Doyan Sarapan Roti dengan Selai? Ini 10 Rekomendasi Selai Botolan dalam Aneka Rasa yang Lezat namun Baik untuk Kesehatan (2020)

Doyan Sarapan Roti dengan Selai? Ini 10 Rekomendasi Selai Botolan dalam Aneka Rasa yang Lezat namun Baik untuk Kesehatan (2020)

Selai umumnya bercita rasa manis, namun mengkonsumsi gula berlebih justru tidak bagus untuk kesehatan. Padahal selai yang diolah dengan benar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Nah, berikut ini ada beberapa selai botolan berkualitas yang aman untuk kesehatan sehingga bagus untuk dikonsumsi.

Selai Menambah Rasa pada Roti Tawar, Roti Bakar atau Kue Kering

Selai selalu menjadi andalan untuk menambah rasa pada aneka camilan. Selai juga kerap menjadi favorit untuk menikmati roti tawar. Tidak hanya itu saja, selai juga bisa dikreasikan dengan aneka jenis camilan dan kue kering. Selai hadir dalam banyak varian rasa seperti buah, kacang-kacangan, dan coklat.

Karena diolah dari bahan alami, di dalam selai juga terkandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti vitamin, protein, omega 3, serat, mineral, dan berbagai nutrisi lainnya. Karena itu pula, selai cocok dijadikan sebagai teman sarapan di pagi hari sebelum beraktivitas.

Berbagai Jenis Selai

Selai Buah

Selai buah yang umumnya bercita rasa asam dan manis banyak disukai oleh semua orang. Selai buah ini umum dijadikan sebagai penambah rasa pada aneka jenis dessert. Selai buah asli yang rendah gula bebas dari kandungan lemak dan kolesterol sehingga bisa membantu program diet.

Bahkan selai buah alami juga diketahui dapat mencegah penyakit kardiovaskular, stroke, dan jantung. Kandungan pektin yang terdapat dalam selai buah juga dapat menurunkan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Sementara bagi wanita hamil, selai buah dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf dan anencephaly. Namun untuk selai buah dengan kandungan gula tinggi perlu diwaspadai karena bisa memicu diabetes dan kenaikan berat badan.

Selai Coklat

Siapa sih yang nggak suka coklat? Hampir semua orang menyukai rasa coklat yang lezat ini. Karena itu pula selai rasa coklat paling banyak jadi favorit anak-anak hingga orang dewasa. Dalam selai coklat juga mengandung banyak sekali nutrisi lho!

Dalam 100 gr coklat saja terdapat 2 gr protein, 2.8 mg zat besi, 472 kkal energi dan 63 mg kalsium. Karena selai coklat dibuat dari biji kokoa yang kaya akan flavonoid, maka mengkonsumsi coklat dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Tidak hanya itu saja, manfaat lain yang bisa didapat dari coklat adalah menurunkan tingkat stres dan tekanan darah hingga memperbaiki suasana hati. Namun, pastikan selai coklat yang dikonsumsi asli dan rendah gula.

Selai Kacang

Selai kacang memiliki cita rasa gurih sehingga juga banyak dijadikan sebagai pendamping roti. Selai kacang organik yang diolah dengan benar dengan kandungan gula sedikit juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Hal ini karena di dalamnya ada kandungan mineral, vitamin, protein, dan zat gizi lainnya.

Beberapa manfaat selai kacang untuk kesehatan tubuh adalah dapat mengurangi stres, menurunkan berat badan, mengurangi risiko kematian, dan mencegah terbentuknya batu empedu dalam tubuh. Namun hindarilah selai kacang yang tinggi kandungan natrium dan sodium.

Selai Bunga

Hmm, selai bunga mungkin sedikit asing ya bagi kita? Namun nyatanya ada lho, selai yang terbuat dari bunga. Bunga yang dijadikan selai adalah bunga sakura dan bunga dandelion. Rasa selai bunga sakura mirip dengan buah ceri yang manis dan lembut. Manfaat dari bunga sakura ini adalah untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Sementara untuk selai bunga dandeloin di dalamnya terdapat kandungan antioksidan, vitamin kompleks, mineral, dan serat. Tidak hanya itu saja, bunga dandeloin diketahui juga mampu untuk meningkatkan metabolisme karbohidrat sehingga mengurangi penyerapan lemak. Apa kamu penasaran dengan rasa selai bunga ini?

Berbagai Jenis Selai Botolan dengan Rasa yang Lezat

Awani - Selai Pineapple with Ginger

Cara paling mudah menikmati selai dengan aneka roti dan camilan lainnya adalah dengan membeli selai botolan. Meski banyak selai kemasan yang dijual di pasaran, tapi tidak semuanya memiliki kualitas yang sama.

Salah satu selai botolan yang kualitasnya bagus dan baik dikonsumsi adalah Awani - Selai Pineapple with Ginger. Yakni selai rasa nanas dan jahe asli yang tidak menyebabkan lemak dan kolesterol.

Selai ini berkualitas tinggi dan dibuat secara handmade tanpa bahan pengawet. Awani Bali merupakan sebuah perusahaan makanan kecil yang terletak di desa Luwus, Tabanan.

Harga Rp. 96.000-102.000

Mariza Selai Cokelat

Marizafoods merupakan produsen makanan terutama selai yang sudah dikenal sejak dulu. Marizafoods sudah ada di Indonesia sejak tahun 1973 yang didirikan oleh Bapak Jatmatama dan istrinya Ibu Enggawati. Selai pertama yang diproduksi Marizafoods adalah selai sarikaya.

Dan kini pun Marizafoods masih terus berinovasi dalam memproduksi aneka rasa selai yang lezat. Salah satu selai dari Marizafoods yang banyak disukai adalah Mariza Selai Cokelat. Selai coklat dari Mariza diproses secara higienis menggunakan bahan-bahan pilihan yang berkualitas.

Selai yang disukai semua kalangan ini bisa menjadi teman untuk menyantap roti, es krim, dan berbagai camilan lainnya.

Harga Rp. 21.000-51.000

Star Strawberry Jam

Stroberi yang dikenal dengan rasanya yang asam manis juga diolah menjadi selai botolan yang lezat. Tidak hanya enak, namun buah stroberi juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Selai stoberi botolan berkualitas yang bagus dikonsumsi adalah Star Strawberry Jam. Star selai dibuat dari bahan-bahan pilihan dan produknya sudah disertifikasi halal dari MUI. Menariknya, selai ini juga bisa digunakan untuk membuat jus dan koktail.

Harga Rp. 13.000-18.000

Mackays Blueberry Preserve Selai

Selai buah yang juga banyak menjadi favorit karena rasanya yang enak dan segar adalah selai blueberry. Ternyata buah blueberry juga mengandung manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh sehingga baik untuk dikonsumsi.

Nutrisi yang ada dalam buah blueberry adalah vitamin A, B6, C, dan K, serat, mangan, tembaga, zat besi, kalium, zinc, dan mineral. Selai botolan buah blueberry yang bisa kamu jadikan pilihan untuk teman ngemil dan sarapan adalah Mackays Blueberry Preserve Selai.

Harga Rp. 72.000-95.000

Tropicana Slim Strawberry Jam Selai

Bicara soal Tropicana Slim, maka kita pun tahu bahwa selai dari brand ini rendah kalori dan bebas gula sehingga bagus untuk kesehatan. Selai rasa buah stroberi ini cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes ataupun yang sedang berdiet karena tanpa penambahan gula pasir.

Tropicana Slim Strawberry Jam Selai terbuat dari 100% buah stoberi asli. Rasa dan tekstur stroberi yang dimiliki selai ini juga terasa alami. Selai botolan rasa buah stoberi yang lebih sehat dan aman.

Harga Rp. 115.000-130.000

Selai Helios Fig Preserve

Bosan dengan rasa selai buah yang itu-itu saja? Kamu bisa mencoba Selai Helios Fig Preserve ini. Selai ini dibuat dari buah-buahan yang ada di Spanyol dengan rasa yang lezat. Selai buah ini juga dikenal menjadi selai yang paling lezat di Spanyol sehingga kamu harus mencobanya.

Pilihan rasa lainnya adalah strawberry, fig, orange, diet strawberry, blackberry, dan blueberry. Selai botolan dari buah terbaik ini bisa kamu nikmati bersama roti, pancake, dan berbagai camilan lainnya.

Harga Rp. 38.250-84.000

Smucker's Goober Grape Peanut Butter Jam

Nah, jika biasanya kamu mengkonsumsi selai kacang original, kini kamu juga harus coba selai kacang yang dikombinasikan dengan anggur berkualitas.

Seperti produk selai Smucker's Goober Grape Peanut Butter Jam ini. Selai kacang yang satu ini rasanya lebih enak dengan cita rasa segar.

Harga Rp. 64.500-129.000

Dynakat Chocmaltin Crunchy Cream Milk Selai

Kamu penggemar coklat pasti akan suka dengan Dynakat Chocmaltin Crunchy Cream Milk Selai ini. Selai botolan rasa cokelat ini dikombinasikan dengan selai kacang sehingga rasanya makin lezat.

Selai ini aman dikonsumsi karena diproses secara higienis menggunakan bahan-bahan pilihan terbaik. Cokelat bagus untuk mencegah diabetes, menurunkan tekanan darah, mengurangi kerusakan sel, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Harga Rp. 21.500

Colekin Marie Latte Coffee Kopi Selai

Satu lagi selai botolan dengan varian rasa baru adalah Colekin Marie Latte Coffee Kopi Selai. Selai rasa kopi latte ini tentunya disukai banyak orang, terutama bagi para pecinta kopi.

Selai ini selain menjadi olesan roti juga enak dijadikan toping aneka kue dan camilan. Selai botolan rasa kekinian ini wajib kamu coba jika sudah bosan dengan rasa selai yang biasa-biasa saja.

Harga Rp. 25.000-35.000

Alfamidi Strawberry Jam Selai

Sumber gambar https://www.blibli.com

Untuk kamu penggemar selai stroberi, masih ada pilihan selai botolan lainnya yang bisa kamu coba, yakni Alfamidi Strawberry Jam Selai. Selai olahan dari Alfamidi ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas dan diproses secara higienis.

Selai ini juga menghasilkan rasa selai buah stroberi yang istimewa. Cocok dinikmati untuk roti ataupun isian kue kering untuk menambah cita rasa. Selai stroberi berkualitas dari Alfamidi ini bisa kamu beli di Blibli seharga Rp 19.900.

From our editorial team

Yuk, Stok Beberapa Rasa dari Selai Botolan yang Enak Ini!

Sarapan praktis di pagi hari memanglah sepotong roti tawar yang diolesi selai. Kamu yang selalu mengandalkan sarapan dengan roti tidak ada salahnya untuk menstok beberapa selai dengan rasa yang berbeda agar tidak bosan. Dan beberapa dari selai botolan yang sehat ini bisa kamu jadikan pilihan.