Siap Masak Lezat? Yuk Kenalan dengan 30 Wajan Terbaik Versi Para Chef Berikut Ini (2023)

Siap Masak Lezat? Yuk Kenalan dengan 30 Wajan Terbaik Versi Para Chef Berikut Ini (2023)

Wajan adalah perkakas dapur yang wajib ada. Tidak mungkin kamu bisa menghasilkan makanan sempurna tanpa menggunakan wajan. Melalui artikel ini, BP-Guide akan mengajakmu berkenalan dengan berbagai jenis wajan dan fungsinya. Simak Yuk!

Wajan Merupakan Salah Satu Peralatan Masak yang Sangat Penting Bagi Para Ibu-Ibu

Wajan bisa dikatakan sebagai salah satu sahabat baik ibu di dapur. Penggorengan yang satu ini bertugas untuk mewadahi makanan yang dimasak dan akan disajikan untuk seluruh anggota keluarga. Tapi, tahukan ibu sedikit sejarah menarik tentang wajan?

Wajan ternyata berasal dari bahasa Jawa yang artinya “besi” atau “baja”. Penggunaan ini sangat umum di pulau Jawa, sementara sebutan lainnya adalah “kuali”. Keberadaan wajan sendiri sudah ada sejak zaman Dinasti Han di Tionghoa. Wajan memiliki peran penting dalam memasak masakan khas negara itu dan memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari yang cekung di bagian tengah hingga yang datar.

Wajan sendiri hadir dalam berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya kuantitas masakan yang dibuat.

Jenis Wajan Berdasarkan Bahan Pembuat

Anti Lengket / Non Stick Coating

Sumber gambar www.thoughtco.com

Jenis wajan yang satu ini sangat disukai para ibu. Wajan yang anti lengket membuat proses masak memasak menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Moneta adalah brand asal Italia yang terkenal menghasillan wajan keramik anti lengket sejak tahun 1975.

Salah satu kelebihan wajan anti lengket adalah penggunaan minyak yang bisa lebih sedikit dari wajan biasa. Bahkan untuk masakan tertentu, bisa memasak tanpa minyak sama sekali lho. Ini tentu kabar baik buat ibu yang sangat peduli terhadap kesehatan keluarga.

Wajan anti lengket dilapisi dengan lapisan khusus bernama polytetrafluoroethylene atau PTFE yang bisa menghasilkan makanan lebih sehat dengan sedikit minyak. Begitu pula dengan proses pembersihan yang sangat mudah karena wajan anti lengket tidak perlu digosok terlalu keras

Stainless Steel

Sumber gambar amazon.com

Berbeda dengan sebelumnya, wajan stainless steel sangat cocok untuk deep fried atau menggoreng apa saja yang membutuhkan banyak minyak. Wajan jenis ini dilapisi plat aluminium atau tembaga yang bisa meratakan panas dengan sempurna. Inilah mengapa wajan stainless steel harus menggunakan api kecil jika tidak ingin makanan cepat gosong.

Dari segi desain, wajan ini sederhana berwarna perak dengan namun tetap timeless. Fisiknya yang harus tanpa pori dan mengkilat membuat penampilan dapur menjadi lebih indah. Bahan ini juga aman karena tidak menimbulkan reaksi negatif terhadap bahan makanan yang dimasak.

Besi Tuang / Cast Iron

Sumber gambar kitchenwarehouse.com.au

Cast iron atau besi tuang adalah bahan pembuat wajan yang tidak bisa digunakan untuk semua jenis makanan. Jika salah, bisa-bisa rasa logam ikut masuk ke dalam makanan yang dimasak. Untuk mencegahnya, beri coating oil pada wajan sebelum digunakan.

Wajan besi tuang tidak boleh dicuci dengan sabun dan harus dikeringkan dengan panas di atas kompor. Meskipun demikian, bahan ini punya beberapa kelebihan seperti dapat memasak dengan sedikit minyak, bebas bahan kimia yang banyak digunakan dalam wajan Teflon, serta meningkatkan kandungan zat besi hingga 20 kali lipat pada makanan.

Kaca

Sumber gambar laurelleaffarm.com

Dari segi penampilan, wajan yang terbuat dari kaca memang terlihat sangat cantik. Tapi ada beberapa kekurangan yang ibu harus tahu lho. Wajan kaca harganya lebih mahal, berat, dan perlu waktu lebih lama untuk menghantarkan panas. Selain itu kaca lebih rawan pecah sehingga harus disimpan di tempat yang aman. Jangan lupa membungkusnya dengan kardus agar tidak mudah retak dan pecah.

Namun bahan kaca juga punya banyak kelebihan lho. Antara lain sifatnya yang solid sehingga mudah untuk membersihkan minyak dan lemak. Kamu juga bisa melihat keseluruhan makanan dari permukaan wajan yang bening. Karena tampilannya yang oke, kamu tidak perlu mengganti wadah masakan yang sudah matang. Tinggal taruh saja di atas meja makan.

Keramik

Sumber gambar amazon.com

Penggunaan keramik sebagai bahan pembuat wajan sudah dilakukan sejak dulu kala. Alat masak yang satu ini sangat aman untuk makanan dan membuatnya matang lebih merata. Agar permukaan keramik tidak tergores, gunakan spatula kayu atau plastik anti leleh.

Wajan keramik ada 2 jenis, yaitu wajan yang murni terbuat dari keramik seluruhnya atau wajan yang memiliki lapisan keramik di bagian luar saja. Namun kelemahan keramik adalah mudah retak dan pecah sehingga harus disimpan dengan hati-hati.

30 Rekomendasi Wajan Terbaik Hanya Untukmu

Sauce Pan

1. Golden Flying Fish Sauce Pan Stainless Steel SPC0316, dengan 5 Keunggulan

Golden Flying Fish Sauce Pan Stainless Steel SPC0316 16 cm 1 pc 20 100 dilengkapi dengan penutup kaca tempered glass agar kamu bisa melihat kondisi masakan dengan jelas. Lebih hemat energi dengan distribusi panas merata, terbuat dari bahan yang aman dan tidak mengubah rasa masakan.

Lima alasan kenapa kamu harus memilih Golden Flying Fish Sauce Pan Stainless Steel SPC0316 adalah karena wajan ini tahan lama, higienis, panasnya merata, mudah dibersihkan, dan lebih kuat.

Harga Rp. 75.600

2. Sauce Pan Panci Serbaguna Milk Pan, Warna Lucu

Sauce Pan Panci Serbaguna Milk Pan dengan lapisan keramik bermerek Solarpi ini dilengkapi lapisan keramik yang aman untuk memasak susu anak dan masakan lainnya. Sangat mudah dibersihkan, cukup gosok ringan menggunakan spons yang lembut saja. Bagi kamu pecinta warna-warna lucu, wajan ini bisa menjadi pilihan terbaik dengan warna pink-nya yang menggemaskan.

Harga Rp. 85.000-130.000

3. Zebra Sauce Pan Estio Pro 16 Cm, Teknologi Capsule Base Bottom

Rekomendasi sauce pan yang ketiga adalah Zebra Sauce Pan Estio Pro 16 Cm. Pan ini merupakan produk impor dari Thailand. Bahan yang digunakan yaitu stainless steel SUS 304 dengan kualitas premium.

Hal ini menyebabkan makanan yang kamu masak menjadi aman dan awet. Diameter dalam pan ini adalah 16 cm, sedangkan diameter luarnya adalah 17.5 cm. Kapasitas panci ini mencapai 1.7 liter sehingga cocok untuk memasak dalam porsi besar seperti soto, sup, bubur, dll.

Zebra Sauce Pan Estio Pro 16 Cm dilengkapi dengan teknologi Capsule Base Bottom sehingga panas yang dihasilkan lebih merata.

Harga Rp. 360.000-775.000

4. NUPON Areum Sauce Pan 18 cm, Aman untuk Memasak Mpasi

Jika kamu memiliki bayi, tentunya memilih wajan atau pan untuk memasak merupakan hal yang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Hal ini dikarenakan beberapa pan tidak cocok untuk memasak makanan bayi, misalnya karena kandungan dalam material yang digunakan.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena NUPON Aerum Sauce Pan 18 cm ini aman untuk memenuhi kebutuhan Mpasi bayi kamu maupun untuk kebutuhan harian. Pan ini sudah lulus standar FDA dan LFGB serta telah diuji oleh TUV Rheinland Germany.

Selain itu, pan ini juga anti lengket dan sudah food grade. Material yang digunakan adalah aluminium die cast dengan ketebalan 4 mm sehingga tahan terhadap korosi.

Harga Rp. 280.000-485.000

5. BOLDe Sauce Pan, Teknologi Ramah Lingkungan

Alasan mengapa kamu harus memilih wajan masak dengan jeli salah satunya karena beberapa wajan mengandung partikel-partikel kimia yang berbahaya jika tercampur ke masakanmu. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bahan yang dipakai.

BOLDe Sauce Pan sendiri menggunakan bahan granite yang sudah dilengkapi dengan teknologi ramah lingkungan. Artinya, kamu tidak perlu khawatir karena pan ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Selain itu, handle yang dipakai mantap saat digenggam, dilengkapi dengan lubang untuk menggantung. Terdapat pula tombol induksi untuk menjamin pemanasan yang cepat merata ke seluruh permukaan.

Harga Rp. 185.000

6. Hi-Cook Sauce Pan SP-18, Dapat Digunakan Pada Hampir Semua Jenis Kompor

Hi-Cook Sauce Pan SP-18 juga termasuk pan yang bebas bahan kimia. Pan ini berukuran 18 cm x 8 cm dengan bahan ceramic anti lengket. Dengan food grade material, kamu dapat menggunakan pan ini untuk kebutuhan memasak sehari-hari.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu harus memakai spatula berbahan kayu, silikon, atau nilon agar lapisan pan tidak akan tergores dan mengikis. Pan ini dapat digunakan pada hampir semua jenis kompor mulai dari kompor gas, kompor listrik, kompor induksi, kompor infra merah, dan glass ceramic cooker.

Harga Rp. 239.000-500.000

7. MAYBA Sauce Pan, Gagang Bermotif Kayu, Efisien untuk Memasak

Selanjutnya adalah rekomendasi sauce pan dari merek MAYBA. MAYBA Sauce Pan merupakan panci susu dengan kapasitas 1.6 liter dengan diameter 18 cm. Material yang digunakan yaitu ceramic glowing granite yang anti lengket, ramah lingkungan, dan mudah dibersihkan.

Kualitas material tersebut premium, serta dilengkapi dengan teknologi die cast yang mampu melakukan pemanasan dengan cepat dan tidak mudah rusak. Dengan MAYBA Sauce Pan, proses memasak kamu akan lebih efisien dan praktis.

Harga Rp. 200.000-400.000

8. Briliant Sauce Pan Marble Coating 18cm, Dengan 4 Lapisan Marmer

Penggunaan minyak yang berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Sayangnya, beberapa jenis pan atau wajan memerlukan banyak minyak agar dapat menghantarkan panas dengan baik.

Dengan Briliant Sauce Pan Marble Coating, kini kamu bisa mengurangi penggunaan minyak saat memasak. Pan ini menggunakan bahan premium dengan 4 lapisan marmer di permukaan dan 3 lapisan marmer di bagian bawah.

Alhasil, pan ini dapat bertahan lebih lama dan anti lengket. Briliant Sauce Pan Marble Coating juga dapat digunakan pada berbagai macam kompor.

Harga Rp. 120.000-202.000

Wok Pan

9. Happycall - Pebble Wok Pan IH 30CM, Menjadikan Masakan Lebih Sehat dan Enak

Rekomendasi wok pan pertama untukmu adalah Happycall - Pebble Wok Pan IH 30CM. Wok pan ini menggunakan material Graphene pada bagian luar dan pola batuan marmer pada bagian dalam.

Perpaduan kedua material tersebut membuat proses pemanasan lebih cepat dan membuat cita rasa masakan lebih sehat dan enak. Beberapa keunggulan dari Happycall - Pebble Wok Pan IH 30CM misalnya anti lengket, tahan terhadap goresan, lebih kuat dan tahan lama, serta mudah dibersihkan.

Harga Rp. 719.000

10. Moegen Germany Wok Pan Panci Wajan 30 cm, Cocok untuk Berbagai Jenis Masakan

Moegen Germany Wok Pan Panci Wajan 30cm Anti Lengket Anti Karat terbuat dari bahan titanium anti gores yang panasnya cepat merata, membuat proses memasak jauh lebih cepat dan mudah. Wok buatan Jerman ini cocok untuk memasak berbagai jenis makanan mulai dari panggang, bakar, goreng, hingga rebus.

Harga Rp. 174.000-264.000

11. PERO Wok Pan Biogranite 28 Nonstrick, Berbagai Pilihan Warna

Rekomendasi wok pan selanjutnya adalah PERO Wok Pan Biogranite 28 Nonstrick. Pan ini sudah lulus food grade dengan 6 lapisan uniknya. Selain itu, pan ini sudah terjamin anti lengket sehingga lebih sehat untuk tubuhmu. Tersedia 5 pilihan warna yang dapat kamu pilih sesuai selera, yaitu creamy, grey stone, mint stone, pink stone, dan terracota.

Harga Rp. 389.000-399.000

12. BOLDe Super Pan Wok, Dengan Ketahanan 3 Kali Pan Biasa

Kembali dari merek BOLDe, kali ini kami merekomendasikan seri Pan Wok-nya. Seperti seri lainnya, BOLDe Super Pan Wok juga termasuk produk yang dibuat dengan Eco Green Technology, sehingga terjamin ramah lingkungan.

Selain itu juga terdapat perlindungan anti lengket dengan lapisan granit. Pan ini cocok untuk menumis, merebus, maupun menggoreng. Kamu juga akan mendapatkan tutup kaca dan pegangan kayu berkualitas saat memberi BOLDe Super Pan Wok.

Harga Rp. 264.000

13. TKIS Wok Pan, 3 Lapisan Material

Meskipun harganya cukup murah, namun TKIS Wok Pan merupakan salah satu wok pan yang laris di berbagai marketplace. Ukurannya cukup lebar mencapai 32 cm. Material yang digunakan terdiri dari 3 lapisan yaitu batu medis (mafian), besi, dan stainless steel.

Pada bagian bawah sendiri juga terdapat 2 lapisan sehingga pan lebih tebal dan awet. Desain octagon yang mewah serta warna yang elegan semakin melengkapi keistimewaan pan ini. Kamu juga akan dibuat nyaman dengan gagang pan yang terbuat dari bahan tahan panas.

Harga Rp. 119.000

14. Welcook Wok Alumunium 32 cm Induksi, Dengan Tutup Kaca Canggih

Welcook Wok Alumunium berukuran 32 cm dengan material marble stone coating pada bagian dalam dan aluminium stainless steel pada bagian bawah panci. Pan ini dilapisi dengan non-stick coating yang ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan tutup kaca yang dilengkapi dengan sela-sela lubang untuk mengontrol panas selama memasak.

Harga Rp. 250.000-700.000

15. Oxone OX97W Panci Wok Pan 32 cm, Masakan Mudah untuk Dibalikkan

Selanjutnya adalah rekomendasi wok pan dari merek Oxone. Oxone OX97W Panci Wok Pan 32 cm merupakan pan berkualitas yang nyaman digunakan untuk memasak.Ketebalan pan adalah 3 mm, sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Selain itu, desain wok sengaja dibentuk sedemikian rupa agar memudahkan kamu ketika membalik makanan. Kamu bisa menggunakan pan ini dengan kompor gas maupun kompor induksi. Terdapat pula penutup kaca tebal yang akan membuat cita rasa masakan semakin nendang.

Harga Rp. 400.000-700.000

16. Gaabor Teflon Non-Stick Wokpan, Ringan Diangkat

Meskipun ukurannya cukup besar yaitu 32 cm, namun Gaabor Teflon Non-Stick Wokpan ini cukup ringan bahkan untuk diangkat oleh seorang gadis. Wok pan ini sudah dilengkapi dengan lapisan batu maifan alami sehingga dapat menghantarkan panas dengan lebih baik.

Lapisan ini juga tidak mudah terkelupas, sehingga kesehatan masakanmu terjamin. Kamu tidak memerlukan banyak minyak saat memasak dengan wok pan ini. Fitur pegangan tahan panas akan memudahkan segalanya, dilengkapi dengan penutup kaca transparan yang sangat membantu.

Harga Rp. 142.000

17. Nanjiren Mokuzai Daily Wokpan 30cm, Kapasitas Besar

Rekomendasi wok pan terakhir yang kami berikan adalah Nanjiren Mokuzai Daily Wokpan 30cm. Pan ini terbuat dari bahan granit/maifan stone yang tidak mudah lengket dan tahan lama. Bahkan, material ini mempunyai ketahanan sampai 9 kali lipat dibandingkan pan pada umumnya.

Dengan Nanjiren Mokuzai Daily Wokpan 30cm, proses memasak kamu akan lebih aman, lebih sehat, dan lebih praktis. Perawatan pan ini sendiri cukup mudah karena gampang saat dicuci dan tidak menimbulkan kerak.

Harga Rp. 269.000

Fry Pan

18. Fry Pan Ceramic Induksi 24 cm Marble Pan Induction Marbel, Tidak Mudah Tergores

Wajan serbaguna ini bisa digunakan untuk menggoreng semua jenis masakan. Tidak mudah tergores dengan alat masak berbahan besi sekalipun.

Wajan ini juga bisa digunakan untuk memasak di atas kompor induksi. Warna Fry Pan Ceramic Induksi 24cm Marble Pan Induction Marbel ini sangat cantik, sehingga akan menambah estetika dapurmu.

Harga Rp. 135.000-186.000

19. Cyprus FP-0307 Fry Pan Induksi Marble Wajan Penggorengan 24 cm, Pegangan Nyaman

Wajan dengan gagang tahan panas dan lapisan stainless steel ini bisa dipakai di kompor induksi. Desainnya juga mewah, yaitu warna hitam dengan titik-titik putih. Wajan tetap tidak lengket meski digoreng tanpa menggunakan minyak.

Selain itu, pegangan panci dilapisi bahan karet sehingga nyaman untuk kamu gunakan saat memasak. Kelebihan lain dari wajan ini adalah daya tahannya yang tinggi terhadap goresan, bahkan sekalipun kamu menggunakan irus besi.

Harga Rp. 164.000-213.200

20. Goto Hopo Electric Frypan, Memasak Praktis Di Manapun

Bagi beberapa orang, memasak bukan lah sesuatu yang dapat dilakukan dengan mudah setiap saat. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mempunyai kompor sebagai sumber energi api untuk memasak.

Namun, dengan Goto Hopo Electric Frypan kamu akan bisa memasak dengan mudah dan praktis dimanapun. Yang kamu butuhkan adalah sambungan listrik, dan kamu pun siap untuk memasak hidangan kesukaan.

Badan luar fry pan ini adalah plastik PP yang aman dan tahan panas. Kamu juga dapat memilih 2 mode yaitu mode panas dan sangat panas melalui 2 tombol yang tersedia. Kapasitasnya pun cukup besar yaitu mencapai 1.8 liter dengan fitur kukusan.

Harga Rp. 90.000-200.000

21. IDEALIFE Frypan Cookware, Bonus Spatula

Rekomendasi fry pan selanjutnya adalah IDEALIFE Frypan Cookware. Pan ini berukuran 20 cm, tinggi 4.5 cm, dan kapasitas sekitar 1.4 liter. Dilengkapi dengan fitur German Technology yang anti lengket, berlapis desain marbel, dan healthy cooking.

Terakhir ini akan memungkinkan kamu untuk memasak dengan sedikit minyak sehingga lebih sehat. Untuk setiap pembelian IDEALIFE Frypan Cookware, kamu akan mendapatkan bonus spatula cantik.

Harga Rp. 170.000-370.000

22. LocknLock Hard & Light Black Frypan, Tersedia Berbagai Ukuran

Agar dapat mengetahui ukuran pan yang pas untukmu, kamu perlu mempertimbangkan untuk apa wajan itu akan digunakan. Jika kamu membutuhkan wajan untuk memasak dalam porsi besar setiap hari, tentunya kamu harus membeli wajan dengan diameter besar.

LocknLock Hard & Light Black Frypan menyediakan berbagai ukuran agar memudahkan kamu dalam memilih mulai dari 18 cm, 20 cm, 24 cm, 26 cm, sampai 28 cm.

Pan ini dilengkapi dengan fitur permukaan anti lengket, material yang kuat, tahan lama, dan pegangan yang lembut. Desainnya sendiri sederhana dan memudahkan untuk digunakan.

Harga Rp. 200.000-700.000

Grill Pan

23. Supra Rosemary Round Grill Pan 30 cm, Panci Panggangan Bulat

Wajan ini terbuat dari bahan aluminium berkualitas tinggi yang tidak berkarat dan tidak lengket. Dapat digunakan untuk membakar dan juga memanggang.

Kamu bisa memasak sate, roti panggang, martabak, bahkan ikan bakar. Praktis dan mudah dibersihkan, menghasilkan makanan yang lebih sehat dan bebas lemak.

Memasak menggunakan Supra Rosemary Round Grill Pan 30 cm akan membuatmu menghemat tenaga dan waktu, karena wajan ini cepat menyerap panas.

Harga Rp. 94.900-154.900

24. Dessini Multi Grill Pan - Hitam 47 x 42 cm, Dapat Menampung Minyak

Terbuat dari bahan baja yang kuat dan tebal, dapat menampung minyak yang keluar untuk menghasilkan makanan lebih sehat. Selain itu wajan ini dilapisi dengan teflon anti lengket dengan sisi-sisi bergelombang agar dapat menampung minyak yang keluar. Jadi, makanan yang kamu masak akan menjadi lebih sehat. Penggunaannya juga praktis, cukup letakkan di atas kompor dengan panas tinggi.

Harga Rp. 145.000-150.000

25. YK DESIGN Tempat Pemanggang Daging, Terdapat Lubang Minyak

Rekomendasi grill pan selanjutnya adalah YK DESIGN Tempat Pemanggang Daging. Pan ini berukuran 37 x 26 cm dengan material baja dan lapisan teflon anti lengket. Fitur unggulan dalam pan ini adalah terdapat lubang minyak, sehingga minyak tidak mengendap di makanan melainkan mengalir ke lubang.

Kemudian, ada juga kaki penopang agar pan dapat diletakkan dengan rapi. Jika kamu sedang mencari grill pan untuk memanggang atau BBQ, inilah pilihan yang tepat.

Harga Rp. 100.000-400.000

Roasting Pan

26. Grill Roaster Happy Call Alat Panggang, Distribusi Panas Lewat Celah

Rekomendasi roasting pan yang pertama datang dari merek Happy Call. Alat masak kesayangan ibu-ibu ini sangat praktis, cukup letakkan di atas kompor lalu gunakan untuk memanggang. Terbuat dari bahan aluminium anti karat yang tidak lengket.

Dengan diameter 32 cm, wajan ini mampu mengubah api kompor menjadi api bara sehingga dapat memanggang semua jenis makanan.

Harga Rp. 35.000-69.000

27. Ocuisine Rectangular Roaster, Bentuk Persegi Panjang, Banyak Kelebihan

Ocuisine Rectangular Roaster mempunyai bentuk yang unik yaitu persegi panjang. Wajan berkapasitas 800 ml ini tahan untuk segala macam penggunaan mulai dari oven, microwave, hingga freezer.

Tahan untuk suhu 300 derajat panas minyak hingga kebekuan -40 derajat celcius. Material yang digunakan adalah Borosilicate Glass yang tahan terhadap perubahan suhu drastis.

Bahan ini juga tidak mudah pecah, tidak membuat noda atau bau, tahan lama, higienis, dan mudah dibersihkan. Kelebihan lain dari wajan ini adalah motifnya yang cantik.

Harga Rp. 108.000-123.500

28. Happycall Solar Roast Pan 28cm, Tidak Membuat Tangan Sakit

Selanjutnya adalah Happycall Solar Roast Pan 28cm. Roasting pan ini memiliki 5 lapisan diamond coating di bagian dalam dan 3 lapis porcelain coating di bagian luar. Perpaduan lapisan ini membuatnya anti lengket, tahan lama, dan tidak mudah tergores.

Selain itu, pan ini cukup ringan saat diangkat sehingga tidak akan membuat pergelangan tangan sakit. Grill line yang terdapat pada permukaannya juga memudahkan kamu ketika ingin memanggang masakan apapun.

Harga Rp. 498.000

Stock Pot

29. Panci Supra Stockpot 12 Qt Stainless Steel, Menampung Banyak Makanan

Panci Supra Stockpot 12 Qt Stainless Steel Dimensi Produk Stockpot 12 terbuat dari bahan stainless berkualitas dengan diameter 27 cm dan volume 11,3 liter yang bisa menampung cukup banyak makanan. Wajan ini antikarat sehingga aman dan tahan lama untuk digunakan masak sehari-hari.

Harga Rp. 194.000-207.500

30. MOEGEN Germany Stock Pot, Tahan Suhu Tinggi

Rekomendasi stock pot terakhir ini sekaligus menutup rangkaian 30 wajan terbaik untukmu. MOEGEN Germany Stock Pot menggunakan bahan hard die casting yang berkualitas tinggi, tahan gores, dan sudah food grade.

Bahan ini juga termasuk ramah lingkungan sehingga lebih sehat untuk tubuhmu. Stock pot ini berdiameter 24 m dengan tinggi 12 cm. Kualitas material MOEGEN Germany Stock Pot memungkinkan kamu untuk memasak dengan sedikit bahkan tanpa minyak.

Harga Rp. 245.000
From our editorial team

Sudah Siap Memasak Hari Ini?

Setelah mengenal jenis-jenis wajan dan berbagai fungsinya, kini kamu sudah siap untuk masuk ke dapur. Tunggu apa lagi? Segera miliki wajan rekomendasi BP-Guide di atas dan mulai bereksperimen dengan resep yang kamu miliki.