konsistensi kocokannya sama dengan mixer listrik sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan hasil akhirnya.

Harga Rp. 24.500-53.000
From our editorial team

Bersihkan Kocokan Dengan Benar Agar Lebih Awet

Kocokan telur perlu dibersihkan dengan benar hingga ke sela-selanya supaya bisa digunakan dalam waktu lama. Bersihkan dengan sikat gigi kecil atau penyikat khusus untuk menjangkau bagian yang tidak bisa diraih oleh busa pencuci piring. Kamu bisa memilih berbagai macam produk pengocok telur berkualitas dari rekomendasi BP-Guide di atas.