10 Rekomendasi Microwave Berdaya Rendah yang akan Membantu Pekerjaanmu di Dapur (2020)

10 Rekomendasi Microwave Berdaya Rendah yang akan Membantu Pekerjaanmu di Dapur (2020)

Microwave menjadi salah satu peralatan dapur yang wajib kamu miliki. Agar tagihan listrik tidak jebol, kamu bisa memilih microwave yang berdaya rendah. Jangan khawatir, melalui artikel ini BP-Guide akan memberikan rekomendasi microwave berdaya rendah hanya untukmu.

Microwave Adalah Perlengkapan yang Wajib Punya di Dapur

Memasak adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dan dilakukan hampir setiap hari. Bukan rahasia bahwa perlengkapan dapur akan menunjang kegiatan memasak dan membuat kamu semakin bersemangat. Salah satu peralatan yang wajib dimiliki adalah microwave.

Di dapur rumah tangga masa kini, sepertinya microwave adalah benda yang sangat sering ditemui. Microwave adalah alat masak multifungsi yang akan memudahkan kamu dalam memasak. Kamu bisa melakukan banyak hal dengan satu alat sederhana ini.

Seperti namanya, microwave bekerja dengan memancarkan radiasi gelombang mikro melalui makanan yang kemudian memicu munculnya molekul air hingga makanan saling bergesekan dan memproduksi panas. Suhu panas inilah yang kemudian membuat makanan cepat matang.

Hebatnya lagi, panas dari molekul ini tidak akan menyebabkan wadah seperti plastik khusus, gelas, dan keramik ikut menyerap panasnya. Ini membuat wadah yang digunakan untuk menghangatkan akan memasak makanan dengan microwave tidak ikut leleh atau terbakar.

5 Fungsi Microwave yang Perlu Kamu Ketahui

Mengukus Makanan Dalam Suhu yang Tinggi

Jika kamu butuh mengukus makanan dengan suhu tinggi melebihi 100 derajat Celcius, maka sangat disarankan untuk menggunakan microwave. Suhu yang sangat tinggi akan membantu menghilangkan lemak-lemak dari makanan sehingga menghasilkan makanan yang lebih sehat.

Memasak makanan dengan cara dikukus sangat populer di kalangan orang-orang yang menjalani gaya hidup sehat. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan cara ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli microwave.

Memasak Lebih dari Satu Makanan Sekaligus

Fungsi kedua dari microwave yang wajib kamu ketahui adalah benda ini dapat memasak lebih dari satu makanan sekaligus dalam waktu bersamaan. Ini karena microwave mampu mengalirkan panas ke semua ruangan di dalamnya secara merata.

Kamu bisa memasak dua makanan sekaligus dalam satu waktu, sehingga sangat membantu kamu saat sedang terburu-buru. Misalnya kamu bisa memanggang ikan dan daging dalam waktu bersamaan dan akan matang secara sempurna.

Tetapi kamu juga harus mempertimbangkan berat daging dan ketebalannya. Agar bisa matang bersamaan dengan ikan, jangan memanggang daging yang terlalu banyak dan tebal.

Menggoreng Makanan Tanpa Menggunakan Minyak

Tergantung jenis dan macamnya, ada juga lho microwave yang bisa digunakan untuk menggoreng makanan tanpa harus menggunakan minyak. Caranya dengan mengalirkan uap panas ke dalam microwave.

Kamu juga bisa membungkus makanan dengan menggunakan aluminium foil yang bisa menyerap dan meratakan panas. Karena tanpa minyak, makanan yang dihasilkan pun lebih sehat dan bebas dari lemak.

Memasak Secara Otomatis

Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan yang satu ini, namun salah satu keunggulan microwave adalah kemampuannya untuk memasak makanan secara otomatis. Yang dimaksudkan dengan otomatis ialah kamu bisa mengatur waktu pemanasan sesuai keinginan.

Setiap microwave bisa digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan, sesuai dengan jenisnya. Biasanya semakin mahal harga microwave, maka semakin banyak pula fitur dan jenis makanan yang bisa dimasak.

Cocok Untuk Makanan Fermentasi

Ada microwave tertentu yang bisa digunakan untuk membuat cake dan roti. Microwave jenis ini bisa membuat ragi yang ditambahkan ke dalam adonan kue agar bekerja dengan lebih baik.

Jika kamu ingin memanfaatkan ini, kamu bisa memilih convection microwave. Jenis kue yang bisa dimasak di dalam microwave antara lain adalah pizza.

Ragam Jenis Microwave yang Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Microwave Biasa

Jenis yang paling umum dan paling banyak dimiliki adalah microwave biasa. Selain bisa digunakan untuk memanaskan atau menghangatkan makanan, kamu juga dapat menggunakan microwave ini untuk mencairkan makanan yang beku.

Sayangnya, fitur yang ada pada microwave ini sangat terbatas. Tidak disarankan untuk memanggang makanan dalam microwave ini. Namun jika kamu hanya ingin sekadar menghangatkan makanan saja, microwave ini adalah yang paling cocok untukmu.

Grill Microwave

Dari segi fungsi, microwave ini mirip dengan microwave biasa. Namun satu keunggulan yang dimiliki adalah dapat digunakan untuk memanggang makanan.

Fitur inilah yang tidak dimiliki oleh microwave biasa. Meski harganya sedikit lebih mahal, fitur yang kamu dapatkan akan sebanding dengan harga yang dibayar.

Convection Microwave

Terakhir ada convection microwave yang lebih canggih dari kedua jenis microwave sebelumnya. Teknologi convection microwave termasuk canggih hingga dapat mengembuskan udara panas.

Dengan demikian, suhu panas yang dipancarkan di dalam microwave bisa lebih merata. Microwave jenis ini juga sangat baik untuk memasak makanan renyah.

Rekomendasi Microwave Berdaya Rendah

Panasonic NN-GD692STTE Microwave Oven Grill Inverter

Jadikan memasak lebih mudah dan menyenangkan dengan Panasonic NN-GD692STTE Microwave Oven Grill Inverter. Microwave ini sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan suhu dan waktu, sehingga kamu bisa melakukan aktivitas lain selagi menunggu masakan matang.

Produk ini termasuk microwave pintar yang sudah dilengkapi dengan fitur Child Lock sehingga aman dari jangkauan si kecil di rumah. Kapasitas microwave ini cukup besar yaitu 31 liter. Daya listrik maksimal microwave adalah 1050 watt pada mode pemanggang.

Pintu kaca transparan pada microwave dibuat sangat kuat dan mudah dibuka tutup, sehingga selama proses memasak kamu bisa melihat makanan yang ada di dalamnya.

Harga Rp. 2.500.000-3.500.000

Panasonic NN ST 32HM

Rekomendasi produk kedua masih datang dari Panasonic. Kali ini serinya adalah Panasonic NN ST 32HM. Microwave digital ini memiliki kapasitas 25 liter dengan fitur dan desain yang sangat modern. Tombol sentuhnya membuat tampilan microwave ini terlihat canggih dengan pintu yang tampak seperti cermin.

Fitur unggulan dari produk ini adalah deforst dan reheat. Daya yang dibutuhkan juga rendah, hanya 450-750 watt. Sembilan auto menu yang menyertai microwave ini akan memungkinkan kamu untuk berkreasi dengan berbagai macam masakan.

Microwave ini juga dapat menampung wadah makanan yang cukup besar dengan piringan diameter hampir 30 cm.

Harga Rp. 1.500.000-2.700.000

Sharp R-728(S)-IN Microwave Oven 25 L

Selanjutnya ada Sharp R-728(S)-IN Microwave Oven 25 L yang dibekali dengan fitur-fitur canggih nan lengkap. Sangat bermanfaat buat kamu yang sering memasak dalam porsi besar sekaligus. Tanpa perlu mengeluarkan tenaga ekstra, kamu dapat memasak banyak makanan. Sebut saja ayam, daging, pai, roti, dan lain sebagainya.

Kapasitas microwave ini cukup besar mencapai 25 liter. Beberapa fitur unggulan dari microwave yang sangat disukai oleh penggunanya adalah defrost yang dapat mencairkan bunga es pada daging beku dalam waktu singkat tanpa mengubah kualitas daging.

Belum lagi desain yang sangat keren dan menggoda dengan pintu kaca di bagian depan. Pilihan warna yang tersedia untuk produk ini adalah hitam, silver, dan putih.

Harga Rp. 1.200.000-2.000.000

Sharp R-21D0(S)IN Straight Microwave Oven

Kalau kamu mencari microwave dengan fitur yang cukup lengkap, desain modern, namun harganya terjangkau, maka produk yang satu ini bisa jadi jawabannya. Sharp R-21D0(S)IN Straight Microwave Oven adalah microwave dengan desain simpel namun tetap terlihat elegan.

Tersedia dalam pilihan warna hitam dan silver yang bisa kamu sesuaikan dengan interior dapurmu. Kapasitas microwave ini cukup untuk makanan porsi kecil dengan konsumsi daya listrik yang sangat rendah yaitu hanya 450 watt saja. Microwave yang ringkas ini memiliki dimensi 52 x 40,7 x 32 cm dengan bobot hampir 10 kilogram.

Harga Rp. 850.000-1.500.000

Sanyo EM-G1073V Microwave Oven

Sanyo EM-G1073V Microwave Oven memiliki 5 pilihan power yang bisa disesuaikan dengan tekstur, jenis, dan ukuran makanan yang akan diproses di dalamnya. Tray di dalam microwave memiliki diameter dengan ukuran 245 mm yang dapat berputar.

Pintu microwave terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh dan kuat, menjamin ketahanan dan keawetan produk microwave yang satu ini. Panel yang ada di bagian depan microwave memudahkan kamu untuk mengatur pengoperasian alat ini, sekaligus menambah nilai visualnya.

Kapasitas microwave ini adalah 17 liter dengan daya listrik 700 watt untuk mode normal dan 800 watt untuk model grill.

Harga Rp. 800.000-1.500.000

Modena MO-2004 Microwave

Ketika membahas produk elektronik rumah tangga, tentu saja tidak bisa meninggalkan Modena. Rekomendasi produk berikutnya adalah Modena MO-2004 Microwave. Ini termasuk salah satu microwave oven terbaik yang dibekali dengan banyak fitur serba guna dan bermanfaat. Salah satunya menjaga si kecil yang suka menyentuh microwave yang panas.

Salah satu keunggulan dari microwave ini adalah hemat listrik dan rendah daya, sehingga tidak akan membuat tagihan listrikmu jebol. Agar makanan dapat matang secara merata, microwave ini dilengkapi dengan piringan yang mampu berotasi. Didukung dengan timer dan 5 macam pilihan power yang dapat disesuaikan dengan tingkat kematangan makanan.

Harga Rp. 1.200.000-3.000.000

Oxone OX-77D Microwave

Microwave merupakan peralatan elektronik yang dibutuhkan di dapur supaya kegiatan memasak menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Salah satu produk yang sangat direkomendasikan adalah Oxone OX-77D Microwave. Oxone memang sudah sejak lama terkenal sebagai produsen alat elerktonik rumah tangga yang dapat dipercaya.

Konsumsi daya listrik yang rendah menjadi alasan mengapa kamu wajib memiliki microwave yang punya banyak fungsi ini. Microwave dari Oxone dapat menjadi pemanas, pemasang, penghangat, hingga pemanggang. Bisa juga digunakan untuk mencairkan makanan yang beku. Kapasitas microwave adalah 20 liter, bisa digunakan untuk memproses makanan dalam jumlah besar.

Harga Rp. 2.500.000-4.500.000

Cosmos CO-9919 R Microwave Oven

Microwave yang bagus tidak harus mahal, yang penting sesuai kebutuhan. Cosmos CO-9919 R Microwave Oven dijual dengan harga terjangkau, namun secara fungsi sudah cukup oke untuk membantu kamu di dapur. Microwave oven ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu 19 liter.

Dengan harga di bawah Rp 1 jutaan, kamu sudah bisa meggunakan microwave oven ini untuk memanggang 1 ekor ayam utuh. Cocok banget untuk kamu yang suka masak besar di acara kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Harga Rp. 350.000-600.000

Modena MK 2004 Microwave Oven

Satu lagi rekomendasi microwave oven dari Modena yang layak kamu pertimbangkan. Modena MK 2004 Microwave Oven mendapatkan garansi resmi selama 1 tahun, jadi kamu tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan. Kapasitas produk ini juga sangat besar, mencapai 20 liter.

Dilengkapi pula dengan 5 power level dengan tray yang dapat diputar di dalamnya. Microwave ini juga memiliki safety lock yang merupakan fitur tambahan, sehingga aman untuk si kecil yang suka penasaran dengan barang-barang elektronik yang ada di rumah.

Harga Rp. 1.000.000-2.000.000

Aqua AEMS-2612S Microwave Digital

Rekomendasi microwave terakhir yang memiliki daya rendah adalah Aqua AEMS-2612S Microwave Digital. Microwave ini memiliki 11 pengaturan power dengan daya listrik hanya 400 watt saja. Pilihan yang tepat untuk rumah tangga muda atau untuk kamu yang sedang ingin menekan pengeluaran.

Microwave ini memungkinkan kamu untuk memiliki kontrol penuh terhadap makanan yang kamu masak ke dalamnya. Keunggulan lain dari produk ini adalah pemasangan kunci ekstra untuk pengamanan si kecil yang sewaktu-waktu menjangkau microwave saat sedang beroperasi. Microwave ini juga memiliki fitur defrost yang sangat bermanfaat.

Harga Rp. 900.000-1.500.000
From our editorial team

Agar Microwave Semakin Awet, Jangan Lupa Jaga Kebersihannya, Ya!

Menjaga kebersihan microwave sangat penting agar alat tersebut tetap bisa berfungsi dengan baik. Setelah menggunakan microwave, biasakan mengelapnya supaya tidak ada sisa-sisa makanan yang mengendap di dalamnya. Jika kamu belum punya microwave, pilih dari rekomendasi produk BP-Guide di atas, ya!