Mau Pengalaman Masak jadi Lebih Seru? Miliki 1 dari 10 Rekomendasi Wajan Anti Lengket dan Anti Gores Terbaik Ini! (2020)

Mau Pengalaman Masak jadi Lebih Seru? Miliki 1 dari 10 Rekomendasi Wajan Anti Lengket dan Anti Gores Terbaik Ini! (2020)

Yang namanya wanita, terlebih ibu rumah tangga, tentunya tidak bisa lepas dari yang namanya dapur dan memasak. Setiap hari harus ada hidangan tersaji untuk keluarga tercinta. Nah, untuk mendapatkan pengalaman yang lebih seru dan menyenangkan saat memasak, cobalah miliki wajan dengan fitur anti lengket dan anti gores ini!

Di Indonesia, Penggunaan Wajan Anti Lengket Sudah Sangat Tinggi

Di Indonesia, penggunaan wajan ini sudah sangat diminati. Wajan anti lengket dengan panasnya yang merata disukai banyak orang karena membuat proses memasak jadi lebih cepat dan menyenangkan. Bagaimana tidak, fitur wajan anti lengket dan anti gores ini membuat makanan yang dimasak bebas lengket dan tidak ada serpihan makanan yang menempel pada permukaan wajan.

Bahkan dengan wajan yang lebih modern ini kita bisa memasak makanan dengan penggunaan minyak yang sedikit sehingga lebih sehat. Namun dibalik kemudahannya ini, ternyata wajan anti lengket juga bisa membahayakan kesehatan apabila permukaan wajan telah tergores dan terkelupas. Lapisan wajan yang terkelupas ini mengandung kimia yang juga bisa tercampur pada masakan. Karena itulah, jika wajan telah rusak sebaiknya tidak lagi digunakan.

Tips Merawat Wajan Anti Lengket dan Anti Gores agar Lebih Awet

Gunakan Spons Lembut Saat Membersihkan

Spons merupakan alat pencuci peralatan masak hingga piring yang sudah umum digunakan. Spons ini juga banyak jenisnya, ada spons selulosa, logam, nilon, dan abrasif. Nah, jenis spons yang bisa digunakan untuk mencuci wajan anti lengket dan anti gores adalah spons selulosa yang biasanya digabungkan dengan spons jenis abrasif. Jenis spons ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai pusat perbelanjaan.

Spons selulosa memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak akan membuat permukaan wajan tergores. Meski lembut, namun spons ini mampu membersihkan noda hitam yang cukup membandel pada alat masak. Tips tambahan untuk membersihkan wajan anti lengket adalah dengan mengusapkan campuran air dan baking soda dengan perbandingan 1:1 menggunakan spons lembut dan kemudian bilas hingga bersih.

Hindari Menumpuknya dengan Alat Masak Lain

Setelah wajan anti lengket dan anti gores dicuci dan dikeringkan, simpanlah wajan dengan cara menggantungnya. Atau wajan juga bisa disimpan pada lemari penyimpanan asal tidak menumpuknya dengan peralatan masak lain atau benda yang lebih berat.

Selain bisa membuat permukaan wajan tergores, juga bisa membuat gagang wajan menjadi longgar karena terhimpit benda berat. Dan sebaiknya melindungi permukaan wajan dengan tisu atau kain lembut untuk menghindari gesekan.

Jangan Merendam dalam Air

Wajan anti lengket dan anti gores memang menjadi alat masak andalan bagi banyak ibu rumah tangga dan para koki. Dan menjadi satu keharusan untuk membersihkan wajan setelah memasak makanan. Hal umum yang dilakukan sebelum mencuci wajan adalah merendamnya dengan air dengan tujuan sisa minyak dan makanan pada wajan mudah dibersihkan.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk wajan anti lengket karena bisa menyebabkan lapisan wajan rapuh sehingga lebih mudah mengelupas. Dan ingat, jangan cuci wajan dengan air saat masih dalam keadaan panas, perubahan suhu secara drastis juga dapat membuat wajan jadi cepat rusak.

Perhatikan Api

Satu lagi hal yang penting untuk diperhatikan saat menggunakan wajan anti lengket dan anti gores adalah penggunaan api saat memasak jangan terlalu besar. Wajan yang dikenal dengan nama teflon ini dirancang untuk memasak dengan api kecil hingga sedang.

Suhu tinggi karena penggunaan api kompor yang besar bisa membuat teflon melepas elemen anti lengketnya sehingga bisa menghasilkan senyawa kimia beracun yang tentunya juga berbahaya untuk kesehatan. Selain itu, suhu yang terlalu tinggi juga dapat membuat makanan yang dimasak malah menempel saat digoreng. Dan tentunya juga membuat teflon jadi lebih cepat rusak.

Hindari Penggunaan Spatula dari Logam

Spatula juga merupakan peralatan masak yang tidak bisa dipisahkan dari wajan. Umumnya orang memilih spatula berbahan logam untuk memasak. Namun, untuk menjaga wajan anti lengket dan anti gores dari kerusakan, hindarilah penggunaan spatula berbahan logam ini.

Logam akan membuat lapisan teflon jadi tergores dan terkelupas sehingga membuat teflon justru tak lagi sehat. Sebaiknya, gunakanlah spatula dari bahan kayu yang halus agar permukaan teflon tidak tergores saat mengaduk masakan.

Rekomendasi Wajan Anti Lengket dan Anti Gores Pilihan Terbaik

Tramontina Starflon Turim Wajan Set 3 Pcs

Tramontina Starflon Turim Wajan merupakan teflon yang terbuat dari material polytetrafluoroethylene (PTFE). Teflon ini aman dari kandungan kimia berbahaya karena non-stick dan bebas PFOA (Perfluorooctanoic Acid) atau C8. Satu setnya terdiri dari 3 teflon anti lengket dan anti gores dalam ukuran yang berbeda, yakni 18, 20, dan 24 cm.

Harga Rp. 662.000-648.000

OEM Wajan Penggorengan - Black

Sumber gambar https://www.blibli.com

OEM (Original Equipment Manufacturer) merupakan produsen peralatan asli yang produknya dibeli oleh perusahan lain dan dijual dengan merek dagang lain, namun kualitasnya masih tetap asli. Nah, OEM Wajan Penggorengan ini merupakan wajan anti lengket dan anti gores yang dilengkapi dengan penutup kaca. Bahan teflon terbuat dari marble kualitas Korea dengan diameter 32 cm.

Wajan didesain ergonomis, pendistribusian panas pada teflon pun merata sehingga membuat masakan jadi cepat matang sempurna. Teflon ini juga dapat digunakan pada kompor induksi dan elektrik. Dapatkan bonus berupa satu buah spatula kayu setiap pembelian produk ini di Blibli dengan harga Rp 244.000.

Seagull Gladiator 4DX Deep Fry Pan

Seagull Gladiator 4DX Deep Fry Pan, merupakan teflon dengan lapisan anti lengket 3D berdiameter 26 cm. Permukaan teflon juga dilapisi anti gores ganda dengan quantum 2 sehingga lapisannya lebih kuat, tahan lama, dan mudah dibersihkan.

Teflon ini panasnya merata dan dapat digunakan untuk kompor induksi. Teflon juga bisa digunakan untuk memasak makanan sehat dengan sedikit minyak. Pegangannya dirancang kokoh sehingga memberikan keamanan ekstra saat memasak.

Harga Rp. 490.000-520.000

Maspion Ceria Enamel Wajan - Orange

Maspion Ceria Enamel Wajan, merupakan teflon berbahan baja yang dilapisi enamel berkualitas sehingga lebih awet dan tidak mudah berkarat. Keunggulan lain dari wajan anti lengket dan anti gores ini adalah dapat mengurangi pemakaian minyak sehingga makanan lebih sehat.

Selain itu, wajan ini juga mudah dibersihkan dan tidak mudah bau sehingga lebih higienis. Teflon ini juga tahan terhadap zat asam dan suhu tinggi, pegangannya pun tidak mudah panas.

Harga Rp. 162.600-204.000

Hard Anodized Wok 36 Cm Fincook W3601Ha

Hard Anodized Wok 36 Cm Fincook W3601Ha merupakan teflon dengan teknologi hard anodized berkualitas food grade yang sehat, awet dan hemat.

Pendistribusian panas pada teflon ini sangat baik sehingga masakan cepat matang dan nutrisi dalam makanan pun terjaga dengan baik. Diameter wajan terbilang besar, yakni 36 cm yang cocok untuk memasak makanan dalam jumlah banyak.

Harga Rp. 237.000-346.408

Kirin Frypan Serunai Series 24 cm Hard Anodized

Kirin Frypan Serunai Series 24 cm Hard Anodized juga merupakan wajan penggoreng anti lengket dan anti gores. Materialnya terbuat dari aluminium 3003 dengan lapisan hard anodize yang mampu mendistribusikan panas secara merata.

Bagian ganggang terbuat dari material bakelite atau plastik tahan panas sehingga proses memasak jadi lebih nyaman. Teflon ini lebih tahan lama karena lapisannya lebih tebal dan desainnya pun elegan.

Harga Rp. 130.000

Nakami Wok Pan Wajan - Black Diamond

Pilihan wajan anti lengket dan anti gores berikutnya adalah Nakami Wok Pan Wajan - Black Diamond. Materialnya terbuat dari metal yang dilengkapi dengan tutup berbahan kaca dan stainless.

Pegangannya dirancang kuat sehingga membuat proses memasak jadi lebih aman dan nyaman. Ukurannya juga terbilang besar, yakni 40 cm yang bisa digunakan untuk menggoreng, merebus, dan menumis aneka jenis masakan.

Harga Rp. 270.000

Bima B2003432 Stoneforce Coating Origin Non Stick Wokpan Wajan

Indonesia juga memiliki produk teflon yang berkualitas dan aman untuk kesehatan lho, yakni Bima B2003432 Stoneforce Coating Origin Non Stick Wokpan Wajan.

Lapisan teflon tidak hanya dibuat anti lengket namun ditambah dengan encapsulated tri ply technology untuk menghasilkan makanan yang lebih sehat. Sementara lapisan stoneforce coating-nya membuat permukaan teflon lebih kuat dan anti gores.

Dan pastinya teflon ini bebas racun karena 100% bebas PFOA. Teflon berdiameter 32 cm dengan 2 ganggang stainless ini cocok digunakan untuk memasak menggunakan kompor gas, keramik, induksi, elektrik, dan halogen.

Harga Rp. 556.000-642.000

Kangaroo Frypan Keramik (KG675)

Kangaroo Frypan Keramik (KG675), merupakan wajan anti lengket dan anti gores yang aman dan sehat karena bebas PFOA. Materialnya terbuat dari alumunium dengan lapisan keramik berkualitas dan pegangannya dari bahan plastik tahan panas.

Satu set wajan penggorengan ini terdiri dari dua wajan berdiameter 20 dan 24 cm. Modelnya yang stylish membuat wajan ini tampak begitu menarik.

Harga Rp. 156.170-241.500

Shenar Enamel Wajan

Shenar Enamel wajan ini merupakan teflon anti lengket dan anti gores yang harganya sangat terjangkau. Bahan dasar wajan terbuat dari alumunium dan berlapis enamel berkualitas dengan teknologi dot spraying.

Handle-nya pun kokoh dan kuat sehingga kegiatan memasak jadi lebih aman. Dimensi wajan 34 cm dengan tinggi 9 cm dan cocok digunakan untuk semua jenis kompor kecuali kompor induksi.

Harga Rp. 45.000-63.000
From our editorial team

Yuk, Miliki Wajan Anti Lengket dan Anti Goresnya Biar Masak jadi Lebih Semangat!

Mood saat memasak juga bisa dipengaruhi oleh peralatan masak yang digunakan, lho! Kalau alat masaknya keren dan berkualitas, pastilah proses memasak pun terasa lebih menyenangkan. Nah, kalau wajan modern ini belum ada di dapur rumah, saatnya miliki salah satu dari rekomendasi wajan terbaik ini untuk pengalaman memasak yang lebih seru.