10 Rekomendasi Merek Oven Gas Terbaik untuk Memulai Usahamu (2020)

10 Rekomendasi Merek Oven Gas Terbaik untuk Memulai Usahamu (2020)

Bisnis kue kering memang sangat menjanjikan, terutama di musim Ramadhan dan Idul Fitri. Jangan ketinggalan, kamu bisa mengubah hobimu membuat kue menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan, lho. Sebelum itu, lengkapi dulu peralatan dapurmu dengan rekomendasi merek oven gas terbaik dari BP-Guide berikut ini.

Dalam Berbisnis Kue, Oven Menjadi Alat Utama yang Wajib Kamu Miliki

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, bisnis kue kering sangat menjanjikan. Kue kering adalah jajanan wajib yang harus tersaji di meja untuk menyambut tamu dan para saudara. Kamu tertarik untuk mencoba bisnis kue kering di bulan Ramadhan ini?

Salah satu alat terpenting yang harus ada adalah oven. Fungsi oven adalah memanggang adonan agar menjadi kue kering lezat yang siap dinikmati. Tanpa adanya oven, mustahil untuk menghasilkan kue kering yang lezat.

Oven dengan kualitas yang baik dan fitur-fitur unggulan akan semakin memudahkan pekerjaanmu dalam membuat kue. Ada banyak merek oven yang dijual di pasaran dengan kelebihan dan harga yang berbeda.

Sebagai langkah awal berbisnis kue kering, pastikan dulu kamu melengkapi semua peralatan yang dibutuhkan, termasuk oven untuk memanggang kue.

Berbagai Jenis Oven yang Dijual di Pasaran

Oven Listrik

Sumber gambar thekitchenappliance.com

Oven yang menggunakan listrik sebagai sumber daya adalah jenis oven yang paling praktis dan mudah digunakan. Ukuran oven listrik bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, ada juga lho oven listrik yang multifungsi karena merangkap sebagai microwave.

Keunggulan dari oven listrik adalah suhu dan waktu memanggang yang bisa diatur. Tinggal tekan dan atur, kamu bisa meninggalkan oven dan melakukan hal lainnya tanpa khawatir makanan akan gosong. Oven listrik juga punya dua fitur panas yaitu api bawah dan api atas yang bisa digunakan secara terpisah atau langsung sekaligus.

Oven Konveksi

Sumber gambar blog.duniamasak.com

Ciri khas dari oven konveksi adalah kipas yang ada di dalam oven. Kipas ini berfungsi untuk memutar udara panas di dalam oven ketika dinyalakan sehingga panas oven bisa tersebar secara merata dan tidak terpusat hanya pada satu titik saja.

Makanan yang dipanggang di dalam oven ini bisa matang dengan sempurna dan dari segi waktu jauh lebih efisien. Penggunaan oven ini menghemat waktu hingga 10 sampai 20 persen dibandingkan dengan oven biasa. Waktu dan suhu juga bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan.

Oven Konvensional

Sumber gambar zonapasar.com

Oven konvensional ini sering ditemukan di rumah-rumah di Indonesia. Kompor ini menyatu dengan kompor gas, tepatnya di bagian bawah tungku kompor. Tenaga yang digunakan oleh oven konvensional berasal dari listrik dan gas.

Keunggulan yang ditawarkan oleh oven ini adalah bodinya yang kuat dan kokoh serta fitur lengkap lainnya seperti pengaturan suhu, waktu, dan lampu di dalam oven. Ukuran oven ini biasanya cukup besar sehingga bisa digunakan untuk memanggang kue dan makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Sayangnya, oven ini punya sistem pemanasan yang kurang merata.

Oven Kompor

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Di antara semua jenis oven yang ada, mungkin oven ini yang paling tradisional. Inilah oven yang dipanaskan dengan kompor dan sering disebut oven tangkring atau otang. Oven ini terbuat dari besi dan alumunium yang bisa menghantarkan panas dengan baik dan merata.

Ada dua jenis oven kompor yang bisa dipilih yaitu yang bagian atasnya lurus dan yang memiliki cekungan. Oven yang memiliki cekungan biasanya digunakan untuk memanggang kue, dan di dalam cekungan tersebut diberi arang untuk memberikan panas dari sisi atas.

Dari segi harga, oven ini tentu yang paling ekonomis. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, oven ini hanya cocok untuk penggunaan pribadi saja hingga bisnis skala kecil. Keunggulan oven ini tentu mudah dipindahkan dan lebih cepat panas.

Sayangnya tidak ada pengaturan suhu pada oven sehingga kamu harus sering-sering mengeceknya dengan termometer terpisah. Api kompor juga harus terus disesuaikan agar makanan di dalam oven tidak gosong.

Oven Gas

Sumber gambar https://shopee.co.id/

Untuk kamu yang tertarik berbisnis kue kering atau memang sudah merintis usaha ini, oven gas adalah jenis oven yang paling cocok untukmu. Oven ini mampu menampung kue dan makanan lainnya dalam jumlah besar. Karena kapasitas yang mumpuni, oven ini dibanderol dengan harga lumayan mahal.

Sesuai namanya, oven ini menggunakan panas yang bersumber dari gas LPG. Fitur panas pada oven ini bekerja secatra otomatis dan dilengkapi dengan sistem pemanasan atas dan bawah sehingga makanan dapat matang secara lebih merata.

Oven Gas Dapat Menjadi Pilihan Terbaik untuk Kamu yang Berjualan Kue

Tidak perlu bingung harus memilih oven jenis mana untuk mendukung usahamu berjualan kue kering. Oven terakhir yaitu oven gas bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu memulai usaha. Tanpa oven, mustahil rasanya kamu bisa menjalankan usaha dengan lancar.

Panas oven yang merata akan menjamin tekstur kue yang renyah dan anti gosong. Tapi, kamu juga harus menyiapkan budget yang cukup untuk membeli oven gas, ya!

Merek Oven Gas Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

Hock

Hock adalah merek kompor terkenal yang kini produknya juga lebih bervariasi. Produk lokal ini berada di bawah PT Hokinda Citralestari yang sudah berdiri sejak tahun 1968. Dengan pengalaman yang panjang, kualitas produknya tidak perlu diragukan lagi.

Oven Hock no 1 adalah oven yang juga dilengkapi dengan pengukur suhu sehingga kamu lebih mudah untuk mengatur panasnya. Fitur unggulan dari produk ini adalah fungsi putaran hawa yang bisa meratakan panas ke segala sisi oven sehingga kue dapat matang secara merata.

Oven ini terbuat dari bahan aluminium berkualitas dengan total berat 9,5 kg saja. Dapat digunakan untuk memanggang segala macam masakan mulai dari roti, kue, ayam, dan ikan. Dilengkapi juga dengan piring panggangan tahan panas yang memudahkan kamu menggunakannya.

Harga Rp. 815.000-900.000

Kiwi

Oven yang bagus adalah oven yang dilengkapi dengan pengaturan suhu sehingga panas yang ada di dalamnya dapat dikontrol dengan baik. Ini akan kamu temukan pada produk Oven Gas Kiwi ini. Oven ini menawarkan banyak kelebihan yang membuat kegiatan membuat kue menjadi mudah dan menyenangkan.

Tambahan kaki roda pada oven dapat memudahkan kamu untuk memindahkan oven. Oven terbuat dari bahan stainless steel berkualitas yang tebal, kuat, dan tidak mudah berkarat. Pipa api hitam mampu menyalurkan panas dengan cepat dan merata.

Pembelian oven ini akan mendapatkan bonus seperti selang dan regulator, loyang ukuram 45 x 45 cm sebanyak 4 buah, kaki oven, dan pemantik api.

Harga Rp. 2.080.000-3.850.000

Zeppelin

Satu hal yang menarik dari Artisan Oven keluaran brand Zeppelin ini adalah warna-warnanya yang sangat unik dan menarik. Setiap produk oven dilengkapi dengan termometer besar untuk melihat suhu oven. Menariknya, oven ini terbuat dari bahan plat galvalum 100% yang tebal, kuat, dan anti karat.

Body oven juga dilapisi dengan isolator untuk melindungi panas oven dan menyebarkannya secara merata. Produk asli Indonesia ini dapat digunakan untuk memanggang segala macam jenis kue kering, kue basah, hingga ayam. Bahannya kokoh sehingga dijamin awet dan tahan lama.

Ukuran oven di luar dari 90 x 56 x 74 cm, cukup besar untuk menampung roti dalam jumlah besar dalam satu kali waktu.

Harga Rp. 3.500.000-5.750.000

La Germania

Oven gas LaGermania F680 D9X memiliki kapasitas 65 liter dan dilengkapi fitur unggulan Active Fan Convection Gas Grill serta cooling fan yang menjaga suhu oven tetap stabil selama pemakaian.

Desain oven yang ergonomis membuatnya mudah dibersihkan. Penggunaan pintu kaca ganda di bagian dalam dan luar oven juga bisa dicabut untuk dibersihkan ketika sudah terlalu kotor. Suhu yang bisa dikeluarkan oven berkisar antara 50 sampai 250 derajat celcius.

Harga Rp. 17.308.125-20.078.000

Bima

Bima Master 8044 adalah oven gas selanjutnya yang cocok untuk kamu gunakan berbisnis kue kering. Fitur unggulan dari oven ini adalah panas api atas dan api bawah seperti oven listrik. Oven serbaguna ini dapat digunakan untuk memanggang roti, kue, dan makanan lainnya.

Api atas cocok digunakan untuk makanan seperti lapis legit, pastel tertutup, dan makanan lain yang berada di tahap akhir. Sementara itu api bawah lebih cocok untuk kue kering. Ukuran oven adalah 80 x 70 x 57 cm dengan 2 rak yang bisa menampung beberapa buah loyang sekaligus. Kamu bisa memanggang kue kering dalam jumlah besar tanpa harus memakan banyak waktu.

Harga Rp. 2.200.000-3.440.000

Rational

Pemilihan oven sangat menentukan dalam berhasil atau tidaknya kamu membuat kue. Jangan sembarangan, utamakan kualitas saat kamu akan membeli kompor. Rational 6 Tray Gas Automatic Oven Combi bisa jadi pertimbangan.

Oven ini hadir dalam dimensi 84,7 x 77,1 x 78,2 cm yang besar dan luas, mampu menampung hingga 6 loyang sekaligus dalam sekali waktu. Oven ini dapat digunakan untuk memanggang kue, roti, dan makanan yang lainnya. Kombinasi tenaga uap dan energi panas menghasilkan suhu panas ideal yang merata, mencegah makanan agar tidak gosong.

Harga Rp. 100.000.000-286.530.000

Golden Star

Oven Gas Golden Star M-40 adalah produk dari brand Golden Star yang sudah terkenal akan kalitasnya. Oven terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh serta mampu menyebarkan panas secara lebih merata. Fitur lainnya adalah sistem pengapian ganda atas dan bawah untuk memastikan kue bisa matang sempurna.

Lapisan cat bada body luar iven adalah cat tahan panas sehingga tidak akan luntur meski digunakan pada suhu tinggi mencapai 200 derajat celcius. Body oven memiliki ketebalan 0,8 mm dan dilengkapi dengan dua buah kaki yang kokoh.

Harga Rp. 3.000.000-5.840.000

Getra

Merek Getra tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Brand ini memiliki varian produk di bidang kebutuhan rumah tangga yang tidak terhitung jumlahnya.

Termasuk oven gas unggulan mereka, Getra RFL 13SS Gas Baking Oven. Alat pemanggang roti yang menggunakan tenaga gas ini terbuat dari body full stainless steel dan panas atas serta panas bawah.

Body oven terbuat dari bahan full stainless steel dengan pengaturan suhu maksimal 400 derajat celcius. Tampilan digital memudahkan kamu mengontrol suhu di dalam oven. Pembelian oven mendapatkan bonus loyang dengan ukuran 40 x 60 cm.

Harga Rp. 5.500.000-11.000.000

Modena

Oven gas dari brand Modena, yaitu Modena BO-2663 Oven Gas Prifilo hadir dalam warna hitam yang elegan. Oven ini memiliki tombol lampu terpisah yang tetap bsia dinyalakan meski oven sedang tidak digunakan. Oven ini memiliki dua pemanas, yaitu pemanas atas dan bawah yang dapat membuat kue matang secara merata.

Bahan pipa api yang digunakan adalah pipa hitam yang bisa menyalurkan panas secara cepat dan maksimal. Sementara itu bahan pembuat rak adalah kawat dan hollow.

Harga Rp. 6.500.000-7.883.900

Primax

Terakhir ada Primax PMX PCH 10301 Gas Oven yang dirancang khusus untuk memanggang adonan roti dan kue hingga matang sempurna. Oven dapat beroperasi secara otomatis dengan 3 deck rak, memungkinkan kamu memanggang banyak kue sekaligus.

Suhu pada oven dapat diatur mulai dari 30 sampai 300 derajat celcius. Tersedia alat pengukur suhu dan tampilan layar digital yang memudahkan kamu mengontrol panas oven agar tetap stabil.

Harga Rp. 7.500.000-10.886.800
From our editorial team

Pelajari Fiturnya, Jangan Sampai Salah Beli

Kapasitas oven gas yang sangat besar membuatnya ideal untuk membantumu memulai bisnis berjualan kue kering. Tapi kamu juga tidak boleh asal beli. Pastikan semua fiturnya bermanfaat untukmu dan sesuai dengab budget-mu. Yuk, pilih dari daftar rekomendasi BP-Guide di atas!