Mesin Cuci Piring, Alat Elektronik Terbaru yang Makin Digandrungi di 2020!

Mesin Cuci Piring, Alat Elektronik Terbaru yang Makin Digandrungi di 2020!

Mencuci piring bisa jadi kegiatan yang sangat menyita waktu, tapi harus kamu lakukan untuk menjaga dapur tetap bersih. Tidak perlu repot, kini kamu bisa menggunakan mesin cuci piring yang lebih praktis dan efisien. BP-Guide punya rekomendasinya nih buat kamu.

Mesin Cuci Piring Kini Menjadi Peralatan Elektronik Baru yang Mulai Diminati

Sumber gambar appliancesonline.com.au

Mencuci piring merupakan sebuah kebutuhan, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan tersebut menyita banyak waktu dan tenaga. Belum lagi bakteri yang bersarang pada spons pencuci serta kandungan bahan kimia yang menempel pada piring akibat bersentuhan dengan sabun cuci piring.

Untungnya, kini ada produk elektronik yang akan membuat kegiatan mencuci piring menjadi lebih mudah. Mesin pencuci piring dapat menghilangkan kotoran dengan cara yang cepat, mudah, dan aman. Tidak perlu repot-repot, kamu tinggal membuang sampah sisa makanan saja, lalu letakkan piring kotor ke dalam mesin.

Di Indonesia, penggunaan mesin pencuci piring mungkin tergolong baru. Namun teknologi ini ternyata sudah familiar di Amerika Utara sejak tahun 1970-an, lho. Dengan semprotan air panas pada suhu 55-75 derajat Celcius, piringmu dijamin bersih dan bebas dari bakteri.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Mesin Cuci Piring

Ukuran

Sumber gambar kitchenarea.in

Saat akan membeli mesin cuci piring, pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Mesin pencuci mini ukuran 18 inci ideal untuk keluarga dengan anggota 3-4 orang. Tapi jika keluargamu lbeih besar lagi, sebaiknya gunakan mesin pencuci berukuran 24 inci yang dapat memuat hingga 14 piring.

Agar mesin pencucimu kuat dan awet, pilih yang terbuat dari bahan stainless steel. Meski ada juga yang terbuat dari bahan plastik, mesin tersebut cenderung tidak tahan air.

Tipe

Sumber gambar reviewed.com

Hal kedua yang harus dipertimbangkan adalah tipe mesin. Tipe mesin cuci piring ada 3: countertop, portabel, dan built-in. Tentu ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tipe countertop dan portabel yang mudah dipindahkan cocok untuk kamu yang punya rumah mungil atau masih mengontrak. Sementara tipe built-in biasanya lebih mahal karena bisa disesuaikan dengan bentuk dapurmu.

Kebutuhan Energinya

Sumber gambar homeguide.sfgate.com

Lihatlah label penggunaan daya yang tertempel di bagian depan mesin pencuci piring. Besarnya daya tentu akan berpengaruh pada tagihan listik yang harus kamu bayar. Pilihlah mesin pencuci piring yang hemat energi.

Selain itu, perhatikan juga kinerja pengeringan mesin. Jangan sampai suhu pengeringan mesin terlalu tingga sehingga bisa membakar tanganmu saat memasukkan piring ke dalam mesin.

Kekuatan Mesin

Sumber gambar sfwff.com

Kekuatan putaran mesin cuci akan berpengaruh pada kinerjanya dalam membersihkan kotoran pada piring. Waktu perputaran yang disarankan adalah 80-140 menit, jadi pilih mesin cuci yang bekerja di antara kedua waktu tersebut. Tidak perlu mencuci piring terlalu lama karena durasi waktu tidak berpengaruh pada kebersihan peralatan yang dicuci.

Dana

Sumber gambar freepik.com

Ini dia hal terpenting yang harus menjadi pertimbanganmu saat akan membeli mesin cuci piring. Pastikan kamu punya bujet yang cukup, ya. Pikirkan juga apakah mesin cuci piring merupakan kebutuhan yang mendesak saat ini.

Tidak perlu memaksakan diri hingga mencari dana tambahan yang justru akan membebani kamu nantinya. Carilah mesin cuci piring yang sesuai dengan bujetmu, tetapi tetap bisa memenuhi kebutuhanmu.

Rekomendasi Mesin Pencuci Piring

Panasonic FD-S03S1 Dish Dryer

Sumber gambar shopee.co.id

Panasonic FD-S03S1 Dish Dryer melakukan proses sterilisasi dengan uap panas kering, jadi kamu tidak perlu mengelap piringmu kembali. Mesin yang satu ini menggunakan suhu 70 derajat Celcius yang mampu membunuh bakteri dan jamur. Agar hasilnya bisa maksimal, sebaiknya cuci terlebih dahulu semua peralatan dengan sabun dan dibilas dengan air.

Mesin ini memiliki daya mininum 236 watt dengan voltase 220V. Ruang penyimpanannya luas, praktis, dan higienis. Tersedia di Shopee seharga Rp 849.500.

Modena WP 600 Dishwasher

Sumber gambar www.blibli.com

Produk dari Modena ini dapat membersihkan peralatan makan dengan sempurna, praktis, dan tanpa ribet. Alat pencuci piring ini dibuat dengan teknologi modern untuk menghemat waktu dan tenagamu. Dengan semprotan yang kuat, mesin ini tidak menghabiskan terlalu banyak air. Dilengkapi dengan detergent box untuk mengontrol kadar sabun dengan mudah serta rinse aid yang bisa dibuka tutup untuk pengisian ulang.

Modena WP 600 Dishwasher memiliki 6 pilihan mode operasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa membelinya di Blibli seharga Rp 8.050.000.

Tecnogas TDW191 Dishwasher

Sumber gambar www.blibli.com

Mesin pencuci piring dari Tecnogas ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi dengan kapasitas besar. Ada 7 program pilihan mencuci yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta 4 pilihan nose air atas dan bawah. Mesin ini juga dilengkapi dengan pelembut air, indikator garam, dan delay start.

Dengan dimensi 59,5x54x82 cm, praktis dan tidak memakan banyak tempat. Terdapat lampu indikator yang menandai mesin sedang bekerja, memudahkan kamu untuk mengawasinya. Tecnogas TDW191 Dishwasher tersedia di Blibli seharga Rp 14.214.375 dari harga awal Rp 21. 375.000.

Beko DFN16410X Stainless Steel Dishwasher

Sumber gambar www.tokopedia.com

Beko DFN16410X Stainless Steel Dishwasher memiliki fitur Auto Program yang dapat dideteksi oleh sensor untuk menentukan siklus pencucian secara otomatis. Kamu tidak perlu repot memilih program sendiri. Mesin ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dengan layar LED untuk memudahkan kontrol.

Mesin ini memiliki kapasitas air 11 liter dengan dimensi 59,8x85x60 cm. Kamu bisa memiliki mesin model freestanding ini dengan membelinya di Tokopedia seharga Rp 8.457.000.

Getra GTA EASY-500 Dishwashing Machine

Sumber gambar www.blibli.com

Mesin pencuci piring dari GEA bekerja efektif dan efisien untuk membantu pekerjaanmu dalam mencuci piring. Dapat digunakan di mana saja termasuk rumah tangga, hotel, kafe, dan restoran. Mesinnya terbuat dari bahan stainless steel yang kuat terhadap air dan tahan lama.

Pekerjaan mencuci piring menjadi lebih muda, serta lebih bersih dari berbagai jenis bakteri dan kuman. Yuk, segera miliki dengan membelinya di Blibli seharga Rp 31.100.000.

Ariston LLK 7S112 X EX Mesin Cuci Piring

Sumber gambar www.blibli.com

Mesin cuci piring produksi Ariston ini dibuat untuk membantu kegiatan mencuci piring agar semakin efektif dan efisien. Hadir dalam desain yang mewah dan elegan, membuat penampilan dapur semakin cantik. Hebatnya lagi, mesin cuci piring ini hemat air dan memiliki daya konsumsi yang rendah. Tersedia berbagai macam pilihan mode untuk disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Rak pencuciannya ekstra besar, mampu menampung piring dalam jumlah lebih banyak. Saat bekerja, mesin ini tidak mengeluarkan suara bising sehingga tidak akan mengganggu aktivitasmu. Ariston LLK 7S112 X EX Mesin Cuci Piring bisa dibeli di Blibli seharga Rp 20.842.000 dari harga awal 30.650.000.

Electrolux ESF7552ROX Dishwasher - ESF 7552 ROX

Sumber gambar www.blibli.com

Mesin pencuci piring Electrolux ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang ciamik. Ada fitur AutoFlex untuk menyesuaikan air, durasi, dan temperatur selama pencucian. Bekerja otomatis dengan mendeteksi tingkat kotoran yang ada pada peralatan makan.

Fitur AirDry Technology-nya sangat higienis untuk mengeringkan peralatan masak dengan udara panas sehingga tidak perlu dilap kembali. Kamu juga tidak perlu khawatir perabotanmu akan mudah pecah. Mesin ini juga punya fitur SoftGrips & SoftSpikes untuk melindunginya.

Berbagai kelebihan tersebut bisa kamu dapatkan dengan membeli mesin ini di Blibli seharga Rp 16.215.000 dari harga awal Rp 18.000.000.

Oxone OX-968 Pengering Piring Elektrik

Sumber gambar www.tokopedia.com

Alat pencuci piring dari Oxone dapat melumpuhkan kuman dan bakteri dengan maksimal, membersihkan semua peralatan makan. Mesin ini hemat listrik, ramah lingkungan, antitoksin, dan antikarat. Dengan ruang penyimpanan yang luas, kamu bisa mencuci lebih banyak piring ke dalamnya.

Dilengkapi penutup D-sterile dengan 3 bukaan yang bisa dibuka sedikit atau dibuka lebar. Peralatan makan yang ukurannya besar pun tidak kesulitan masuk ke dalam mesin ini. Praktis dan higienis, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencuci piring.

Segera miliki Oxone OX-968 Pengering Piring Elektrik yang tersedia di Tokopedia seharga Rp 1.198.000.

Dishwasher Freestanding BOSCH SMS-63L08EA Mesin Cuci Piring 60 Cm New

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mesin pencuci piring Bosch ini memiliki fitur silence drive sehingga tidak bersuara saat bekerja. Tabung dalamnya terbuat dari stainless steel yang menjamin kebersihan peralatan yang dicuci. Dilengkapi sistem penyaring self-cleaning 3 lapis untuk pembersihan secara maksimal.

Mesin ini memiliki kapasitas air 11,8 liter dengan program eco wash untuk menghemat energi. Fitur Child Proof Door Lock pada mesin ini membuatnya lebih aman dari jangkauan anak-anak. Dishwasher Freestanding BOSCH SMS-63L08EA Mesin Cuci Piring 60 Cm New tersedia di Tokopedia seharga Rp 16.200.000 atau di Monotaro seharga Rp 16.940.000.

Tecnogas TDW11AF Dishwasher

Sumber gambar www.blibli.com

Satu lagi rekomendasi mesin cuci piring dari Tecnogas. Mesin pencuci dengan kapasitas 12 piring per rak ini cocok untuk kamu yang punya keluarga besar. Dilengkapi fitur Child Lock untuk mengamankannya dari jangkauan si kecil. Mesin ini memiliki tingkat kebisingan 49dB sehingga tidak mengeluarkan suara saat bekerja.

Ada 6 program pencucian yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Konsumsi airnya sebesar 12 liter dengan fitur eco cycle. Tecnogas TDW11AF Dishwasher dapat dibeli di Blibli seharga Rp 11.837.000 dari harga awal Rp 17.800.000.

From our editorial team

Sudah Punya Mesin Pencuci Piring Belum?

Kamu yang punya budget memadai dan belum punya mesin cuci piring, sebaiknya segera pilih salah satu dari rekomendasi BP-Guide di atas ya. Mesin cuci piring terbukti mampu membunuh bakteri lebih baik dan lebih aman untuk peralatan makan. Nah, kalau budget-mu belum cukup, jangan buru-buru deh. Nabung aja dulu!