10 Rekomendasi Electric Lunch Box yang Bikin Bekal Makananmu Tetap Hangat Saat Disantap (2021)

10 Rekomendasi Electric Lunch Box yang Bikin Bekal Makananmu Tetap Hangat Saat Disantap (2021)

Masa pandemi seperti saat ini membuat kita selalu waspada agar kesehatan selalu terjaga. Selain rutin cuci tangan, kita juga perlu membawa bekal makan sendiri. Dengan begini kebersihan makanan terjamin dan kesehatan kita bisa tetap terjaga. Saat membawa bekal makanan, kamu bisa andalkan electric lunch box. Perlengkapan yang satu ini praktis digunakan dan bisa membuat makanan bekal tetap hangat saat akan dimakan. Nah, simak rekomendasinya dari kami!

Membawa Bekal Makanan Sendiri Memiliki Banyak Manfaat untuk Kita

Membawa bekal bukan hanya ditujukan untuk anak-anak saja. Orang dewasa pun bisa membawa bekal makanan sendiri. Tidak perlu malu membawa bekal karena ini justru menunjukkan bahwa kita suka berhemat dan menjalankan hidup yang lebih sehat. Ada banyak dampak positif yang kita dapatkan dengan membawa bekal sendiri dari rumah.

Pertama, bekal buatan sendiri lebih terjamin kehigienisannya. Kita memasaknya sendiri dengan bahan-bahan pilihan kita. Selain itu, kita juga mengolahnya sendiri. Dari persiapan bahan sampai proses memasak, kita tahu semuanya sehingga kebersihan bahan terjamin. Ini tentu lebih menyehatkan daripada beli makanan di luar yang belum tentu kita tahu kualitas pembuatan dan bahannya.

Membawa bekal sendiri juga membuat kita bisa memilih menu yang lebih variatif. Saat makan di luar mungkin kita bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Sementara jika membawa bekal sendiri, kita bisa lebih menyesuaikan dengan selera kita.

Asupan gizi dari bekal yang kita bawa sendiri juga bisa lebih terjaga. Kita bisa mengontrol kalori, serat, dan karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Utamanya untuk kita yang sedang diet, kita bisa menyesuaikan apa yang kita makan agar bisa mencukupi gizi harian.

Bekal makanan juga bisa jadi trik untuk memanfaatkan sisa makanan di rumah. Semisal di rumah ada sisa nasi, maka tinggal tambah bahan lain lalu olah menjadi nasi goreng. Dengan begini, tak ada lagi sisa nasi terbuang dan bisa jadi bekal yang enak.

Membawa bekal dari rumah bisa membuat kita mengontrol nafsu untuk jajan. Ini sekaligus bisa mengontrol berat badan kita juga. Kita tak perlu lagi jajan jika sudah membawa bekal. Berat badan jadi lebih terkontrol karena kita tidak jajan sembarangan.

Anggaran bulanan kita juga jadi lebih hemat. Kita bisa mengatur menu sendiri sesuai anggaran dalam sebulan. Yang harus kita lakukan hanya kreatif mempersiapkan makanan praktis dan variatif.

Terakhir, membawa bekal sendiri bisa mengurangi sampah. Saat kita jajan di luar dan pesan makan, biasanya makanan dikemas dalam styrofoam, kantung kresek, plastik, dan lain sebagainya yang berpotensi menjadi sampah lingkungan yang sulit terurai. Membawa bekal sendiri membuat kita ikut menjaga kebersihan lingkungan.

Tips Membawa Bekal Sendiri

Rencanakan Menu untuk Seminggu

Ketika memutuskan membawa bekal sendiri, ada baiknya kamu merencanakan menu untuk seminggu. Ini akan mempermudah kamu yang selalu sibuk di pagi hari. Kamu tak perlu berpikir lagi mau membuat apa dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Pilih menu bekal makan seperti telur goreng, roti sandwich, tumis daging dan sayur, dan lainnya yang mudah di masak. Selanjutnya, belanjalah sesuai kebutuhan bekal untuk satu minggu tersebut.

Siapkan Lebih Awal

Membawa bekal sendiri membuat banyak orang merasa kerepotan. Ini karena mereka harus meluangkan waktu untuk menyiapkan bekalnya. Padahal, tidak serumit kelihatannya. Kita tetap bisa membawa bekal tanpa harus berlama-lama memasak.

Caranya adalah dengan menyiapkan lebih awal. Kamu bisa memotong bahan-bahan makanan terlebih dahulu lalu menyimpannya di freezer. Dengan begini, saat pagi hari kamu bisa memasaknya dengan cepat. Kamu juga bisa memasaknya di malam hari sebelum tidur. Saat pagi, masakan tersebut tinggal dihangatkan saja.

Gunakan Kotak Bekal yang Bagus Kualitasnya

Jika memutuskan membawa bekal, kamu wajib menyiapkan kotak bekal. Pilih kotak bekal yang bagus kualitasnya. Ini supaya kotaknya bisa tahan lama digunakan. Memilih kotak bekal juga harus yang bagus desainnya agar kamu makin semangat memakainya.

Jangan lupa juga untuk memilih kotak bekal yang memiliki fitur unik. Misalnya memiliki fitur untuk menjaga suhu makanan. Dengan begini, bekal makan siangmu jadi tetap hangat dan terasa nikmat saat disantap.

Ini Dia Deretan Electric Lunch Box Terbaik untuk Kamu

Starco Electric Lunch Box Mini

Starco Electric Lunch Box Mini cocok untuk kamu jadikan pilihan utama. Bekal makan siangmu jadi bisa tetap hangat dan enak disantap. Produk ini bisa juga digunakan untuk memasak aneka hidangan, loh!

Dengan alat ini, maka kamu bisa menanak nasi hanya dalam waktu 15 menit. Merebus dan mengukus telur juga bisa dilakukan sekaligus saat kamu memanaskan makanan di tempat ini. Kamu boleh juga memakainya untuk mengukus aneka sayur dan umbi-umbian.

Ukurannya kecil sehingga praktis dibawa kemana saja. Kamu bisa memilih yang 1 tingkat atau 2 tingkat. Ada banyak warna pilihan menarik. Produk ini berkapasitas 1,2 liter. Pengoperasiannya mudah dan hanya butuh daya 200 watt.

Harga Rp. 129.000-750.000

Electric Lunch Box 2 Layer Kotak Bekal Multifungsi

Electric Lunch Box 2 Layer Kotak Bekal Multifungsi merupakan alat pemanas makanan elektrik portabel. Bentuknya kecil dan mudah dibawa kemana saja. Terbuat dari bahan yang tahan terhadap temperatur tinggi, produk ini memiliki dua tingkat dengan kapasitas 1,3 liter.

Kamu bisa memakainya juga untuk memasak selain menghangatkan makanan. Cocok untuk dipakai memasak mi instan, merebus telur, hingga mengukus. Daya listrik yang dibutuhkan sekitar 250 watt.

Harga Rp. 133.000-400.000

KONKA Lunch box electric

KONKA Lunch box electric membutuhkan daya 300 watt untuk pengoperasiannya. Pemanas makanan elektrik ini siap membuat bekalmu jadi hangat saat akan disantap. Ukuran produknya adalah 23,5 x 15,5 x 15,5 cm sehingga terbilang praktis dibawa kemana saja.

Kamu bisa memakainya untuk menghangatkan, mengukus, dan memasak nasi. Ada penutup vacuum seal yang membuatnya bisa mengeluarkan uap panas pada makanan untuk menjaga makanan tidak cepat basi.

Kotak makan siang ini akan mati otomatis saat masakan kering karena terlalu lama dihangatkan. Produk ini terdiri dari dua wadah untuk lauk dan satu wadah lagi untuk nasi. Kamu tidak perlu membilas bagian mesin dengan air. Jangan lupa pastikan pastikan semua peralatan dalam kedaan kering sebelum menggunakan kembali.

Harga Rp. 399.000-599.000

Emily Electric Lunch Box 1.3L

Emily Electric Lunch Box 1.3L merupakan rekomendasi produk lainnya untuk kamu. Dengan kotak bekal makan ini maka kamu bisa memasak, mengukus, menghangatkan, dan merebus berbagai bahan makanan. Uniknya, alat ini akan bisa memutus aliran listrik secara otomatis saat air dalam steamer habis. Ini bisa mencegah terjadinya korsleting listrik, jadi lebih aman digunakan.

Kotak bekal ini juga dilengkapi mode keep warm sehingga saat kamu selesai memasak maka otomatis berpindah jadi mode menghangatkan. Ada fungsi timer sehingga kamu bisa mengatur berapa waktu pemasakan. Kamu bisa juga menunda waktu memasak selama 1 hingga 6 jam.

Bahan mangkuk produk ini dari stainless steel yang kuat dan antikarat. Bahan bodi dilengkapi karet yang membuatnya anti selip. Tutup mangkuk dari bahan tritan yang bisa menjaga makanan tetap hangat. Pegangannya juga nyaman dan mudah digenggam.

Alat ini memiliki cincin pengunci silikon pada penutup untuk mencegah makanan meluap. Ada juga safe locking design untuk mencegah tumpah. Dalam pembelian sudah lengkap dengan gelas takar, wadah air, kabel power, dan tutup kedap udara.

Untuk beroperasi, alat berkapasitas 1,3 liter ini membutuhkan daya 200 watt. Ukuran produknya adalah 22 x 22 x 20 cm jadi lebih praktis dibawa kemana saja.

Harga Rp. 399.000-564.000

LUNCH BOX Cooking 4 Liners

LUNCH BOX Cooking 4 Liners adalah kotak bekal makan siang yang memakai teknologi Jepang terbaru. Alat ini bisa digunakan untuk memasak, memanaskan bekal, merebus, mengukus, dan lainnya. Ukurannya kecil jadi akan mudah untuk dibawa kemana saja. Terbuat dari bahan stainless steel membuatnya anti karat dan tahan lama digunakan.

Ukuran kotak makan ini adalah 26 x 13 x 22 cm. Wadah 4 tingkat ini memiliki tempat terpisah untuk nasi dan lauk. Ada juga 8 lubang kukusan agar panasnya merata. Dalam pembelian juga lengkap dengan gelas takaran dan kabel colokan. Ada alat merebus telur yang juga disertakan dalam pembelian. Alat ini membutuhkan daya 200 watt untuk beroperasi.

Harga Rp. 372.000-520.000

Coochen Electric Lunch Box

Coochen Electric Lunch Box merupakan wadah bekal makanan yang terbuat dari bahan berkualitas. Wadahnya anti pecah dan tahan suhu tinggi. Produk yang satu ini sudah memenuhi standar RoHS dan FDA jadi terjamin aman digunakan. Kamu bisa membawanya ke kantor atau ke sekolah untuk menikmati bekal yang hangat.

Wadah makan ini memiliki ventilasi pada penutupnya. Gagangnya antiselip dan nyaman digenggam. Ada pengait wadah yang membuatnya tidak mudah tumpah.

Kamu bisa memanaskan kembali bekal saat hendak menyantapnya. Cukup sambungkan wadah dengan sumber listrik. Desainnya simpel dan mudah dioperasikan. Dijamin kamu jadi ketagihan memakai alat ini.

Harga Rp. 157.000-283.000

Dorahomi Lunch Box Electric

Dorahomi Lunch Box Electric merupakan kotak makan yang terdiri dari dua tingkat. Produk ini terbuat dari bahan stainless steel yang antikarat dan tahan lama digunakan. Kamu cukup isi air di wadahnya sebelum digunakan. Dengan kapasitas 500 ml, produk ini cocok untuk porsi makan 1 orang.

Alat ini membutuhkan daya 250 watt. Ukuran alat ini adalah 270 x 140 x 160 mm. Kamu bisa memakainya untuk mengukus hingga memasak nasi juga.

Harga Rp. 201.000-560.000

3 Tier Electric Heated Heating Lunch Box

3 Tier Electric Heated Heating Lunch Box adalah produk yang tidak bisa kamu lewatkan. Alat ini bisa menghangatkan bekal, mengukus, memasak, dan lain sebagainya. Terbuat dari bahan stainless steel, alat ini anti karat dan tahan lama digunakan. Alatnya tidak beracun dan tidak lengket digunakan.

Kualitas produknya bagus dan pastinya cocok untuk kamu bawa ke sekolah, kantor, dan lainnya. Ada fitur anti kering karena produk ini otomatis mati saat makanan sudah terlalu kering. Untuk mengoperasikannya dibutuhkan daya 200 watt. Ukuran produk ini 16 x 23 cm dengan volume 1,6 liter.

Harga Rp. 396.000-644.000

Fleco Lunch Box Electric

Fleco Lunch Box Electric menjadi produk berikutnya untuk kamu gunakan. Alat yang satu ini praktis dan mudah dibawa kemana saja. Bahan kotak bekalnya memakai material yang tahan terhadap temperatur tinggi. Aluminum alloy PTC Heater pada alat ini membuatnya aman dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap pada makanan.

Alat ini mudah digunakan dan aman. Panasnya merata sehingga makanan siap disantap pada kondisi hangat dan segar. Kapasitasnya 0,6 liter dan butuh daya 40 watt untuk mengoperasikannya.

Harga Rp. 99.900-169.000

Sayota Electric Lunch Box

Sayota Electric Lunch Box praktis dan mudah digunakan. Kamu bisa memakainya untuk merebus, mengukus, dan memasak nasi. Alat ini hadir dengan pegangan yang memudahkan untuk dibawa bepergian. Kotak makan siang ini terbuat dari bahan stainless steel yang tahan lama digunakan. Untuk mengoperasikannya hanya butuh 200 watt saja. Bahan pegangannya antiselip sehingga kamu mudah membawanya kemana saja.

Harga Rp. 216.000-364.000
From our editorial team

Pilih Kotak Bekal dengan Sekat atau Model Bertumpuk

Ketika memilih kotak bekal makan, ada baiknya kita memilih yang bersekat atau bertumpuk. Ini supaya kita bisa memisahkan nasi dengan lauk dan sayurnya. Dengan adanya sekat, maka makanan tidak cepat basi. Kamu juga bisa memilih yang modelnya bertumpuk sesuai kebutuhan. Jika kamu tidak terlalu banyak makan, maka kamu bisa memilih yang dua susun, satu untuk nasi dan satu untuk lauk. Namun, jika kamu ingin menambah camilan dan buah, maka pilih yang 3 susun atau 4 susun.