Sedang Mencari Oven Kompor? Inilah 10 Rekomendasi Merek Oven Kompor Terbaik untuk Dapurmu! (2020)

Sedang Mencari Oven Kompor? Inilah 10 Rekomendasi Merek Oven Kompor Terbaik untuk Dapurmu! (2020)

Oven Kompor atau oven tangkringan adalah solusi bagi kamu yang memiliki bujet terbatas namun ingin belajar memanggang kue ataupun masakan lainnya. Jangan underestimate dengan oven manual ini karena kamu tetap dapat menghasilkan makanan atau kue yang enak, lho. Yuk, cek dulu deh rekomendasinya!

Oven Kompor atau Otang menjadi Solusi untuk Kamu yang Ingin Belajar Baking namun Terkendala Listrik Mahal

Sumber gambar https://mase.id/

Biaya Tarif Dasar Listrik (TDL) semakin lama semakin tinggi, terutama untuk rumah dengan kapasitas listrik yang tidak mendapatkan subsidi. Sedangkan, oven listrik menggunakan kapasitas listrik yang besar hanya dengan sekali pemakaian. Hal ini bisa memicu pengeluaran besar yang tidak kamu perlukan.

Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan oven kompor, atau yang biasa disebut oven tangkring (otang). Mungkin sekilas, oven ini tampak sederhana dan kurang meyakinkan. Namun, otang ini bisa membantu kamu untuk memanggang berbagai masakan atau kue-kue dengan cara pemakaian yang tepat.

Otang ini cocok sekali bagi kamu yang baru saja mulai belajar baking. Dengan peralatan sederhana yang sangat mudah digunakan serta peralatan pendukung yang murah meriah, kamu bisa melakukan eksperimen sebanyak-banyaknya. Terutama, kalau kamu ingin belajar memanggang kue.

Keunggulan Oven Kompor

Harganya Murah

Sumber gambar https://www.blibli.com/

Oven tangkring hanya membutuhkan kompor, yang sudah pasti ada di rumah kamu, dengan bahan bakar yang biasa kamu gunakan. Namun, tidak hanya alat-alat pendukung otang ini yang murah, harga jenis oven ini sendiri juga tergolong murah. Selain itu, kamu bisa mendapatkannya di mana saja.

Oven jenis lain biasanya menggunakan teknologi yang tinggi, sehingga harganya pun menjadi mahal. Buat pemula, oven tangkring ini akan membantu menekan pengeluaranmu, selama kamu masih bereksperimen.

Mudah Dibawa

Sumber gambar https://shopee.co.id

Nama oven tangkring ini diberikan sesuai dengan cara penggunaannya, yaitu dengan cara nangkring di atas kompor. Oven ini biasanya terbuat dari besi atau alumunium yang mampu menghantarkan panas dengan baik, sehingga menghasilkan panas yang pas untuk memanggang kue.

Dengan metode penggunaannya ini, tentunya kamu bisa menebak bahwa ukurannya pun termasuk kecil. Tidak hanya itu, biasanya otang ini dibuat dengan bobot yang ringan, sehingga kamu bisa dengan mudah memindahkannya sesuai dengan kebutuhanmu.

Lebih Cepat Panas daripada Oven Listrik

Prinsip dari otang ini adalah menghantarkan panas dari sumber luar ke dalam oven yang akan menahan panas di dalamnya, hingga panas itu mampu memanggang kue atau masakan kamu hingga matang. Jadi, oven tangkring ini bisa menghasilkan panas lebih tinggi daripada oven listrik.

Karena mengandalkan sumber panas dari luar, kamu juga bisa mengatur suhu yang kamu butuhkan. Ada bahan-bahan masakan yang sangat sensitif terhadap suhu, sehingga kamu harus berhati-hati dalam memanggang. Contohnya saja, cokelat, yang sangat mudah gosong, bahkan hanya dengan selisih suhu yang sedikit saja.

Jenis masakan yang berbeda juga membutuhkan tingkat suhu yang berbeda-beda. Dengan memanfaatkan pengaturan besar-kecil api kompor, kamu juga bisa menyesuaikan suhu pada oven tangkring kamu.

Kekurangan Oven Kompor

Penempatan Harus pas Diatas Kompor

Oven tangkring ini tidak menggunakan teknologi rumit, jadi penggunaannya mudah. Namun, di sisi lain, itu artinya kamu harus mengatur oven jenis ini dengan cara manual. Termasuk, penempatannya di atas kompor.

Karena otang ini diletakkan begitu saja di atas kompor, tentunya kamu harus memastikan oven ini duduk dengan seimbang di atas kompor. Tentu saja, ini membutuhkan pengetahuan kamu sebagai pemilik otang, tentang bagaimana cara menyeimbangkannya. Ada pula yang membuat dudukan kompor khusus untuk oven agar oven lebih seimbang di atas kompor.

Masalahnya, kalau oven tidak berada dalam penempatan yang pas di atas kompor, suhu dalam oven juga sulit untuk tersebar dengan merata. Hasilnya, masakan kamu bisa gagal, terutama kue. Kalau panas oven tidak merata, ini akan menyebabkan tekstur dan bentuk kue berubah.

Ada yang Memiliki Penunjuk Suhu Ada yang Tidak

Sumber gambar https://www.olx.co.id

Ketika memasak, memahami suhu peralatan memasak sangat penting. Suhu yang tidak tepat akan menghasilkan masakan yang tidak sempurna, terutama kalau kamu memasak kue. Otang sendiri banyak yang sudah dilengkapi dengan termometer, sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan termometer lain untuk memastikan suhu memasak sudah tepat.

Namun, banyak juga otang yang belum mempunyai termometer. Untuk jenis oven tangkring seperti ini, kamu bisa juga membeli termometer oven secara terpisah, walaupun penggunaannya akan lebih rumit daripada termometer yang sudah terpasang pada oven.

Kalau kamu tidak menggunakan termometer, siap-siap hasil panggangan kamu tidak konsisten. Pada satu waktu terlalu matang, sedangkan pada waktu lain jadi kurang matang.

Rata-rata Tidak Punya Api Atas

Kekurangan oven tangkring ini adalah tidak memiliki sumber panas dari atas. Ada beberapa jenis masakan yang membutuhkan api di kedua sisinya, atas dan bawah. Salah satunya adalah kue lapis legit. Ini berarti kamu hanya memiliki pilihan yang terbatas kalau kamu menggunakan otang.

Ada pula oven tangkring yang memiliki ceruk di bagian atas yang berfungsi untuk arang sebagai sumber panas yang mengalir dari bagian atas oven. Namun, ini tidak selalu tersedia pada jenis otang. Di sisi lain, menggunakan arang tentunya akan membuat proses memasak lebih rumit, termasuk juga menimbulkan banyak kotoran pada oven yang akan sulit dibersihkan.

Solusi untuk ini, kamu bisa memindah-mindahkan loyang kue ketika memanggang. Loyang kue yang sebelumnya telah dipanggang di bagian atas bisa kamu pindahkan ke bagian bawah atau sebaliknya.

Rekomendasi Oven Kompor Terbaik

Oven Kompor Tangkringan Bima Susun 3

Oven tangkring yang satu ini menggunakan bahan plat alumunium. Alumunium paling cocok sebagai bahan baku peralatan memasak, karena bersifat anti karat serta menghantarkan panas dengan sangat baik.

Terdiri dari 3 susun rak, kamu bisa memanggang dalam jumlah yang cukup banyak sekaligus. Namun, kamu harus terus memperhatikan kondisi masakan kamu, karena susunan ini menghasilkan panas yang tidak rata. Sebaiknya, kamu terus mengecek kondisi kue kamu dan memindahkannya dari rak atas ke bawah, atau sebaliknya.

Ketika kamu baru membeli otang ini, pastikan kamu memanaskannya dahulu sebelum dipakai memanggang. Tidak perlu khawatir kalau kamu melihat asap atau bau gosong keluar dari oven ini, cukup mengulangi pemanasan beberapa kali hingga asap atau baunya hilang.

Harga Rp. 103.000-127.000

Oven Tangkring Pelangi

Oven tangkring pelangi ini mempunyai dudukannya sendiri, sehingga kamu bisa dengan mudah meletakkan otang ini di kompor kamu. Dengan lapisan powdercoasting anti panas di luarnya, kamu bisa memegang oven ini dengan aman ketika tengah memanggang.

Terbuat dari plat besi tahan karat, oven ini akan membantu kamu untuk menghasilkan kue-kue yang cantik. Selain menghantarkan panas dengan baik, sifatnya yang tahan karat akan lebih awet. Kalau kamu membeli oven ini, kamu akan mendapatkan 1 behel atau dudukan oven beserta 3 loyang pizza.

Terdapat 3 rak susun, sehingga kamu bisa membuat kue dalam jumlah cukup banyak. Dengan putaran hawa di atas, sehingga membuat kue lebih matang merata sekalipun ditaruh di rak bagian atas.

Harga Rp. 385.000-539.000

AS0 Oven Gas Kue Kompor Tangkring Carin 38 Otang Gas Oven

Salah satu kekurangan oven tangkring adalah ketika memanggang, bagian bodi oven menjadi panas sehingga sulit kalau kamu ingin memindahkan atau menyeimbangkannya lagi.

Kamu harus benar-benar menyeimbangkannya dari awal. Namun, oven tangkring dari Carin ini melapisi plat bodi oven dengan powder coating sehingga mengurangi panas pada bodi oven.

Terbuat dari besi yang cukup tebal, oven Carin ini menghasilkan panas yang merata untuk mematangkan kue kamu. Karena dilapisi oleh powder coating, oven ini juga lebih mudah dibersihkan. Sifatnya yang anti-karat juga membuatnya lebih awet.

Harga Rp. 215.000-538.000

Hock Oven Alumunium No 4

Terbuat dari alumunium, oven ini akan menghantarkan panas dengan baik untuk mematangkan masakan kamu. Dengan plat alumunium yang tebal, panas ini juga akan tertangkap dengan baik, menghasilkan putaran hawa di bagian atas oven, sehingga menghasilkan panas yang merata.

Oven ini bisa kamu gunakan untuk memasak berbagai macam masakan, dari kue hingga lauk panggangan. Penggunaannya juga semakin mudah karena dilengkapi dengan termometer manual, sehingga kamu bisa memastikan masakan kamu dimasak hingga sempurna.

Kalau kamu membeli oven ini, kamu juga akan mendapatkan 3 rak susun dengan tambahan 2 loyang pemanggang serta kawat penyangga. Kamu juga akan mendapatkan tempat untuk memanggang ayam.

Harga Rp. 310.000-324.500

Oven Aluminium Bulat Untuk Kompor LPG

Buat kamu yang tinggal sendiri, tentunya tidak perlu memasak dalam jumlah banyak, sehingga oven yang satu ini cocok sekali untukmu.

Model ini juga cocok buat kamu yang memiliki banyak aktivitas, tapi juga ingin tetap memasak. Modelnya yang bulat dan ringkas membuatnya mudah untuk dipindahkan serta mudah dibersihkan.

Terbuat dari alumunium yang bisa menghantarkan panas dengan baik, oven ini akan membantumu memanggang masakanmu dengan baik. Karena modelnya yang ringkas, panas akan dengan mudah merata ke seluruh area oven.

Bahan alumunium ini juga jauh lebih mudah untuk dibersihkan. Selain itu alumunium bersifat anti-karat sehingga oven ini bisa kamu gunakan dalam waktu lama.

Harga Rp. 260.000-374.000

Oven Hock No. 3

Sebagai orang yang suka memanggang, tentunya kamu membutuhkan peralatan yang berkualitas. Oven Hock no.3 ini telah memiliki sertifikasi ISO 9001:2000, ISO 9001:2008, ISO 7368:2007, membuktikan kualitasnya tidak setengah-setengah.

Oven tangkring satu ini terbuat dari bahan alumunium yang tebal, sehingga mampu menahan panas dan menyebarkan panas itu di dalam oven. Selain itu, bahan alumunium bersifat anti-karat serta kuat dan tahan lama. Kamu juga bisa membersihkan bahan alumunium dengan mudah.

Untuk mematangkan masakan dengan sempurna, tidak terlalu matang atau kekurangan, kamu perlu memperhatikan suhu pada peralatan masak kamu.

Oven Hock no.3 ini memiliki termometer yang bisa membantu kamu untuk selalu mengecek suhu di dalam oven. Kalau kamu membeli oven ini, kamu juga mendapatkan 2 loyang bakar, 1 kawat serta tempat arang.

Harga Rp. 390.000-420.000

Oven Kompor Micky Mouse

Oven kompor sangat praktis dalam penggunaannya. Tinggal kamu seimbangkan di atas kompor, dan tunggu hingga masakan matang.

Oven tangkring Mickey Mouse ini juga memberikan kemudahan dalam memanggang masakan kamu. Dengan rak 3 susun, kamu bisa memanggang kue dalam jumlah cukup banyak sekaligus.

Berbahan plat tebal yang anti-penyok, plat ini juga dapat menghantarkan panas dengan baik. Dengan ketebalannya, plat ini juga membantu menahan panas di dalam oven, sehingga masakan kamu akan matang dengan baik.

Dengan harga yang terjangkau serta alat-alat pendukung yang pasti tersedia di rumah kamu, seperti kompor dengan gasnya, kamu bisa memakainya sesering yang kamu mau.

Harga Rp. 185.000-274.000

Oven Hock No. 1 Pemanggang Kue Kompor Aluminium

Oven Hock no.1 telah dilengkapi dengan termometer, sehingga kamu bisa memastikan suhu oven. Selain itu, oven ini mempunyai putaran hawa di bagian atas oven.

Kalau kamu memanggang hingga rak teratas oven ini, kamu bisa membuka putaran hawa bagian atas dan panas akan bergerak memusat ke bagian atas dan mematangkan masakan kamu secara merata.

Dengan bahan alumunium yang tebal, oven ini akan menghantarkan panas ke seluruh ruang oven, serta menahannya, sehingga masakan kamu akan lebih cepat matang. Dengan sifatnya yang anti-karat, oven ini akan lebih awet serta mudah dibersihkan.

Harga Rp. 815.000-900.000

Oven Kompor Butterfly

Oven kompor Butterfly ini termasuk salah satu merek oven tangkring yang digemari di pasaran. Dengan kualitas yang baik, oven kompor yang satu ini sangat praktis untuk membantu memanggang masakan kamu.

Bahan alumunium adalah bahan yang paling tenar untuk alat memasak. Hal ini dikarenakan sifatnya yang anti-karat serta mudah menghantarkan panas dengan baik. Oven kompor ini juga menggunakan bahan alumunium yang tebal den berkualitas. Jadi, kamu bisa memasak berulang-ulang dengan oven ini dalam waktu lama.

Oven kompor ini mempunyai 3 rak susun untuk memanggang masakan kamu lebih banyak. Dengan termometer manual yang tersedia, kamu bisa lebih mudah memastikan masakan kamu matang dengan pas. Kalau kamu membelinya, kamu juga mendapatkan 2 buah loyang penyangga.

Harga Rp. 355.000-365.000

Oven Tangkring Hock No. 2 Susun Tiga

Hock telah terkenal meluncurkan produk-produk pemanggang yang berkualitas. Hock juga memproduksi oven tangkring no.2 ini. Fitur-fitur yang diberikan mirip dengan seri sebelumnya.

Berbahan alumunium yang tebal, oven ini bisa menahan panas dengan baik di dalam oven, untuk membantu kamu mematangkan masakan. Ditambah lagi dengan sifat karat dari alumunium, oven ini akan bertahan lama untuk membantu kamu memasak. Kelebihan lain dari alumunium ini juga mudah dibersihkan, sehingga tidak memakan banyak waktu kamu.

Oven tangkring ini menyediakan tempat arang buat kamu yang ingin memanggang masakan secara merata. Jadi, masakan di bagian atas rak tetap akan matang dengan baik. Dilengkapi dengan termometer manual, kamu bisa dengan mudah mengecek suhu oven, sehingga masakan akan matang dengan pas.

Harga Rp. 640.000-675.000
From our editorial team

Oven Tangkring Jadi Solusi Terbaik untuk Memanggang

Proses memasak dengan cara memanggang tidak perlu khawatir lagi karena bisa menggunakan oven tangkring. Walaupun memang beberapa diantaranya tidak memiliki pengatur suhu, namun oven yang satu ini sangat hemat karena tidak menggunakan energi listrik saat proses pemanggangan. Jadi, tidak perlu berkecil hati jika tidak memiliki oven listrik karena pven tangkring pun dapat menghasilkan makanan yang enak.